Selasa, 22 Agustus 2017

Hot Wheels vs Tomica, Lebih Bagus yang Mana?

Bingung memilih diecast Hot Wheels atau Tomica? Simak kelebihan dan kekurangan dari Hot Wheels dan Tomica dalam artikel berikut ini untuk membandingkannya!


Hot Wheels vs Tomica, Lebih Bagus yang Mana?

SinduLin.web.id - Kamu hobi mengoleksi mainan berbahan metal atau disebut juga diecast? Jika iya, pasti sangat familiar dengan merek Hot Wheels dan Tomica. Kedua produsen mainan tersebut memang sangat populer di kalangan para diecaster karena kualitas produk dan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Namun, dari  kedua produk diecast tersebut, mana sih yang lebih keren? Berikut merupakan perbandingannya!


Desain Hot Wheels vs Desain Tomica


Kualitas desain body diecast Hot Wheels bisa dikatakan satu grade di bawah Tomica, namun Hot Wheels memiliki kelebihan yaitu desain rodanya yang lebih bagus. Sebaliknya, meski Tomica memiliki desain body yang lebih baik, namun desain rodanya justru biasa saja.

Pada sisi interior mobil, Tomica memberikan detail yang cukup sehingga mobil tersebut terlihat mendekati desain mobil aslinya, bahkan diecast Tomica memiliki bagian yang dapat digerakkan seperti pintu atau kap mesin yang dapat dibuka.

Sedangkan Hot Wheels, lebih unggul dalam desain rodanya yang terlihat lebih keren dengan detail dan lekukan yang bervariasi.


Kualitas Hot Wheels vs Kualitas Tomica


Hot Wheels vs Tomica, Lebih Bagus yang Mana?

Baik Hot Wheels maupun Tomica sama-sama memiliki kualitas body metal yang solid. Sehingga, diecast yang mereka hasilkan tidak mudah rusak atau lecet.  Namun, Hot Wheels membangun citra bahwa kualitas diecast yang mereka hasilkan lebih kuat dari produk lainnya.

Terlihat dari setiap iklan Hot Wheels yang memperlihatkan diecast mereka mampu diadu secara ekstrem dengan cara saling ditabrakkan. Sedangkan diecast Tomica lebih diarahkan untuk sekadar dipajang atau dimainkan sewajarnya saja, supaya artikulasi pada pintu dan kap mesin tidak mudah rusak.


Pewarnaan Hot Wheels vs Pewarnaan Tomica


Dilihat dari kualitas warnanya, baik Hot Wheels maupun Tomica cukup memuaskan. Sedikit perbedaan mereka  bisa dilihat dari intensitas warna yang dipilih, yaitu diecast Hot Wheels cenderung menggunakan warna lebih cerah daripada diecast Tomica. Meski begitu, pewarnaan diecast Tomica dikenal lebih akurat dan lebih mirip dari produk aslinya. Sementara Hot Wheels kerap sengaja memvariasikan beberapa bagian diecast-nya agar produk tersebut tampak lebih modern dan tangguh.

Baca juga: 12 Pasangan Drama Korea Terbaik dan Paling Romantis


Bahan Hot Wheels vs Bahan Tomica


Hot Wheels vs Tomica, Lebih Bagus yang Mana?

Sebagaimana mainan diecast, baik Hot Wheels maupun Tomica menggunakan material metal sebagai bahan utamanya. Namun, produk Hot Wheels hanya menggunakan material metal pada sektor body, sementara untuk sasis menggunakan bahan plastik keras.

Berbeda dengan Hot Wheels, Tomica tetap menggunakan bahan metal untuk bagian body dan sasis-nya. Hal tersebut diterapkan oleh Tomica untuk mengoptimalkan fitur suspensi yang terdapat pada roda.

Selain itu, dalam pewarnaannya Hot Wheels selalu menggunakan bahan cat metalik, sedangkan Tomica lebih banyak menggunakan cat berwarna solid. Meski untuk beberapa seri tertentu, Tomica juga menggunakan cat metalik untuk produk diecast-nya.


Harga Hot Wheels vs Harga Tomica


Dilihat dari segi harga, produk diecast Tomica relatif lebih tinggi dibanginkan harga diecast Hot Wheels.  Misalnya diecast harga Nissan 370Z, Hot Wheels membanderol Rp28.000 per unit sedangkan Tomica membanderol Rp40.000 per unit. Meski begitu, tidak selamanya harga diecast Tomica lebih tinggi dari diecast Hot Wheels. Untuk edisi Treasure Hunt biasanya harga jual Hot Wheels juga cukup tinggi.


Investasi Hot Wheels vs Investasi Tomica


Hot Wheels vs Tomica, Lebih Bagus yang Mana?

Kedua produk tersebut bukan hanya cocok menjadi barang koleksi, tapi bisa juga diinvestasikan loh. Terutama untuk seri-seri tertentu yang dijual terbatas atau limited edition. Namun, kebanyakan diecast yang harganya naik cukup tinggi adalah produk dari Hot Wheels.

Kenapa? Berbeda dengan Tomica yang memproduksi berbagai model mobil dengan jumlah yang sama setiap bulan. Produk dari Hot Wheels diproduksi dengan jumlah yang berbeda-beda tergantung kepopuleran dan jumlah permintaan di pasar diecast. Jadi, untuk beberapa jenis Hot Wheels bisa dikatakan susah dicari, dan ketika susah dicari tentu harganya juga akan melambung tinggi.

Baca juga: 15 Film Indonesia Terlaris Tahun 2016


Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan dari produk Hot Wheels dan Tomica. Kamu tertarik mengoleksi yang mana?

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner