Kamis, 08 November 2018

Apa itu Plot Hole?


SinduLin.web.id - Apa itu plot hole? Bagi penggemar cerita film, pasti sudah sering mendengar istilah plot hole. Tapi, apa arti plot hole sebenarnya?

apa itu plot hole dalam film? arti plot hole adalah

Apa itu Plot Hole?


Plot hole adalah istilah yang sering digunakan para penikmat suatu cerita. Baik berbentuk cerpen, novel, sinetron sampai film.

Istilah keren untuk pelanggaran logika dalam cerita adalah plot hole. Plot hole adalah sebuah lubang atau bentuk tidak konsistennya suatu alur cerita, dan biasanya melawan arus logika (tidak relevan). Sederhananya, plot hole membuat penonton/pembaca menjadi bingung dengan cerita karena ada ‘sesuatu’ yang hilang – yang kemungkinan besar karena unsur ketidak-sengajaan.


Plot hole biasanya menunjukan kelemahan dalam suatu cerita, dan penulis akan berusaha untuk menghindari fenomena ini agar cerita mereka terasa ‘nyata’. Meski begitu, beberapa penulis & sutradara membiarkan ada plot hole dalam filmnya, untuk menambah kesan misterius.

Beberapa penonton memang sangat mengedepankan logika. Mereka ingin cerita filmnya sesuai dengan hukum alami yang berlaku di dunia nyata. Dokter sendiri terkadang tidak masalah dengan adanya plot hole. Bisa membuat imajinasi menjadi liar, menciptakan teori konspirasi, hingga membuat kita berdiskusi.

Yang terpenting dalam situasi elemen cerita yang tidak sesuai dengan keabnormalan hidup adalah memberinya konstruksi logika yang utuh untuk membuatnya masuk akal. Dan upaya pengkonstruksian itu juga tidak harus memakai apa yang benar-benar ada secara faktual di dunia nyata. Jadi, jangan bahas lagi kenapa Thor bisa muncul di Wakanda ya!



Loading...

Related Posts

0 komentar: