-->

11 Wisata Alam di Temanggung Paling Populer dan Sangat Indah


Simak destinasi wisata alam di Kabupaten Temanggung berikut ini!



Bebaca Wisata
– Pariwisata di Kabupaten Temanggung selama ini memang kurang dilirik oleh wisatawan, hal tersebut dikarenakan kurangnya media promosi maupun kekurangpedulian masyarakat Temanggung itu sendiri.



Banyak masyarakat di Temanggung lebih memilih berlibur ke luar kota dan cukup jarang yang memilih untuk menghabiskan hari liburnya untuk mengunjungi tempat wisata di Temanggung. Padahal, Kabupaten Temanggung mempunyai banyak potensi pariwisata yang cukup menjanjikan, terutama dalam wisata alamnya.



Jika kamu tertarik untuk berwisata ke Kabupaten Temanggung, kami rekomendasikan beberapa tempat wisata alam di Kabupaten temanggung berikut ini:






Destinasi Wisata Alam di Temanggung, Jateng





#1 – Mijil Loka







mijil loka 11 Wisata Alam di Temanggung Paling Populer dan Sangat Indah
Mijil Loka, salah satu wisata alam Temanggung



Mijil Loka adalah salah satu destinasi wisata alam terbaru di Kabupaten Temanggung. Berlokasi di desa Candisari, Mijil Loka menawarkan pemandangan alam lereng Sindoro, Sunrise dan Camping Ground.



Bagi para penikmat wisata sunrise, para hunter sunrise dan selfier, wajib mengunjungi tempat wisata Temanggung yang satu ini. Meskipun pembangunan belum 100 persen selesai, namun teman-teman dan manapun bisa menikmati matahari terbit di atas gardu pandang Mijil Loka.








#2 – Sindhumoyo





Wisata Alam di Temanggung Paling Populer dan Sangat Indah



Sindhumoyo, terletak di pos 1 jalur pendakian gunung Sindoro, melalui desa Bakalan, Katekan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Menikmati matahari terbit dan pemandangan yang bagus adalah salah satu kenikmatan yang luar biasa. Dan hal tersebut bisa anda temukan di tempat wisata satu ini.



Sindhumoyo termasuk tujuan wisata baru yang sangat populer di Temanggung, sehingga tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Selain dapat melihat sunrise, anda juga dapat menikmati berbagai pemandangan indah di sekitarnya. Mulai dari Gunung Sumbing, Merapi , Merbabu, Andong, Telomoyo dan Ungaran. Di tempat ini anda juga dapat camping atau malah lanjut mendaki gunung Sindoro.






#3 – Wisata Alam Posong Temanggung





Wisata Alam di kabupaten Temanggung Paling Populer dan Sangat Indah



Wisata Alam Lembah Posong terletak di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Merupakan obyek wisata yang dirintis oleh masyarakat sekitar sejak awal tahun 2011 dan diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Daya tarik utama tempat ini adalah pemandangan alam dan keindahan sunrise (matahari terbit).



Daya Tarik Wisata Alam Lembah Posong selain pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro adalah ‘watu mlongso’ yang merupakan medan sungai mati hasil bentukan erupsi Gunung Sindoro dan ‘watu kelir’. Di tempat ini, ada juga bisa menginap dan hunting foto.






Baca juga: Mengunjungi Wisata Alam Posong - Info Rute, Harga Tiket dan Obyek Wisata







#4 – Hutan Walitis





tempat wisata temanggung paling bagus



Destinasi wisata alam di Temanggung berikutnya ditempati oleh Walitis yang terletak di Selopampang. Pohon Walitis di kawasan hutan Rasamala merupakan pohon terbesar di lereng Sumbing dan Sindoro. Hutan ini terletak di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, Tinggi pohon mencapai 30 meter, dengan lingkar batang 7,5 meter. Untuk memeluk batangnya saja diperlukan enam orang dewasa yang saling tautan sambil merentangkan kedua tangannya.



Keistimewaan tanaman dan hutan ini adalah tidak mempan oleh api. Ketika terjadi kebakaran hutan di sebagian kawasan lereng Sumbing dan Sindoro beberapa waktu lalu, hutan Rasamala sama sekali tidak terjamah  api. Untuk menjangkau rumpun pepohonan Rasamala yang luasnya mencapai 1,5 hektar, para wisatawan harus mendaki melalui jalan setapak. Jarak pendakian ini sekitar 1,5 km dari pohon walitis.






#5 – Sedengkeng Pass





tempat wisata temanggung paling bagus



Rekomendasi tempat wisata alam di Temanggung yang paling populer dan indah berikutnya adalah Sedengkeng Pass. Destinasi wisata baru yang menyajikan pemandangan cantik dari atas gunung ini terletak di Desa Petarangan, Kec. Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. Berada di ketinggian 1823 Mdpl.



Selain pemandangan alam berlatar Gunung Sindoro dan lembah Sumbing, spot menarik untuk foto di Sedengkeng Pass juga difasilitasi dengan udara sejuk yang membuat betah para pengunjungnya. Menariknya, biaya masuk Sedengkeng Pass sangat murah. Yaitu sekitar Rp. 5000 per orang untuk wisata biasa dan Rp 10.000 bila sekalian berkemah di sana.






#6 – Alam Sewu





tempat wisata alam terbaik di temanggung jateng



Keindahan pemandangan di Alam Sewu tak kalah bagus bila dibandingkan dengan wisata Posong. Pemandangan alam pegunungan dan langit biru yang luas menjadi keunikan tersendiri. Sesuai dengan namanya, Alam Sewu terletak di atas Desa Pringsewu, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.



Objek wisata di Temanggung ini terbilang cukup baru di telinga para wisatawan. Berhiaskan hamparan luas dataran Ngadirejo dan langit biru tanpa tertutupi bukit yang memanjakan mata. Di tempat ini pun kita bisa melihat pemandangan Gunung Ungaran, Sindoro, Kendil, dan lainnya.





#7 - Embung Kledung 





daftar wisata alam terpopuler di temanggung



Embung Kledung merupakan waduk mini atau kolam raksasa yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan. Embung ini dibangun dengan tujuan mengatasi kesulitan air pada musim kemarau dan pengembangan kawasan wisata baru. Daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata ini adalah pemandangan waduk mini dengan latar Gunung Sindoro dan melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan.



Untuk mencapai Embung Kledung tidak terlalu susah. Jika Anda dari Jogja, cukup mengambil rute menuju Wonosobo melewati Temanggung dan Parakan. Dari Parakan Anda langsung menuju Desa Kledung. Jika Anda sudah sampai di Desa Kledung, cukup bertanya kepada warga sekitar, seketika warga akan menunjukkan lokasi Embung Kledung berada.



Salah satu tempat wisata alam terbaik di Temanggung ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Saat kita berada di sana, kita dibuat serasa di negeri Eropa. Suasana lereng gunung yang dingin ditambah pemandangan hijau dari pepohonan dan gunung  sangat cocok untuk anda penggemar wisata pegunungan.






#8 – Embung Tlogopucang





11 Wisata Alam di Temanggung Paling Populer dan Sangat Indah



Embung Tlogopucang merupakan salah satu dari beberapa danau buatan yang dibangun oleh pemerintah daerah Temanggung di daerah Kandangan. Keberadaannya lebih dikenal sebagai lokasi foto daripada tempat wisata karena cukup indah untuk diabadikan ketimbang dinikmati suasananya. Fungsi embung ini hampir sama seperti embung lainnya untuk mengatasi kekurangan pasokan air pada musim kemarau.



Pemandangan Embung Tlogopucang terlihat menarik meskipun tidak terlalu luas. Bentuk embung yang tidak simetris dan berlekuk-lekuk mengikuti kontur tanah memberikan kesan unik dan tidak kaku. Bila kondisi cuaca sedang cerah akan terlihat gugusan gunung yang menjadi latar kolam buatan ini yaitu Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau Dieng.





#9 – Curug Titang Temanggung





destinasi wisata alam temanggung



Curug Titang merupakan potensi wisata air terjun yang masih alami di daerah Tembarak Temanggung. Keberadaan air terjun ini jarang didengar karena kurangnya promosi dan belum dikelola baik oleh pemerintah setempat maupun dari warga masyarakat sendiri. Air terjun ini cukup berpotensi menjadi obyek wisata unggulan di Kabupaten Temanggung karena memiliki ketinggian yang cukup dan derasnya aliran air terjun.



Pemandangan Curug Titang terlihat alami dengan jatuhan air terjun langsung mengarah ke dasar tebing. Air terjun ini memiliki karakteristik sebagai air terjun tunggal dan tidak ditemukan air terjun lain di dekatnya. Ketinggian air terjun ini diperkirakan lebih dari 20 meter. Kolam alami yang terbentuk dibawah jatuhan air sepertinya cukup dalam dan dapat digunakan untuk berenang. Pengunjung tidak dilarang untuk berenang namun diharapkan tetap menjaga keamanan dan keselamatan karena tidak ada penjagaan.






Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Semarang Jawa Tengah






Saat mengamati tebing di sekeliling Curug Titang Temanggung masih dipenuhi rerimbunan pohon dan tumbuhan lumut. Pada sebuah sisi tebing terdapat sumber mata air yang langsung mengarah ke aliran sungai. Bebatuan kali atau sungai banyak ditemukan di sepanjang aliran sungai di sekeliling kolam dasar air terjun. Salah satu wisata alam di Temanggung ini jangan sampai kamu lewatkan begitu saja...





#10 – Curug Trocoh/Surodipuro





destinasi wisata alam terbaik di temanggung



Menghabiskan waktu bersantai di tempat yang memiliki kesan natural dan menyejukan bisa menjadi obat pelipur hati dan pikiran yang ampuh. Tempat yang satu ini cocok bagi para pencari kedamaian alam. Tempat itu bernama Curug Trocoh atau yang disebut juga dengan nama lain Curug Surodipuro.



Air terjun ini merupakan satu diantara banyaknya tempat eksotis yang ada di Temanggung. Curug ini terletak di Desa Tawangsari Kecamatan Wonoboyo dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.






#11 - Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing





destinasi wisata alam terbaik di temanggung



Temanggung juga tak bisa lepas dari Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Temanggung ada diantara dua gunung ini dan inilah yang menjadi salah satu menariknya wisata alam Temanggung.



Dari bawah saja pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing sudah sangat indah apalagi jika kita melakukan pendakian di gunung ini dan melihat pemandangan alam dari atasnya.



Kedua gunung ini sama-sama indah dan menarik untuk didaki, anda bebas menentukan mana yang akan didaki terlebih dahulu. Namun jika ada kesempatan lain maka mendaki salah satunya lagi adalah hal yang harus dilakukan untuk melengkapi pengalaman anda.



Mendaki Gunung Sindoro anda bisa mengambil jalur Kledug. Sementara untuk Gunung Sumbing bisa dimulai dari basecamp Cepit di desa Pager Gunung, Kecamatan Bulu, Temanggung.



Selain pemandangan alam nan eksotisnya, hal lain yang tak kalah menarik adalah ritual pendakian kedua gunung ini. Pengalaman yang akan melengkapi perjalanan wisata Temanggung anda. Gunung Sumbing pada bulan suci Ramadhan dan Gunung Sindoro pada setiap malam 1 Suro.





Demikian daftar tempat wisata alam Temanggung yang paling populer dan bisa kamu kunjungi. Dari sekian banyak tempat wisata bernuansa alam di Kabupaten Temanggung tersebut, manakah yang paling ingin kamu datangi?




Next > 22 Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten Temanggung



1 Response to "11 Wisata Alam di Temanggung Paling Populer dan Sangat Indah"