Kamis, 16 Maret 2017

10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa (Update 2017)

Inilah 10 besar film Indonesia terlaris sepanjang masa. Apakah film favoritmu ada didalam daftar?


SinduLin.web.id - Beberapa tahun belakangan, industri film Indonesia bergerak ke arah yang positif. Bahkan tahun 2016 lalu bisa dibilang merupakan salah satu tahun terbaik untuk industri film Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dari banyaknya judul film karya anak bangsa yang semakin menunjukkan kualitasnya.

Bukan hanya kualitas, jumlah penonton atau penikmat film lokal pun mulai meningkat tajam. Tahun 2016, tercatat ada lebih dari 10 film Indonesia yang berhasil mendapatkan jumlah penonton di atas 1 juta. Beberapa di antaranya bahkan masuk daftar 10 film Indonesia terlaris sepanjang masa.

film indonesia terlaris

Berikut merupakan daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa (update terakhir 16-Maret-2017). Daftar ini disusun berdasarkan jumlah penonton bioskop saja, untuk penjualan DVD dan lainnya tidak kami hitung. Langsung saja disimak!


10 Besar Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa



#10 - Cek Toko Sebelah (2016)


film indonesia terlaris sepanjang masa

Perolehan penonton: 2.510.299

Ernest Prakasa kembali lagi di dunia perfilman Indonesia dengan karya terbarunya, yaitu Cek Toko Sebelah. Bisa ditebak dari judulnya, film ini masih mengangkat kultur Cina yang memang merupakan ciri khas dari karya Ernest Prakasa.

Cek Toko Sebelah disambut dengan sangat baik oleh masyarakat Indonesia karena mampu menyeimbangkan gelak tawa dan haru. Bahkan, film ini berhasil masuk daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa peringkat ke-10 dengan jumlah perolehan penonton sebanyak 2.510.299.


#9 - Hangout (2016)


film indonesia terlaris 2016

Perolehan penonton: 2.620.644

Setelah sebelumnya hanya membuat film komedi romantis, kali ini Raditya Dika berani keluar dari zona nyamannya melalui film Hangout yang bergenre komedi thriller.

Film ini juga merupakan karya pertama Raditya Dika yang berhasil masuk daftar 10 film Indonesia terlaris sepanjang masa. Tidak mengherankan, karena Hangout memang memiliki keunggulan setidaknya dalam 3 faktor. Pertama, premis cerita yang menarik. Kedua, upaya memadukan genre thriller dan komedi yang sebenarnya sangat bertolak belakang. Dan ketiga, fakta bahwa Hangout adalah film Raditya Dika yang paling beda.

Hangout sendiri bercerita mengenai sembilan karakter (Raditya Dika, Soleh Solihun, Surya Saputra, Mathias Muchus, Titi Kamal, Dinda Kanya Dewi, Prilly Latuconsina, Bayu Skak, dan Gading Marten) yang menerima undangan secara bersamaan dari seorang misterius yang meminta mereka mengunjungi kediamannya di suatu pulau. Tanpa menaruh curiga, kesembilan karakter tersebut memenuhi undangan (karena mengira akan mendapat tawaran main film) dan berangkat ke lokasi dengan sebuah kapal. Namun hal yang tidak terduga menimpa mereka sesaat setelah tiba di pulau, di mana Mathias Muchus meregang nyawa secara tidak wajar.

Sejak kejadian itu, para personil mulai bergururan satu demi satu akibat dibunuh, dan masing-masing orang yang masih selamat mulai menaruh curiga mengingat besar kemungkinan bahwa salah satu dari mereka adalah si pembunuh.

Bagaimana kelanjutan kisahnya? Yap, langsung ditonton sendiri saja filmnya biar mantap.

Sampai saat ini, Hangout merupakan film terlaris dari Raditya Dika sekaligus film Indonesia terlaris peringkat 9 dengan jumlah perolehan penonton sebanyak 2.620.644.


#8 - Eiffel... I’m In Love (2003)


film indonesia peringkat teratas

Perolehan Penonton: 2.632.300

Film ini berlatar SMA namun lebih ke genre keluarga. Menceritakan tentang Tita (diperankan Shandy Aulia) yang tinggal bersama keluarganya yang harmonis. Tita memiliki seorang pacar bernama Ergi (diperankan Yogi Finanda) yang sabar dan penuh perhatian.

Sayangnya Tita memiliki ibu yang sangat protektif. Dia menjodohkan Tita dengan Adit, seorang cowok angkuh, judes dan cuek yang sering membuat Tita kesal. Semua itu bagai mimpi buruk bagi Tita. Hingga suatu hari dia menyadari bahwa perasannya pada Adit berubah 180 derajat saat ia mengetahui sahabatnya berpacaran dengan Adit.

Bagaimana kelanjutan kisahnya? Bisa kamu saksikan sendiri dalam film Eiffel... I'm in Love. Salah satu film Indonesia terbaik ini mendapatkan jumlah penonton sebanyak 2.632.300 dan berhasil masuk daftar 10 film Indonesia terlaris peringkat ke-8.


#7 - Ada Apa dengan Cinta? (2002)


film indo lawas

Perolehan Penonton: 2.700.000+

Film Ada Apa dengan Cinta? atau biasa disebut AADC adalah salah satu film Indonesia terbaik yang menjadi fenomena di masanya dan masih melegenda hingga sekarang.

Film ini bercerita tentang Cinta, seorang siswi SMA yang jago membuat puisi dan telah berkali-kali meraih penghargaan di berbagai perlombaan puisi. Suatu hari, Cinta mengikuti lomba puisi di sekolah dan semua orang menjagokan Cinta sebagai juaranya. Namun, yang keluar sebagai pemenang adalah Rangga, siswa yang terkenal pendiam dan dingin. Cinta pun awalnya membenci Rangga, namun seiring dengan pertemuan mereka, ada rasa cinta yang timbul dan makin membesar di antara keduanya.

Dengan tema film yang sangat dekat dengan kehidupan remaja, kepopuleran AADC kian melambung dan masih diminati hingga saat ini. Meski memang ceritanya agak klise dan mainstream, nyatanya kisah cinta antara Rangga dan Cinta memang sangat menarik untuk kita simak.

Film AADC juga membuktikan bahwa semua hal klise belum tentu buruk. Ternyata, sebuah film yang ceritanya klise bisa menarik dan memorable jika penggarapannya bagus. Rudy Soejarwo, sang sutradara film Ada Apa dengan Cinta? jelas sukses membuat cerita AADC terasa mengalir dengan sederhana tanpa ada dramatisasi yang berlebihan.

AADC merupakan salah satu film indonesia terbaik, berkualitas, memorable dan mampu memberikan cerminan yang begitu nyata pada kehidupan sesungguhnya.

Film Ada Apa dengan Cinta? mendapatkan perolehan penonton sebanyak 2.700.000 lebih di masa penayangannya. Merupakan film Indonesia terlaris sepanjang masa urutan ke-7.


#6 - My Stupid Boss (2016)


film indonesia terlaris 2017

Perolehan penonton: 3.052.657

Jika kamu mencari film Indonesia yang ringan, kocak dan menghibur, berarti kamu wajib menonton fim Indonesia terbaik satu ini. My Stupid Boss bercerita tentang seorang bossman yang mempunyai perusahaan di Kuala Lumpur. Sang boosman memiliki sifat yang semaunya sendiri dan menuntut semua karyawannya untuk terus menuruti perintahnya. Ya, walaupun perintah si bos terkadang aneh dan tidak masuk akal.

Kelucuan dan gelak tawa tersaji di sepanjang durasi film, terutama ketika Diana (sekretaris) dan sang Boss bertemu, pasti ada saja hal lucu yang terjadi.

Film yang diangkat dari novel komedi berjudul sama ini berhasil mendapatkan jumlah penonton sebanyak 3.052.657 orang dan menjadi film Indonesia terlaris peringkat ke-6.


5 Besar Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa


#5 - Ayat-ayat Cinta (2008)


film indonesia terbaik

Perolehan Penonton: 3.581.947

Film Ayat-ayat Cinta menjadi film Indonesia yang sempat booming di tahun 2008. Film ini menceritakan tentang bagaimana cara menghadapi turun-naiknya persoalan hidup secara islam.

Menceritakan tentang Fahri bin Abdillah (diperankan Fedi Nuril) yang berusaha menggapai gelar masternya di Al Azhar. Fahri adalah seorang lelaki taat yang begitu ‘lurus’. Dia kurang baik saat berhadapan dengan perempuan dan pantang berpacaran sebelum menikah. Selama hidupnya, hanya ada beberapa wanita yang pernah dekat dengannya, yaitu neneknya, ibunya dan saudara perempuannya.

Namun, hal tersebut sedikit berubah setelah Fahri pindah ke Mesir. Dimana Fahri menaruh hati kepada gadis manis bernama Nurul (diperankan Melanie Putria). Ada juga Noura (Zaskia Adya Meccca) yang merasa di php oleh Fahri dan Aisha (diperankan Rianti Cartwright) yang jatuh cinta kepada Fahri.

Bagaimana kelanjutan kisahnya? Kira-kira siapa wanita yang dipilih Fahri? Bisakah Fahri menjalani hidupnya dalam jalur islam yang selama ini ia yakini? Temukan jawabannya dengan menonton salah satu film Indonesia terbaik ini.

Film Ayat-ayat Cinta yang diadaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy ini berhasil mengumpulkan penonton sebanyak 3.581.947 di masa penayangannya dan masuk daftar film Indonesia terlaris peringkat 5 hingga saat ini.


#4 - Ada Apa dengan Cinta? 2 (2016)



Perolehan penonton: 3.665.509

Berselang 14 tahun dari film pertamanya, kita dipertemukan kembali dengan Cinta (diperankan Dian Sastrowardoyo), Karmen (diperankan Adinia Wirasti), Maura (diperankan Titi Kamal) dan Milly (diperankan Sissy Priscilla) yang tengah bereuni sekaligus merencanakan liburan bersama ke Jogja.

Sementara itu, Rangga (diperankan Nicholas Saputra) masih berada di New York dan baru memutuskan untuk kembali ke Indonesia (tepatnya di Jogja). Di Jogja inilah Rangga dan Cinta kembali bertemu setelah bertahun-tahun terpisah tanpa adanya kabar. Mulai momen tersebut, Riri Riza selaku sutradara mengeksplor hubungan keduanya secara lebih intim.

Film AADC 2 sempat memicu perdebatan dan kekhawatiran di kalangan fans-nya. Banyak muncul pertanyaan dan keraguan seperti: Apa memang perlu dilanjutkan? Hendak dibawa ke mana kisahnya? Bukankah konklusinya sudah sempurna? Bagaimana jika hasilnya buruk lalu mencoreng reputasi film sebelumnya?

Namun, semua keraguan dan kekhawatiran itu berhasil dimentahkan oleh Riri Riza dan Mira Lesmana yang bertugas menggarap naskahnya.

Ada Apa dengan Cinta? 2 banyak mendapat tanggapan postif dari kritikus Indonesia maupun kritikus luar negeri. Dan harus diakui, bahwa film ini merupakan salah satu sekuel film Indonesia terbaik yang pernah dibuat.

Kepopuleran film Ada Apa dengan Cinta? 2 bahkan berhasil menyalip film pendahulunya dan mengumpulkan jumlah penonton sebanyak 3.665.509.

Saat ini AADC 2 menempati daftar film Indonesia terlaris peringkat 4.


3 Besar Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa


#3 - Habibie & Ainun (2012)


film indonesia terlaris sepanjang masa

Perolehan Penonton: 4.488.889

Film Indonesia terbaik dan terlaris berikutnya adalah Habibie & Ainun. Film ini diangkat dari buku dengan judul sama, yang ditulis langsung oleh B.J. Habibie sang presiden Indonesia ketiga. Pak Habibie menulis buku ini untuk ibu Ainun (istrinya) yang telah meninggal dunia akibat menderita kanker ganas.

Sama seperti versi bukunya, film Habibie & Ainun juga mengisahkan tentang cinta klasik antara Habibie (diperankan Reza Rahardian) dan Ainun (diperankan Bunga Citra Lestari).

Salah satu film Indonesia terbaik ini menggambarkan dengan jelas bagaimana perjuangan dan kegigihan Habibie yang ingin memajukan Indonesia. Selain itu, diceritakan juga kisah romansa antara Habibie dan Ainun yang sangat menyentuh dan cukup dramatis. Film ini mengajarkan kepada kita bahwa di balik kesuksesan seorang pria, pasti terdapat peran seorang wanita hebat.

Habibie & Ainun jelas merupakan salah satu film Indonesia yang kami rekomendasikan untuk kalian tonton. Selain mampu menghibur, film ini juga dapat menginspirasi generasi muda untuk bangkit dan membangun bangsa yang masih ‘mati suri’ ini. Habibie & Ainun juga cocok ditonton oleh pasangan kekasih maupun suami-istri karena cerita di dalamnya yang begitu romantis sekaligus menyentuh.

Karena kepopulerannya, film Habibie & Ainun berhasil mengumpulkan penonton sebanyak 4.488.889 orang di masa penayangannya dan masuk daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa peringkat ketiga.


#2 - Laskar Pelangi (2008)


film indonesia terpopuler

Perolehan penonton: 4.631.841

Film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata ini menceritakan kehidupan anak-anak di pulau Belitong (Belitung), sebuah pulau kecil yang berada di lepas pantai timur Indonesia.

Cerita berawal dari sekolah Muhammadiyah yang terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud provinsi karena jumlah siswanya bahkan tidak mencapai 10 orang. Namun, pembubaran sekolah Muhammadiyah dibatalkan karena pada saat upacara pembukaan, Harun (ditemani ibunya) mendaftar masuk ke sekolah tersebut dan membuat jumlah siswa menjadi genap 10 orang. Bu Muslimah, guru yang mengajar di sekolah Muhammadiyah pun memberikan julukan kepada mereka sebagai anak Laskar Pelangi.

Meski hanya berjumlah 10 orang, para murid di sekolah Muhammadiyah memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing. Misalnya, Mahar yang lucu dan memiliki minat di bidang seni, Lintang yang sangat jenius dan mampu menciptakan rumus-rumus matematika, Ikal yang menyukai dan berbakat di bidang sastra dan masih banyak lagi anak-anak lainnya.

Film Laskar Pelangi sangat menarik dan patut untuk ditonton karena persoalan-persoalan yang harus dihadapi oleh sekolah serta kesepuluh anak tersebut dapat menyadarkan kita bahwa ternyata masih banyak saudara kita yang memiliki keterbatasan untuk menggapai impian. Film ini juga memberikan pesan yang sangat bagus untuk para generasi muda Indonesia, bahwa sebesar dan sesulit apapun kendalanya, jika kita memiliki mimpi dan kemauan yang kuat, pasti akan ada jalan.

Film Laskar Pelangi yang rilis pada tahun 2008 ini sebelumnya menempati puncak daftar film terlaris di Indonesia sepanjang masa. Namun, tahun 2016 lalu film ini harus rela disalip dengan selisih angka cukup besar oleh film Warkop DKI Reborn: Jangkrtik Boss! Part 1 yang disutradarai oleh Anggy Umbara.

Adapun film Laskar Pelangi berhasil mengumpulkan penonton sebanyak 4.631.841 orang di masa penayangannya dan merupakan peringkat 2 film terlaris di Indonesia hingga saat ini.


#1 - Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016)


film indonesia terlaris sepanjang masa

Perolehan penonton: 6.858.616

Peringkat pertama film Indonesia terlaris sepanjang masa ditempati oleh film Indonesia terbaru, yaitu Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang baru saja rilis tahun 2016 lalu.

Film ini adalah wujud dari usaha untuk membangkitkan kembali Warkop DKI yang sebelumnya telah memiliki 34 film selama tahun 80-an hingga 90-an. Hasilnya sangat memuaskan, usaha menghidupkan kembali Dono-Kasino-Indro melalui Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 ternyata disambut dengan hangat oleh masyarakat Indonesia. Buktinya, film yang disutradarai oleh Anggy Umbara (Comic 8) ini berhasil menjadi film Indonesia terlaris peringkat pertama dengan jumlah penonton melebihi 6 juta.

Film Warkop DKI Reborn juga dinilai mampu memancarkan komedi serupa sajian klasik Warkop DKI, yaitu humor slapstick, situasi bodoh dengan kekacauan luar biasa,  celetukan ‘seenak udel’ sendiri khas Kasino hingga wanita-wanita seksi sebagai pemanis (walau memang kadarnya diturunkan jika dibandingkan film Warkop klasik).

Anggy Umbara bersama Bene Dion Rajagukguk dan Andi ‘Awwe’ Wijaya menulis cerita film ini dengan menggabungkan beberapa cerita film Warkop, seperti ‘IQ Jongkok’, ‘Setan Kredit’ dan ‘Chips’. Adapun pemeran Dono adalah Abimanya Aryasatya, pemeran Kasino adalah Vino G. Bastian dan pemeran Indro adalah Tora Sudiro.

Baca juga:


Itulah daftar film Indonesia terlaris yang sebaiknya kamu tonton. Menariknya, jika kalian perhatikan daftar tersebut didominasi oleh film-film Indonesia terbaru, seperti Warkop DKI Reborn, Hangout, Cek Toko Sebelah, My Stupid Boss dan lainnya yang baru rilis tahun 2016 lalu. Ini cukup menandakan bahwa film lokal mulai diminati oleh masyarakatnya.

Semoga saja kedepannya film Indonesia bisa semakin maju dan menjadi ‘tuan’ di negerinya sendiri.

Dari kesepuluh fim Indonesia terlaris sepanjang masa di atas, manakah yang menjadi film favoritmu?

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner