Rabu, 03 Januari 2018

10 Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Simak rekomendasi film thriller terbaik sepanjang masa melalui artikel berikut ini!


SinduLin.web.id – Film genre romance dan action memang sangat populer di kalangan penikmat film. Namun film thriller juga tidak tidak kalah berkualitas dari film-film populer Hollywood. Banyak juga film bergenre thriller yang memenangkan berbagai penghargaan bergengsi di dunia perfilman, beberapa di antaranya bahkan berhasil masuk daftar film terbaik sepanjang masa.

Nah, bagi kamu yang menggemari film bergenre thriller, berikut kami sajikan rekomendasi film thriller terkeren yang bisa kamu tonton!


Rekomendasi Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa


#1 - Shutter Island


Rekomendasi Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Genre:Mystery, Thriller

Shutter Island, film thriller yang dibintangi Leonardo DiCaprio ini mengambil latar pada tahun 1954. Diceritakan seorang U.S Marshall, Teddy Daniels (diperankan Leonardo DiCaprio), ditugaskan ke Shutter Island untuk menyelidiki seorang pasien yang hilang di Rumah Sakit Ashecliffe, sebuah rumah sakit yang diperuntukkan bagi para narapidana dengan gangguan jiwa.

Seiring dengan penyelidikan yang dilakukan bersama rekannya, Chuck (diperankan Mark Ruffalo), Teddy mulai merasakan berbagai kejanggalan dan Ia berspekulasi bahwa ada sesuatu yang berbahaya mengenai Rumah Sakit tersebut. Teddy lantas memulai pencarian jawaban atas berbagai pertanyaan yang akan menyeretnya pada suatu kenyataan yang tidak ingin dihadapinya.


#2 - Memento


Rekomendasi Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Genre:Mystery, Thriller

Salah satu film thriller terbaik garapan sutradara Christopher Nolan ini mengisahkan tentang Leonard Shelby (diperankan Guy Pearce) yang mengalami kerusakan kemampuan mengingat akibat cedera yang dialaminya.

Memori otaknya tidak mampu lagi digunakan untuk mengingat, sehingga ia terpaksa merangkai kejadian-kejadian yang pernah ia alami dengan menggunakan kamera polaroid, tato di tubuhnya dan catatan kecil yang selalu ia tuliskan tentang segala hal yang ingin ia ingat. Hal terakhir yang diingatnya adalah saat ia memergoki seseorang pria misterius memperkosa dan membunuh istrinya, sebelum pria lain membenturkan kepalanya ke cermin.


Baca juga: 10 Film Terbaik Scarlett Johansson



Berbekal foto, tato dan catatan kecilnya, Lenny mencoba merangkai puzzle dari fakta yang tidak mampu ia ingat untuk menemukan pria misterius yang ia duga menewaskan istrinya.

Film Memento tidak diragukan lagi merupakan salah satu karya terbaik Christopher Nolan yang akan sangat rugi jika kamu lewatkan begitu saja.


#3 - The Usual Suspect


10 Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Genre: Crime, Drama, Mystery, Thriller

The Usual Suspect adalah film thriller yang berkisah tentang 5 orang residivis alias tokoh kriminal yang kembali bersatu untuk mengerjakan suatu proyek kejahatan yang didalangi oleh seorang penjahat kelas atas.

Kelima tokoh kriminal tersebut—yang masing-masing diperankan oleh Stephen Baldwin, Gabriel Byrne, Benicio del Toro, Kevin Pollack, dan Kevin Spacey—sebenarnya sejak awal telah terjebak untuk mengerjakan kejahatan tersebut karena mereka dibuat tidak bisa membantah perintah oleh si empunya proyek. Adalah Keyser Soze, seseorang yang selama durasi film ini tidak pernah ketahuan seperti apa fisiknya melainkan hanya digaung-gaungkan saja namanya (setidaknya sampai di bagian paling akhir film Anda baru bisa mengetahui siapa Keyser Soze sebenarnya) yang menjadi otak kejahatan tersebut. Kejahatan demi kejahatan pun dilakukan oleh kelima orang ini dengan didalangi oleh Keyser Soze.

Salah satu film thriller terbaik yang rilis tahun 1995 ini berhasil mendapatkan kritikan sangat positif dari para kritikus film. Tentu tidak boleh kamu lewatkan...


#4 - Se7en


10 Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Genre: Crime, Thriller, Drama, Mystery

Se7en, salah satu film terbaik sepanjang masa ini tentu pantas masuk daftar. Mengisahkan tentang Detektif Mills (diperankan Brad Pitt) yang dipindahkan untuk membantu Detektif Somerset (diperankan Morgan Freeman) dalam menangani sebuah kasus pembunuhan.

Rupanya, pertemuan awal mereka tidak berjalan mulus. Somerset menunjukkan sikap yang ‘dingin’ dengan adanya Mills dalam kasus yang ia tangani. Mills yang sebelumnya beberapa kali pernah menangani kasus pembunuhan, merasa diremehkan oleh Somerset.

Suatu ketika, mereka menangani kasus pembunuhan yang misterius, karena tidak ada motif yang melatar belakanginya. Disusul berikutnya dengan kasus pembunuhan seorang jaksa yang meninggalkan tulisan Greed/tamak di samping mayatnya. Somerset kemudian menyelidiki sendiri rumah korban pembunuhan sebelumnya dan menemukan tulisan Gluttony/rakus di dalam rumahnya.

Dari fakta itu, Somerset meyakini bahwa kasus pembunuhan tersebut akan terus berlangsung. Tapi sayangnya, Somerset justru memutuskan akan berhenti ketika ia mulai mendapatkan titik terang kasus pembunuhan tersebut.


Baca juga: 20 Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa



Somerset kemudian mengumpulkan bukti-bukti sendiri dan diam-diam membantu Mills yang tengah kesulitan. Somerset awalnya memang terlihat sangat ‘dingin’ pada Mills, tapi hubungan mereka berdua kemudian mencair sejak Somerset diundang makan malam oleh istrinya Mills, Tracy (diperankan Gwyneth Paltrow).

Somerset dan Mills kemudian semakin kompak dalam menangani kasus pembunuhan misterius tersebut. Berhasilkan mereka berdua menemukan pelakunya dan motif di balik semua pembunuhan tersebut?


#5 – No Country For Old Men


film crime thriller terbaik

Genre: Crime, Drama, Thriller

No Country For Old Men tidak memiliki plot yang istimewa cenderung sederhana dan sangat umum bagi film bergaya crime/thriller. Berkisah tentang Llywelyn (diperankan Josh Brolin), seorang veteran yang sedang berburu tanpa sengaja menemukan mayat-mayat yang bergelimpangan. Di sana Lywelyn juga menemukan truk yang penuh heroin dan uang satu tas penuh. Benda terlarang itu ditinggalkannya, sedangkan uang diambilnya.

Sial bagi Llywelyn bahwa saat dia kembali ke tempat kejadian pada malam harinya, dia kepergok oleh kawanan penjahat yang merasa berhak atas uang itu. Llywelyn pun diburu.

Bos kawanan penjahat menyewa psikopat yang baru saja kabur dari penjara, bernama Anton Cigurh (diperankan Javier Bardeem). Tubuh-tubuhpun kemudian berjatuhan, menjadi pekerjaan berat bagi Ed Tom (diperankan Tommy Lee Jones) sebagai Sherif di wilayah itu. Ketika ada jalan keselamatan terbuka, Llywelyn tidak mengambil jalan itu. Llywelyn memilih memeluk erat tas yang penuh uang tanpa mau menyadari bahwa semua ini akan merengut nyawanya dan istrinya.

No Country For Old Man tidak diragukan lagi merupakan film crime/thriller terbaik yang wajib kamu tonton. Film arahan Coen Brothers ini bahkan sempat menyabet penghargaan film terbaik di Oscar.


#6 – Mulholland Drive


daftar film thiller hollywood terbaik terbaru

Genre:Drama, Mystery, Thriller

Rekomendasi film thriller terbaik berikutnya adalah Mulholland Drive. Berkisah tentang Betty (diperankan Naomi Watts) seorang gadis muda, polos dengan impian tinggi untuk menjadi selebriti menginjakkan kakinya di Los Angeles untuk pertama kalinya.

Di sana ia tinggal di apartemen milik bibinya yang juga merupakan seorang aktris dan tengah menjalani syuting di Kanada sehingga Betty bisa menempati apartemennya yang kosong itu. Tapi sesampainya disana ia justru bertemu dengan seorang wanita misterius yang mengaku bernama Rita (diperankan Laura Harring). Kemudian diketahui bahwa Rita mengalami amnesia setelah kecelakaan mobil yang ia alami di malam sebelumnya. Betty yang merasa kasihan akhirnya memutuskan membantu Rita mencari jati dirinya yang asli sambil tetap meneruskan usahanya mendapat peran di film besar.

Disisi lain ada juga kisah tentang sutradara bernama Adam (diperankan Justin Theroux) yang dalam prosesnya menyutradarai sebuah film mendapat tekanan dari sekelompok mafia untuk menggunakan aktris pilihan mereka sendiri yang tentunya membuat Adam merasa kehilangan kebebasannya. Belum cukup sampai disitu, nasib buruk Adam berlanjut saat mengetahui sang istri berselingkuh dan kemudian rekening miliknya dibekukan.


#7 – Prisoners


daftar film thriller terbaik sepanjang masa

Genre: Crime, Drama, Thriller, Mystery

Salah satu film terbaik di tahun 2013 ini mengisahkan tentang Keller (diperankan Hugh Jackman) dan Grace (diperankan Maria Bello) yang tengah berusaha mencari penculik putrinya yang masih kecil, Anna (diperankan Erin Gerasimovich).

Anna, bersamaan dengan teman mainnya, Joy (diperankan Kyla Drew Simmons) diculik di siang bolong ketika keluarga Keller sedang merayakan Thanksgiving di rumah orang tua Joy, yaitu Franklin (diperankan Terrence Howard) dan Nancy (diperankan Viola Davis).

Terakhir dilihat, Anna dan Joy sedang bermain di dekat karavan tua yang terparkir tidak jauh dari rumah Franklin dan Nancy. Meminta bantuan seorang detektif bernama Loki (diperankan Jake Gyllenhaal), mereka akhirnya bisa menemukan si pengendara karavan tua ini, yaitu Alex (diperankan Paul Dano).

Permasalahannya adalah, Alex merupakan seorang pria yang mempunyai keterbelakangan mental, sehingga Loki tidak yakin bahwa Alex lah yang menculik Anna dan Joy, tapi Keller berpikir sebaliknya, bahwa Alex adalah dalang dari semua penculikan tersebut. Lalu, ketika waktu terus berjalan dan tidak satupun mempunyai petunjuk dimana Anna dan Joy berada, Keller mulai bertindak ekstrim, karena ia yakin setengah mati bahwa Alex tahu dimana Anna dan Joy berada. Pertanyaanya adalah, apa betul Alex yang menculik Anna dan Joy?

Film thriller satu ini tidak diragukan lagi merupakan salah satu yang terbaik, selain dibintangi oleh jajaran cast top di Hollywood, Prisoners juga memiliki cerita yang seru dan tidak mudah ditebak.


#8 – Pulp Fiction


10 Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Genre: Crime, Drama, Thriller

Menjelaskan alur film Pulp Fiction sebenarnya cukup susah mengingat film ini diceritakan dengan alur non linear alias melompat, sehingga sulit untuk bercerita tanpa memberi spoiler. Jadi intinya film ini mengisahkan tentang 2 orang pembunuh bayaran bernama Vincent Vega (diperankan John Travolta) dan Jules Winnfield (diperankan Samuel L. Jackson) yang bekerja untuk Marsellus Walace.

Keduanya sudah lama berpartner untuk melakukan pekerjaan kotor itu. Dilain pihak, Vincent juga punya tugas melindungi istri Marsellus yang bernama Mia (diperankan Uma Thurman). Jelas sebuah pekerjaan sulit mengingat Mia bukan wanita yang gampang diatur. Ada juga cerita tentang seorang petinju veteran bernama Butch (diperankan Bruce Willis) yang diminta sengaja mengalah oleh Marsellus tapi pada prakteknya malah menang bahkan membunuh lawannya sehingga dia dikejar-kejar oleh pihak Marsellus.

Agak pusing menerka plotnya? Langsung saja ditonton salah satu film thriller terbaik ini, karena rasa pusing itu nantinya akan berubah menjadi takjub karena kekerenan film garapan Quentin Tarantino ini.




#9 – Mystic River


rekomendasi Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Genre:Crime, Drama, Mystery, Thriller

Mystic River dibuka dengan adegan 3 bocah yang bermain bersama, mereka adalah Jimmy, Sean, dan Dave. Mereka lalu menuliskan nama mereka disebuah cetakan semen yang belum kering. Tiba-tiba muncul pria yang mereka anggap polisi menegur mereka lalu membawa Dave pergi. Ternyata pria itu bukanlah polisi. Mereka menculik Dave dan melakukan tindakan pelecehan seksual. Beruntung setelah 4 hari Dave berhasil kabur.

25 tahun kemudian, ketiga bocah yang kini menjadi pria dewasa itu masih tinggal disitu, tapi sudah berkeluarga dan jarang berkomunikasi satu sama lain. Jimmy (diperankan Sean Penn) udah punya 2 putri. Sean (diperankan Kevin Bacon) menjadi polisi, tapi kehidupan rumah tangganya tidak lancar. Sang istri pergi dan selalu meneleponnya tiap hari tanpa mengucap sepatah katapun. Sedangkan Dave (diperankan Tim Robbins) juga sudah punya satu putra.

Kehidupan mereka awalnya damai sampai suatu hari, Katie putri tertua Jimmy menghilang dan ditemukan telah tewas. Jimmy jelas sangat terpukul. Awalnya dia mencurigai Brendan Harris, pacar putrinya yang hubungannya tidak dia setujui. Tapi penyelidikan polisi yang dipimpin Sean dan Sersan Whitey Powers (diperankan Laurence Fishburne) malah mengatakan bukan Brendan pelakunya.

Penyelidikan makin rumit setelah diketahui Dave memperlihatkan tindak tanduk aneh yang membuatnya dicurigai. Jimmy sendiri merasa harus melakukan penyelidikannya sendiri dibantu teman-temannya. Siapakah pembunuh Katie?


#10 – Inception


rekomendasi Film Thriller terbaru hollywood 2018

Genre:Action, Thriller, Adventure, Sci-Fi

Satu lagi film thriller terbaik garapan Christopher Nolan, yaitu Inception. Di dunia dimana terdapat teknologi yang dapat digunakan untuk memasuki pikiran seseorang melalui mimpi, Don Cobb (Leonardo DiCaprio) adalah seorang pencuri yang sangat handal yang melakukan kejahatannya melalui alam bawah sadar. Don yang kabur dari Amerika karena menjadi buronan, diberikan sebuah kesempatan terakhir untuk mengembalikan semua kehidupannya seperti sedia kala.

Namun alih-alih untuk mencuri pemikiran dari dalam pikiran sasarannya, misi ini adalah untuk menanamkan pemikiran ke dalam alam bawah sadar sasarannya yang disebut inception (insepsi), yang pada akhirnya menjadi sebuah pekerjaan terberat dan paling berbahaya yang pernah dihadapi Cobb dan rekan-rekannya.

Salat satu film masterpiece garapan sutradara Christopher Nolan ini tidak diragukan lagi sangat pantas kamu tonton.


Itulah top 10 film thriller terbaik yang sangat pantas untuk kalian tonton. Dari sekian banyak film genre thriller di atas, manakah yang menjadi favoritmu?



Related Posts