-->

Apa yang dimaksud dengan organisasi sebagai suatu sistem?

Apa yang dimaksud dengan organisasi sebagai suatu sistem?

Organisasi sebagai suatu sistem terdiri dari komponen-komponen (subsistem) yang saling berkaitan atau saling tergantung (interdependence) satu sama lain dan dalam proses kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Subsubsistem yang saling tergantung itu adalah tujuan dan nilai-nilai (goals and values subsystem), teknikal (technical subsystem), manajerial (managerial subsystem), psikososial (psychosocial subsystem), dan subsistem struktur (structural subsystem). 

Apa yang dimaksud dengan organisasi sebagai suatu sistem?
Organisasi Sebagai Sistem

Mirrian Sofyan (2005:1.10) menyatakan teori moderen memandang organisasi sebagai suatu sistem yang berproses. Sistem adalah bagian-bagian dari organisasi yang berhubungan satu sama lain menjadi satu kesatuan secara keseluruhan. Bagian-bagian itu terdiri atas faktor luar dan faktor dalam organisasi.

Organisasi merupakan suatu sistem yang berproses secara terbuka, artinya sistem tersebut tidaklah statis. Sebagai sistem yang berproses maka organisasi memiliki peluang untuk melakukan perubahan atas masukan ataupun pengaruh dari lingkungan sekitarnya. 

Untuk itu organisasi seharusnya terbuka terhadap masukan-masukan yang ada. Dikatakan terbuka karena sebagai suatu sistem, organisasi mendapat masukan atau dipengaruhi sumber energi dari lingkungan sekitarnya, misalnya modal, material, informasi, sumber tenaga manusiawi (masukan/input). 

Masukan tadi diolah menjadi suatu hasil produksi melalui proses transformasi dan untuk selanjutnya diteruskan sebagai suatu keluaran (output) berupa barang atau jasa untuk digunakan oleh pengguna. Para pengguna itu nantinya akan memberikan umpan balik yang dapat berperan sebagai masukan dalam proses selanjutnya. Umpan balik tadi sesungguhnya berperan sebagai suatu mekanisme yang turut mengatur kehidupan suatu organisasi.

Baca juga: 6 Dimensi Lingkungan yang Mempengaruhi Keberlangsungan Organisasi

Organisasi dapat menjalankan aktivitas secara baik dikarenakan unsur-unsur pendukung bekerja secara terpadu. Mengutip dari Chester I. Benhard: “Organisasi adalah suatu sistem kerja sama yang terkoordinasi secara sadar dan dilakukan oleh dua orang atau lebih”.

Pendekatan sistem memandang organisasi sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan. Perubahan yang terjadi dalam satu unsur akan mempengaruhi dan bahkan menyebabkan perubahan pada unsur atau bagian yang lain. Saling berhubungan dan ketergantungan antara bagian-bagian yang terpisah di dalam organisasi akan menjadi lebih produktif dibandingkan jika bertindak sendiri-sendiri (Stoner, J.A.F. dan Freeman, R.E. 1992).

Organisasi adalah suatu proses pengelompokkan sumber daya manusia yang mempunyai tujuan yang sama beserta tugas dan tanggung jawab untuk merelisasikan tujuan yang telah ditetapkan dalam perencaan. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen yang dihubungkan bersama  untuk memudahkan suatu pekerjaan. 

Jadi organisasi sebagai sistem adalah sekelompok orang  yang berpotensi sumber daya manusia yang mempunyai tujuan yang sama dan menggunakan sistem beserta komponen-komponennya yang sama agar hasil sama dan pekerjaan itu ditangani dengan kerjasama dan sistem.

Tag:  Apa yang dimaksud dengan organisasi sebagai suatu sistem? Organisasi sebagai sistem adalah, pengertian sistem organisasi dan manajemen, macam-macam sistem dalam organisasi, 

Demikian pembahasan singkat tentang Apa yang dimaksud dengan organisasi sebagai suatu sistem? Semoga membantu anda.... Baca juga: Apropriasi Budaya dalam Seni Rupa Kontemporer


0 Response to "Apa yang dimaksud dengan organisasi sebagai suatu sistem?"

Posting Komentar