-->

Komunikasi Bisnis: Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis

Apa itu Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis?

Sesungguhnya, sepintas kita sudah menguraikan ruang lingkup komunikasi bisnis saat mempelajari “peta” komunikasi organisasi. 

Namun, kita sekarang akan lebih dalam mempelajari ruang lingkup komunikasi bisnis setelah kita memahami konsep dasar komunikasi dan pengertian komunikasi bisnis. 

Pada dasarnya, ruang lingkup komunikasi bisnis di sini, menunjuk pada lingkungan-lingkungan organisasi bisnis. 

Apa itu Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis?
Mengenal Ruang lingkup, Fungsi dan Tujuan Komunikasi Bisnis

Dalam lingkungan tersebut ada sejumlah pihak yang berkepentingan (stakeholder) yang mempengaruhi organisasi secara keseluruhan. Seperti dalam “peta” komunikasi organisasi tadi, komunikasi itu dilakukan pada lingkungan internal organisasi dan lingkungan eksternal organisasi.

Pada lingkungan internal, organisasi tentunya memiliki stakeholder internal seperti para manajer dan karyawan. Pada lingkungan eksternal, organisasi memiliki stakeholder eksternal seperti para pelanggannya atau organisasi/perusahaan lain seperti perusahaan distributor dan pemasok. 

Inilah lingkungan eksternal yang masih berada dalam lingkungan tugas (task) organisasi. Namun ada juga lingkungan paling luar yang mempengaruhi organisasi seperti perkembangan teknologi, perubahan politik, dan kondisi sosial ekonomi.

Baca juga: Pengertian Komunikasi Bisnis: Definisi, Jenis dan Manfaatnya

Ringkasnya, ruang lingkup di sini menunjukkan lingkungan yang menjadi sasaran komunikasi yang dilakukan atau menjadi komunikan dari komunikasi bisnis yang dilakukan organisasi. Kita perhatikan gambar berikut yang menunjukkan lingkungan komunikasi bisnis satu organisasi:

Komunikasi Bisnis: Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis

Sekarang, pembahasannya kita mulai dari bagian tengah Gambar 1.7. Pertama, lingkungan internal organisasi atau biasa disebut juga stakeholder internal yang digambarkan dengan kotak yang berada di tengah gambar. 

Kegiatan bisnis mesti mencapai keseimbangan dalam dirinya sendiri dengan cara membangun komunikasi dan relasi yang harmonis antara pemilik, manajemen dan karyawan. Kedua, lingkungan eksternal organisasi atau biasa dinamakan stakeholder eksternal. 

Pada lingkungan ini ada dua bagian, yakni lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung pada kegiatan organisasi dan kedua lingkungan yang secara langsung atau tidak mempengaruhi kegiatan organisasi bisnis. 

Lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung itu dinamakan demikian karena lingkungan tersebut berada dalam lingkungan tugas organisasi, sehingga perubahan pada lingkungan itu akan berpengaruh langsung pada organisasi. 

Sedangkan lingkungan eksternal yang satunya lagi, pengaruhnya boleh dikatakan tidak langsung pada organisasi meski sangat mungkin akan dirasakan juga oleh organisasi.

Setelah satu organisasi membangun komunikasi dan relasi yang harmonis dengan lingkungan internalnya, barulah membangun keseimbangan dengan lingkungan terdekatnya yakni pelanggan, pemasok, distributor, kompetitor dan pemerintah/lembaga regulator guna mendapatkan dan memelihara tingkat pencapaian laba. 

Selain itu, faktor-faktor sosial, politik, ekonomi dan teknologi harus diperhitungkan untuk menghindari kegagalan dalam mencapai tujuan organisasi/lembaga.

Baca juga: Apa saja yang menjadi ruang lingkup strategi komunikasi bisnis?

Penting dikemukakan di sini, meski regulator pada umumnya disamakan dengan pemerintah, namun dalam praktik mutakhir regulator tidak selalu pemerintah, melainkan merupakan lembaga tersendiri yang di dalamnya duduk pihak-pihak yang berkepentingan yang mewakili dunia usaha, pemerintah dan masyarakat. 

Dalam bisnis telekomunikasi di Indonesia, misalnya, ada lembaga regulator tersendiri. Begitu juga halnya dengan industri perminyakan kita, ada regulator sendiri yang mengatur kegiatan bisnis pertambangan. Regulator independen tersebut pada umumnya berbentuk komisi seperti Komisi Penyiaran Indonesia yang menjadi regulator industri penyiaran di Indonesia.

Dengan demikian, ruang lingkup komunikasi bisnis satu organisasi adalah komunikasi dengan lingkungan internalnya dan komunikasi dengan lingkungan eksternalnya. 

Komunikasi dengan lingkungan internal, bentuk dan kegiatannya sudah kita bahas contoh-contohnya saat membahas pengertian komunikasi bisnis.

Tag: Sebutkan apa saja ruang lingkup dari dari komunikasi bisnis? Apa saja yang menjadi ruang lingkup strategi komunikasi? Apa saja contoh komunikasi bisnis? Mengenal Ruang lingkup, Fungsi dan Tujuan Komunikasi Bisnis

Demikian sedikit pembahasan mengenai ruang lingkup komunikasi bisnis. Klik artikel selanjutnya untuk mengetahui lebih banyak tentang komunikasi bisnis. Baca juga: Konteks, Model dan Komponen Komunikasi Bisnis


0 Response to "Komunikasi Bisnis: Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis"

Posting Komentar