-->

20 Anime School Romance Terbaik dalam Satu Dekade Terakhir (2013-2023)

Inilah Rekomendasi Anime romance school terbaik dalam Sepuluh Tahun Terakhir

20 Anime School Romance Terbaik dalam Satu Dekade Terakhir (2013-2023)

Kamu penggemar anime jepang dan sedang mencari rekomendasi terbaik untuk anime sekolah romantis komedi? Jika itu benar, Anda berada di tempat yang benar. Karena pada postingan ini kami telah mengumpulkan daftar anime romance school comedy terbaik yang pernah ada untuk ditonton.

Anime apa yang akan dimasukkan ke dalam daftar? Sekarang kita akan membahas selengkapnya di bawah ini. Cekidot!


Rekomendasi Anime Romance School Terbaik Untuk Kamu Tonton

#20 - Masamune-kun no Revenge (2017)

Skor: 7.33

Total Episode: 12

Studio: Silver Link.

Genre: Comedy, Harem, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Masamune-kun no Revenge adalah anime komedi romantis dan harem school yang bercerita tentang seorang remaja bernama Makabe Masamune, seorang ikemen yang tampan dan atletis yang disukai banyak gadis. 

Berbeda dengan masa lalunya, Masamune gendut saat kecil dan sering dibully oleh teman-temannya, terutama oleh Aki Adagaki, gadis cantik.

Akhirnya, ia memutuskan untuk merubah hidupnya dan membalaskan dendamnya kepada Adagaki dengan berolahraga dan menjalani diet, semuanya ia lakukan hingga dirinya menjadi sosok seperti sekarang.

Saat yang ia tunggu-tunggu akhirnya tiba; dia bertemu dengan Aki Adagaki di sekolah menengah barunya. Bagaimana kelanjutannya? Apa yang akan dilakukan oleh Masamune untuk memulai serangan balasan? Salah satu anime school romantis terbaik ini akan menjawab pertanyaan Anda.


#19 - Kishuku Gakkou no Juliet (2018)

Skor: 7.63

Total Episode: 12

Studio: LIDENFILMS

Genre: Action, Comedy, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Selain itu, Kishuku Gakkou no Juliet adalah salah satu anime romance komedi terbaik yang harus Anda tonton. Berlatar belakang di sekolah bernama Akademi Dahlia. Dua siswa di sana berasal dari negara yang berbeda, jadi ada dua fraksi di antara siswa. House of Black Doggy, dipimpin oleh Romio Inuzuka, dan House of White Cats, dipimpin oleh Juliet Persia.

Meskipun Inuzuka dan Persia hanya mengetahui satu rahasia, mereka ternyata saling mencintai. Namun, karena tempat mereka tinggal dan keyakinan mereka yang berbeda, mereka menyimpan perasaan mereka secara rahasia agar tidak diketahui orang lain.

Bagaimana kisah cinta mereka berakhir? Akankah cinta mereka berakhir atau berkembang?


#18 - Kanojo Okarishimasu (2020)

Skor: 7.62

Total Episode: 12

Studio: TMS Entertainment

Genre: Comedy, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Ini adalah anime romance  school terbaru tahun 2020 yang sangat disukai oleh wibu karena memiliki karakter yang cantik dan waifu-able di dalamnya.

Cerita anime Kanojo Okarishimasu berfokus pada Kazuya Kinoshita, seorang siswa sekolah menengah yang baru saja mengalami depresi setelah pacarnya diputuskan. 

Dalam kegalauan dan kesedihan, Kazuya melihat sebuah aplikasi penyewaan pacar yang dapat digunakan oleh siapa saja. Dia berpikir bahwa pacar-pacar yang ada di sana mungkin dapat mengisi kehampaannya untuk sementara waktu.

Setelah menggunakan aplikasi ini, Kazuya bertemu dengan Chizuru, seorang wanita sempurna yang ia sewa sebagai pacar. Namun, ketika mereka mengunjungi nenek Kazuya, situasi menjadi semakin rumit.


#17 - Oresuki (2019)

Skor: 7.62

Total Episode: 12

Studio: Barnum Studio, Connect

Genre: Comedy, Romance, School

Review singkat:

Oresuki adalah rekomendasi anime romance sekolah terbaik sepanjang masa. Anime ini bercerita tentang Amatsuyu Kisaragi, atau yang sering disapa Jorro, seorang siswa SMA. 

Dua teman siswinya dekat dengannya. Aoi Hinata, teman masa kecil Jorro, dan Sakura Akino, ketua OSIS sekolahnya.

Aoi dan Sakura mengajak Jorro untuk kencan satu hari penuh. Di akhir kencan, mereka ingin berbicara dengan Jorro secara serius. 

Meskipun Jorro sebenarnya menginginkan sesuatu seperti pengakuan cinta, mereka malah meminta bantuan Jorro untuk mendekatkan mereka dengan sahabatnya, Ooga Taiyou, atau yang biasa disebut Sun-chan.

Kehidupan romansa yang Jorro impikan ternyata tak seperti realita yang ada, teman gadisnya tersebut ternyata memiliki perasaan terhadap sahabatnya. Namun, saat sedang beristirahat di perpustakaan. 

Sumireko, seorang gadis berkacamata & berambut kepang dengan sifat misterius yang aneh tertarik kepada Jorro. Dan dia benar-benar menyukai Jorro apa adanya.

Sumireko, seorang gadis berkacamata & berambut kepang dengan sifat misterius yang aneh tertarik kepada Jorro. Dan dia benar-benar menyukai Jorro apa adanya.


#16 - Gotoubun no Hanayome (2018)

Skor: 7.67

Total Episode: 12

Studio: Tezuka Productions

Genre: Comedy, Harem, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Gotoubun no Hanayome adalah anime romance school terbaik yang mengisahkan seputar Fuutarou Uesugi, siswa cerdas namun memiliki hidup yang sulit. 

Fuutarou selalu menyendiri dan fokus terhadap belajar, tidak memiliki ibu serta teman, keluarganya dililit banyak hutang, bahkan ia dan adiknya seringkali merasa kelaparan.

Oleh karena itu, kesempatan yang muncul di depannya tak akan ia lepaskan. Ia dimintai oleh seseorang untuk menjadi guru les dengan bayaran yang tinggi. Dan ternyata murid yang harus Fuutarou ajari satu sekolah dengan dirinya.

Dan terlebih lagi, ia harus mengajar untuk kakak beradik kembar 5 yang memiliki sifat berbeda-beda, mereka tidak suka belajar dan memiliki nilai yang sangat rendah serta berkesempatan besar untuk tidak naik kelas.

Sebagian dari mereka ada yang menolak untuk diajari bahkan mengusir Fuutarou. Hal tersebut membuat pekerjaan paruh waktunya menjadi rumit & sulit. 

Namun Fuutarou tak pantang menyerah, ia bersikeras untuk menjadi pengajar mereka karena dirinya sangat membutuhkan bayaran tersebut.

Apa yang harus dia lakukan agar kelima gadis cantik tersebut dapat lulus? rencana apakah yang akan dilakukan oleh Fuutarou? Gotoubun no Hanayome merupakan salah satu anime romance yang berhasil menyulut waifu war di antara para fans. Kalau kamu tim mana nih?


#15 - Saekano (2014)

Skor: 7.67

Total Episode: 12

Studio: A-1 Pictures

Genre: Comedy, , Harem, Romance, School

Review singkat:

Saekano—Bercerita tentang Tomoya Aki, seorang otaku yang bahkan rela bekerja paruh waktu untuk membiayai hidupnya dengan membeli pernak-pernik seperti anime, galge, game, dan lain-lain.

Ia bertemu dengan seorang gadis cantik di sebuah bukit saat bunga sakura cantik jatuh. Ia sangat terpesona dengan peristiwa itu dan ternyata gadis itu adalah teman sekelasnya, Megumi.

Setelah kejadian tersebut, dia mendapatkan inspirasi untuk membuat game Galge dan Visual Novel. Namun, dia tahu dia tidak akan bisa mewujudkan impiannya.

Oleh karena itu, ia membuat tim dan meminta teman-temannya untuk bergabung dengannya untuk membuat game. Salah satu teman masa kecilnya, Sawamura Spencer Eriri, sekarang menjadi ilustrator manga terkenal, adalah salah satu dari mereka.

Ia juga mengajak kakak kelasnya, Kasumigaoka Utaha, yang sekarang menjadi penulis novel terkenal. Terakhir, ia memilih Megumi sebagai contohnya.

Akankah mereka dapat membuat game impian mereka seperti yang mereka impikan? Itu adalah tempat cerita anime Saekano dimulai.


#14 - Tonari no Kaibutsu-kun (2012)

Skor: 7.71

Total Episode: 13

Studio: Brain's Base

Genre: Comedy, Romance, School, Shoujo, Slice of Life

Review singkat:

Tonari no Kaibutsu-kun menceritakan tentang Mizutani Shizuku, seorang siswi yang sangat cuek terhadap hal-hal yang tidak penting baginya; fokusnya hanya pada nilai dan prestasinya di sekolah, yang membuatnya sulit memiliki teman dan bergaul.

Namun, ketika Shizuku bertemu dengan Yoshida Haru suatu hari, pandangan hidupnya secara bertahap berubah. Haru memiliki sifat yang bertentangan dengan Shizuku. 

Bahkan pada hari pertama sekolah, Haru adalah orang yang ceria, suka bermain-main, nakal, dan bebas.

Mereka sama-sama tidak memiliki teman dan dijauhi karena sifat masing-masing.

Mereka pertama kali berhubungan saat Shizuku mengunjungi Haru untuk mengantarkan catatan ke rumahnya. 

Namun, pertemanan Shizuku dimulai ketika dia melihat sisi Haru yang sangat berbeda dari yang dia kenal sebelumnya.

Mereka berdua semakin dekat satu sama lain saat ini, tetapi mereka belum pernah memiliki pengalaman sebagai teman sebelumnya.

Tonari no Kaibutsu-kun adalah anime school romance terbaik yang lucu dan menggemaskan yang dapat membuat Anda baper.


#13 - Nisekoi (2014)

Skor: 7.83

Total Episode: 20

Studio: Shaft

Genre: Comedy, Harem, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Salah satu anime komedi romantis terbaik di dunia, Nisekoi bercerita tentang seorang siswa bernama Raku Ichijo yang merupakan anak dari ketua mafia yakuza. 

Dia dipaksa untuk bertunangan dengan seorang gadis bernama Kirisaki Chitoge, anak dari seorang mafia besar, suatu hari agar tidak terjadi perang antara kedua belah pihak.

Sudah jelas bahwa Raku tidak setuju dengan pertunangan itu, dan dia kini jatuh cinta pada teman sekelasnya sendiri, Kosaki Onodera.

Ternyata, Chitoge dan Raku tidak setuju dengan pertunangan itu.

Hidup mereka tidak menyenangkan, dan mereka selalu bertengkar secara absurd setiap hari. Nisekoi adalah salah satu anime romance yang paling membuat baper. Anda harus menonton anime romantis sekolah ini!


#12 - Ao Haru Ride (2014)

Skor: 7.86

Total Episode: 12

Studio: Production I.G

Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Shoujo, Slice of Life

Review singkat:

Ao Haru Ride adalah salah satu anime terbaik untuk ditonton jika Anda sedang mencari rekomendasi anime romance sedih yang bisa membuatmu menangis.

Mengisahkan tentang Yoshioka Futaba, seorang gadis cantik yang jatuh cinta pada SMP. Namun, karena salah pengertian, hubungan mereka sebagai teman berakhir ketika Tanaka Kou pindah sekolah saat musim panas. 

Futaba, yang dulunya adalah siswa SMA, kini bertemu dengan Kou lagi, kali ini dengan nama Mabuchi Kou.

Baca juga: Gemas! 15 Cewek Dandere Tercantik di Serial Anime

Cerita ini dimulai dengan pertemuan Yoshioka Futaba dengan Tanaka Kou, cinta pertamanya saat kelas satu SMP, yang sekarang berganti nama menjadi Mabuchi Kou, setelah tiga tahun tidak bertemu. Kedua orang tidak mengantisipasi bahwa pertemuan ini akan terjadi.

Mereka berdua pernah berjanji untuk bertemu di festival musim panas sebelum berpisah, tetapi Kou tidak melakukannya.

Yoshioka melihat Kou yang ia temui saat ini sangat berbeda dari Kou yang ia kenal tiga tahun sebelumnya. Kou sekarang berubah menjadi pria yang dingin dan menyebalkan, tidak seperti Kou yang dulu, yang hangat dan baik hati.

Yoshioka mengalami perubahan drastis dari seorang gadis feminim menjadi seorang tomboy dengan tujuan mencari teman. Hal ini terjadi karena ia banyak dijauhi oleh teman sekolah menengah yang iri dengannya. Cerita mereka dimulai di sekolah baru ini juga.


#11 - Karakai Jouzu no Takagi-san (2018)

Skor: 7.92

Total Episode: 12

Studio: Shin-Ei Animation

Genre: Comedy, Romance, School, Shounen, Slice of Life

Review singkat:

Salah satu anime romance comedy school terbaik dalam daftar ini, yang pasti juga memiliki kandungan romance kental. Berkisah mengenai Nishikata yang sering dijahili oleh teman sebangkunya, yaitu Takagi. 

Nishikata bersumpah untuk menjahili Takagi karena dia tidak mau terlihat malu ketika digoda.

Nishikata mencoba ribuan cara untuk menjauhkan Takagi, tetapi semuanya tidak berhasil; apapun yang dia lakukan, Nishikata (senjata makan tuan) pasti akan menjadi korban.

Semakin sering Nishikata membuat Takagi terjebak, lebih sering dia akan dikembalikan. Pada akhirnya, Nishikata berjanji lagi. "Jika aku terperangkap sekali, aku akan push-up sepuluh kali."

Dia tidak akan pernah menang, meskipun dia sudah berjanji begitu. Nishikata akhirnya menyadari bahwa selama ini dia selalu bersama Takagi. Mereka berdua memiliki cerita yang lucu dan menarik untuk diikuti.


#10 - Kokoro Connect (2012)

Skor: 7.97

Total Episode: 13

Studio: Silver Link.

Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life, Supernatural

Review singkat:

Jika kamu menyukai anime romance school dengan bumbu supranatural yang kental, maka kamu wajib menonton Kokoro Connect.

Berawal dari terbentuknya sebuah klub yang bernama “Bunka Kenkyuu bu” yang baru dibuat oleh kelima siswa. Tiga gadis yaitu Himeko Inaba, Nagase Iori, Kiriyama Yui dan 2 laki-laki Yaegashi Taichi, Aoki Yoshifumi.

Berbagai kejadian aneh bahkan mistis terjadi dalam klub ini. Yang pastinya penuh misteri dan menyenangkan diikuti.


#9 - Ore Monogatari (2015)

Skor: 8.08

Total Episode: 24

Studio: Madhouse

Genre: Comedy, Romance, Shoujo

Review singkat:

Dengan cerita yang menggemaskan dan mengingatkan pada masa remaja yang indah, Ore Monogatari adalah salah satu anime romance school terbaik yang pernah ada.

Bercerita tentang seorang siswa bernama Gouda Takeo. Dia besar, berotot, dan tinggi, dan ia adalah siswa yang baik hati dan sopan santun yang selalu membantu orang yang membutuhkan pertolongannya.

Suatu hari, Takeo bertemu dengan Yamato Rinko, seorang wanita yang menarik dan menawan yang mencintai dia apa adanya. Kehidupan cinta kedua remaja ini sangat menyenangkan dan menawan.


#8 - Gekkan Shoujo Nozaki-kun (2014)

Skor: 8.16

Total Episode: 12

Studio: Doga Kobo

Genre: Comedy, Romance, School

Review singkat:

Dengan cerita yang menggemaskan dan mengingatkan pada masa remaja yang indah, Ore Monogatari adalah salah satu anime romance terbaik yang pernah ada.

Bercerita tentang seorang siswa bernama Gouda Takeo. Dia besar, berotot, dan tinggi, dan ia adalah siswa yang baik hati dan sopan santun yang selalu membantu orang yang membutuhkan pertolongannya.

Suatu hari, Takeo bertemu dengan Yamato Rinko, seorang wanita yang menarik dan menawan yang mencintai dia apa adanya. Kehidupan cinta kedua remaja ini sangat menyenangkan dan menawan.


#7 - ReLIFE (2016)

Skor: 8.19

Total Episode: 13

Studio: TMS Entertainment

Genre: Romance, School, Slice of Life

Review singkat:

ReLIfe, anime romance school terbaik berikutnya, bercerita tentang Arata Kaizaki, seorang pria berusia 27 tahun yang gagal melewati wawancara kerja dan saat ini masih pengangguran.

Ini karena dia keluar dari pekerjaan kemarin terlalu cepat, membuat perusahaan lain menganggapnya sebagai karyawan yang buruk, menurutnya pekerjaan yang dia lakukan kemarin tidak cocok dengannya.

Selama perjalanan, ia bertemu dengan seseorang yang menawarkan pil kepadanya dan mengatakan bahwa itu berasal dari ReLife Research Institute, sebuah lembaga yang sedang melakukan terobosan untuk mengurangi jumlah pengangguran di Jepang.

Setelah ditawarkan pekerjaan sebagai subjek percobaan selama satu tahun, Yoake Ryou (Agen ReLIFE) memberi Arata pil. Arata tidak berpikir lama untuk menerima pil itu, dan keesokan harinya terjadi hal aneh kepadanya.

Saat wajah dan tubuh Arata berubah kembali saat ia berumur 17 tahun, ternyata pil itu adalah pil yang dapat mengembalikan kemudaannya. Akibatnya, Arata diminta untuk kembali bersekolah di salah satu sekolah menengah atas dan mengulangi kehidupannya sebagai siswa sebagai bahan percobaan program.

Bagaimana kehidupan Arata sebagai pengangguran jika dia kembali menjadi siswa dan berteman dengan orang yang lebih muda? Salah satu sekolah anime terbaik sepanjang masa akan memberi Anda jawaban.


#6 - Sakurasou no Pet na Kanojo (2013)

Skor: 8.35

Total Episode: 24

Studio: J.C.Staff

Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life

Review singkat: 

Sakurasou no Pet na Kanojo adalah anime comedy school terbaik yang bercerita tentang seorang siswa bernama Kanda Sorata, ia kini harus dipindahkan ke asrama barunya “Sakurasou” karena Sorata bersikeras memungut dan memelihara kucing yang ia temukan karena tak tega membiarkan kucing-kucing tersebut terlantar.

Sakurasou sendiri berbeda dengan asrama lainnya, orang-orang disana bisa dibilang agak sinting dan juga jenius. Banyak orang-orang yang tidak mau tinggal disana bahkan Sorata sendiri berniat untuk segera pindah darisana apabila ada orang yang ingin mengurus kucing-kucing terlantar yang ia pelihara.

Namun keinginannya tersebut tampaknya tak bisa membuatnya keluar dari Sakurasou karena suatu hari ia ditugaskan oleh Chihiro-sensei untuk merawat keponakannya, Shiina Mashiro.

Setelah selang beberapa hari Sorata menyadari bahwa Shiina merupakan gadis yang lugu bahkan tak bisa mengurus kehidupannya sendiri, alhasil ia kini yang harus bertanggung jawab dalam mengurusi Shiina.

Dari sinilah kehidupan baru Sorata yang penuh dengan sesak dan masalah yang tiada henti dimulai…


#5 - Tsuki ga Kirei (2017)

Skor: 8.33

Studio: feel.

Genre: Romance, School

Review singkat:

Kelas tiga sekarang memulai tahun ajaran baru dan tahun ajaran terakhir bagi mereka. Akhirnya, Izumi Kotarou dan Mizuno Akane ditempatkan di kelas yang sama. 

Ini adalah tempat mereka berinteraksi satu sama lain. Tidak seperti saat mereka berbicara dengan teman-temannya yang lain, mereka mulai merasa ada yang mengganjal di hati mereka.

Sampai mereka akhirnya memutuskan untuk berteman, mereka secara bertahap semakin dekat, terutama saat berpartisipasi dalam acara olahraga sekolah, di mana mereka berbagi identitas LINE masing-masing.

Mereka sering berbagi saran dan berbagai hal lainnya saat berbicara melalui LINE, meskipun terlihat canggung.

Mereka juga semakin dekat satu sama lain, tetapi ada beberapa masalah yang membuat kisah kehidupan mereka menjadi lebih rumit. Bagaimana kisah selanjutnya?


#4 - Oregairu (2013)

Skor: 8.41

Total Episode: 13

Studio: Brain's Base

Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life

Review singkat:

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. (Oregairu) adalah anime romance terbaik yang bercerita tentang seorang siswa bernama Hikigaya Hachiman (Hikki) yang memiliki sifat anti-sosial, pesimis, dan memiliki pandangan yang unik & berbeda tentang kehidupan serta menganggap sebuah pertemanan hanyalah hal yang sia-sia. Karena itulah ia lebih memilih menghabiskan waktunya sendirian.

Suatu hari, ia mendapat hukuman dari gurunya dan akhirnya gurunya memaksa Hikki untuk bergabung ke sebuah klub “Relawan” yang bertujuan untuk membantu para murid untuk menyelesaikan masalah.

Klub tersebut hanya beranggotakan 1 orang, yaitu Yukinoshita Yukino (Yukinon). Di ruang klub tersebutlah pertemuan mereka antara Hikki dan Yukinon dimulai. Berbeda dengan Hikki, Yukinon memiliki sifat yang berkebalikan namun persamaannya, mereka sama-sama tidak memiliki teman.

Tak lupa salah satu anggota baru mereka yaitu Yuigahama Yui yang memiliki sifat ceria bergabung dengan mereka. Disinilah cerita masa-masa sekolah mereka yang unik dan menarikpun dimulai.


#3 - Kaguya-sama wa Kokurasetai (2019)

Skor: 8.49

Total Episode: 12

Studio: A-1 Pictures

Genre: Comedy, Psychological, Romance, School, Seinen

Sinopsis:

Kaguya-sama wa Kokurasetai adalah rekomendasi anime romance komedi terbaik dengan rating tertinggi berikutnya.

Dalam Anime Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen, Kaguya Shinomiya dan Miyuki Shirogane saling mencintai. Namun, pernyataan cinta adalah perang bagi mereka berdua.

Mereka berdua adalah orang jenius yang menjadi anggota OSIS di Akademi Shuchiin, sebuah sekolah elit. Miyuki bertindak sebagai ketua OSIS dan Kaguya bertindak sebagai wakilnya. Menurut siswa lain, mereka berdua adalah pasangan yang ideal.

Mereka telah lama bersama dan memiliki perasaan satu sama lain, tetapi karena gengsi, tak satu pun dari mereka yang mengatakan cintanya kepada satu sama lain. 

Menurut mereka, jika menyatakan perasaan duluan adalah tanda kelemahan dan kekalahan. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk membuat lawannya menyatakan perasaan cintanya. Mereka berdua akan melakukan apapun untuk mendapat pengakuan.

Dimulailah keseharian mereka dalam perang cinta menggunakan akal, teori, perhitungan, hingga pikiran mereka.


#2 - Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai (2019)

Skor: 8.67

Total Episode: 13

Studio: CloverWorks

Genre: Comedy, Romance, School

Review singkat:

“Sindrom Pubertas” merupakan sebuah sindrom aneh yang hanya dimiliki oleh orang-orang disaat masa puber.

Sakuta Azusagawa, suatu hari ia bertemu dengan gadis bernama Mai Sakurajima yang merupakan kakak kelasnya sekaligus seorang aktris yang saat ini sedang hiatus.

Mai merupakan salah satu gadis yang memiliki Sindrom Pubertas tersebut, dia nampak seperti gadis bertelinga kelinci. Namun keanehan yang dimiliki Mai hanya bisa dilihat oleh Sakuta. Karena itulah Sakuta dan Mai akhirnya bekerja sama untuk mencari tahu lebih dalam tentang “Sindrom Pubertas”.

Selain itu, dalam perjalanannya memecahkan sindrom tersebut, perlahan Sakuta juga bertemu dengan gadis-gadis yang memiliki Sindrom yang sama seperti Mai. Bagaimanakah kisah selanjutnya?


#1 - Shigatsu wa Kimi no Uso (2014)

Skor: 8.89

Total Episode: 22

Studio: A-1 Pictures

Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Dan, peringkat pertama dalam rekomendasi anime romance school terbaik jatuh kepada Shigatsu wa Kimi no Uso. Anime ini pantas mendapat peringkat pertama karena ceritanya yang bagus, visual yang memukau dan alunan musik di sepanjang seri yang fantastis. 

Mengisahkan tentang Arima Kousei, yang sejak kecil bermain piano dengan sangat baik dan sangat berbakat, ia selalu memenangkan kejuaran di setiap kompetisi, dan dia sering disebut sebagai "Metronome Manusia" karena dia tidak pernah lelah bermain piano dan selalu berada dalam melodi.

Ini semua berkat ibunya, guru pianonya, yang sangat membantu Kousei bermain piano. Namun, ketika ibunya meninggal dunia, kehidupan Kousei berubah sepenuhnya.

Sejak ibunya meninggal, mental Kousei hancur sehingga ia tidak dapat mendengar lagi suara piano, meskipun dia mampu mendengarkannya dengan baik. Dia pun kini tidak pernah lagi menyentuh piano.

Dua tahun telah terlewati, suatu hari ia diajak oleh sahabat masa kecilnya, Tsubaki untuk menamani Ryouta bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Miyazono Kaori tepatnya di bulan April.

Pertemuannya dengan Kaori, gadis yang bermain biola dengan gayanya sendiri yang bebas membuat Kousei kini perlahan berubah dan membuat hidupnya berwarna. Kousei sedikit demi sedikit mulai memiliki tujuan baru.

Jika kamu mencari rekomendasi anime sad romance terbaik yang bisa bikin nangis, maka Shigatsu wa Kimi no Uso adalah salah satu pilihan terbaik.

Tag: Anime apa saja yg romantis? Anime apa yang bikin baper? Anime harem apa saja? Apa saja Anime School?, anime romance, school comedy anime school romance rating tinggi anime romance school 2023 old school romance anime

Demikian rekomendasi anime romance school terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton. Dari sekian banyak judul anime keren di atas, mana nih yang menjadi favoritmu?


0 Response to "20 Anime School Romance Terbaik dalam Satu Dekade Terakhir (2013-2023)"

Posting Komentar