Manfaat dan Peran Public Speaking dalam Kehidupan Sehari-hari

Sindu
By -
0

Apa Urgensi dan Peran Public Speaking dalam Kehidupan Sehari-hari? Apa sih Pentingnya Public Speaking?

Setiap kali kita mendengar istilah public speaking kita biasanya membayangkan situasi saat seseorang berbicara di depan podium, di hadapan orang dalam jumlah banyak. Kita juga akan menganggap bahwa orang tersebut adalah pemimpin dan kita tidak mungkin dapat berada pada situasi semacam itu. Tapi bayangkan beberapa situasi berikut ini.

Kekuatan dan Peran Public Speaking dalam Kehidupan Sehari-hari

KEKUATAN dan MANFAAT PUBLIC SPEAKING

Pak Agus adalah seorang pegawai negeri biasa. Menjelang 17 Agustus warga di lingkungan tempat tinggalnya ingin menyelenggarakan beberapa pertandingan olahraga. Warga lalu menyelenggarakan rapat kerja di mana setiap orang, termasuk Pak Agus, dapat menyampaikan pendapat tentang olahraga mana yang ia usulkan untuk ditandingkan.

Berhubung Pak Agus sangat menyukai catur, ia menyarankan supaya catur menjadi salah satu cabang pertandingan. Alasannya, papan catur telah dimiliki beberapa warga sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli alat pertandingan dan bahwa pertandingan penyisihan dapat dilakukan setiap malam dan dapat menjadi ajang kumpul warga untuk mempererat kekerabatan. Usul tersebut diterima oleh rapat dan catur dijadikan salah satu cabang pertandingan perayaan 17 Agustus di lingkungan tersebut.

Minggu pagi di bulan Mei menjadi hari yang penting bagi Putri. Hari itu keluarga Luki, pacarnya, akan datang untuk melamarnya. Demi kelancaran acara keluarga Putri telah meminta Paman Arif menjadi juru bicara keluarga. Paman Arif akan menyambut para tamu dan memperkenalkan anggota kedua keluarga.

Situasi di atas seperti yang dialami Pak Agus dan Paman Arif memperlihatkan bahwa berbicara di depan orang banyak, di depan publik, adalah situasi yang banyak terjadi di masyarakat. Kita tidak perlu menjadi pemimpin organisasi atau menjadi ketua kelompok tertentu untuk melakukan public speaking. 

Apa pun peran kita di masyarakat: seorang mekanik, arsitek, dokter, sekretaris, konsultan komunikasi, akuntan, politikus, dosen, staf, atau ibu rumah tangga; kita perlu memiliki keterampilan public speaking (PS). Keterampilan PS diperlukan untuk menyampaikan ide, mendiskusikan sesuatu, hingga melaporkan hasil kerja pada orang-orang lain. Keterampilan itu semakin penting saat kita menduduki posisi pemimpin seperti supervisor, manajer, direktur, agar dapat memimpin rapat secara efektif, memotivasi bawahan dalam bekerja, atau bahkan berpidato di depan semua karyawan dengan sukses.


Peran Public Speaking dalam Kehidupan Sehari-hari

Public speaking adalah kemampuan berbicara di depan banyak orang, menyampaikan pesan yang dapat dimengerti dan dipercaya oleh publik pendengarnya. Public Speaking dapat memiliki peran luar biasa dalam kehidupan kita, antara lain (Hamilton, 2003: 3):

1. Mengembangkan diri pribadi

Bila kita dapat melakukan PS kita tidak perlu ketakutan setiap kali menghadapi kemungkinan diminta berbicara di depan orang banyak, baik di dunia kerja ataupun di lingkungan keluarga. Kita juga dapat menyampaikan ide kita kepada orang lain secara lebih efektif hingga memberi kepuasan bahwa ide kita diterima atau diterapkan.

Saat ini banyak perusahaan yang meminta pelamar kerja untuk membuat proposal program kerja yang akan dilakukan lalu mempresentasikannya. Ide yang telah dituangkan dalam sebuah proposal akan terdengar menarik atau tidak tergantung dari bagaimana pembicara mempresentasikannya. Dapat dipastikan pelamar yang dapat mempresentasikan idenya dengan baik yang akan diterima bekerja.

Semakin banyak kita berlatih maka semakin baik kita mempresentasikan ide di depan orang lain. Kita pun akan semakin percaya diri karena ide kita lebih sering didengar dan diterima orang.


2. Mempengaruhi dunia sekitar kita

Perubahan yang terjadi di masyarakat sering kali berawal dari ide satu orang yang ditularkan kepada orang-orang lain. Bila kita memiliki keterampilan PS maka kita akan lebih mudah dapat mempengaruhi orang-orang lain supaya menerima dan melaksanakan ide kita, yang menghasilkan perubahan kelompok tersebut. 

Dalam skala kecil perubahan tersebut dapat berupa ide menggalang warga lingkungan untuk melakukan kegiatan kebersihan bersama. Dalam skala lebih besar, perubahan dapat terjadi pada komunitas yang lebih besar. 

Beberapa komunitas di Yogyakarta, warga menentukan adanya jam belajar bagi anak. Pada jam belajar tersebut keluarga dilarang menyalakan televisi dan anak diwajibkan untuk belajar. Keluarga yang melanggar akan ditegur tetangganya sendiri sebagai bentuk kontrol sosial. Perubahan tersebut berawal dari sebuah ide yang ditularkan kepada satu komunitas, lalu menginspirasi komunitas-komunitas lain yang menganggap ide ini baik untuk mereka.


3. Meningkatkan karier

Kemampuan mempengaruhi orang lain, termasuk atasan, dapat membuat kerja kita berlangsung lebih baik. Bahkan bila rekan kerja dan atasan melihat kita terampil berbicara di orang-orang lain, mereka akan melihat kita sebagai orang yang memiliki kredibilitas tinggi hingga kesempatan promosi lebih terbuka lebar.

Pernahkah Anda melihat kompetisi pemilihan duta merek (brand ambassador) tertentu? Di tengah persaingan yang makin ketat, banyak perusahaan yang memilih duta merek sebagai bentuk PR mereka. Sang duta akan menjadi juru bicara bagi merek tersebut, dan karakter sang duta harus konsisten dengan karakter merek tersebut. 

Baca juga: Definisi Public Speaking dan Elemen-Elemen dalam Komunikasi Publik

Misalnya merek sebuah produk sabun yang memosisikan produknya sebagai sabun kecantikan yang prestisius. Merek itu lalu memilih satu orang model sekaligus  bintang film yang menjadi duta merek sabun ini. Sang duta harus terlihat elegan dan eksklusif, serta sangat cantik, sesuai citra yang mereka sabun ini. 

Dalam pemilihan duta, sudah dapat dipastikan para peserta harus melakukan public speaking; mulai dari hal yang sangat sederhana seperti memperkenalkan diri, sampai pada tahap yang lebih jauh lagi misalnya harus mempresentasikan produk maupun perusahaan secara lengkap. Di sini sudah dapat dipastikan pemenangnya adalah orang yang memiliki keterampilan PS yang tinggi.

Baca juga: Cara Mengatasi Demam Panggung Saat Public Speaking

Keterampilan PS adalah keterampilan yang memiliki kekuatan untuk mengubah dunia kita dengan cara yang sederhana, tanpa kekerasan. Memiliki keterampilan PS juga akan membuat kita lebih unggul dibanding orang-orang lain. Contoh yang sering kita lihat di media, terutama di televisi, memperlihatkan PS dalam situasi politik. 

Misalnya saat kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden atau rapat parlemen. Namun sebenarnya PS dipakai di semua bidang kehidupan, tidak hanya di bidang politik. 

Misalnya di bidang kesehatan saat kita berperan sebagai seorang kader Posyandu yang menjelaskan cara memantau jentik nyamuk demam berdarah, atau di bidang lingkungan hidup saat kita berperan sebagai aktivis yang mengajak para mahasiswa menggunakan kertas bolak-balik untuk menghemat penggunaan kertas. 

Bayangkan bila kita dapat menyampaikan pesan dengan sangat baik hingga saran kita dilaksanakan, warga akan terhindar dari demam berdarah dan jumlah pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas dapat berkurang, maka kita telah mengubah dunia menjadi lebih baik.

Tag: Apa manfaat penting dari public speaking? Apa itu public speaking dan manfaatnya? Apa manfaat public speaking bagi mahasiswa? Apa manfaat yang bisa dipetik jika memiliki keterampilan berbicara yang baik di dalam kehidupan bermasyarakat?

Demikian pembahasan materi tentang Kekuatan dan Peran Public Speaking dalam Kehidupan Kita. Baca juga: Materi BMP Public Speaking SKOM4312 Edisi 2 – Modul 1 Bagian 1

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!