Selasa, 24 Oktober 2017

Fakta-Fakta Academy Awards (Oscar) yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Simak fakta-fakta unik dan menarik seputar Academy Awards atau Oscar dalam pembahasan berikut ini!


SinduLin.web.id Academy Awards atau Oscar adalah perhelatan paling bergengsi di jagad perfilman dunia. Penghargaan tertinggi untuk insan perfilman dunia tersebut senantiasa identik dengan sebuah piala berwarna emas berbentuk seorang pria sedang berdiri tegap.

Mungkin Anda sering bertanya dalam  hati mengapa piala tersebut harus berbentuk seperti itu dan terbuat dari apa piala yang paling diimpikan para sineas perfilman dunia tersebut? Berbagai pertanyaan mengenai Piala Oscar akan coba kami rangkum penjelasannya melalui artikel ini. Semoga bermanfaat.


Fakta-fakta Academy Awards dan Piala Oscar


Fakta-fakta Academy Awards dan Piala Oscar

Fakta #1 – Diselenggarakan oleh AMPAS


Academy Award diselenggarakan oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS). Lembaga pimpinan Cheryl Boone Isaacs ini yang menentukan pula standarisasi dari Piala Oscar mulai dari bentuk, berat, bahan dan sebagainya. Sejak tahun 2016 AMPAS memperbarui aturan penggunaan Piala Oscar dengan menggunakan desain asli dari saat trofi tersebut digunakan di masa-masa awal Academy Award. Hal itu bertujuan sebagai bentuk penghormatan kepada masa awal penyelenggaraan Academy Award.


Fakta #2 – Orang yang Mendesain Piala Oscar


Academy Award dilakasanakan pertama kali pada tahun 1929. Saat itu Piala Oscar didesain oleh Cedric Gibbons yang merupakan pimpinan departemen artistik dari studio Metro Goldwyn-Mayer dan dipahat oleh pematung bernama George Stanley. Pembuatan trofi tersebut juga dibantu oleh seorang aktor, Emilio Fernandez sebagai model patungnya.


Fakta #3 – Piala Oscar Dibuat Secara Konsisten


Piala Oscar saat ini juga menggunakan bahan, ukuran dan berat yang sama dengan pertama kali dibuat tahun 1929 yaitu berbahan perunggu yang dilapisi sepuhan emas 24 karat, alasnya terbuat dari platina hitam, memiliki tinggi 34,3 cm dan berat 3,85 kilogram.


Fakta #4 – Perusahaan Pembuat Piala Oscar


Perusahan pertama yang membuat Piala Oscar adalah R.S. Owens & Company yang terletak di Chicago. Namun saat ini pebuatannya dipercayakan kepada Polich Tallix Fine Art Foundry yang ada di New York.


Fakta #5 – Alasan Kenapa Nama Pialanya Oscar


Lalu mengapa trofi tersebut dinamakan Oscar? Nama siapakah itu? Menurut informasi yang disampaikan oleh Robert Osbourne, selaku ahli sejarah perfilman Hollywood, tercatat ada 3 orang yang telah meng-klaim dirinya sebagai pemberi nama Oscar.

Orang pertama adalah Sidney Skolsky yang berprofesi sebagai seorang kolumnis. Ia menuliskan nama Oscar di tulisannya karena teringat dengan seorang komedian bernama Oscar. Yang kedua adalah seorang petugas perpustakaan bernama Margaret Hettrick. Ia memberikan nama tersebut karena trofi tersebut terlihat mirip dengan pamannya yang bernama Oscar. Lalu orang ketiga adalah aktris Bette Davis yang memberikan nama Oscar karena bentuk trofi tersebut jika dilihat dari belakang mirip dengan suaminya saat baru selesai keluar dari kamar mandi.


Baca juga:



Fakta-fakta Academy Awards dan Piala Oscar Lainnya:


Fakta-fakta Academy Awards dan Piala Oscar


  1. Piala Oscar sebenarnya berbentuk seorang ksatria tanpa busana yang berdiri tegak sambil memegang pedang.
  2. Dibutuhkan waktu tiga sampai 4 minggu untuk membuat 50 Piala Oscar
  3. Piala Oscar saat pertama kali digunakan memiliki nama resmi Academy Awards of Merit.
  4. Orang pertama yang menerima Piala Oscar adalah aktor Emil Jannings yang memenangkan nominasi Best Actor dari film The Last Command dan The Way of All Flesh.
  5. Patung Piala Oscar berdiri di atas sebuah rol film yang memiliki 5 lingkaran. Lima lingkaran tersebut mewakili 5 bidang asli dari Academy of Motion PicturesArts and Sciences (AMPAS) yaitu aktor, sutradara, produser, penulis dan teknisi.


Demikian beberapa fakta tentang Academy Awards dan Piala Oscar yang sangat menarik dan unik. Klik Next untuk melihat daftar 100 film terbaik sepanjang masa.


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner