Jumat, 24 Maret 2017

10 Film Raditya Dika dari Masa ke Masa, dari Kambing Jantan sampai The Guys

SinduLin.web.id - Film Raditya Dika dari Masa ke Masa – Raditya Dika merupakan novelis, aktor sekaligus sutradara film terkenal dari indonesia. Pemuda yang lahir tangal 28 Desember 1984 ini telah membintangi 10 film, mulai dari film Kambing Jantan yang tayang tahun 2009 sampai film The Guys yang akan tayang pertengahan tahun ini.

daftar film raditya dika

Dengan jutaan followers yang dia punya, tentu membuat setiap karya Radit selalu laris dan dinantikan oleh para fans-nya. Termasuk juga dengan film-film Raditya Dika yang kerap kali tembus satu juta penonton dan bahkan masuk daftar 10 film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Bagi kamu yang tertarik menonton film-film Raditya Dika, berikut kami sajikan daftar film Raditya Dika dari masa ke masa:


Daftar Film Raditya Dika Tahun 2009

#1 - Kambing Jantan (2009)

film terbaik raditya dika

Film Kambing Jantan merupakan film pertama Raditya Dika dimana dia berperan sebagai dirinya sendiri. Film ini diangkat dari novel berjudul sama yang menceritakan tentang hubungan LDR antara Radit yang biasa dipanggil ‘Kambing’ dan kekasihnya yang biasa dipanggil ‘Kebo’ (diperankan oleh Herfiza Nofianti).

Film yang rilis tahun 2009 ini disutradarai oleh Rudi Soejarwo dan naskahnya ditulis oleh Salman Aristo.


Daftar Film Raditya Dika Tahun 2013

#2 - Cinta Brontosaurus (2013)

raditya dika books

Film kedua yang ditulis dan dibintangi oleh Raditya Dika adalah Cinta Brontosaurus. Dalam film ini, Radit mengisahkan persoalan yang ‘sebenernya’ cukup aneh, yaitu konsep cinta yang dapat kadaluarsa.

Diceritakan Dika telah mengalami berbagai penolakan dan patah hati sejak SD, sehingga hal itu membuatnya tidak lagi percaya dengan cinta. Mengetahui hal tersebut, Kosasih (diperankan Soleh Solihun) memperkenalkan Dika kepada sejumlah perempuan demi mengembalikan kepercayaan diri Dika.

Sayangnya, para perempuan yang diperkenalkan Kosasih kepada Dika aneh-aneh, mulai dari perempuan yang gemar mengawetkan apapun yang dicintainya, perempuan yang hendak melahirkan dan sebagainya.

Hingga kemudian Dika bertemu dengan Jessica (diperankan oleh Eriska Rein) melalui sebuah pecakapan di sebuah restoran Jepang. Sejak saat itu, kisah film Cinta Brontosaurus berpusat kepada hubungan antara Dika dan Jessica.


#3 - Cinta dalam Kardus (2013)

film raditya dika terbaru

Satu lagi film terbaik Raditya Dika, yaitu Cinta dalam Kardus yang telah rilis tahun 2013 lalu. Film ini cukup unik dan terasa segar karena konsep yang diusung, yaitu Stand Up Comedy.

Di film ini, Raditya Dika berperan sebagai Miko, seorang pemuda yang menyimpan benda-benda peninggalan mantan dalam sebuah kardus. Dalam kardus tersebut, terdapat setumpukan barang dari 21 perempuan yang sempat singgah di hati Miko.

Suatu hari, lagi-lagi Miko hampir menambah isi dalam kardusnya seusai kekecewaannya terhadap Putri (diperankan Anizabella Lesmana) yang tidak lagi terbendung. Miko pun berpikir untuk putus dari Putri, namun untuk menyegarkan pikirannya Miko mencoba melakukan stand-up comedy untuk pertamakali di kafe langganannya.

Di kafe inilah Miko bernostalgia dan menceriakan masa lalunya bersama para mantan. Dengan kardus yang dia bawa dan cerita cinta di baliknya, Miko justru sukses membuat tertawa penonton yang sebelumnya menganggap humor Miko luar biasa garing.

Film Raditya Dika #4 - Manusia Setengah Salmon (2013)

raditya dika movies and tv shows

Film Raditya Dika berikutnya adalah Manusia Setengah Salmon. Sama seperti film Kambing Jantan dan Cinta Brontosaurus, film Radit kali ini juga diangkat dari novel karyanya sendiri.

Manusia Setengah Salmon mengangkat tema ‘pindah’, dimana Raditya Dika berusaha pindah dari hal-hal yang selama ini susah untuk ia lepaskan. Mulai dari cintanya bersama Jessica (diperankan Eriska Rein) hingga hubugannya dengan ayahnya (diperankan Bucek Depp).

Suatu hari, ibu Dika memiliki rencana untuk pindah rumah dan Dika pun membantunya. Kisah lucu dan unik dilalui Dika selama mencari rumah baru untuk mereka tinggali. Hingga akhirnya, Dika menemukan sebuah rumah yang menurut ibunya sangat sempurna.

Di saat yang sama, Dika bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Patricia (diperankan Kimberly Ryder) dan mulai melakukan pdkt.

Namun masalah turut menghampiri Dika ketika ia kurang nyaman dengan rumah barunya dan masih terbayang kenangan-kenangan indah dari rumah yang lama. Tambah lagi, hubungan Dika dengan Patricia juga terganggu karena tanpa ia sadari, sosok Jessica (mantan Dika) masih membayang-bayanginya.


Daftar Film Raditya Dika Tahun 2014

#5 - Marmut Merah Jambu (2014)

download film marmut merah jambu

Film Raditya Dika kali ini tidak secara penuh membahas tentang asmara dan galau, tapi juga mengupas tentang pertemanan dan keluarga. Bahkan, Marmut Merah Jambu juga sedikit memiliki sentuhan misteri di dalamnya.

Diceritakan Dika (Raditya Dika) mengunjungi rumah gadis yang ditaksirnya saat SMA, yaitu Ina. Namun, Dika tidak langsung bertemu dengan Ina, melainkan bertemu dengan Bapak Ina (diperankan Tio Pakusadewo). Dika pun menceritakan awal mula perjumpaannya dengan Ina di masa SMA.

Nah, dari sini alur film bergerak mundur (flashback) di mana Dika (kali ini diperankan Christoffer Nelwan) bersama sahabatnya, Bertus (diperankan Julian Liberty) ingin menjadi populer dan mendapat pengakuan di sekolah.

Mereka pun membuat grup detektif yang belakangan diramaikan pula oleh Cindy (diperankan Sonya Pandarmawan). Sejak saat itu, Dika cs membantu teman-temannya memecahkan berbagai misteri dengan cukup mudah yang kemudian membuat nama mereka populer di sekolah. Setidaknya, hingga Bertus dan Cindy menyadari misi utama Dika menciptakan kelompok detektif tersebut.


#6 - Malam Minggu Miko Movie (2014)

malam minggu miko movie raditya dika

Setelah sukses dengan serial Malam Minggu Miko yang ditayangkan oleh Kompas TV, Raditya Dika membuat versi layar lebarnya dengan durasi lebih panjang sekaligus budget lebih besar.

Seperti versi serialnya, Miko masih terus berusaha mencari pendamping hidup yang lagi-lagi berbuah kegagalan. Rian, sahabatnya yang sudah berpetualang menjadi pelawak tunggal di perahu-perahu merasa yakin bahwa kejombloan Miko disebabkan oleh kutukan dari masa lalu Miko.

Miko pun berusaha menelusuri teman-teman dari masa SMP yang kemungkinan menjadi penyebab kutukan tersebut. Sementara Dovi masih berkutat dengan masalah kuliah hukum yang membuatnya semakin stress. Di sisi lain, ada Anca dan kekasihnya, Atik yang berniat untuk mengikuti nikah masal.

Keseruan dan kelucuan pun terjadi di balik masalah masing-masing karakter film Malam Minggu Miko Movie.


Daftar Film Raditya Dika Tahun 2015

#7 - Single (2015)

film raditya dika single

Film terbaik Raditya Dika berikutnya adalah Single. Di film kali ini, Raditya Dika berperan sebagai Ebi, pemuda pengangguran yang tinggal di kos-kosan bersama dua sahabatnya (Wawan dan Victor). Di usianya yang sudah memasuki kepala tiga, Ebi dirisaukan dengan statusnya yang masih single karena dirinya tidak lancar berkomunikasi dengan wanita.

Kegalauan Ebi semakin menjadi-jadi ketika Alva (adiknya) tiba-tiba memutuskan untuk menikah mendahului dirinya. Tidak ingin harga dirinya jatuh, Ebi pun mulai memberanikan diri untuk mencari pendamping hidup dengan bantuan Wawan (diperankan Pandji Pragiwaksono) dan Victor (diperankan Babe Cabita). Kedua sahabatnya ini sudah terlebih dulu punya pasangan.

Ebi pun kemudian bertemu dengan cewek cantik bernama Angel (diperankan Annisa Rawles) yang langsung sukses mencuri hatinya. Namun, menarik hati Angel ternyata tidak mudah karena Angel mempunyai seorang ‘abang’ bernama Joe (diperankan Chandra Liow) yang diam-diam juga suka kepada Angel.


Daftar Film Raditya Dika Tahun 2016

#8 - Koala Kumal (2016)

film raditya dika koala kumal

Film Raditya Dika berikutnya adalah Koala Kumal yang mengusung tema ‘merelakan’. Koala Kumal bisa dibilang merupakan film Raditya Dika yang lebih dewasa karena konflik karakternya tidak sekadar kegalauan Radit dalam mencari pacar.

Koala Kumal dimulai dari kisah patah hati terhebat Radit, dimana dirinya tengah mengalami kebuntuan akibat hubungannya dengan Andrea (kekasih yang segera menjadi istrinya) tiba-tiba kandas menjelang hari pernikahan. Hal tersebut dikarenakan Andrea jatuh cinta kepada pria lain, yaitu James yang diperankan Nino Fernandez.

Kejadian tersebut tentu membuat Dika sangat terpukul, terlebih karena berbagai persiapan pernikahan termasuk video perjalanan cinta, resepsi pernikahan sampai disain undangan telah selesai dipersiapkan.

Setahun berselang, dan Dika masih saja kesulitan membuka lembaran hidup baru. Hingga kemudian Dika bertemu dengan Trisna (diperankan Sheryl Sheinafia), seorang gadis eksentrik pendiri klub buku yang mendadak muncul di hadapan Dika dan membantunya ‘menyembuhkan’ patah hati terhebatnya. Meski sebetulnya Trisna sendiri juga menyimpan luka besar yang belum tersembuhkan.

Film Koala Kumal memberi pesan yang cukup mendalam, bahwa patah hati karena ditinggalkan oleh orang yang kita sayang bukan akhir dari segalanya. Justru, ketika kita ditinggalkan oleh orang yang kita sayang kita akan menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya.


Film Raditya Dika #9 - Hangout (2016)

raditya dika hangout

Hangout sejauh ini merupakan film Raditya Dika terlaris dengan 2,6 juta lebih penonton. Film bergenre thriller komedi ini bahkan berhasil masuk 10 besar film Indonesia terlaris sepanjang masa peringkat ke-9.

Hangout sendiri mengisahkan tentang sembilan orang artis yang menerima undangan secara bersamaan untuk datang ke sebuah pulau misterius. Di pulau misterius tersebut, mereka mendapatkan teror karena satu persatu personil meregang nyawa secara tidak wajar.

Hal itu tentu membuat para personil yang masih selamat mulai was-was dan mulai menaruh curiga karena bisa jadi pembunuh misterius tersebut adalah salah seorang dari mereka..


Daftar Film Raditya Dika Tahun 2017

#10 - The Guys (2017) 

film raditya dika the guys

Film Raditya Dika paling baru adalah The Guys yang dijadwalkan tayang tanggal 13 April 2017. Seperti film-film sebelumnya, dalam film ini Raditya Dika juga mendapat tugas ganda sebagai pemain, penulis naskah sekaligus sutradara filmnya.

Selain Raditya Dika, film The Guys akan dibintangi oleh Indra Jegel, Marthino Lio, Pukaii, Fedi Nuril, Tarzan Srimulat dan Pevita Pearce.

Tidak lupa juga ada aktris top korea yang ikut digandeng Radit untuk tampil dalam beberapa scene, yaitu Baifern yang terkenal akan perannya sebagai Nam di film Crazy Little Thing Called Love (2012).

Lantas, kenapa proses pembuatan film The Guys terasa begitu cepat? Berikut jawaban Raditya Dika seperti yang kami kutip dari salah satu vlog-nya:

"Penulisan naskah film ini (film The Guys –red) sebenarnya sudah dimulai sejak dua tahun lalu. Penggarapan filmnya tertunda karena waktu itu masih sibuk mengurusi produksi Koala Kumal dan Hangout. Waktu itu kondisi naskah film ini sudah rapi banget sebenarnya. Jadi ketika sudah ada jadwal agak longgar, proses syuting bisa dilakukan. Jadi persiapannya sebenarnya sudah sejak jauh hari."

Raditya Dika juga menjelaskan bahwa proses produksi film The Guys sedikit berbeda dibanding film-film yang ia garap sebelumnya.

"Kalau di produksi ini, kami mulai syuting sore, kelar subuh. Syuting mulai pagi, kelarnya malam," jelas Radit. 

Targetnya, dalam waktu sehari Radit dan tim harus melakukan syuting selama 12 jam.


Baca juga;



Itulah beberapa film Raditya Dika yang sudah dibuat sampai saat ini. Di antara kesepuluh film di atas, film mana yang menjadi favoritmu?

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner