Jumat, 28 Juli 2017

12 Film Natal Terbaik Sepanjang Masa, dari Home Alone sampai Fred Claus

Mencari film bertema Natal terbaik untuk ditonton? Simak rekomendasi film Natal terbaik dalam artikel berikut ini!


SinduLin.web.id – Bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan Natal dan tahun baru dengan menonton film di rumah bersama keluarga, sahabat dan orang-orang terkasih, berikut ini ada beberapa rekomendasi film Natal terbaik yang dapat menjadi tontonanmu:


Rekomendasi Film Natal Terbaik yang Wajib Ditonton


Home Alone (1990)


Rekomendasi Film Natal Terbaik yang Wajib Ditonton

Rekomendasi film Natal yang pertama adalah Home Alone. Film ini pertamakali dirilis pada tahun 1990 dan berhasil melambungkan nama Macaulay Culkin di dunia perfilman Hollywood.

Home Alone sendiri adalah film bertema family comedy yang disutradarai oleh Chris Colombus (Harry Potter and the Sorcerers Stone (2001), Harry Potter and the Chamber of Secret (2002). Mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Kevin McCallister yang tertinggal di rumah saat orang tua dan saudara-saudaranya pergi berlibur.

Sialnya, saat sedang sendirian rumahnya malah didatangi oleh 2 orang perampok. Berbekal keusilan dan kecerdikannya, Kevin McCallister kemudian mengerjai kedua perampok tersebut.


Home Alone 2 : Lost in New York (1992) 


Sukses dengan film pertamanya, kisah petualangan Kevin berlanjut di film kedua. Sekuelnya masih disutradarai oleh Chris Colombus yang terakhir menyutradarai film Pixels (2015).

Kali ini Kevin berhasil ikut liburan bersama keluarganya. Ia dan keluarganya berencana liburan ke Miami, Florida. Tapi saat di bandara Kevin terpisah dari keluarganya dan masuk ke pesawat yang membawanya ke kota New York.

Terdampar sendirian di New York, ia tidak sengaja bertemu dengan kedua perampok yang pernah berusaha merampok rumahnya dulu. Kedua perampok tersebut melarikan diri dari penjara dan berniat balas dendam kepada Kevin yang telah menyusahkan mereka selama ini.

Film bertema Natal ini tidak kalah keren dari film pertamanya. Bahkan, hampir di setiap Natal pasti ada stasiun tv swasta yang menayangkannya.


Home Alone 3 (1997) 


Film Home Alone ketiga tidak diperankan lagi oleh Macaulay Culkin dan karakter Kevin pun diganti dengan tokoh baru bernama Alex Pruitt yang diperankan oleh Alex D. Linz.

Masih bertema Natal, film ini mengisahkan bocah 9 tahun bernama Alex yang berusaha menggagalkan pencurian chip rahasia yang disimpan di sebuah mobil mainan oleh 4 orang penjahat. Chip itu akan diserahkan kepada teroris Korut.

Film Natal terbaik ini disutradarai oleh Raja Gosnel yang pernah menyutradarai film-film keluarga lainnya seperti Scooby-Doo (2002), Beverly Hills Chihuahua (2008) dan The Smurf (2011).


Elf (2003) 


Rekomendasi Film Natal Terbaik terbaru kartun

Seorang bayi secara tidak sengaja masuk ke dalam karung yang dibawa oleh Santa Claus. Bayi tersebut kemudian dibesarkan oleh Santa dan kaum Elf.

Saat dewasa ia menjadi Elf yang paling tinggi di antara kaumnya dan baru tahu faktanya bahwa ia adalah seorang manusia. Lalu ia memutuskan kembali ke kota kelahirannya untuk mencari asal-usulnya. Berbagai kejadian lucu mewarnai proses adaptasinya di dunia manusia.

Itulah sinopsis singkat dari film Natal bergenre komedi keluarga berjudul "Elf" yang disutradarai oleh Jon Favreau yang pernah menggarap film Iron Man (2008) dan Iron Man 2 (2010).

Film Natal terbaik ini diperankan oleh aktor komedi Will Ferrell yang aktingnya terakhir kita lihat di film Daddy`s Home (2015).


Arthur Christmas (2011) 


Bagaimana jika Santa Klaus mengantarkan hadiah ke seluruh anak di dunia menggunakana berbagai teknologi canggih? Itulah yang terjadi di film Arthur Christmas.

Dikisahkan Santa Klaus dapat mengantarkan miliaran hadiah hanya dalam satu malam berkat berbagai teknologi canggih yang digunakan serta Santa memiliki banyak kurcaci yang mengerjakan dan mengirimkan semua hadiah tersebut. Mereka semua tinggal di sebuah markas besar di Kutub Utara.

Selain itu Santa juga bekerja sama dengan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tahunannya ini. Salah satunya Arthur yang bertugas untuk menyortir surat-surat yang dikirim anak-anak untuk Santa. Sampai hal tidak terduga terjadi dimana Arthur melewatkan satu surat. Arthur harus berusaha mengirimkan hadiah yang terlewat itu sendiri, karena waktu yang tersisa tinggal sedikit dan jika gagal, nama baik Santa Klaus menjadi taruhannya.

Film animasi Natal produksi Sony Pictures Animation ini disutradarai oleh Sarah Smith dan Barry Cook serta diisi suaranya oleh James McAvoy, Bill Nighy, Imelda Staunton dan Eva Longoria.


A Christmas Carol (2009) 


Rekomendasi film Natal terbaik berikutnya adalah A Christmas Carol yang tayang tahun 2009. Film animasi produksi Disney ini lain dari biasanya karena menampilkan suasana kelam dan gelap.

Animasi garapan Robert Zemeckis ini menceritakan seorang pengusaha tua bernama Tn. Scrooge yang sangat pelit, perhitungan dan tidak pernah peduli dengan siapapun. Sampai suatu ketika ia didatangi oleh 3 sosok gaib yaitu Roh Natal Masa Lalu, Saat Ini dan Akan Datang.

Ketiga roh tersebut membawa Scrooge ke perjalanan panjang menembus ruang dan waktu yang menunjukkan apa yang dialaminya dulu, dilakukannya saat ini dan apa akibatnya jika ia tidak berubah di masa depan. Animasi ini walaupun bernuansa kelam tapi Anda dapat mengambil pelajaran mendalam darinya. Film ini diisi suaranya oleh Jim Carey, Gary Oldman dan Colin Firth.

Baca juga: 10 Film Raditya Dika dari Masa ke Masa


The Polar Express (2004) 


Rekomendasi Film Natal Terbaik terbaru kartun

Sebelum mengarahkan A Christmas Carol, Robert Zemeckis pernah menyutradarai film kartun spesial Natal lainnya yang berjudul The Polar Express. Film yang diisi suaranya oleh Tom Hanks ini menceritakan seorang anak laki-laki yang tidak percaya akan adanya Santa Klaus. Sampai ia mendapatkan kesempatan pergi ke Kutub Utara menaiki sebuah kereta bernama Polar Express untuk bertemu dengan Santa Klaus. Selama perjalanannya ke sana ia belajar makna persahabatan, keberanian serta semangat Natal. Tidak diragukan lagi bahwa The Polar Express adalah salah satu film Natal terbaik sepanjang masa.


Rise of the Guardians (2012) 


Film animasi Natal yang mengangkat kisah tentang para legenda anak-anak ini diisi suaranya oleh para aktor dan aktris ternama Hollywood seperti Chris Pine sebagai Jack Frost, Alec Baldwin sebagai Santa Claus, Isla Fisher sebagai Peri Gigi, Hugh Jackman sebagai Kelinci Paskah dan Jude Law sebagai Pitch Black.

Film Natal terbaik yang disutradarai oleh Peter Ramsey menceritakan para legenda baik anak-anak yang bersatu untuk melawan legenda jahat Pitch Black yang mengirimkan mimpi buruk ke seluruh anak-anak di dunia.


Fred Claus (2007) 


Apa jadinya jika Santa Claus punya kakak yang sifatnya berkebalikan dengan dirinya? Ada sebuah film yang mengangkat cerita tersebut berjudul Fred Claus. Dikisahkan Nicholas Claus merupakan adik dari Fred Claus.

Saat lahir Nicholas sudah menunjukkan bahwa dirinya memang anak yang spesial. Tapi hal itu membuat kakaknya sangat membencinya karena kebaikan dan kedermawanan Nicholas suka membuat kesal Fred. Sampai akhirnya mereka berdua dewasa, Nicholas tinggal di Kutub Utara menjadi Santa Claus yang baik hati dan dermawan, sedangkan Fred menjadi orang yang suka mengeluh dan sial.

Suatu hari karena masalah yang disebabkannya, Fred harus ditahan di penjara. Untuk bebas dari sana ia membutuhkan uang jaminan. Karena sudah tidak tahu lagi harus kemana, akhirnya ia meminta bantuan adiknya.

Santa Claus setuju membantu Fred dengan syarat ia harus bekerja di Toko Mainan Santa. Ia ditempatkan di departemen Nakal-Baik yang bertugas menyeleksi surat-surat yang dikirimkan anak-anak untuk meminta hadiah kepada Santa. Ia pula yang menentukan apakah anak tersebut baik atau nakal.

Film Fred Claus ber-genre komedi, fantasy, keluarga ini diperankan oleh para bintang Hollywood seperti Vince Vaughn (Fred), Paul Giamatti (Santa), Rachel Weisz (Wanda), Ludacris (DJ Donnie), Elizabeth Banks (Charlene) dan Kevin Spacey (Clyde).

Film Natal terbaik disutradarai oleh David Dobkin yang sebelumnya pernah mengarahkan film Shanghai Knights (2003), Wedding Crashers (2005) dan proyek terakhir yang ia tangani adalah film The Judge (2014).


Krampus (2015) 


Film Natal Terbaik terbaru kartun spesial natal

Film bertema Natal satu ini berbeda dari biasanya. Jika film Natal identik dengan keceriaan dan penuh warna, Krampus bertema horor. Film ini mengangkat legenda jahat tentang Natal.

Seorang anak bernama Max sedang berkumpul bersama keluarganya di suatu rumah untuk merayakan Natal. Momen yang seharusnya penuh sukacita tersebut berubah saat berbagai pertengakaran terjadi di antara mereka. Melihat hal itu Max menjadi kecewa dan merobek surat yang ditulisnya untuk Santa. Ia sudah tidak memiliki semangat untuk merayakan Natal. Namun hal tersebut berbuah petaka untuk keluarganya karena tanpa diketahui tindakan dan kekecewaan Max melepaskan iblis atau monster Natal bernama Krampus yang meneror seisi rumah.


Die Hard (1988) 


Mau nonton film bernuansa Natal tapi dengan kemasan action? Nonton saja film pertama dari franchise Die Hard ini. Film ini memang tidak ada ceritanya dengan Natal, hanya setting waktunya saja.

Die Hard menceritakan seorang polisi bernama John McClane yang ingin menjemput istrinya saat malam Natal di tempat kerjanya, gedung Nakatomi Plaza. Namun sesampainya disana, gedung tersebut telah dikuasai oleh teroris. John yang seorang diri harus berusaha semaksimal mungkin untuk melumpuhkan para teroris dan membebaskan para sandera beserta istrinya.

Film yang disutradarai John McTiernan (Predator [1987]) ini merupakan salah satu film action terbaik yang pernah dibuat. Bahkan film ini mendapatkan nilai 8,2 di situs imdb.com. Selain itu film ini juga turut mengangkat nama Bruce Willis di dunia perfilman Hollywood.


Die Hard 2 : Die Harder (1990) 


Kisah John McClane berlanjut di sekuelnya. Saat malam Natal, John ingin menjemput istrinya di sebuah bandara. Namun bandara tersebut ternyata sedang dibajak oleh Kolonel Stuart bersama anak buahnya. Stuart merupakan mantan Pasukan Khusus AS. Ia memiliki dendam kepada negaranya sendiri. Ia dan anak buahnya bertujuan untuk membebaskan seorang diktator yang ditahan oleh Pemerintah AS dan juga sedang diterbangkan oleh salah satu pesawat.

Pembajakan yang dilakukan Stuart membuat banyak pesawat tidak dapat mendarat termasuk pesawat yang ditumpangi istri John. Untuk itu John harus kembali beraksi demi menyelamatkan istrinya kembali dan nyawa penumpang lainnya yang masih mengudara.

Sekuel ini disutradarai oleh Renny Harlin yang juga menggarap film Cliffhanger (1993), Deep Blue Sea (1999) dan Skiptrace (2016).

Baca juga: 12 Tv Series Terbaik Sepanjang Masa, dari Breaking Bad sampai The Walking Dead


Itulah beberapa rekomendasi film spesial natal terbaik yang bisa Anda pilih atau tonton untuk liburan Natal dan Tahun Baru. Dari sekian banyak film terbaik bertema Natal di atas, manakah yang menjadi favoritmu?

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner