-->

Jenis-Jenis Statistika

Ada beberapa Jenis Statistika 

Statistika Deskriptif adalah metode statistika yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan menjadi sebuah informasi.

Statistika Induktif adalah metode yang digunakan untuk mengetahui tentang sebuah populasi berdasarkan suatu sampel atau contoh dengan menganalisis dan menginterprestasikan data menjadi sebuah kesimpulan.

Pengertian Populasi dan Sampel. Populasi adalah sebuah kumpulan dari semua kemungkinan orang-orang, benda-benda dan ukuran lain dari obyek yang menjadi perhatian. Sampel adalah suatu bagian dari populasi tertentu yang menjadi perhatian.



Jenis-jenis Variabel


a. Variabel kualitiatif adalah data yang diperoleh dari sampel atau populasi berupa data kualitatif, data bukan berupa angka.
b. Variabel kuantitatif adalah data yang diperoleh dari sampel atau populasi berupa data kuantitatif, data berupa angka.
c. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari obyek penelitian.
d. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber lain yang sudah dipublikasikan.


Pengukuran



Proses pengukuran dimulai dengan konseptualisasi (conceptualization) dan operasionalisasi (operationalization) dari setiap konsepdan variabel yang tercakup dalam hipotesis penelitian. Konseptualisasi adalah proses pemilihan konsep dan pemberian batasan (definisi) secara teoritis terhadap suatu konsep. Sedangkan operasionalisasi adalah suatu proses penyusunan definisi operasional dari konsep yang dimaksud. Jadi, definisi operasional merupakan batasan (definisi) atas makna suatu konsep dalam bentuk cara, prosedur, ataupun instrumen pengukuran tertentu.


Jenis-Jenis Statistika

Prinsip Pengukuran

Ada dua prisip dalam pengkuran. Prinsip eksklusif dan prinsip ekshautif. Prinsip eksklusif berarti bahwa suatu kasus tidak dapat memiliki nilai (kategori) lebih dari satu untuk suatu variabel yang sama. Sedangkan prinsip ekshautif berarti bahwa nilai (kategori) yang tersedia untuk suatu variabel harus dapat mencakup nilai (kategori) dari setiap kasus.


Tanya Jawab

1. Jelaskan manfaat statistik dalam penelitian sosial!

Statistika adalah suatu ilmu yang menggunakan metode dalam menyajikan, menganalisis, menginterpretasikan, menata maupun mengumpulkan data angka, sehingga tidak dapat terjebak dalam menggunakan data karena mendapatkan informasi yang berguna bagi seseorang dalam mengambil suatu tujuan dengan lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu dalam penelitian social maka statistik mengambil bagian penting dengan beberapa manfaatnya diantara lain yaitu :  membantu menghasilkan data supaya mudah dimengerti bagi penerima data dari semua kalangan, memberikan kemudahan bagi peneliti dalam mengambil kesimpulan secara terperinci, dan membantu peneliti mendapatkan informasi atau data yang dibutuhkan.

2. Jelaskan perbedaan antara statistika deskriptif dan statistika inferensia!

  1. Statistika deskriptif, yaitu pembahasan mengenai cara dalam menyerdehanakan  angka pengamatan yang di dapatkan, pengumpulan data serta melakukan ukuran pemusatan dan penyebaran untuk mendapatkan suatu informasi yang berguna, mudah dipahami dan menarik.  
  2. Statistika inferensia, yaitu pembahasan mengenai cara menganalisa data serta mendapatkan kesimpulan yang berkaitan dengan pengujian hipotesis dan estimasi parameter serta analisis sebagian data sampai ke penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan data atau peramalan.

3. Jelaskan  yang dimaksud dengan pengukuran?

Pengukuran ialah suatu pedoman dalam proses sistematis untuk membedakan dan menilai suatu objek yang diukur dalam menganalisa dan mengolah data yang didapatkan sehingga menjadikannya sebagi pedoman dalam setiap metode ilmiah. Contoh : analisa data dari hewan dimana bisa diklasifikasikan berdasarkan jenis kelamin, asal habitat, makanan, cara bereproduksi, umur dan lain – lain.

4. Tentukan skala pengukuran untuk variabel kualitatif dan kuantitatif!

  1. Variable Kuantitatif yaitu variable yang variasi nilainya disajikan dalam bentuk angka. Contoh : Tinggi badan seseorang dengan variasi nilai 105 cm, 115 cm, 135 cm dan seterusnya.
  2. Variable Kualitatif yaitu variable yang variasi nilainya tidak disajikan dalam bentuk angka. Contoh : Asal kewarganegaraan seseorang yang variasi nilainya berupa : Indonesia, Inggris, Korea Selatan, Australia.

Sumber Referensi :

 


0 Response to "Jenis-Jenis Statistika"

Posting Komentar