Rabu, 15 Maret 2017

5 Film Zombie Korea yang Wajib Ditonton, dari Train to Busan sampai Zombie School

SinduLin.web.id -5 Film Zombie Korea yang Wajib Ditonton – Film bertema zombie merupakan salah satu jenis film horor terpopuler di dunia. Sejak pertamakali diperkenalkan oleh George A. Romero melalui filmnya yang berjudul Night of the Living Dead (1968), karakter zombie menjadi sangat fenomenal dan disukai banyak orang. Sehingga, tidak mengherankan apabila film bertema zombie menjadi langganan film Box Office di Hollywood setiap kali ditayangkan.

Bukan hanya di Hollywood, film zombie juga menjadi salah satu film bergenre horor yang paling populer di berbagai belahan dunia. Hal tersebut dapat dibuktikan dari banyaknya sineas dunia yang ikut memproduksi film bertema zombie, termasuk juga Korea selatan yang ternyata telah memiliki sederetan film zombie keren yang wajib ditonton. Uniknya, kebanyakan film zombie korea tetap disisipi cerita atau drama yang menyentuh, seperti yang biasa kita jumpai di film-film korea lainnya.

film korea tentang zombie
Nah, penasaran dengan sederetan film zombie dari korea dan ingin menontonnya? Kalau iya, langsung saja dibaca daftar ‘5 Film Zombie Korea yang Wajib Ditonton’ berikut ini!

Film Zombie Korea #1 - Train to Busan (2016)


train to busan

Train to Busan adalah film korea bertema zombie yang baru rilis tahun lalu dan sukses meraih box office di Korea dan bahkan worldwide. Train to Busan mengisahkan tentang perjalanan Seok-woo yang berniat mengantar anaknya menemui mantan istri di Busan. Sayangnya, perjalanan yang seharusnya menyenangkan tersebut berubah menjadi mengerikan karena seluruh Korea Selatan terserang wabah virus yang dapat mengubah manusia menjadi zombie. Kepanikan dan aksi menyelamatkan diri dari para zombie menghiasi film ini dari awal hingga akhir.

Train to Busan sangat cocok untuk kamu yang menyukai film-film bergenre horor yang bisa membuat adrenalin terpacu saat menontonnya. Ada banyak aksi-aksi heboh dan menegangkan yang tersaji sepanjang durasi filmnya. Namun ketimbang horor, film zombie satu ini memang lebih condong ke aksi survival berbumbu drama.

Dengan taburan aksi yang keren, ketegangan yang cukup intens, karakter building yang menarik, drama yang mantap dan klimaks yang sempurna, tentu membuat Train to Busan menjadi salah satu film bertema zombie terbaik yang wajib kamu tonton.


Film Zombie Korea #2 - Train to Busan 2 (belum rilis)

train to busan lee min ho song joong ki

Film zombie terbaik yang merupakan sekuel Train to Busan ini memang belum dirilis, namun bisa dijamin bahwa Train to Busan 2 pantas menjadi salah satu film zombie korea yang sangat wajib untuk kalian tonton.

Selain karena film pertamanya yang sangat memukau, juga karena (kabarnya) sekuel Train to Busan akan menggandeng aktor top korea seperti Lee Min Ho dan Song Joong Ki.

Kabar bergabungnya Lee Min Ho dan Song Joong Ki di sekuel Train to Busan tersebut bahkan telah diberitakan oleh Sportsrageous. Berikut merupakan kutipannya:

“Beberapa aktor top korea dikabarkan tengah digadang-gadang untuk ikut berperan dalam film Train to Busan 2. Seperti Song Joong Ki yang kabarnya sudah masuk dalam daftar tawaran sebagai salah satu pemain dalam sekuel film zombie korea tersebut.

Bahkan, dikabarkan juga bahwa nantinya Song Joong Ki akan berperan sebagai salah satu zombie. Meski begitu, sampai berita ini ditulis belum diketahui apakah aktor Descendants of the Suns tersebut sudah sepakat dan menandatangi kontrak dengan pihak produser.


Sekuel film korea tentang zombie ini memang hampir dipastikan akan dibuat, bahkan sang sutradara, Yeon Sang Ho mengaku sangat senang jika dirinya diberi kesempatan untuk kembali menyutradarai filmnya.


Yeon Sang Ho juga mengaku bahwa dirinya memiliki niat untuk memasukkan Song Joong Ki kedalam daftar pemain utama. Hal tersebut dilakukan karena sang sutradara mengetahui bahwa Song Joong Ki sedang naik daun dan memiliki popularitas tinggi, baik di Korea maupun di seluruh dunia. Sehingga, harapannya hal tersebut akan membuat Train to Busan 2 menjadi semakin populer.


Sayangnya, kabar tersebut nampaknya masih terganjal oleh Blossoom Entertainment, selaku label atau agensi Song Joong Ki yang belum memberi lampu hijau untuk anak asuhnya bermain di film Train to Busan 2.


Selain Song Joong Ki, dikabarkan pula bahwa Lee Min Ho akan ikut meramaikan film ini. Apakah benar atau hanya kabar burung? Kita tunggu jawaban pastinya nanti.”


Film Zombie Korea #3 - Zombie School (2014)

korean zombie

Sebelum film Train to Busan, ternyata Korea pernah membuat beberapa film lain yang juga menceritakan tentang zombie. Salah satunya adalah film Zombie School yang dirilis pada tahun 2014.

Zombie School menceritakan tentang Chilsung School, sebuah sekolah yang dikhususkan untuk anak-anak nakal dan bermasalah. Mereka yang belajar di sekolah ini diperlakukan dengan sangat keras agar bisa berubah menjadi murid yang baik.

Dikisahkan kemudian, bahwa terdapat ratusan babi ternak yang terjangkit penyakit kaki dan mulut. Penyakit ini menyebabkan para babi tersebut menjadi gila dan mati. Untuk mencegah meluasnya wabah, para petani memutuskan untuk membantai semua babi dan menguburnya di sebuah lubang besar.

Namun, ada beberapa babi yang selamat dan berhasil keluar dari lubang besar tersebut. Babi yang selamat kemudian berlarian dan sampai ke Chilsung School, yang lokasinya memang tidak jauh dari tempat penguburan. Babi-babi yang terjangkit virus itu menggigiti para guru yang ada di sekolah, dan dalam waktu singkat satu persatu orang yang digigit berubah menjadi zombie.

Ketengangan pun dimulai. Para murid berandalan yang tadinya susah diatur mau tak mau harus bersatu untuk menghadapi guru-guru mereka yang berubah menjadi zombie.

Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Langsung saja ditonton salah satu film zombie korea terbaik ini.


Film Zombie Korea #4 - Mad Sad Bad (2014)


mad sad bad zombie movies

Mad Sad Bad merupakan film omnibus, yaitu satu film yang terdiri atas tiga cerita (yang ketiganya bertema horor dan zombie).

Film pertama berjudul ‘Ghost’, ceritanya didasarkan pada kisah nyata tentang pembunuhan seorang mahasiswa di Sinchon. Bepusat pada seorang remaja yang kecanduan video game dan dia diminta untuk membunuh pacarnya sendiri.

Cerita kedua berjudul ‘I Saw You’, sebuah film bertema zombie. Di masa depan, para zombie diberi kesempatan untuk sembuh dan hidup berdampingan dengan manusia normal. Namun, para zombie yang sembuh ini harus kehilangan ingatannya dan hidup seperti budak.

Cerita ketiga berjudul ‘Picnic’. Berkisah tentang Soo-min, seorang siswi SD yang tinggal bersama ibu dan saudara autisnya di sebuah desa kecil. Gara-gara si adik merusak buku komik favoritnya, sang kakak memutuskan untuk pergi piknik ke hutan dan meninggalkan sendiri adiknya.

Film zombie korea ini juga rilis pada tahun 2014, bersamaan dengan film Zombie School.


Film Zombie Korea #5 - The Neighbour Zombie (2009)

the neighbour zombie

 The Neighbour Zombie agak berbeda dengan film-film zombie yang sudah kita bahas di atas. Karena meski film ini juga hadir dengan cukup menyeramkan, tapi masih dibalut dengan beberapa unsur komedi.

Sama seperti film Mad Sad Bad, film zombie korea ini juga bermodel omnibus dimana satu film terdiri atas enam cerita. Keenam bagian dalam The Neigbour Zombie menceritakan tentang serangan zombie akibat sebuah virus.

Diceritakan dalam film ini, bahwa Seoul tiba-tiba saja mendapat serangan virus zombie yang misterius. Untuk mengantisipasinya, pemerintah membuat aturan agar siapapun yang terkena virus zombie harus segera dibunuh (agar virus tersebut tidak semakin menyebar). Keputusan tersebut mendapat banyak pro kontra dari warga Seoul, yang membuat cerita dalam film zombie ini semakin gila dan menegangkan saja.


Film Korea Bertema Zombie Lainnya:

Selain 5 film zombie korea di atas, masih ada beberapa film bertema zombie lainnya yang bisa kamu jadikan alternatif untuk ditonton. Seperti film Mr. Zombie (2010), The Flu (2013) dan GP506 (2008).

Baca juga:



Itulah daftar film korea tentang zombie yang wajib ditonton. Selain korea, ada juga beberapa film zombie keren dari berbagai belahan dunia yang bisa kalian tonton. Seperti  film Braindead dari New Zealand, film Bio Zombie dari Hong Kong, film 28 Days Later dari Inggris, film Doomsday dari Scotlandia, film Hsien of The Dead dari Singapore, film The Dead dari India, film City of the Dead dari China dan banyak lagi lainnya.

Apakah kamu memiliki daftar film zombie korea lain yang wajib untuk ditonton? Silahkan berbagi di kolom komentar.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner