-->

6 Dimensi Lingkungan yang Mempengaruhi Keberlangsungan Organisasi – Materi Asas-Asas Manajemen

Apa saja dimensi Lingkungan yang Mempengaruhi Organisasi Menurut Daft?

Keberlangsungan organisasi sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Daft (2010:84) menyatakan bahwa organisasi dipengaruhi oleh dimensi-dimensi lingkungan umum. Secara tegas dinyatakan ada 6 dimensi yang turut mempengaruhinya. Jelaskan keenam dimensi tersebut dan berikan contoh konkrit dimensi yang mempengaruhi organisasi!


Jawab:

Lingkungan umum merupakan lapisan terluar yang tersebar luas dan terdiri dari beberapa faktor yang relatif tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan. Menurut Daft (2010:84), lingkungan umum terdiri dari enam dimensi yaitu :


6 Dimensi Lingkungan yang Mempengaruhi Keberlangsungan Organisasi

1. Dimensi Internasional (Internasional dimension)

6 Dimensi Lingkungan yang Mempengaruhi Keberlangsungan Organisasi

Dimensi internasional (international dimension) memiliki banyak hal yang dapat mempengaruhi organisasi, diantaranya seperti tren sosial, pengaruh ekonomi dan teknologi internasional. Perusahaan pun dihadapkan pada persaingan yang sudah mencapai ranah internasional dan berkelas global. Hal ini membuat para manager perusahaan lokal, diajak untuk meningkatkan kualitas dan belajar aturan baru agar tetap bisa bersaing, kompetitif dan tidak ada ketimpangan dengan pengaruh global.

Contoh dari pengaruh dimensi internasional adalah pada sektor industri telepon genggam. Dimana perusahaan AS harus bersaing ketat dengan perusahaan Samsung asal Korea.

Baca juga: Mengapa Perlu Mempelajari Organisasi dan Manajemen?


2. Dimensi Teknologi (Technological dimension)

Perkembangan ilmu dan teknologi dibidang industri tertentu maupun di masyarakat secara keseluruhan. Selama beberapa tahun terakhir, dimensi in telah menimbulkan perubahan besar bagi perusahaan-perusahaan di semua industri. Di Indonesia, perkembangan teknologi terutama teknologi informasi sangat pesat. Hal ini menguntungkan bagi banyak bisnis dan dalam berbagai aspek.

Contoh dari dimensi teknologi, saat ini kita tidak harus datang ke atm untuk melakukan transfer uang ke orang lain, karena sudah ada teknologi mobile banking yang sangat membantu transaksi secara online. Bahkan, saat ini sudah ada aplikasi dompet digital seperti DANA, Ovo dan ShopeePay yang memudahkan setiap transaksi keuangan.


3. Dimensi Sosial Budaya (Sosiocultural dimension)

Dimensi sosial budaya (sosiocultural dimension) meliputi beberapa aspek seperti karakteristik demografis, adat istiadat dan nilai yang dianut oleh populasi umum.

Karakteristik sosial budaya adalah sebaran dan kepadatan penduduk, usia, dan tingkat pendidikan. Karakteristik demografis suatu wilayah harus dipahami oleh para pebisnis karena akan berpengaruh pada kuantitas dan kualitas pendapatan, pekerjaan, dan pendidikan pasar yang akan digapai. Hal ini berdampak pada bagaimana perusahaan dapat membuat rencana, dan strategi pemasaran yang paling tepat.

Contoh : Ketika sebuah brand fashion ingin menjual produknya di Indonesia, tentu dia harus memperhatikan kondisi sosial budaya masyarakat di Indonesia. Brand tersebut harus melihat gaya hidup masyarakat serta pakaian yang biasa digunakan oleh masyarakat di daerah yang dituju.


4. Dimensi Ekonomi (economic dimension)

Daya beli konsumen, inflasi, nilai tukar mata uang rupiah terhadap mata uang asing, angka pengangguran, dan suku bunga adalah bagian dari lingkungan ekonomi suatu organisasi. Oleh karena organisasi-organisasi pada masa kini berjalan dalam lingkungan global, dimensi ekonomi telah menjadi makin rumit dan menciptakan ketidakpastian yang sangat besar bagi para manajer. Ekonomi diberbagai negara terikat lebih erat sekarang. Satu tren penting terkini dalam lingkungan ekonomi adalah frekuensi merger dan akuisisi.

Contohnya di Indonesia memiliki perusahaan raksasa seperti unilever dan terdapat bank-bank dari swasta maupun dari pemerintah.


Baca juga: Analisis Khalayak dalam Komunikasi Bisnis - Sebuah Teori


5. Dimensi Politik-Hukum (legal-political dimension)

Dimensi ini berkaitan dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan berpengaruh kepada perilaku suatu perusahaan. Kebijakan pemerintah yang dimaksud adalah kebijakan yang bersifat mendukung ataupun menghambat keberadaan suatu bisnis. Selain itu, kebijakan kondisi politik dan keamanan dapat berpengaruh dalam jalannya bisnis.

Contohnya, adalah Omnibus Law yang berdampak pada sebagian besar aspek kehidupan masyarakat.


6. Dimensi Alam (natural dimension)

Dimensi ini terdiri atas semua elemen yang secara alami muncul di bumi. Seperti tumbuhan, hewan, bebatuan, ndan sumber daya alam seperti udara, air, dan iklim.

Contoh dari dimensi alam adalah pemanasan global yg disebabkan oleh penggunaan bahan bakar minyak bumi yg semakin besar. Untuk itu perlu dimaksimalkannya penggunaan energi alternatif yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak pemanasan global .


Sumber Referensi:

Jaja Raharja, Sam'un. Asas-asas Manajemen. BMP ISIP4111/3SKS/MODUL1-9. Edisi 2


2 Responses to "6 Dimensi Lingkungan yang Mempengaruhi Keberlangsungan Organisasi – Materi Asas-Asas Manajemen"

  1. terimakasih atas infomasi yang diberikan sangat bermanfaat bagi saya pribadi,,

    BalasHapus
  2. thanks, artikelnya menambah wawasan

    BalasHapus