-->

Mengenal Hawkman, Anggota Justice League yang Berasal dari Thanagar


Siapa itu Hawkman? Simak asal-usul dan generasi Hawkman berikut ini!




Selowae.NetHawkman adalah superhero fiksi yang muncul pertama kali dalam Flash Comics # 1 tahun 1940. Dalam komik yang dibuat oleh Gardner Fox dan Dennis Neville tersebut, Hawkman dikisahkan sebagai jagoan yang bisa terbang menggunakan sayap dan bersenjatakan gada. Diketahui kemudian bahwa sayapnya terbuat dari Nth Metal, sebuah material khusus yang kuat dan memiliki kemampuan untuk melawan gravitasi.



Ada beberapa versi berbeda yang mengisahkan sosok Hawkman dalam komik DC. Berikut beberapa di antaranya!






Carter Hall





asal-usul hawkman adalah cerita komik, awal mula dan kekuatan hawkman dc comics



Carter Hall adalah seorang arkeologis dan kurator museum, yang merupakan reinkarnasi seorang pangeran kuno bangsa Mesir, Khufu. Pada masa Mesir kuno, pangeran Khufu bertemu dengan seorang pendeta Mesir yang juga musuhnya, yaitu Hath-Set. Pendeta ini menangkap Khufu bersama pasangannya Chay-Ara, dan membunuh mereka menggunakan belati terkutuk yang terbuat dari metal Nth.



Ribuan tahun berlalu, Khufu terlahir kembali sebagai seorang arkeologis Amerika bernama Carter Hall dan Chay-Ara terlahir kembali sebagai Shiera Saunders. Sedangkan Hath-Set terlahir kembali sebagai ilmuwan bernama Anton Hastor.





Setelah menyentuh belati yang terbuat dari metal Nth (belati yang dulu digunakan untuk membunuh Khufu), Carter Hall mengingat kembali kehidupannya yang lalu dan menyadari bahwa Hastor adalah reinkarnasi musuhnya.



Ketika Hastor menculik Shiera, menggunakan ingatannya yang telah kembali, Carter membuat sabuk anti gravitasi yang terbuat dari metal Nth dan berubah menjadi Hawkman.  Carter Hall berhasil menyelamatkan Shiera dan akhirnya menjalin hubungan, sedangkan Anton terbunuh.



Mereka akhirnya memiliki anak bernama Hector Hall, yang akhirnya juga menjadi superhero bernama Silver Scarab.






Katar Hol





Mengenal Hawkman, Anggota Justice League yang Berasal dari Thanagar



Katar Hol adalah seorang petugas polisi dari planet Thanagar.  Bersama istrinya Shayera, mereka menggunakan baja kesembilan yang memiliki kemampuan anti gravitasi dan sayapnya untuk memerangi kejahatan.



Perlengkapan ini biasa digunakan pasukan elit kepolisian Thanagar untuk memerangi kriminal berbahaya.  Suatu hari, Katar Hol dan Shayera dikirim ke Bumi untuk menangkap kriminal yang bisa berubah bentuk bernama Byth.



Dalam menjalankan misi ini, mereka memilih untuk tinggal di Bumi dan bekerja dengan pihak keamanan Amerika, sembari mempelajari metode polisi planet Bumi.  Mereka mengambil identitas sebagai kurator museum bernama Carter Hall dan Shiera Hall.  Keduanya beraksi sebagai superhero di hadapan publik sebagai Hawkman kedua dan Hawkgirl kedua.




Baca juga: Asal-Usul dan Kekuatan Despero, Musuh Bebuyutan Justice League




Pada kisah Crisis on Infinite Earths, Katar Hol mendapat cerita asal-usul berbeda. Kali ini, Katar Hol diceritakan sebagai seorang polisi muda dari planet Thanagar yang memberontak dari sistem yang opresif dari planetnya.  Dia kemudian dikirim ke pengasingan.  Sebelum kemudian berhasil membebaskan diri dan membuka kedok seorang kapten polisi pemberontak bernama Byth.  Akhirnya dia dikembalikan ke kesatuannya, diberikan partner baru bernama Shayera Thal, dan dikirim dalam misi ke planet Bumi sebagai Hawkman ketiga.






Fel Andar





fel andar hawkman kekuatan dan kemampuan, awal mula anggota  justice league



Fel Andar adalah mata-mata planet Thanagar yang telah lama tinggal di Bumi. Ia diperintahkan oleh militer Thanagar untuk menyusup ke Justice League sebagai Hawkman.






Charlie Parker





Mengenal Hawkman, Anggota Justice League yang Berasal dari Thanagar



Aslinya adalah anggota Teen Titans bernama Golden Eagle, Charlie Parker dianggap tewas setelah serangan yang dilakukan oleh Wildebeest Society pada era yang dikenal dengan sebutan Titants Hunt.  Dia kemudian ditemukan masih hidup dan membantu Carter Hall untuk beberapa waktu.



Saat Carter Hall dinyatakan hilang, Charlie Parker mengambil jubahnya dan menjadi Hawkman keempat, dan mengaku sebagai putra Carter Hall.



Pada kenyataannya dia sebenarnya adalah putra Fel Andar dan bertanggung jawab atas kesulitan yang dialami oleh Carter Hall yang dianggap menjadi penyebab kematiannya.  Carter Hall akhirnya mengalahkan Golden Eagle dan meminta kembali jubahnya.






Demikian pengenalan singkat tentang Hawkman dalam komik DC. Klik Next untuk membaca  musuh-musuh terkuat Justice League.





Next > Musuh-musuh Justice League



0 Response to "Mengenal Hawkman, Anggota Justice League yang Berasal dari Thanagar"

Posting Komentar