-->

Mengenal John Stewart, Anggota Green Lantern Corps Berjuluk Master Builder

John Stewart, anggota Green Lantern Corps ini mampu membuat kontruksi cahaya yang sangat kuat.

siapa john stewart dc

Dalam jagat DC Comics, ada satu nama yang bersinar terang di antara para penjaga perdamaian intergalaksi: John Stewart. Sebagai salah satu Green Lantern Corps yang paling dihormati, Stewart telah menetapkan standar tinggi dalam hal keberanian, keandalan, dan kreativitas dalam menghadapi ancaman terbesar alam semesta. 

Namun, di balik kostum hijau dan cincin yang mempesona, ada cerita yang menginspirasi tentang perjalanan seorang mantan Marinir yang berubah menjadi pahlawan kosmis. 

Mari kita telusuri lebih dalam tentang siapa sebenarnya John Stewart, dan apa yang membuatnya begitu memikat bagi penggemar DC Comics di seluruh dunia.

Siapa itu John Stewart?

John Stewart, Anggota Green Lantern Corps Berjuluk Master Builder

John Stewart pada awalnya direkrut sementara oleh Guardian of Universe untuk menggantikan Guy Gardner yang mengalami luka serius saat bertugas. John adalah seorang arsitek yang mempunyai kecenderungan menentang otoritas. Sifat ini juga yang membuat Hal Jordan sempat tidak menyetujui penunjukan para Guardian terhadapnya. Untungnya, tidak lama kemudian John berhasil membuktikan bahwa ia adalah pilihan yang tepat.

Selain bertugas sebagai pengganti bagi Green Lanten lain, Stewart biasanya juga mengisi posisi Green Lantern di kelompok superhero Justice League apabila Hal Jordan berhalangan. Akan tetapi, ketika Hal Jordan mundur dari GL Corps, John Stewart mendapat tawaran untuk mengisi posisi Green Lantern secara penuh. Ia pun menerimanya dan selama beberapa tahun bertugas menjadi Green Lantern untuk sektor 2814, Bumi.


istri superhero green lantern

Selama bertugas sebagai pasukan polisi antar-galaksi inilah Stewart bertemu dengan kekasih yang kemudian menjadi istrinya, yaitu Katma-Tui. Dia adalah Green Lantern wanita dari planet Korugar. Sayangnya pernikahan mereka tidak berlangsung lama, karena Carol Ferris yang dirasuki Star-Sapphire membunuh istrinya.

Baca juga: 9 Shadow Terkuat Milik Sung Jin-Woo dalam Solo Leveling


Meski awalnya hanya cadangan bagi GL Corps, namun John Stewart berhasil bertumbuh menjadi salah satu anggota Green Lantern terkuat. Pretasinya yang paling dikenal adalah ketika Stewart dipercaya untuk mengurus dunia Mosaic, sebuah dunia yang dihuni oleh beragam makhluk asing yang dipindahkan dari planet masing-masing oleh seorang Guardian.

Keunggulan Stewart dari anggota Green Lantern Corps lainnya adalah kekuatan kontruksi cahayanya yang lebih kokoh dibanding Green Lantern manapun. Mungkin karena dia seorang arsitek sehingga mengetahui teknik-teknik terbaik dalam membuat kontruksi yang kuat.

Berkat kekuatan kehendak dan kontruksinya, John Stewart mendapat julukan ‘Master Builder’. Dia juga sempat bergabung dengan pasukan penjaga perdamaian antar galaksi yang bernama Darkstar untuk beberapa waktu, sebelum tim ini dibubarkan.


Komik Penting yang Menampilkan John Stewart

Terdapat beberapa komik penting yang menampilkan John Stewart, salah satu anggota Green Lantern Corps yang sangat dihormati. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Green Lantern/Green Arrow #87-#89 (1971): John Stewart membuat debutnya dalam komik ini sebagai Green Lantern sementara yang menggantikan Hal Jordan yang terluka. Dalam cerita ini, dia bekerja sama dengan Green Arrow dalam petualangan yang memperkenalkannya kepada pembaca.

2. Green Lantern Vol. 2 #87 (1972): Ini adalah penampilan pertama John Stewart sebagai Green Lantern utama. Dia menerima cincin Green Lantern secara permanen setelah sebelumnya hanya menggantikan Hal Jordan.

3. Green Lantern: Mosaic (1992-1993): Seri ini menampilkan John Stewart dalam peran utama. Setelah kejadian yang menghancurkan, ia ditempatkan sebagai penjaga Mosaic, sebuah dunia yang dibuat dari pecahan planet yang hancur. Ini merupakan salah satu titik puncak dalam perkembangan karakter John Stewart.

4. Green Lantern: Rebirth (2004): Dalam seri ini, John Stewart berperan penting dalam upaya untuk mengembalikan kehormatan kepada Green Lantern Corps setelah kehancuran parah yang dialami dalam storyline sebelumnya. Dia berjuang bersama para Green Lantern lainnya dalam menghadapi ancaman baru.

5. Green Lantern Corps: Ring Quest (2009): John Stewart menjadi fokus dalam seri ini yang menyoroti perannya sebagai salah satu pemimpin Green Lantern Corps. Dia bersama dengan beberapa anggota Corps lainnya melakukan perjalanan mencari cincin hijau yang hilang.

6. Green Lantern Vol. 5 #20 (2013): Dalam cerita "Wrath of the First Lantern", John Stewart memiliki peran yang signifikan dalam pertempuran melawan musuh kuat yang mempengaruhi sejarah Green Lantern Corps.

7. Hal Jordan and the Green Lantern Corps (2016-2018): John Stewart adalah karakter penting dalam seri ini yang menyoroti hubungan antara Hal Jordan dan rekan-rekannya dalam menghadapi berbagai ancaman terbesar alam semesta.

Komik-komik ini memberikan penekanan yang signifikan pada karakter John Stewart dan memberikan wawasan yang mendalam tentang perannya sebagai Green Lantern yang kuat dan dihormati.


Kekuatan John Stewart

Sebagai seorang Green Lantern, John Stewart memiliki akses ke kekuatan yang luar biasa melalui cincin hijau yang diberikan padanya oleh Guardians of the Universe. Berikut adalah beberapa kekuatan utama yang dimilikinya:

1. Manipulasi Energi: Cincin Green Lantern memungkinkan John Stewart untuk memanipulasi energi hijau yang tak terbatas. Dia dapat menggunakan energi ini untuk menciptakan berbagai macam konstruksi energi, mulai dari senjata hingga perisai pelindung, dengan imajinasinya sebagai satu-satunya batasan.

2. Kreativitas: Salah satu kekuatan utama John Stewart adalah kreativitasnya. Dia telah menunjukkan kemampuan untuk menciptakan konstruksi energi yang rumit dan efektif, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun. Kreativitasnya memungkinkannya untuk menyesuaikan strategi pertempurannya sesuai dengan kebutuhan.

3. Keberanian dan Kehandalan: John Stewart dikenal karena keberaniannya yang tak tergoyahkan dan keandalannya dalam melindungi alam semesta dari ancaman apapun. Dia sering kali tampil sebagai pemimpin yang tenang dan dapat diandalkan dalam menghadapi situasi berbahaya.

4. Kekuatan Fisik: Meskipun kekuatan fisiknya bukanlah kekuatan utama yang diberikan oleh cincin Green Lantern, John Stewart masih memiliki kekuatan fisik yang tinggi karena latihan dan pengalaman militernya sebagai seorang Marinir Amerika.

5. Kemampuan Telepati: Beberapa inkarnasi dari cincin Green Lantern memberikan kemampuan telepati kepada pemiliknya. Ini memungkinkan John Stewart untuk berkomunikasi dengan anggota Corps lainnya atau masyarakat lain secara mental, tanpa perlu menggunakan bahasa verbal.

Kekuatan-kekuatan ini menjadikan John Stewart sebagai salah satu anggota Green Lantern Corps yang paling kuat dan dihormati dalam alam semesta DC Comics.


Itulah pengenalan singkat tentang John Stewart, anggota Green Lantern Corps berjuluk Master Builder. Tetap kunjungi Selowae Network untuk membaca informasi menarik lainnya seputar superhero DC dan Marvel.

Baca juga: 8 Anggota Terkuat Green Lantern Corps dari DC Comics


0 Response to "Mengenal John Stewart, Anggota Green Lantern Corps Berjuluk Master Builder"

Posting Komentar