-->

Asal-Usul dan Kekuatan Mr Mxyzptlk, Makhluk Dimensi ke-5 dari DC Comics

Selowae.Net Siapa itu Mister Mxyzptlk? Dia adalah makhluk dari Dimensi ke-5 yang memiliki kekuatan untuk melakukan hampir apa saja. Walaupun memiliki kekuatan sangat mengerikan, namun Mxyzptlk bukanlah tipe penjahat yang suka membunuh dan menghancurkan.



Sebaliknya, Mxy memiliki sifat yang cenderung kekanak-kanakan dan hampir semua aksinya dia lakukan karena sifat jahilnya tersebut.



Jika kamu penasaran dengan karakter DC Comics satu ini, yuk langsung saja kita bahas asal-usul dan kekuatan Mr Mxyzptlk!



Oh ya, kamu juga bisa membaca profil karakter DC Comics lainnya di sini.






Sejarah Asal-Usul Mr Mxyzptlk (DC Comics)




Karakter Mister Mxyzptlk diciptakan oleh Jerry Siegel dan Ira Yarbrough, pertama kali muncul di komik Superman # 30 dengan nama Misterzxyktk.



Di era setelah Crisis, Mxyzptlk pertama kali muncul dalam komik Superman (Volume 2) # 11 garapan John Byrne.



Mister Mxyzptlk mengatakan bahwa ia dapat berpindah dari satu realitas alternatif ke realitas yang lain. Dan nama yang ia gunakan memiliki ejaan dan pelafalan yang berbeda tergantung pada realitas ia berada: kadang Mxyzptlk, Mxyztplk, atau Mixelplik. Pelafalan di New Earth adalah Mix-yez-pittle-lik (Mxyzptlk).




Sejarah Asal-Usul Mr Mxyzptlk (DC Comics)



Dalam kemunculan pertamanya Pasca Crisis, Mxy muncul di kota Metropolis dan menyamar sebagai pemuda gagah bernama Ben Deroy, ia sedang meyakinkan Lois Lane untuk menikah dengannya.



Superman segera menyadari bahwa dia adalah makhluk dari Dimensi ke-5. Makhluk itu setuju untuk pulang ke dimensinya, hanya jika Superman bisa membuatnya mengeja, mengetik atau menyebut namanya secara terbalik.





Ia kemudian menggunakan nama Mxyzptlk karena menurutnya akan mustahil bagi Superman untuk memaksanya mengatakan nama itu secara terbalik. Mxy juga mengatakan bahwa nama aslinya tidak akan pernah bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Bumi.



Namun, setelah melalui berbagai usaha akhirnya Superman berhasil menjebak Mxy untuk mengetikkan namanya secara terbalik di mesin ketik yang ia tinggalkan. Dan ia pun mau tidak mau dipaksa kembali ke dimensinya. Setelah Mxy pergi, beberapa ilmuwan berteori bahwa dia tidak akan dapat kembali selama 90 hari.



Pada kunjungan Mxy berikutnya ke Metropolis, ia mengungkapkan bahwa "aturan" untuk mengirimnya kembali akan berubah setiap waktu. Kali ini, Superman harus membuatnya melukis wajahnya menjadi berwarna biru, yang akhirnya dia bisa lakukan.



Saat berikutnya Mxy mampir ke Bumi, dia tidak dapat menemukan Superman. Mxy kemudian memutuskan untuk bersenang-senang dengan Lex Luthor sebagai gantinya, tetapi Luthor malah mengajari dia cara berbohong kepada orang lain.



Mxyzptlk kemudian menggunakan pengalaman barunya dengan berbohong ketika dia mengunjungi Bumi. Dia memutuskan untuk memaksa Flash (Wally West) untuk mengikuti lomba balap lari melawan Superman, Mxy berjanji untuk pergi hanya jika Superman menang. Flash memenangkan perlombaan, dan Mxy mengungkapkan bahwa diam-diam itu adalah kondisi nyata untuk kepergiannya.




Asal-Usul dan Kekuatan Mr Mxyzptlk adalah



Tidak hanya berhenti sampai di situ, Mr Mxyzptlk masih sering kembali ke Bumi hanya untuk bermain-main dan menggoda Superman. Dia bahkan pernah memberikan "Kryptonite merah" kepada Lex Luthor untuk membuat Superman susah.



Mxy mengatakan Kryptonite itu akan membuat Superman menjadi manusia biasa selama Luthor tidak memberi tahu Superman. Superman meminta bantuan Starman (Will Payton) untuk menyamar sebagai Man of Steel dan mencuri batu itu dari Luthor.



Pernah juga, Mxy melakukan kunjungan ke Bumi dengan tujuan baik, ia ingin mencoba mengabulkan keinginan orang-orang. Meskipun hasil dari niat baik itu malah menimbulkan malapetaka baru, di mana ketika ada seseorang berdoa untuk memiliki pemandangan sungai yang indah kemudian gedung yang ditinggali wanita itu berdiri dan berjalan ke sungai. Ada juga kasus di mana ratusan orang menang lotre sekaligus karena semua keinginan mereka dikabulkan oleh Mxy.



Ada banyak lagi cerita kejahilan Mr. Mxyzptlk dalam komik DC, yang tentunya tidak mungkin kami jelaskan satu persatu dalam artikel ini.



Ya, begitulah Mister Mxyzptlk. Ia memiliki sifat usil dan cenderung kekanak-kanakan. Dia jarang bertempur dengan serius dan biasanya menghabiskan pertempurannya dengan bermain-main. Mxy tidak tertarik untuk melukai atau membunuh musuh-musuhnya. Salah satu karakter yang paling sering menjadi korban kejahilan Mr Mxyzptlk adalah Superman.












Kekuatan Mr Mxyzptlk







daftar Kekuatan Mr Mxyzptlk



Apa saja kekuatan yang dimiliki Mister Mxyzptlk? Berikut beberapa di antaranya:



Magic: Mxyzptlk dapat melakukan hampir apa pun yang bisa dibayangkannya; dia bisa memanipulasi apa saja dengan kekuatannya.



Teleportasi: Mxy dapat menghilang dan muncul kembali di mana saja sesuai keinginannya. Dalam satu kasus, ia mampu mentransportasikan Bizarro dari planetnya ke Bumi hampir seketika hanya dengan menjentikkan jari-jarinya, menunjukkan sangat luasnya ruang lingkup kemampuan ini.



Gesturify: Mxyzptlk dapat memanipulasi logika dan dasar-dasar realitas dalam skala multiversal. Dia dapat menciptakan bentuk kehidupan terstruktur dengan corak penuh yang tidak ada hanya dengan berpikir, dan dalam hal itu, dia juga bisa membuat organisme hidup lenyap dan menjadi tidak ada.



Immortal: Mxyzptlk mampu menggunakan sihir untuk bertahan dari kebanyakan serangan, membuatnya tidak mungkin untuk kalah tanpa mengeksploitasi kelemahannya. Dia dapat beregenerasi dan menyembuhkan dirinya sendiri secara instan dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap rasa sakit.



Terbang: Dia mampu terbang secepat kilat, bahkan lebih cepat dari Superman berkat sihirnya.



Break 4th Wall: Mxy adalah salah satu karakter DC Comics yang memiliki kemampuan Breaking Fourth Wall.






Kelemahan Mr Myxzptlk





siapa mxyzpltk dc comics adalah



Kelemahan Mr Mxyzptlk berasal dari batasan yang ia buat sendiri. Jika Mxyzptlk memutuskan bahwa dia akan kembali ke Dimensi ke-5 jika seseorang meyakinkan dia untuk (misalnya) mengeja namanya dari belakang, maka dia akan mematuhi peraturan tersebut.



Setelah berhasil dipaksa kembali ke dimensinya, Mxy harus tetap berada di dimensi tersebut minimal sembilan puluh hari sebelum bisa kembali ke Bumi. Saat itu juga, semua kerusakan yang ditimbulkannya akan pulih kembali dan setiap mantra atau sihir yang digunakannya di Bumi akan memudar.





Demikian perkenalan singkat mengenai Mr Mxyzptlk dari DC Comics. Bagaimana pendapatmu tentang karakter satu ini?





0 Response to "Asal-Usul dan Kekuatan Mr Mxyzptlk, Makhluk Dimensi ke-5 dari DC Comics"

Posting Komentar