-->

10 Musuh Bebuyutan Spider-Man dalam Komik Marvel

Siapa saja musuh Spider-Man paling ikonik dan berbahaya dalam komik?

Siapa yang tidak familiar dengan Spider-Man? Sejak pertama kali muncul di tahun 1962, manusia laba-laba ini telah menjadi idola bagi banyak orang selama lebih dari lima puluh tahun. Spiderman sering bertemu dengan berbagai musuh yang ingin menghancurkannya. Jangan pandang sebelah mata musuh Spiderman ini karena mereka tangguh dan licik. Siapa saja mereka? 

Next > Mengenal Robin dari Generasi ke Generasi


Daftar Musuh Spider-Man Terkuat

#1 - Kraven the Hunter

Daftar Musuh Spider-Man Terkuat #1 - Kraven the Hunter

Kraven the Hunter adalah pemburu yang sangat mahir dan terlatih; dia sering belajar tentang kelemahan targetnya sebelum memulai perburuan.

Setelah menjadi pemburu terhebat di Afrika, musuh terkuat Spider-Man ini beralih mengincar Spider-Man dan menjadi salah satu musuh terkuatnya. Dia bahkan pernah menembak Spidey hingga tumbang dan menguburnya. Selain melumpuhkan Spider-Man, Kraven juga pernah melumpuhkan Hulk. Memunculkannya sebagai musuh Spider-Man di layar lebar mungkin menarik.


#2 - Vulture

vulture Siapa saja musuh Spider-Man paling ikonik dan berbahaya dalam komik?

Salah satu musuh bebuyutan Spider-Man yang dibuat oleh Stan Lee dan Steve Ditko adalah Vulture. Penjahat dengan kemampuan terbang ini pertama kali muncul dalam komik The Amazing Spider-Man #2, yang keluar tahun 1963 lalu, dan merupakan musuh kedua yang dihadapi Spider-Man setelah The Chameleon.

Adrian Toomes, seorang insinyur jenius dari Staten Island, New York, adalah karakter di balik kostum Vulture. Toomes mendirikan perusahaan penerbangan bersama temannya, tetapi sahabat yang sangat dia percayai itu malah mengambil uang dan menghinanya.

Mengetahui perbuatan sahabatnya, Toomes kemudian menghancurkan bisnis yang dirintisnya, dan Adrian Toomes memakai baju zirah yang dihasilkan oleh penelitian perusahaan untuk melakukan kejahatan dengan alias The Vulture.

Kekuatannya berasal dari baju zirah yang dia kenakan. Ia memiliki kemampuan untuk terbang karena baju zirah yang dia buat terbuat dari bahan sintesis khusus yang memiliki sifat anti-gravitasi. Baju zirahnya dapat terbang dan digunakan sebagai senjata.


#3 - Electro

electro 10 Musuh Bebuyutan Spider-Man dalam Komik Marvel

Electro adalah musuh bebuyutan Spider-Man selanjutnya. Karakter ini pertama kali muncul dalam komik The Amazing Spiderman #9 pada tahun 1964. Seorang teknisi saluran listrik yang bernama Maxwell Dillon ditugaskan untuk memperbaiki saluran listrik di kota Manhattan saat hujan badai melanda.

Seperti yang diantisipasi, aliran mutagenik menyambar Maxwell dan mengubahnya menjadi manusia listrik. Dia memiliki kekuatan superhuman dan dapat mengendalikan listrik kota ketika energinya penuh.


#4 - Sandman

Flint Marko, adalah Sandman

William Baker, juga dikenal sebagai Flint Marko, adalah Sandman; dia memiliki kemampuan untuk merubah tubuhnya menjadi sejenis pasir yang dapat mengeras, menyebar, atau membentuk apa saja. Saat Flint terkena radiasi di pantai tempat tes bom atom, di mana molekul tubuhnya menyatu dengan pasir, dia memperoleh kekuatan yang sama dengan Thing.

Pada komiknya, Spider-Man adalah superhero yang sangat dibenci Sandman. Pasalnya, manusia laba-laba itu mengalahkannya dengan menyedot sandman ke dalam vacuum cleaner raksasa. Jadi, untuk mengalahkan Peter Parker, Sandman bergabung dengan Sinister Six. Sinister Six dan Sandman sengaja membangun rencana untuk mengalahkan Spider-Man dengan menjebaknya di ruang kedap udara. Sayangnya, paru-paru manusia laba-laba lebih kuat daripada Sandman saat itu.

Sandman dapat mengubah bentuk tubuhnya. Sandman kebal terhadap pukulan yang paling keras karena ia dapat memadatkan tubuh atau menyebar dalam bentuk partikel debu. 

Sandman selalu mengenakan kaus garis-garis hijau dan celana berwarna pasir sebagai identitasnya. Selain mengubah bentuknya, Sandman dapat memperbesar tubuhnya dengan menyerap pasir di sekitarnya. Namun, ada kelemahan Sandman. Ia sangat tahan terhadap air, jadi jika terkena air, beratnya membuatnya tidak bisa mengontrol partikel pasir.a 


#5 - Venom

Flint Marko, adalah Sandman

Venom sebenarnya adalah makhluk luar angkasa yang ditemukan Spider-Man selama Secret War dan dibawa ke Bumi. Makhluk itu ingin terus berhubungan dengan Peter, tetapi Peter kehilangan kendali atas dirinya.

Singkatnya, makhluk asing itu berhasil dipisahkan dari tubuhnya dan jatuh ke tangan Eddie Brock, seorang wartawan yang dipecat karena membuat berita yang dibuatnya terbukti salah setelah diungkapkan oleh Spider-Man. Ia menjadi musuh Spider-Man dan menamakan dirinya Venom. Kekuatan Venom meningkat seiring dengan meningkatnya rasa bencinya terhadap Spider-Man.

Venom memerlukan tubuh manusia sebagai inang. Venom dapat mengontrol tubuh manusia secara fisik dan mental. Setelah menjadi parasit dalam tubuh Spider-Man, Venom menyerap kemampuan pengindraan Spider-Man, yang memungkinkannya memiliki kecepatan, kelincahan, dan respons yang sama seperti Spider-Man.


#6 - Mysterio

Identitas asli Mysterio adalah Quentin Beck, seorang stunt man yang bercita-cita menjadi artis terkenal di Hollywood.

Identitas asli Mysterio adalah Quentin Beck, seorang stunt man yang bercita-cita menjadi artis terkenal di Hollywood.

Musuh Spider-Man ini tidak hanya memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai aksi stunt berbahaya, tetapi dia juga pandai bermain sulap ilusi. Ia sering menggunakan kemampuan ini untuk membantu kru film melakukan trik gambar.

Harapan untuk Quentin Beck menjadi bintang film sulit, meskipun dia sangat berbakat, karena wajahnya yang biasa. Quentin sudah berusaha mengikuti casting film, tetapi tidak ada satu pun sutradara yang memutuskan untuk mempekerjakannya.

Quentin berubah menjadi orang jahat karena putus asa dengan impiannya dan melakukan tindakan kriminal dengan menggunakan keahlian sulap ilusinya.

Kemampuannya dalam membuat ilusi dan melakukan hipnotis adalah kekuatan utama Mysterio. Tubuhnya juga lincah karena banyak melakukan stunt berbahaya. Mysterio juga diketahui mahir dalam beladiri. Musuh terkuat Spider-Man selanjutnya adalah...


#7 - Scorpion

10 Musuh Bebuyutan Spider-Man dalam Komik Marvel

Scorpion pertama kali muncul dalam komik The Amazing Spiderman #19 pada tahun 1964. Pada awalnya, Scorpion adalah Macdonald "Mac" Gargan, seorang detektif swasta yang disewa oleh Jonah J. Jameson untuk mengetahui dari mana Peter Parker mendapatkan foto-foto Spider-Man.

Jameson membuat Gargan menjadi bahan eksperimen untuk memberi kekuatan binatang tertentu pada manusia, dalam hal ini kalajengking, agar Gargan dapat mengalahkan Spider-Man. Namun, Mac Gargan malah menjadi penjahat super yang dikenal sebagai Scorpion.

Scorpion memiliki kelincahan yang luar biasa sejak ekor mekanik dan DNA kalajengking dimasukkan pada tubuhnya. Karena itu, Mac memiliki cengraman yang kuat layaknya capit kalajengking, serta kekuatan, kecepatan, reflek, dan stamina super layaknya Spider-Man. 

Mac membuat pakaian yang sangat kuat sehingga peluru tidak bisa melewatinya. Selain menyerang, ekor mekanis Scorpion memiliki kemampuan untuk menyemburkan asam, yang memiliki kemampuan untuk melelehkan logam. Musuh Spider-Man satu ini tidak bisa dianggap remeh.


#8 - Dr Octopus

Dokter Octopus, atau Doc Ock, adalah musuh paling lama Spider-Man.

Dokter Octopus, atau Doc Ock, adalah musuh paling lama Spider-Man. Dia pertama kali muncul dalam komik Amazing Spider-Ma volume 1 nomor 3 pada tahun 1963.

Ketika  kecil, Otto Octavius, seorang ahli nuklir, penemu, dan dosen, sering dipukuli oleh ayahnya. Untuk eksperimen fisika atom, ia membuat alat berbentuk tentakel yang kuat, lincah, dan tahan radiasi. Dalam kecelakaan, alat itu menyatu dengan tubuhnya, dan bahkan dapat diatur langsung dari otak.

Sayangnya, itu membuat Otto Octavius menjadi lebih jahat dan menjadi salah satu musuh bebuyutan Spider-Man, Dr Octopus.


#9 - Lizard

Dr. Curtis Connors,

Dr. Curtis Connors, seorang ahli herpetologi dan terapi gen yang bernama Lizard, mempelajari genetika reptil untuk menumbuhkan tangannya yang telah diamputasi selama perang.

Dia menciptakan metode terapi radikal dan bereksperimen dengan hewan yang mengalami cacat. Setelah berhasil, ia mencoba hasil eksperimen dengan menggunakan reptil untuk dirinya sendiri. Ia akhirnya menjadi manusia kadal karena serumnya sendiri dan ingin menjadikan seluruh dunia manusia kadal seperti dirinya.


Sebenarnya, Curt memiliki hati murani meskipun menjadi Lizard. Dirinya membuat serum yang dapat mengobati dirinya, tetapi reaksinya hanya sementara.  Sejak serum penawar ditemukan, Curt terus hidup. 

Ketika ia menjadi manusia, Curt selalu membantu Spider-Man, bahkan membuat serum yang dapat menghentikan Rhino sehingga Spider-Man bisa mengalahkannya. Namun, saat menjadi Lizard, Curt tidak bisa mengendalikan dirinya dan hanya memiliki insting menghancurkan, yang membuatnya menjadi musuh Spider-Man.
 

#10 - Green Goblin

Green Goblin tidak diragukan lagi merupakan salah satu musuh bebuyutan Spider-Man yang paling berbahaya.

Dalam Amazing Spider-Man #14, Juli 1964, Green Goblin muncul untuk pertama kalinya. Kekuatan Green Goblin pada dasarnya berasal dari serum, yang memberinya kekuatan dan kepandaian, tetapi membuat pemakainya gila. Selain itu, ia menggunakan berbagai senjata dan alat canggih.

Beberapa karakter telah menjadi Green Goblin selama ini, seperti Norman Osborn, Harry Osborn, Bart Hamilton, Normie Osborn, dan Phil Urich. Sebagai musuh bebuyutan Spider-Man, Green Goblin telah banyak menyebabkan Peter Parker mengalami mimpi buruk. Green Goblin tidak diragukan lagi merupakan salah satu musuh bebuyutan Spider-Man yang paling berbahaya.


Itulah 10 super villain Marvel yang merupakan musuh bebuyutan Spider-Man. Baca : 3 Antihero Marvel Ini Berhasil Membunuh Para Superhero

0 Response to "10 Musuh Bebuyutan Spider-Man dalam Komik Marvel"

Posting Komentar