-->

Review Buku Painting the Gospel: Black Public Art and Religion in Chicago Karya Kymberly N. Pinder

Simak review Painting the Gospel: Black Public Art and Religion in Chicago berikut!


Informasi Buku

Penulis: Kymberly N. Pinder

Judul: Painting the Gospel: Black Public Art and Religion in Chicago

Urbana, Chicago, and Springfield: University of Illinois Press, 2016. 224 pp.; 60 color ills.; 8 b/w ills. Paper $29.95 (9780252081439)


Dalam bukunya yang berjudul Painting the Gospel: Black Public Art and Religion in Chicago, Kymberly N. Pinder menggunakan citra keagamaan yang berafiliasi dengan gereja-gereja kulit hitam di lingkungan Bronzeville di South Side Chicago sebagai studi kasus untuk mengeksplorasi cara para seniman dan pendeta Afrika-Amerika telah berkolaborasi untuk menuntut representasi diri dari dan untuk jemaat mereka. 

Buku pendek ini berhasil menjadi sangat sempit dan spesifik dalam pembahasannya tentang segelintir gereja di salah satu lingkungan tradisional kulit hitam Chicago dan secara bersamaan memiliki cakupan yang sangat besar karena menelusuri produksi seni-religius lingkungan tersebut selama abad kedua puluh dan menghubungkan perkembangannya. citra ke konteks politik, spiritual, dan musiknya. 

Dengan cara ini, buku Pinder sangat kaya akan interdisiplinernya, dan secara luas relevan dengan diskusi yang lebih besar tentang seni, sastra, musik Afrika-Amerika, Pinder menggunakan citra religius di gereja-gereja kulit hitam dari beberapa denominasi untuk menguji gagasannya tentang "realisme empati", atau kemampuan seni ini untuk memberdayakan penontonnya. 

Review Buku Painting the Gospel: Black Public Art and Religion in Chicago Karya Kymberly N. Pinder
Review Buku Painting the Gospel: Black Public Art and Religion in Chicago Karya Kymberly N. Pinder

Dia berpendapat bahwa realisme empati dicapai di gereja-gereja ini dengan kombinasi faktor, termasuk pertama dan terutama reklamasi iman Kristen untuk orang percaya kulit hitam melalui penggambaran tokoh agama, seperti Kristus dan Bunda Maria, misalnya, sebagai Afrika Amerika . Membiarkan jemaat untuk melihat diri mereka sendiri dalam narasi alkitabiah dan sejarah Kristen memiliki kekuatan mengaktifkan pemirsa, memudahkan mereka untuk mengidentifikasi dengan agama mereka dan memberdayakan mereka untuk menantang praktik eksklusi dari sekte agama yang dominan dan interpretasi citra keagamaan mereka. 

Sebagai contoh, Pinder membahas mural religi multiras karya William E. Scott di Pilgrim Baptist Church. Enam lukisan dinding dilukis antara tahun 1936 dan 1937, dan semuanya menggambarkan versi Kristus, rasul, orang kudus, dan malaikat dalam berbagai warna kulit dari putih hingga coklat. Pinder menegaskan bahwa gagasan tentang Kristus kulit hitam adalah radikal pada 1930-an, dan gambaran-gambaran ini sesuai dengan pesan pendeta gereja, Junius C. Austin. Bersama-sama, pendeta dan lukisan bekerja untuk menanamkan kebanggaan hitam ke dalam jemaat dan komunitas melalui keterlibatan mereka dengan realisme empati. 

Khususnya di gereja-gereja Bronzeville, serta gereja-gereja Afrika-Amerika lainnya secara nasional, orang Afrika-Amerika dengan demikian secara paksa dipindahkan dari pinggiran ke pusat narasi Kristen dan dengan demikian diizinkan untuk mengambil kepemilikan atas iman mereka, Pinder memutar narasi yang kompleks dan bernuansa saat ia menjalin bersama gambar-gambar yang menciptakan realisme empati yang dihasilkan oleh dan untuk publik kulit hitam di gereja-gereja ini di samping pengembangan teologi pembebasan kulit hitam dan inti dari aktivisme politiknya, yang secara historis dikaitkan dengan gereja-gereja kulit hitam. 

Citra religius yang memasukkan tokoh kulit hitam sebagai pemain sentral; musik gospel yang diciptakan bersama dengan perumpamaan; aktivisme politik para pendeta dan keterlibatan aktif mereka dalam perjuangan untuk menumbangkan ideologi rasis; dan dekorasi Afrosentris dari banyak gereja yang menciptakan batu ujian bagi komunitas di dalam diaspora Afrika semuanya bekerja bersama untuk memberdayakan jemaat kulit hitam yang mereka layani.

Tujuan Painting the Gospel secara jelas tergambar dalam pendahuluan: 

(1) untuk membongkar bagaimana seni publik mendorong percakapan dan dengan demikian menjadi agen aktif dalam komunitas; 

(2) untuk memberikan perhatian pada citra-citra yang terpinggirkan ini yang telah begitu penting dalam komunitas mereka tetapi hanya mendapat sedikit diskusi ilmiah; dan 

(3) untuk mengontekstualisasikan karya-karya seni dalam ruang mereka yang sebenarnya melalui penyertaan tiga lampiran yang memiliki peta dan garis besar untuk tur jalan kaki melalui Bronzeville untuk memungkinkan pembaca mengunjungi gereja-gereja yang dibahas di seluruh teks dan memahami gambar-gambar dalam konteks yang dimaksudkan.

Baca juga: Review Buku Representation Religion in Dance

Susunan bukunya mudah diikuti, dan gaya penulisan Pinder lugas dan jelas, terlepas dari kenyataan bahwa ia membahas ide-ide kompleks di beberapa disiplin ilmu. Dia mencapai ini, sebagian, melalui ilustrasi warna yang melimpah di seluruh teks. Karena pembaca di luar Chicago mungkin sama sekali tidak terbiasa dengan seni yang dibahas, banyaknya ilustrasi membantu pembaca memahami bagaimana gambar-gambar ini berfungsi. 

Ilustrasinya sesuai dengan teks, dan karenanya mudah dirujuk saat membaca. Setiap bab berpusat pada gereja yang berbeda, kegiatan pendeta dan komunitas gereja, dan bagaimana seni berfungsi di dalam ruang-ruang khusus itu. 

Dalam bab 3, misalnya, Pinder membahas citra Afrosentris dari seniman Joseph Evans Jr. dan bagaimana karyanya selaras dengan teologi pembebasan hitam pendeta Jeremiah A. Wright Jr. di Trinity United Church of Christ. Selain itu, pengorganisasian buku juga berkontribusi pada kejelasannya. 

Setiap bab mewakili studi kasus dari satu atau dua seniman yang bekerja di gereja-gereja kulit hitam tertentu dari denominasi yang berbeda, memajukan kronologi dari awal abad kedua puluh dalam bab pertama hingga akhir abad kelima. Setiap bab menguraikan karir seniman, pelatihan, komisi, keterlibatan politik, dan hubungan dengan para pendeta dan komunitas gereja. 

Dengan berfokus pada rangkaian studi kasus kecil ini, Pinder mampu mengilustrasikan contoh-contoh spesifik tentang bagaimana contoh-contoh seni publik religius ini dikonseptualisasikan di gereja-gereja kulit hitam Bronzeville dan bagaimana ideologi Kekristenan Afrika-Amerika berkembang dan berubah dari waktu ke waktu dan dalam konteks denominasi yang berbeda. 

Bab 5 mencontohkan rentang ini melalui diskusi Pinder tentang seni kontemporer, perkotaan, dan jalanan yang menampilkan tema-tema religius dalam karya seniman Damon Lamar Reed. Seni Reed menampilkan campuran tokoh-tokoh agama di samping tokoh-tokoh kontemporer yang dapat dikenali yang mungkin ada di lingkungan itu. 

Selanjutnya, ia menggunakan berbagai media untuk seninya, seperti mural publik di luar pusat seni komunitas dan gereja dan lukisan minyak yang lebih kecil yang direproduksi di T-shirt. Bab 5 mencontohkan rentang ini melalui diskusi Pinder tentang seni kontemporer, perkotaan, dan jalanan yang menampilkan tema-tema religius dalam karya seniman Damon Lamar Reed. 

Seni Reed menampilkan campuran tokoh-tokoh agama di samping tokoh-tokoh kontemporer yang dapat dikenali yang mungkin ada di lingkungan itu. Selanjutnya, ia menggunakan berbagai media untuk seninya, seperti mural publik di luar pusat seni komunitas dan gereja dan lukisan minyak yang lebih kecil yang direproduksi di T-shirt. 

Bab 5 mencontohkan rentang ini melalui diskusi Pinder tentang seni kontemporer, perkotaan, dan jalanan yang menampilkan tema-tema religius dalam karya seniman Damon Lamar Reed. Seni Reed menampilkan campuran tokoh-tokoh agama di samping tokoh-tokoh kontemporer yang dapat dikenali yang mungkin ada di lingkungan itu. Selanjutnya, ia menggunakan berbagai media untuk seninya, seperti mural publik di luar pusat seni komunitas dan gereja dan lukisan minyak yang lebih kecil yang direproduksi di T-shirt.

Penafsiran Pinder begitu mendalam diuraikan dalam contoh-contohnya sehingga menjadi mudah bagi pembaca untuk mengekstrapolasi ke luar dan menerapkan interpretasinya pada seni publik dan budaya visual Afrika-Amerika secara nasional, bahkan di luar konteks agama yang menjadi fokus studinya, membuat buku ini sangat relevan untuk berbagai bidang studi Amerika dan Afrika Amerika.

Painting the Gospel menggunakan citra religius dari gereja-gereja kulit hitam Chicago sepanjang abad kedua puluh untuk menunjukkan kekuatan realisme empati dan untuk mengilustrasikan bagaimana citra-citra ini mampu melibatkan audiens yang dituju untuk secara aktif memasukkan mereka sebagai pemain sentral dalam Kekristenan. 

Seni adalah salah satu mata rantai dalam rantai yang lebih besar yang bersikeras untuk memindahkan jemaah Afrika-Amerika dari pinggiran ke pusat, sehingga membuat pernyataan politik yang kuat tentang pentingnya komunitas — sangat bertentangan dengan cara penghuninya dan kekhawatiran mereka sering diabaikan oleh politisi lokal dan nasional. Pinder telah mengungkap dan dengan hati-hati mengontekstualisasikan karya-karya seniman yang kurang dikenal, baik yang terlatih secara akademis maupun otodidak, mereplikasi untuk para pembacanya karya yang dicapai oleh para seniman itu sendiri—dan menekankan pentingnya seni religius ini dalam kisah perjuangan berkelanjutan Chicago kulit hitam untuk kesetaraan. 

Selain itu, Pinder terus mereproduksi idenya tentang "realisme empati" melalui penyertaan turnya di lampiran. 

Dengan menawarkan pembacanya kesempatan untuk mengunjungi gereja dan karya seni yang dibahas di seluruh teks, Pinder secara aktif melibatkan audiensnya dan memberdayakannya untuk lebih memahami bagaimana contoh-contoh seni publik ini berkomunikasi dengan publik mereka.

Tag: download Painting the Gospel: Black Public Art and Religion in Chicago pdf, pembahsan tentang Painting the Gospel: Black Public Art and Religion in Chicago Karya Kymberly N. Pinder bahasa Indonesia, jurnal seni dan desain pdf download free.

Demikian sedikit ulasan review mengenai buku Painting the Gospel: Black Public Art and Religion in Chicago Karya Kymberly N. Pinder. Semoga bermanfaat! Baca juga: Tesis tentang Seni dan Agama Menurut Adorno


0 Response to "Review Buku Painting the Gospel: Black Public Art and Religion in Chicago Karya Kymberly N. Pinder"

Posting Komentar