-->

Apa itu TOEFL?

 Dalam postingan ini kita akan membahas apa itu pengertian dari TOEFL!


Pengertian TOEFL

Apa itu TOEFL? Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke Universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain. 

Ujian TOEFL ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S3).

Pengertian TOEFL adalah


Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk Universitas di Eropa dan Australia. TOEFL lebih berorientasi kepada American English, selain itu TOEFL pada dewasa ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme jenjang kenaikan pangkat (Saifuddin, dkk. 2006). 

Tes bahasa inggris TOEFL terdiri dari dua jenis yaitu Computer-based Testing dan Paper-Based Testing. Model Computer-based Testing adalah tes yang menggunakan media komputer. 

Skor penilaian model ini berada pada kisaran 216- 677, sedangkan Paper Based Testing adalah tes yang menggunakan kertas sebagai media pengujiannya. Skor penilaian dengan model ini berada pada kisaran 450- 550 ke atas (Saifuddin, dkk. 2006). 

Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maximum) untuk versi PBT (paper-based test).

Tiga komponen pokok yang mendasari soal TOEFL paper based testing yaitu listening comprehension, structure&written expression, and reading comprehension & vocab. 

Hasil akhir TOEFL berupa jumlah skor dari tiga komponen pokok yang mendasari soal TOEFL. Prediksi kategori TOEFL menggunakan kriteria D1(listening, reading and writing) dan hasil skor TOEFL(listening comprehension, structure & written expression, and reading comprehension & vocab). 


Demikian penjelasan singkat tentang pengertian dari tes TOEFL yang merupakan salah satu persyaratan bahasa Inggris guna mendaftar prguruan tinggi, CPNS atau bekerja di perusahaan tertentu.



0 Response to "Apa itu TOEFL?"

Posting Komentar