-->

8 Kisah Kematian Superman dalam Komik DC

Superman adalah salah satu karakter superhero terhebat dan paling kuat dalam sejarah DC. Walaupun Superman tidak berasal dari Bumi, dia hadir sebagai harapan bagi planet ini untuk menghentikan semua ancaman dari para supervillain yang menakutkan. 

Selama prosesnya, Superman harus terjatuh dan bahkan beberapa kali dikisahkan mati. Dari banyak kematian Superman di DC Universe, ini adalah sepuluh kematian Superman yang paling tragis dan berdampak paling besar.


8 Kisah Kematian Superman dalam Komik DC

#1 - Superman Tewas Saat Melawan Khyber

8 Kisah Kematian Superman dalam Komik DC #1 - Superman Tewas Saat Melawan Khyber

Dalam komik Camelot Falls, salah satu inkarnasi Superman  digambarkan harus menghadapi Khyber, seorang supervillain yang kuat, yang sebelumnya mengajak para supervillain untuk bertempur melawan para superhero. 

Dalam pertempuran di langit, Khyber membanting Superman ke Bumi, menyebabkan bencana alam yang menghancurkan seluruh masyarakat. Superman melawan Khyber sekali lagi karena dia pikir dia harus segera dihentikan. Namun, saat dia hampir menang, dia malah ragu untuk membunuhnya, yang akhirnya membuatnya mati mengenaskan di tangan Khyber.

Baca juga: Mengenal Anggota Green Lantern Corps


#2 - Kematian Superman Pasca Crisis on Infinite Earths

#2 - Kematian Superman Pasca Crisis on Infinite Earths

Dalam kisah Crisis On Infinite Earths, Superman diceritakan bertempur melawan sejumlah besar supervillain sekaligus untuk yang terakhir. Akhirnya, berkat dukungan Lois Lane, Superman dapat memenangkan pertarungan. 

Setelah merasa dunia sudah aman dan penjahat tidak ada lagi, Superman menggunakan Kryptonite Emas untuk melemahkan dirinya sendiri. Setelah itu, dia pergi ke Fortress of Solitude dan mati di sana. 

Walaupun cerita ini ditulis oleh Lois Lane untuk memberi Superman kesempatan untuk hidup normal bersamanya, kisahnya tetap terdengar tragis.


#3 - Superman Menjadi Zombie di Dceased

#3 - Superman Menjadi Zombie di Dceased

Bisa dibilang, kisah komik DCeased adalah yang paling mengerikan dan tragis dalam sejarah DC. Konsepnya adalah bahwa Bumi terkena wabah zombie dari Anti-Life Equation, yang mengubah semua orang, termasuk pahlawan dan supervillain, menjadi zombie pemakan daging. 

Superman berusaha menghentikan Flash dari menjadi zombie paling cepat di Bumi dengan terbang ke arahnya dan menghancurkan tubuhnya. Sayangnya, tubuh Superman terkena kuku tangan Flash, menjadikannya zombie sampai akhir hayatnya.


#4 - Kematian Superman Melawan Doomsday

Kematian Superman Melawan Doomsday

Kita sudah tahu dari judul komiknya bahwa The Death of Superman akan menceritakan kematian Superman. Yang tidak diduga sebelumnya, bagaimanapun, adalah bahwa kematiannya di komik ini adalah yang paling tragis yang pernah terjadi pada masa itu. 

Diceritakan bahwa Doomsday yang tiba-tiba muncul langsung mengalahkan anggota Justice League. Sebagai salah satu anggota terkuat di tim, Superman kemudian berjuang keras dan berhasil membunuh Doomsday. Sayangnya, Superman meninggal dalam pelukan Lois Lane akibat luka yang dialaminya, meninggalkan Bumi dalam kesedihan.


#5 - Infinity Crisis

Infinity Crisis

Di komik Infinity Crisis, Superman dibunuh oleh dirinya sendiri. Di komik tersebut, Superboy-Prime dan Alexander Luthor dari Earth-3 menyerang alam semesta utama, yaitu Earth-2. 

Dalam upaya untuk melindungi Bumi dari ancaman tersebut, Superman mencoba menghadapi versi alternatif dirinya sendiri. Namun, karena Superman utama pada saat itu tidak sebanding dengan Superboy-Prime, dia tewas di tangan versi alternatif dirinya sendiri. Kematian Superman akhirnya membuat para superhero lain berkumpul dan mengalahkan Superboy-Prime.'


#6 - Superman Mati Berkali-kali di Komik Kingdom

- Superman Mati Berkali-kali di Komik Kingdom

Seakan kematian Superman satu kali masih dianggap kurang, Superman pernah digambarkan mati beberapa kali di sekuel Kingdom Come, atau komik The Kingdom. 

Di komik tersebut, setelah diberi kekuatan oleh Quintessence, seorang penjahat penjelajah waktu bernama Gog memutuskan untuk menggunakan semua kekuatan yang dia miliki untuk membunuh Superman di setiap timeline. Melihat Superman dibunuh oleh musuh yang sama berulang kali adalah pengalaman yang sulit didapat dari kisah DC lainnya. Selain itu, nasib Superman dianggap "tragis".


#7 - Last Knight On Earth

#7 - Last Knight On Earth

Di komik Batman: Last Knight On Earth, kematian tragis Superman juga dikisakan, komik tersebut menceritakan tentang banyak superhero dan supervillain yang tewas dibunuh oleh Omega pada zaman pasca-apocalyptic, tetapi itu tidak menjadi alasan bagi para superhero dan supervillain yang tersisa untuk bertarung dengan supervillain kuat tersebut. 

Namun, alih-alih bekerja sama, Lex dan Superman malah bertengkar untuk memutuskan siapa yang akan menghadapi Omega. Dalam perkelahian ini, Lex tewas di tangan musuh bebuyutannya, Superman, sebelum akhirnya Omega membunuh Lex.


#8 - Superman New 52 Tewas Keracunan Krytonite

Superman New 52 Tewas Keracunan Krytonite

Walaupun para penggemar mengkritik era New 52, kematian Superman adalah salah satu kisah yang paling menarik sekaligus tragis dalam seri itu. 

Menurut cerita, Superman semakin melemah menjelang kematiannya. Sampai akhirnya, dia diceritakan harus menghadapi Denny Swan, yang sebelumnya tersambar petir dan mengaku sebagai Superman baru. Dalam perjuangan dengannya, Superman yang sudah lemah memutuskan untuk mengeluarkan semua kekuatan yang masih dia miliki. Walaupun dia menang, Superman pada akhirnya mati karena keracunan kryptonite.


Itulah delapan cerita paling tragis tentang kematian Superman di DC Comics. Kematiannya berulang kali telah menunjukkan bahwa Superman pada dasarnya hanyalah superhero biasa yang tidak akan mati, meskipun memiliki kekuatan super yang luar biasa. Selain itu, dapat disimpulkan dari berbagai kematiannya ini bahwa kematian heroik Superman selalu memiliki efek yang signifikan bagi Bumi dan orang-orang di sekitarnya, menunjukkan betapa pentingnya Superman di DC Universe.


0 Response to "8 Kisah Kematian Superman dalam Komik DC"

Posting Komentar