Rabu, 12 Juli 2017

Pengertian Film Box Office, Blockbuster dan Mockbuster

Apa sih arti film Box Office, film Blockbuster dan film Mockbuster? Simak pengertiannya dalam artikel berikut ini!


SinduLin.web.id – Bagi penggemar film pasti sering mendengar istilah Box Office. Tapi apakah kamu mengetahui arti sebenarnya dari Box Office? Mari simak asal-usul kata Box Office dalam penjelasan di bawah ini!


Pengertian Film Box Office


Pengertian Film Box Office, Blockbuster dan Mockbuster

Istilah Box Office sudah digunakan sejak bioskop berdiri zaman dahulu kala. Dulu proses pembelian tiket belum menggunakan sistem loket seperti sekarang. Saat itu ada sebuah kotak yang diedarkan kepada penonton untuk memberikan donasi bagi pertunjukkan film yang mereka tonton. Kotak tersebut dikunci dan disimpan di dalam kantor. Sejak saat itulah istilah Box Office mulai dipakai.

Di zaman modern ini, pengertian Box Office sudah berkembang. Box Office adalah sebuah film yang berhasil mendapatkan penghasilan melebihi biaya produksinya dan penghasilan itu berhasil didapatkan hanya dalam waktu tayang beberapa hari atau seminggu pertama saja.

Pengertian tersebut hampir mirip dengan zaman dulu dimana jika sebuah film disukai penonton tentu pendapatannya semakin banyak karena banyak yang menonton.

Contoh dari film Box Office sangatlah banyak, sebut saja seperti film Forest Gump (1994), Catch Me If You Can (2002), Inception (2010), The LEGO Movie (2014) dan yang paling baru adalah Wonder Woman (2017).

Lalu, apa perbedaan film Box Office dengan film Blockbuster? Ketahui jawabannya dengan menyimak penjelasan di poin selanjutnya:


Apa itu Film Blockbuster?


Pengertian Film Box Office, Blockbuster dan Mockbuster

Blockbuster pada mulanya merupakan istilah yang diberikan kepada film-film yang memperoleh pendapatan melebihi US$100 juta. Namun seiring waktu, pengertiannya mulai berubah menjadi film-film yang budget pembuatannya sangat-sangat tinggi dan ditargetkan kepada pasar yang lebih luas.

Definisi film yang bisa dikatakan sebagai blockbuster pun lebih ditentukan oleh nilai budget produksi dan usaha marketingnya daripada kesuksesan dan popularitas dari filmnya.

Contoh film Blockbuster adalah Jaws (1975), film ini berhasil meraih rekor penjualan tiket di atas 100 juta dollar AS dan disebut sebagai film pertama yang memulai era Blockbuster di Hollywood.

Selain Blockbuster, ada juga istilah yang terdengar mirip, yaitu Mockbuster. Apakah itu? Simak pengertian film Mockbuster berikut ini.


Apa itu Film Mockbuster?


Pengertian Film Box Office, Blockbuster dan Mockbuster

Mockbuster berasal dari kata ‘mock’ yang berarti tiruan atau ejekan dan merupakan istilah yang diberikan kepada film-film yang sengaja dibuat untuk mendompleng ketenaran dan publisitas yang dimiliki oleh sebuah film berbudget besar melalui pemberian judul atau tema yang mirip.

Secara sederhana, Mockbuster adalah film yang serupa tapi tidak sama. Contohnya adalah film Apocalypse Z yang mendompleng kesuksesan World War Z, film Atlantic Rim yang mendompleng popularitas Pacific Rim, film Frozen Land yang mendompleng film animasi Frozen dan banyak lagi lainnya.

Meski menggunakan judul dan bahkan tampilan yang mirip, namun kualitas film Mockbuster jauh lebih buruk dari film yang ditirunya. Kenapa? Karena dari budget pun film Mockbuster biasanya tidak sampai 10% nya dari film yang ditiru.

Baca juga: Ternyata Begini Proses Distribusi Film Hollywood hingga Bisa Disaksikan di Bioskop


Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai istilah Box Office, Blockbuster dan Mockbuster dalam dunia film. Yuk sebarkan artikel ini supaya lebih banyak yang tahu!

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner