Apa Itu Kryptonite dalam Komik DC?

Sindu
By -
0

Apa Itu Kryptonite dalam Komik DC?


Ketenaran Kryptonite hampir sejalan dengan simbol ‘S’ di dada Superman. Sebagai satu-satunya substansi yang mampu membunuh sang manusia baja, kehadiran Kryptonite dalam kisah-kisah Superman sebenarnya justru menjadi penyelamat karir tokoh tersebut.

Bayangkan apabila Superman menjelma sebagai satu-satunya sosok yang tak terkalahkan dan tak bisa dibunuh, akan sangat membosankan bukan?


Apa itu Kryptonite adalah kekuatan macam jenis

Apa itu Kryptonite?


Kryptonite sendiri merupakan logam yang muncul pertama kali lewat sebuah sandiwara radio Superman tahun 1943. Dalam perjalanan komiknya, pernah diperlihatkan bahwa Kryptonite ini memiliki beberapa warna berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Ketika Kryptonite diperkenalkan pada publik lewat komik tahun 1949, ia berwarna merah. Sementara Kryptonite yang kita ketahui secara umum berwarna hijau. Namun ternyata ada juga Kyrptonte berwarna biru, ungu, hitam dan bahkan emas.

Merupakan Kryptonite yang paling sering kita jumpai dan jenis yang mampu membuat Superman lemah. Paparan Kryptonite hijau bahkan mampu membunuh Superman dalam hitungan jam jika ia terkena radiasinya terus menerus. Benda ini tercipta dari hasil radiasi planet Krypton yang meledak ketika Superman lahir.

Sebaliknya bagi Bizarro, Kryptonite hijau justru membuatnya semakin kuat. Dan bagi beberapa musuh Superman, Green Kryptonite sering dimanfaatkan untuk menghadapi kekuatan sang manusia baja yang hampir tidak terkalahkan itu.

Sementara bagi manusia Bumi, apabila terlalu lama terkenda radiasinya bisa menyebabkan penyakit kanker. Lex Luthor sendiri pernah dikisahkan menjadi korban kanker dari batu Kryptonite hijau.


Macam-macam Kryptonite dan Fungsinya


Dalam komik DC, Kryptonite adalah mineral fiktif yang berasal dari planet Krypton, tempat asal Superman. Mineral ini menjadi salah satu elemen yang paling terkenal dalam cerita Superman, karena memiliki efek yang sangat merusak pada Kryptonian, termasuk Superman sendiri.

 

Kryptonite memiliki berbagai macam warna dan jenis, masing-masing dengan efek yang berbeda pada Kryptonian. Warna-warna yang paling umum dikenal antara lain:

 

1. Kryptonite Hijau: 

Kryptonite hijau adalah yang paling terkenal dan paling sering digunakan dalam cerita Superman. Ini adalah yang pertama kali diperkenalkan dalam cerita Superman di radio pada tahun 1943. Kryptonite hijau dapat melemahkan, menyakitkan, bahkan membunuh Kryptonian yang terpapar. Efeknya dapat bervariasi dari kelemahan fisik dan kehilangan kekuatan hingga keracunan radiasi yang berakibat fatal.

 

2. Kryptonite Merah: 

Kryptonite merah sering kali memiliki efek yang tidak terduga dan tidak konsisten. Dalam beberapa cerita, itu bisa mengubah kepribadian Superman, membuatnya bertindak secara impulsif atau menjadi jahat. Kryptonite merah juga bisa mempengaruhi kekuatan dan kemampuan Superman dengan cara yang tidak terduga.

 

3. Kryptonite Biru: 

Kryptonite biru biasanya memiliki efek penyembuhan pada Kryptonian. Ini bisa mengembalikan kekuatan dan kesehatan Superman jika dia terluka atau melemah akibat paparan Kryptonite lainnya.

 

4. Kryptonite Emas: 

Kryptonite emas adalah yang paling langka dan paling berharga di antara jenis kryptonite lainnya. Dalam beberapa cerita, kryptonite emas diyakini memiliki kemampuan untuk mengubah Kryptonian menjadi manusia biasa, sementara dalam cerita lain, itu bisa menghilangkan efek dari paparan kryptonite lainnya.

 

Selain jenis-jenis tersebut, ada juga berbagai jenis kryptonite lainnya yang jarang muncul dalam cerita, seperti kryptonite hitam, putih, ungu, dan lain-lain. Kryptonite merupakan elemen yang sering digunakan dalam cerita Superman sebagai alat untuk menambahkan ketegangan dan kesulitan bagi pahlawan super yang tampaknya tidak terkalahkan tersebut.


Demikian pembahasan mengenai Kryptonite dalam komik DC. Apakah kamu ingin menambahkan?

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!