Selasa, 18 Juli 2017

Maria Oentoe, Pemilik Suara Hangat yang Selalu Memanggil Kita Di Bioskop

SinduLin.web.id - “Pintu teater 1 telah dibuka. Bagi para penonton yang telah memiliki karcis, dipersilakan untuk memasuki ruangan teater”.

Familiar dengan kalimat di atas? Bagi Anda yang hobi nonton film di bioskop, pasti ingat atau bahkan hafal dengan kalimat tersebut. Kalimat tersebut selalu dibacakan begitu mendekati jam pemutaran film di jaringan bioskop Cinema 21/XXI. Selain itu suara indah tersebut selalu sama di semua jaringan bioskop ini.

Apakah kamu penasaran dengan siapa sosok dibalik suara tersebut yang sudah kita dengar dari kecil sampai sekarang saat berada di bioskop?

Suara announcement tersebut berasal dari suara ibu Maria Oentoe. Beliau adalah wanita kelahiran tahun 1948 dan sudah menjadi aktris pendukung untuk para aktris ternama pada zamannya seperti Marissa Haque, Meriam Belina dan Mieke Widjaya.

Maria Oentoe, Pemilik Suara Hangat yang Selalu Memanggil Kita Di Bioskop

Beliau juga dikenal sebagai tokoh perintis sulih suara (dubbing) di radio Indonesia. Wanita berusia 69 tahun ini mengisi suara beberapa sandiwara radio terkenal di RRI seperti Saur Sepuh dn Tutur Tinular.

Wanita lulusan sekolah Santa Ursula Jakarta ini juga pernah diminta langsung oleh alm. Ibu Tien Soeharto untuk membacakan narasi cerita Indonesia Indah di Teater Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah. Sampai sekarang narasi tersebut masih digunakan.

Suara ibu yang pernah bergabung dalam Sanggar Prahtivi (sebuah lembaga sosial melalui sandiwara radio & TV) ini pertama kali merekam suaranya untuk jaringan bioskop Cinema 21 pada tahun 1986, dimana jaringan bioskop tersebut berdiri pertama kalinya.

Sekitar 20 tahun kemudian Ibu Maria Oentoe merekam suaranya kembali karena jaringan tersebut mulai mengembangkan layanannya seperti menambah jumlah studionya, Premier dan teater IMAX. Bahkan Ibu Maria sampai sudah merekam suaranya sampai teater 20!

Maria Oentoe, Pemilik Suara Hangat yang Selalu Memanggil Kita Di Bioskop

Namun sayangnya, walaupun suara Ibu Maria Oentoe ini sudah dipakai selama puluhan tahun, beliau tidak mendapatkan royalti sedikit pun. Beliau hanya mendapatkan sejumlah honor saat pengambilan rekaman suara pertama kali dan saat pemutakhirannya.

Sebenarnya beliau sudah menanyakan sistem royalti kepada pihak bioskop, namun kesepakatan tersebut belum terjadi sampai sekarang. Namun beliau tidak mempermasalahkan atau memperpanjang masalah tersebut.


Maria Oentoe, wanita yang mengaku hanya minum air putih saja untuk menjaga suaranya ini juga sudah pernah main di beberapa film seperti :


• Badai Pasti Berlalu (1977)
• Bawalah Aku Pergi (1981)
• Kulihat Cinta Di Matanya (1985)
• Yang Masih Di Bawah Umur (1985)
• Pernikahan Dini (1987)
• Ibuku Malang Ibuku Tersayang (1990)
• Ca Bau Kan (2002)
• Sebelum Pagi Terulang Kembali (2014)

Baca juga: 12 Film India (Bollywood) Terbaik yang Wajib Ditonton


Selain film-film di atas, wanita bernama lengkap Maria Oentoe Tinangon ini juga pernah membintangi sebuah film pendek bersama dengan aktor Hengky Solaiman berjudul “Wan An”. Film pendek ini menjadi salah satu pemenang di ajang XXI Short Film Festival tahun 2013.

Film yang menggunakan lagu Sheila On 7 – “Saat Aku Lanjut Usia” sebagai OST-nya ini memenangkan dua kategori sekaligus yaitu “Film Pendek Favorit Penonton” dan “Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik”.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner