Minggu, 02 Juli 2017

5 Adegan Film Termahal Ini Menghabiskan Biaya Sangat Besar

Inilah daftar 5 adegan film termahal yang memakan budget besar!


adegan film termahal

SinduLin.web.id – Pengeluaran atau budget untuk membuat sebuah film biasa menyangkut secara keseluruhan dari semua proses produksinya. Tapi ada beberapa film yang dalam membuat suatu adegan saja (yang hanya hitungan detik atau menit) membutuhkan dana yang sangat besar. Berikut ini adalah 5 adegan di film termahal yang membutuhkan dana sangat besar dalam pembuatannya.


5. Evacuation Scene – I Am Legend (2007)


5 Adegan Film Termahal Ini Menghabiskan Biaya Sangat Besar

Menghabiskan dana: $5 juta

Film yang dibintangi Will Smith ini memiliki sebuah adegan yang cukup banyak memakan biaya produksi. Adegan tersebut adalah scene evakuasi penduduk menyeberangi jembatan Broklyn di New York.

Proses syuting adegan evakuasi besar-besaran tersebut dilakukan selama 6 malam. Adegan yang berlangsung sekitar 5 menit tersebut melibatkan 14 agen di pemerintah AS, 250 kru dan 1000 figuran.

Sebuah adegan yang penuh totalitas dan sangat patut dihargai mengingat bisa saja sang Sutradara, Francis Lawrence menggunakan CGI untuk membuat adegan tersebut. Adegan film termahal peringkat 5 ini menghabiskan dana sebesar $5 juta (senilai Rp 65,6 miliar).


4. Return to Krypton Scene – Superman Returns (2006)


5 Adegan Film Termahal Ini Menghabiskan Biaya Sangat Besar

Menghabiskan dana: $10 juta

Film ini ternyata memiliki deleted scene termahal yang pernah dibuat dalam sebuah film. Bagaimana tidak, adegan yang tidak ada di versi penayangan di bioskop dan hanya ada di versi Blu-Ray ini menghabiskan dana sampai $10 juta (setara Rp 131 miliar).
 
Adegan tersebut menampilkan Superman yang kembali ke planet asalnya Krypton dengan pesawat khusus yang bentuknya mirip dengan bintang.


3. Aerial Pursuit Scene – Swordfish (2001)


5 Adegan Film Termahal Ini Menghabiskan Biaya Sangat Besar

Menghabiskan dana: $13 juta

Film yang dibintangi John Travolta, Hugh Jackman dan Halle Berry ini memiliki sebuah adegan yang cukup gila, yaitu sebuah helikopter yang membawa sebuah bus terbang mengitari kota Los Angeles.

Film arahan Dominic Sena ini menghabiskan dana sampai $13 juta (senilai Rp 170 miliar) untuk adegan tersebut.


2. Agent Smith Fight Scene – The Matrix Reloaded (2003)


5 Adegan Film Termahal Ini Menghabiskan Biaya Sangat Besar

Menghabiskan dana: $40 juta untuk adegan berdurasi 17 menit.

Masih ingat dengan adegan Neo harus berkelahi dengan banyak sekali kloningan dari Agent Smith di film kedua trilogi The Matrix? Pertarungan skala besar tersebut dibuat dengan dana sebesar $40 juta.

Syuting adegan ini membutuhkan CGI dan spesial efek yang banyak. Selain itu,untuk menampilkan kloningan Agent Smith, maka banyak stunt yang dilibatkan dalam film ini.

Faktor lain yang membuat adegan ini memakan dana sangat besar adalah karena waktu pengerjaannya yang cukup lama, yaitu dikerjakan selama 27 hari. Adegan ‘Agent Smith Fight Scene’ sendiri berdurasi sekitar 17 menit.


1. Attack Scene – Pearl Harbor (2001)


5 Adegan Film Termahal Ini Menghabiskan Biaya Sangat Besar

Menghabiskan dana: $55,5 juta

Film ini terkenal dengan adegan penyerangan pesawat tempur Jepang ke pangkalan militer laut As di Hawaii. Adegan penyerangan tersebut membutuhkan banyak sekali CGI dan spesial efek. Bagi yang belum tahu, ‘Attack Scene’ di film Pearl Harbour menampilkan 6 kapal perang asli milik AL AS yang ‘diledakan’.

Selain menghabiskan dana sampai $55,5 juta, syuting adegan ini juga membutuhkan banyak sekali waktu, kru dan sumber daya. Berikut merupakan rinciannya :

* 1 bulan koordinasi antar kru dengan pemerintah Hawaii, Badan Perlindungan Lingkungan dan AL AS

* 12 tim kamera

* 100 figuran lebih (extras)

* 610 meter tali

* 700 batang dinamit

* 4000 galon bensin

Dengan sekian banyaknya persiapan dan sumber daya, adegan tersebut hanya berdurasi selama 12 detik.

Baca juga: 10 Fakta Film Beauty and the Beast yang Sebaiknya Kamu Tahu


Itulah 5 adegan film termahal yang menghabiskan dana sangat besar. Jika kalian mengetahui adegan lain yang belum masuk dalam daftar ini, langsung saja menambahkan di kolom komentar.


This article first published on my blog, Selowae.Net
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner