Minggu, 16 April 2017

10 Promosi Film Terunik yang Kreatif Abis! Nomor 5 Bikin Penonton Jerit Ketakutan

Promosi film pada umumnya menggunakan media poster dan video trailer. Namun, ada juga beberapa promosi film yang unik dan kreatif abis. Film apa sajakah itu?

promosi film kreatif

SinduLin.web.id - Setiap produk tidak akan bisa lepas dari yang namanya promosi, termasuk dalam dunia perfilman. Promosi film sangat diperlukan agar film yang akan tayang dapat dikenal dan menarik perhatian calon penontonnya.

Biasanya, sebuah film dipromosikan menggunakan media poster dan teaser trailer. Namun  tak jarang juga kita menemui film Box Office Holywood yang melakukan promosi unik yang berbeda dengan biasanya. Film apa sajakah itu? Berikut merupakan daftar film yang melakukan promosi unik dan cukup menghebohkan:


Promosi Film Terunik dan Kreatif

#1 – Arnold Menjadi Patung Lilin, Promosi Unik Film Terminator Genesys (2015)


Film kelima dari franchise Terminator ini mengagetkan pengunjung Madame Tussauds di West Hollywood karena sang aktor ikonik dari film ini, Arnold Schwarzenegger berpura-pura menjadi boneka lilin sang Terminator.

Saat para pengunjung sedang asyik berfoto dengan patung lilin palsu tersebut, Arnold tiba-tiba bergerak dan mengejutkan para pengunjung. Promosi ini dilakukan juga untuk mendukung gerakan After-School All-Stars (ASAS).


#2 – Minion Takeover, Promosi Kubah Kuning untuk Film Minions (2015)

promosi film terunik

Studio Universal yang memproduksi film ini menghabiskan 2.000 jam untuk membuat 'Minion Takeover', tiga patung raksasa Minions yang berukuran 15 meter. Ketika Minions tersebut dipasang di sebuah kubah bioskop bernama Pacific Cinerama Theatre bersama dengan pisang raksasa. Tidak lupa, seluruh sisi kubah atau atap bioskop tersebut di cat dengan warna kuning yang khas dengan Minions.


#3 –Promosi Gila Film The Simpsons Movie (2007)

promosi gila film hollywood
Film The Simpsons juga mempunyai ide promosi film yang kreatif dan gila. Beberapa waktu sebelum filmnya tayang, seluruh gerai mini market 7-Eleven di AS disulap menjadi Kwik E-Mart (toserba yang ada di kartun The Simpsons).

Bukan hanya tampilannya saja yang diubah, namun barang-barang yang dijual di dalamnya juga terdapat berbagai makanan favorit keluarga Simpson seperti donat berlapis gula pink dan Buzz Cola.


#3 –Promosi Unik Manusia Terbang di Film Chronicle (2012)


Film ini menggandeng sebuah agensi bernama Thinkmondo untuk melakukan promosi unik. Agensi ini menerbangkan tiga pesawat kecil yang dibentuk seperti manusia dan dikendalikan dari jarak jauh. Ketiga “manusia terbang” tersebut diterbangkan mengitari berbagai bangunan terkenal kota New York. Tentu hal itu mengagetkan penduduk kota tersebut. Bahkan videonya juga menyebar dengan cepat di internet.


#5 – Hantu Sadako Muncul dari TV Beneran, Promosi Kreatif Film Rings

promosi film termahal
Beberapa waktu sebelum perilisan film Rings, pihak studio melakukan sebuah promosi unik yang seru namun juga menegangkan. Paramount Pictures bekerjasama dengan salah satu toko elektronik di Inggris membuat sebuah set yang berisi display berbagai televisi yang dijual di toko tersebut.

Menariknya, di balik salah satu display TV itu ada seorang wanita yang didandani seperti Samara, hantu di film Rings yang bersembunyi disana. Saat para pengunjung sedang memperhatikan display tersebut sang “hantu” kemudian merangkak keluar dari sebuah TV dan menakuti para pengunjung. Banyak pengunjung yang menjerit bahkan lari saat melihat “hantu” tersebut.

Selain itu film yang disutradarai oleh F. Javier Gutierrez ini juga pernah merilis sebuah video promo berdurasi 5 detik yang menampilkan hantu Samara yang keluar di tengah-tengah timeline Facebook.


#6 – Promosi yang Seolah Nyata di Film The Blair Witch Project (1999)

best movie promotion

Promosi prekuel film The Blair Witch (2016) merupakan sebuah marketing yang sangat fenomenal. Dikatakan demikian karena promosi yang dilakukan film ini terkesan sangat realistis sehingga banyak orang mempercayai bahwa hal ini benar-benar terjadi.

Film yang menceritakan 3 orang mahasiswa yang sedang membuat film dokumenter untuk menyelidiki kebenaran legenda Blair Witch ini membuat sebuah website yang menyatakan bahwa ketiga mahasiswa tersebut hilang. Laporan di web tersebut cukup lengkap sampai menampilkan foto-foto mobil yang mereka gunakan tertinggal di dalam hutan sampai ke proses penyelidikannya. Selain itu film ini juga membagikan flyer berisi gambar ketiga pemeran fim tersebut yang dinyatakan hilang.


#7 – Ben Affleck dan Batmobile di Promosi Film Batman v Superman (2016)

contoh promosi film

Salah satu film DCEU ini menggunakan salah satu pemeran utamanya, Ben Affleck untuk melakukan sebuah promosi unik, dimana sang pemeran Bruce Wayne tersebut bersembunyi di dalam Batmobile yang dipamerkan di Warner Brothers Studio.

Saat para pengunjung sedang melihat-lihat Batmobile tersebut sambil mendengar penjelasan dari tour guide, tiba-tiba Ben Affleck keluar dari Batmobile tersebut dan mengejutkan para pengunjung. Tidak hanya itu, bahkan beberapa pengunjung juga diajak berjalan-jalan keliling studio menggunakan Batmobile tersebut.


#8 – Promosi Kreatif Film Warcraft (2016)

promosi warcraft di mall

Film yang diadaptasi dari game PC ini memamerkan berbagai properti dari para tokoh dari 2 kubu di film ini di sebuah mal di China mulai dari baju perang atau kostum, senjata, manekin para tokohnya, dan lain sebagainya. Selain itu di mal terseut juga disediakan VR (Virtual Reality), bahkan kamu juga bisa merasakan naik Gryphon (Elang berbadan Singa) seperti di filmnya.


#9 – Website Universitas Monster di Pormosi Film Monster University (2013)


Prekuel dari film Monster Inc. ini membuat sebuah website Monster University. Website tersebut ditampilkan sangat nyata sesuai dengan website universitas pada umumnya yang memberikan informasi mengenai berbagai kegiatan di universitas.


#10 - Team Iron Man di Eiffel, Promosi Film Captain America : Civil War (2016)

rdj eiffel promotion

Saingan dari film BvS ini menggunakan bangunan ikonik dari negara Perancis, Menara Eiffel untuk membantu promosinya. Melalui video promosi ini, Robert Downey Jr. pemeran Iron Man bermain-main dengan cahaya lampu yang ada di menara tersebut. Mengisyaratkan bahwa Menara Eiffel juga mendukung Tim Iron Man.


Baca juga: Begini Proses Distribusi Film Hollywood Hingga Bisa Disaksikan di Bioskop


Itulah beberapa film Hollywood yang memiliki promosi paling kreatif dan unik. Apakah kamu mengetahui film-film keren lainnya yang juga melakukan promosi yang unik?

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner