-->

Kebun Binatang Serulingmas – Info Rute, Harga Tiket dan Objek Wisata


Ketahui info rute, harga tiket masuk dan objek wisata yang ada di Serulingmas!




Bebaca Wisata – Kebun Binatang Serulingmas atau nama resminya Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas adalah ikon wisata di Kabupaten Banjarnegara selain Dieng.



Kebun binatang ini bisa dikatakan sebagai magnet pariwisata Banjarnegara yang mampu menyedot banyak wisatawan dari daerah lain. Meski sebenarnya tempat wisata satu ini masih kalah pamor jika dibandingkan kebun binatang dari kota lain, seperti Gembiraloka, Taman Safari maupun Ragunan.



Wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas ini cukup menarik dikunjungi, karena selain memamerkan aneka binatang dan tumbuhan langka, kebun binatang ini juga memadukan beberapa objek wisata dalam satu lokasi.



Seperti waterboom dan wahana permainan untuk anak. Selain itu, biaya tiketnya yang relatif murah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi Serulingmas.




Kebun Binatang Serulingmas – Info Rute, Harga Tiket dan Objek Wisata



Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke TRMS Serulingmas, alangkah baiknya untuk membaca terlebih dahulu info lokasi, harga tiket masuk Serulingmas tahun 2018 dan berbagai macam objek wisata dalam kebun binatang ini.






Sejarah Kebun Binatang Serulingmas




Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) terdapat di Kelurahan Kutabanjar, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah. Awal mulanya, kebun binatang ini adalah satu taman yang  merupakan rimba kota yang sudah dihijaukan sejak th. 1994. Taman yang diresmikan oleh Jenderal TNI (Purn) Susilo Sudarman (alm), saat masih menjabat Ketua Paguyuban Seruan Eling Banyumas (Serulingmas), pada 21 Agustus 1997.





TRMS dibangun pada saat Bupati (waktu itu) Drs Nurachmad. Di taman itu hidup kian lebih 36 type hewan memamah biak, burung, serta binatang melata dan tanaman langka. Dua ekor gajah Sumatera, alumnus sekolah gajah Way Kambas, Lampung. Diluar itu ada juga harimau benggala, singa Afrika, serta seekor beruang.






Baca juga: Daftar Tempat Wisata Dieng yang Paling Populer






Tempat yang dipunyai TRMS Serulingmas keseluruhannya yaitu lebih kurang 100. 000 m² atau 10 ha, di mana yang 50. 000 m² telah ada infrastruktur serta fasilitasnya, sedang yang 50. 000 m² yang lain adalah tempat kosong.



Saat ini, kebun binatang Serulingmas telah memiliki banyak obyek wisata yang menarik, bukan hanya berupa kebun binatang tapi ada juga wahana bermain anak dan waterboom.






Lokasi TRMS Serulingmas dan Info Rute Menuju Serulingmas Banjarnegara




Alamat lengkap atau Lokasi Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) terletak tidak jauh dari pusat kota Banjarnegara.



Hanya sekitar 2 km ke arah barat, berada di bantaran sungai Serayu, sungai yang menjadi sumber pambangkit Listrik  tenaga air Mrica kecamatan Bawang. Untuk sampai di lokasi wisata ini sangat mudah dijangkau, akses jalan sudah dibangun dengan baik dan angkutan umum juga tersedia.



Untuk menuju objek wisata ini Anda bisa memakai kendaraan umum seperti angkot serta delman dari kota Banjarnegara. Atau untuk yang memakai kendaraan pribadi, cuma 10 menit dari alun-alun kota, ambillah arah barat ke “Perempatan Buntil”, kanan (Jl. A Yani), pertigaan Tempat tinggal Sakit ambillah kiri, lurus selalu (Jl. Selamanik) sekitaran 500 mtr., serta sebagian mtr. dari Kantor Dinas Kebudayaan serta Pariwisata (Dinbudpar Kabupaten Banjarnegara) di kanan jalan, pengunjung bisa memarkir kendaraan ditempat yang telah disediakan oleh pengelola.






Obyek Wisata di Serulingmas




Beberapa obyek wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas selain aneka binatang adalah makam Ki Ageng Selomanik, seseorang pengikut Pangeran Diponegoro yang tertekan ke arah barat serta lalu menetap di Banjarnegara. Selain itu, di TRMS anda juga dapat melihat panorama menawan lembah Sungai Serayu, yang berjumpa dengan Sungai Merawu serta Palet di segi barat.




Obyek Wisata di Serulingmas



Tidak jauh dari sana ada Bendungan Banjarcahyana, yang dibangun oleh pemerintah Hindia-Belanda pada th. 1939. Bendungan yang berkonstruksi sifon itu menembus hingga ke bawah Kali Merawu serta hingga saat ini masihlah berperan sebagai irigasi tehnis.



Selain digunakan sebagai tempat rekreasi untuk wisatawan, TRMS Serulingmas juga digunakan sebagai tempat Konservasi Satwa di luar habitatnya. Beragam tipe binatang mulai dari Karnivora, Herbivora maupun Omnivora dirawat dan dikembangbiakkan dengan baik di tempat ini.



Waktu Anda masuk ke areal wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, Anda bakal rasakan situasi sejuk serta nyaman. Pohon-pohon rindang terdapat banyak di tempat wisata ini, memanjakan pengunjung yang menginginkan berjalan-jalan sembari nikmati situasi ruang wisata.



Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kebun Binatang Serulingmas sangat menarik untuk dikunjungi karena pengelola menggabungkan berbagai obyek wisata dalam satu tempat. Anda bukan sekedar dapat lihat bermacam koleksi binatang, tapi wahana bermain dan bahkan kolam renang dengan sarana waterboom juga ada di tempat ini.



Keterpaduan yang serasi pada Flora serta Fauna yang ada di TRMS Serulingmas, membuatnya sebagai tempat yang sejuk serta nyaman untuk rekreasi keluarga.






Lokasi TRMS Serulingmas dan Info Rute Menuju Serulingmas Banjarnegara
Kebun Binatang Serulingmas – Info Rute, Harga Tiket dan Objek Wisata





TRMS mempunyai kian lebih 36 type hewan memamah biak, burung, serta binatang melata dan tanaman langka. Disiapkan juga sarana wisata menunggang gajah keliling taman dengan dipandu seseorang pawang. Kolam renang cukup mencukupi, terdiri atas 3 sisi kolam untuk anak-anak serta orang dewasa, dan sarana mandi/basuh.



Walau tidak selengkap kebun binatang lain seperti Gembiraloka, Taman Safari maupun Ragunan. Tetapi Serulingmas Selomanik mempunyai koleksi satwa yang cukup komplit. Salah satunya Harimau, Singa, ular, orang utan, bermacam burung, kuda zebra, kasuari, beruang serta ada banyak lagi. Fasilitas prasarana taman ini masihlah cukup baik karena didukung dari pemerintah.



TRMS Serulingmas begitu disukai oleh anak-anak serta remaja, pada tanggal merah atau hari libur sekolah, biasanya kebun binatang ini ramai didatangi oleh para wisatawan domestik dan luar negeri.






Harga Tiket Masuk TRMS Serulingmas Tahun 2018




Berapa harga tiket masuk TRMS Serulingmas Banjarnegara? Harga tiket Serulingmas tahun 2018 sangat terjangkau dan tidak menguras dompet, yaitu hanya sebesar Rp. 15.000/orang untuk umum, sedangkan untuk pelajar bisa lebih murah lagi (apalagi jika datang beramai-ramai).



Dengan biaya tiket yang relatif murah itu, anda sudah bisa menikmati seluruh obyek wisata yang ada di kebun binatang Serulingmas. Terkecuali beberapa wahana yang memang mengharuskan anda untuk membayar beberapa ribu rupiah jika tertarik untuk menaikinya.





Demikian informasi terkait TRMS Serulingmas yang beralamat di Kabupaten Banjarnegara. Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata satu ini, pastikan juga untuk mengunjungi tempat wisata di Banjarnegara lainnya yang daftar lengkapnya bisa kamu baca di artikel selanjutnya.




Next > 20 Tempat Wisata Terbaik di Banjarnegara



1 Response to "Kebun Binatang Serulingmas – Info Rute, Harga Tiket dan Objek Wisata"