-->

19 Drama Korea Terbaik 2020, dari Start Up sampai A Piece of Your Mind

Apa saja drakor terbaru tahun 2020 yang bagus untuk ditonton?

Tahun 2020 tidak terasa sudah berakhir, dan di sepanjang tahun 2020 ini kita sudah disuguhkan oleh puluhan drama kore yang menarik mulai dari genre romance, comedy, fantasy sampai dengan thriller.

Nah, bagi kalian para penggemar drama korea mungkin bertanya-tanya drama apa saja sih yang paling bagus dan mendapat rating tinggi di tahun 2020 ini?

Jika kamu penasaran, yuk langsung saja disimak rekomendasi drama korea terbaik 2020 yang wajib banget ditonton!


Rekomendasi Drama Korea 2020 Rating Tinggi


#1 – Start Up

Start Up adalah salah satu drama korea 2020 yang populer. Mengisahkan tentang Seo Dal-mi (Bae Suzy), gadis yang bercita-cita menjadi Steve Jobs berikutnya. 

Dia ingin bekerja di Sandbox dan menjadi CEO untuk perusahaan rintisannya sendiri, dan dia yakin dia bisa melakukannya, terlebih setelah mendapat dukungan dari sahabat pena dan kekasih masa kecilnya Nam Do-san (Nam Joo-hyuk), pendiri Samsan Tech. 

Tapi apa yang terjadi ketika dia mengetahui bahwa dia bukanlah pria yang selama ini bertukar surat dengannya?


#2 – Record of Youth

Record of Youth adalah drama korea romantis 2020 yang berkisah tentang Sa Hye-jun (Park Bo-gum), model paruh waktu populer yang benar-benar ingin menjadi aktor tetapi kesulitan untuk mendapatkan perannya. 

Sementara itu, seorang fangirl bernama An Jeong-ha (Park So-dam) memiliki cita-cita menjadi penata rias, meski ibunya lebih suka jika dia bekerja di pekerjaan kantoran biasa. 

Drakor Record of Youth mengikuti kisah keduanya saat mereka melalui berbagai cobaan untuk mencapai impian mereka di dunia yang tampaknya lebih peduli dengan uang dan koneksi. 

Mereka akhirnya menemukan jalan mereka bersama dan mendukung satu sama lain melalui itu semua. Drama korea 2020 terbaik ini pasti bakal bikin kamu ikutan baper.


#3 - Do Do Sol Sol La La Sol

Do Do Sol Sol La La Sol adalah salah satu drama korea terbaru Netflix yang rilis di tahun 2020. Berkisah tentang Goo Ra Ra (Go Ara), pianis berbakat yang berubah dari kekayaan menjadi compang-camping dengan sangat cepat setelah ayahnya bangkrut dan meninggal. 

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea Terbaru Tahun 2018

Goo Ra Ra berakhir di kota kecil Eunpo, mencari pengguna media sosial bernama "dodosolsollalasol," yang telah mengirim pesan kepadanya sejak dia melalui masa-masa sulit. 

Di sana dia bertemu Sunwoo Jun (Lee Jae-wook) di akademi piano kecil. Meskipun berhati dingin, dia memutuskan untuk membantunya. Bagaimana kisah Goo Ra Ra selanjutnya?


#4 – When My Love Blooms

Drama korea romantis terbaik yang bisa kamu tonton berikutnya adalah When My Love Blooms.

Drakor 2020 ini berkisah mengenai Han Jae-hyun (Yoo Ji-tae) dan Yoon Ji-soo (Lee Bo-young), sepasang mantan kekasih yang sekarang menjalani kehidupan yang sangat berbeda. 

Han Jae-hyun sekarang seorang pengusaha sukses, sementara Yoon Ji-soo menjalani kehidupan yang sulit sebagai pekerja kontrak dan seorang ibu. 

Dua puluh tahun sejak mereka berpisah, mereka bertemu lagi dan menyalakan kembali perasaan mereka satu sama lain.

When My Love Blooms ini penuh dengan moment seru dan menggemaskan yang pastinya cocok buat kamu yang sedang bucin dan baper.


#5 – Tale of the Nine Tailed

Tale of the Nine Tailed adalah drama korea romance fantasy terbaru 2020 yang menarik untuk ditonton.

Dalam drakor ini, Lee Yeon (Lee Dong-wook) adalah gumiho (rubah berekor sembilan) yang mengorbankan hidupnya sebagai dewa gunung dan penjaga untuk melindungi wanita yang dicintainya. 

Sekarang dia tinggal di antara manusia, menunggu reinkarnasinya muncul kembali sehingga dia bisa melindunginya dan membantunya menjalani hidup yang lebih lama. 

Dia kemudian bertemu Nam Ji-ah (Jo Bo-ah), seorang produser yang mencari cerita supernatural sejak dia diselamatkan dari kecelakaan mobil dengan orang tuanya. 

Dia melihat pria aneh yang menyelamatkannya sebagai seorang anak dalam rekaman CCTV sebuah pernikahan baru-baru ini, dan dia terlihat persis seperti Lee Yeon.

Tale of the Nine Tailed memiliki cerita yang menarik serta dibumbui dengan fantasi yang unik, membuat drama korea ini layak untuk ditonton.


#6 – Crash Landing on You

Drama korea 2020 rating tertinggi berikutnya adalah Crash Landing on You. Berkisah tentang Yoon Se-ri (Son Ye-jin), seorang CEO sukses yang memiliki merek make-up dan pakaiannya sendiri, yang ia bangun tanpa bantuan dari keluarganya yang terasing. 

Karena kesuksesannya, ayahnya menganggapnya sebagai kandidat teratas untuk mengambil alih perusahaannya, bukan dua kakak tirinya. 

Suatu hari ketika menaiki paralayang, badai membawa Yoon Se ri ke perbatasan Korea Utara, di mana dia bertemu dengan seorang tentara bernama Kapten Ri Jung Hyuk (Hyun Bin).

Tidak bisa kembali ke Korea Selatan, Yoon Se-ri pun mau tidak mau harus tinggal bersama Kapten Ri. Hingga berbagai kejadian romantis di antara keduanya pun tidak terelakkan.


#7 – Itaewon Class

Itaewon Class mengisahkan tentang Park Sae-ro-yi (Park Seo-joon), seseorang yang selalu membela apa yang menurutnya benar. Tetapi ketika ayahnya meninggal dalam kecelakaan mobil yang tragis, dia berbelok ke belakang dan berakhir di penjara. 

Setelah bersumpah untuk membalaskan dendam ayahnya dan memenuhi mimpinya, dia bisa membuka bar di Itaewon hotspot Seoul. 

Sekarang dia hanya harus bekerja untuk membuat usahanya menjadi hit, dengan bantuan gadis keren Jo Yi-seo (Kim Da-mi). 

Meskipun cinta masa kecilnya Oh Soo-ah (Kwon Nara), yang bekerja untuk pesaingnya, mungkin menghalangi.

Itaewon Class juga merupakan salah satu drama korea terbaik 2020 yang memiliki tema bisnis selain Start Up. Kamu wajib menontonnya.


#8 - It's Okay to Not Be Okay

Drakor 2020 terbaik yang paling romantis dengan rating tinggi selanjutnya adalah It's Okay to Not Be Okay. 

Drama korea romantis yang bisa bikin nangis ini mengisahkan tentang Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun), pekerja kesehatan yang sibuk di bangsal psikiatri, dan tidak punya waktu untuk menemukan cinta. 

Suatu hari dia bertemu penulis buku anak-anak Ko Moon-young (Seo Ye-ji), yang menderita gangguan kepribadian antisosial. 

Segera, keduanya berhasil mengungkap masing-masing masa lalu kelam mereka, dan mengatasi trauma mereka bersama.


#9 - The World of the Married

Ini dia salah satu drama korea yang sempat viral di Indonesia, yaitu The World of the Married. Drama korea tentang pelakor dan keluarga.

Drama korea ini mengikuti kisah dokte Ji Sun-Woo (Kim Hee-Ae) dan suaminya Lee Tae-Oh (Park Hae-Joon). 

Dia tampaknya memiliki kehidupan yang sempurna, dengan karier yang sukses dan keluarga yang bahagia ... sampai dia mengetahui bahwa suaminya (dan orang lain yang dia percayai) mengkhianatinya. 

Baca juga: 25 Rekomendasi Film Thailand Komedi Komedi Romantis

Pasangan itu mendapati diri mereka terlibat dalam urusan berbahaya yang dapat mengorbankan nyawa mereka. 

Jika kamu menyukai drama korea tentang keluarga yang seru dan menarik, maka The World of the Married adalah salah satu pilihan terbaik untuk ditonton.


#10 – Hospital Playlist

Hospital Playlist adalah drama korea genre medical terbaru 2020 yang bercerita tentang lima dokter yang semuanya pergi ke sekolah kedokteran bersama pada tahun 1999, dan berbagi kecintaan pada musik. 

Pertunjukan ini mengikuti teman-teman saat mereka melalui tantangan fisik dan emosional saat bekerja di rumah sakit, berurusan dengan pasien, dan menjalani kehidupan mereka sendiri di luar pekerjaan.


#11 – Memorist

Tidak kalah keren dari drakor diatas, ada drama korea bertema kriminal dan detektif yang menarik untuk diikuti kisahnya, Memorist.

Cerita drama ini berfokus pada Dong Baek (Yoo Seung-ho), seorang detektif dengan kemampuan unik untuk melihat semua ingatan seseorang setelah menyentuhnya.

Keterampilan ini pasti sangat berguna ketika dia membantu kriminal Han Sun-mi (Lee Se-young) memburu seorang pembunuh berantai. 

Tapi saat mereka mengejar si pembunuh, mereka berdua berputar-putar sambil memikirkan masa lalu mereka yang bermasalah, dan mencari tahu jawaban untuk rangkaian pembunuhan menjadi lebih rumit dari yang mereka kira.


#12 – Hai Bye, Mama!

Drakor terbaru dan terbaik 2020 selanjutnya adalah Hai Bye, Mama!. Mengisahkan seputar Cha Yu-ri (Kim Tae-hee) yang meninggal dalam kecelakaan tragis lima tahun lalu, dan sekarang mengembara di bumi sebagai hantu yang menjaga keluarganya. 

Suatu hari, para dewa memutuskan untuk menghidupkannya kembali. Sekarang, dia memiliki tepat 49 hari untuk merebut kembali tempatnya di keluarganya, atau dia akan dipaksa untuk pindah dari bumi dan menuju akhirat.

Dari sinopsisnya saja, sudah ketahuan bahwa drakor ini bakal memiliki cerita yang sedih dan pastinya bakal bikin nangis setiap penontonnya.


#13 – Dr Romantic 2

Tiga tahun setelah seri aslinya, Kim Sa-bu (Han Suk-kyu) —juga dikenal sebagai Dr. Romantic — merekrut ahli bedah baru untuk bergabung dengan timnya di Rumah Sakit Doldam. 

Dia mempekerjakan orang buangan sosial Seo Woo-jin (Ahn Hyo-seop), dan rekan kelas 2 yang percaya diri Cha Eun Jae (Lee Sung Kyung). 

Bersama-sama, mereka menangani korupsi di rumah sakit, mencoba untuk berpegang pada prinsip mereka, dan mungkin atau mungkin tidak menemukan romantisme di sepanjang jalan.

Meski merupakan sekuel, namun kamu tidak harus menonton Dr Romantic terlebih dahulu untuk bisa mengikuti serial ini. Ya, walaupun akan lebih baik apabila kamu menonton keduanya.


#14 - To All the Guys Who Loved Me

To All the Guys Who Loved Me adalah drakor terbaik lainnya yang rilis pada tahun 2020. Ceritanya berputar di sekitar Seo Hyun-Joo (Hwang Jung-Eum), pemimpin tim perencanaan webcomic, dan dia sangat fokus pada karirnya, tanpa rencana untuk menemukan pasangan dalam waktu dekat. 

Tetapi saat dia menyatakan ingin tetap melajang, dua pria mengakui perasaan mereka padanya. Ada CEO perusahaan farmasi Hwang Ji-Woo (Yoon Hyun-Min), dan penulis webcomic populer Park Do-Gyeom (Seo Ji-Hoon) —yang tumbuh seperti saudara, tetapi sekarang harus bersaing untuk mendapatkan kasih sayang mereka.


#15 – Mystic Pop-Up Bar

Han Kang-bae (Yook Sung-jae) bertemu dengan pojangmacha (tempat minum luar ruangan) misterius yang hanya buka pada malam hari. 

Ini dijalankan oleh seorang wanita bernama Wol-joo (Hwang Jung-eum), dengan bantuan mantan penyelidik supernatural Kepala Gwi (Choi Won-young). Wol-joo memutuskan untuk mempekerjakan Kang-bae sebagai karyawan paruh waktu. 

Apa yang tidak segera dia sadari adalah bahwa Ssanggab Cart Bar sebenarnya adalah tempat berkumpulnya orang mati dan hidup, dan mereka sebenarnya mengunjungi pelanggan dalam mimpi mereka untuk membantu menyelesaikan masalah mereka.


#16 – Extracurricular

Rekomendasi drama korea 2020 terbaik rating tertinggi selanjutnya adalah Extracurricular. Cerita berfokus pada Oh Ji-soo (Kim Dong-hee), seorang siswa pendiam yang satu-satunya tujuan adalah untuk bisa kuliah. 

Karena ayahnya seorang penjudi dan ibunya meninggalkannya, dia memenuhi kebutuhan dirinya sendiri. 

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea Kisah Cinta di Sekolah Terbaik

Dia menjalankan bisnis sampingan ilegal — aplikasi yang dapat digunakan oleh pekerja seks untuk mengatur tanggal kompensasi. 

Dia hampir mendapatkan penghasilan yang cukup untuk biaya kuliahnya, tetapi keadaan berubah ketika teman sekelasnya Bae Gyuri (Park Joo-hyun) mengetahui tentang rahasianya.


#17 – Hyena

Yoon Hee-jae (Ju Ji-hoon) adalah seorang pengacara yang benar-benar percaya diri, tetapi dia bertemu dengan tandingannya di Jung Geum-ja (Kim Hye-Soo). 

Geum-ja masih berjuang dengan karirnya, dan sangat membutuhkan kemenangan. Dia bersedia melakukan apa saja, termasuk menghancurkan beberapa hati dan menyebabkan kerusakan pribadi pada lawannya. Tapi Hee-jae tidak akan menyerah tanpa perlawanan.


#18 - My Unfamiliar Family

Lee Jin-sook (Won Mi-kyung) dan Kim Sang-sik (Jung Jin-young) adalah orang tua dari tiga anak - putri Kim Eun-joo (Choo Ja-hyun) dan Kim Eun-hee (Han Ye-ri), dan putra Kim Ji-woo (Shin Jae-ha).

Sekarang anak-anak mereka sudah dewasa, kekurangan dalam keluarga mereka mulai terlihat, terutama saat Jin-sook memutuskan dia ingin meninggalkan pernikahannya dan memulai lagi.

My Unfamiliar Family adalah drama tahun 2020 lainnya yang cukup bagus dan mendapat rating tinggi. 


#19 – A Piece of Your Mind

Satu lagi rekomendasi drakor terbaik 2020 dalam daftar ini, yaitu A Piece of Your Mind.

Drama ini berkisah mengenai Moon Ha Won (Jung Hae In), seorang programmer AI dan pendiri yang bekerja untuk menciptakan perangkat yang memperpanjang hidup seseorang dengan menyimpan ingatan, emosi, dan kepribadian mereka melalui rekaman suara. 

Dia mencoba menciptakan kemiripan dengan mantan Kim Ji-soo (Park Joo-hyun) dengan bantuan insinyur musik Han Seo-woo (Chae Soo-bin). Tapi alih-alih mengejar apa yang dulu dengan mantannya, dia malah jatuh cinta dengan Seo-woo.

Bagaimana kelanjutan kisahnya? Dapat kamu saksikan sendiri dalam drama korea terbaru 2020 yang bagus ini.


Nah, itu dia 19 judul drama korea terbaru tahun 2020 yang bagus dan mendapat rating tinggi untuk kalian tonton. Dari sekian banyak judul drakor terbaik di atas, manakah yang menjadi favoritmu? Klik Next untuk membaca daftar drakor terbaru yang bakal tayang tahun 2021.

Next > Daftar Drama Korea Terbaru 2021

Related Posts