Bagaimanakah cara memilih strategi untuk mengatasi hambatan komunikasi inovasi ?

Sindu
By -
0

Bagaimanakah cara memilih strategi untuk mengatasi  hambatan komunikasi inovasi ? Berikan contohnya!


Jawab:

Bagaimanakah cara memilih strategi untuk mengatasi  hambatan komunikasi inovasi ? Berikan contohnya!


Apaitu Hambatan Komunikasi?


Hambatan komunikasi inovasi dan cara mengatasinya bersifat khas, tergantung pada jenis inovasi yang diperkenalkan dan penyebab hambatan komunikasi tersebut terjadi. Akan tetapi, ada pedoman umum strategi komunikasi inovasi yang dapat digunakan untuk mengatasi setiap hambatan komunikasi tersebut, yaitu sebagai berikut :

 

1.    Sumber pesan mencari kesempatan agar penerima pesan mengetahui tentang bagaimana proses komunikasi itu berlangsung.

2.    Tutur kata dan penyampaian isi pesan dari sumber pesan dilakukan dengan kalimat yang jelas dan bahasa yang sesuai dengan latar belakang penerima pesan.

3.    Sumber pesan jangan berbicara satu arah dan/atau melakukan gerak-gerik yang tidak ada hubungannya dengan isi pesan.

4.    Sumber dan penerima pesan saling bersikap jujur dan saling menjalin hubungan akrab (good rapport).

5.    Memiliki keinginan untuk saling menyimak, tidak saja terhadap pesan yang tersurat tetapi juga yang tersirat.

6.    Berusaha memperoleh persepsi yang tepat dari orang atau terhadap orang lain.

7.    Menghargai minat penerima pesan dengan tulus, bersikap hangat, ringan tangan, dan penuh perhatian.

8.    Sumber pesan dan penerima pesan sebagaimana halnya dengan apa yang mereka ucapkan untuk mengetahui pemahaman mereka tentang suatu persoalan.

9.    Menjadi diri sendiri, tidak berpura-pura untuk sekedar diterima lawan bicara.

10. Mengamati reaksi penerima pesan sebagaimana halnya dengan apa yang merekaucapkan untuk mengetahui pemahaman mereka tentang pesan inovasi yang sudah disampaikan.

11. Membina hubungan baik agar kesalahpahaman dapat dicegah dan diperbaiki dengan mudah jika terjadi.

12. Menghinbdari perilaku yang dapat menyebabkan sumber atau penerima pesan merasa paling benar tentang pendiriannya.

Cara memilih strategi untuk mengatasi hambatan komunikasi inovasi:

 

1)    Mengidentifikasi alternatif pilihan strategi

2)    Memetakan kondisi yang perlu menjadi prioritas dan penunjang efektivitas komunikasi inovasi

3)    Memetakan manfaat dan para penerima manfaat pembaruan (maksud komunikasi komunikasi)

4)    Menetapkan tujuan pembaruan sebagai konsekuensi penerapan filosofi dan prinsip aktivitas komunikasi inovasi

5)    Upaya meningkatkan dampak positif ganda (multiplier effect) atas pembaruan yang dimaksudkan.

 

Pada cara memilih strategi untuk mengatasi hambatan komunikasi dibutuhkan 5 tahap diatas. Tahap pertama ialah mengidentifikasi alternatif pilihan strategi. Pada tahap ini, komunikator mengidentifikasi alternatif pilihan strategi manakah yang cocok dengan situasi hambatan komunikasi inovasi yang terjadi. Pada tahap kedua, adanya proses penggambaran kondisi dari situasi yang perlu menjadi prioritas dan penunjang ke-efektivitasan komunikasi inovasi. Selanjutnya, komunikator perlu menggambarkan apa saja manfaat yang di dapat dari pembaruan tersebut, termasuk para penerima manfaat lainnya. Setelah itu, komunikator harus menetapkan tujuan dari pembaruan sebagai konsekuensi dari penerapan filososi dan prinsip aktivitas komunikasi inovasi. Pada tahap terakhir, adanya upaya untuk meningkatkan dampat positif ganda dari pembaruan tersebut.


Contoh kasus hambatan komunikasi: masih banyak warga yang tinggal di bukit dan jauh dari jalan utama yang banyak anak-anak perempuannya tidak bersekolah. Dengan itu, Sekolah Dasar tidak jauh dari rumah saya menawarkan bantuan beasiswa berupa pendaftaran sekolah gratis, baju dan peralatan sekolah, dan sejumlah uang tunai untuk biaya transportasi. 

Sayangnya, orangtua anak-anak tersebut menolak dengan dalih “Perempuan hanya akan berakhir di dapur, tidak usah sekolah tinggi-tinggi.”. Hal ini bertolak belakang dengan tujuan Sekolah Dasar tersebut yang dapat mengupayakan agar anak tersebut mendapatkan edukasi sebagai hak dasar seorang manusia. Pada hambatan ini, pihak Sekolah Dasar mengatasi hambatan tersebut dengan cara berbicara secara personal dan pelan-pelan menjelaskan dan mendekati orangtua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya.


Sumber referensi:

Sumardjo, dkk. (2019). Komunikasi Inovasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Tag: Strategi Menyiasati Hambatan Komunikasi, hambatan komunikasi dan contohnya 7 hambatan komunikasi contoh hambatan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari hambatan komunikasi pdf hambatan komunikasi jurnal hambatan komunikasi semantik cara mengatasi hambatan komunikasi hambatan komunikasi menurut effendy

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!