Perbedaan dan Persamaan Public Speaking dan Percakapan

Sindu
By -
0

Apa Perbedaan dan Persamaan Public Speaking dan Percakapan?

PERSAMAAN PUBLIC SPEAKING DAN PERCAKAPAN

Berapa banyak waktu yang kita gunakan untuk berbicara dengan orang lain dalam sehari? Sebagian besar orang menghabiskan 30% waktu di luar jam tidurnya untuk berbicara. Belajar berbicara adalah proses yang kita lalui. 

Perbedaan dan Persamaan Public Speaking dan Percakapan

Sewaktu kita kecil, kita sering berbicara pada orang tua kita untuk meminta sesuatu. Bila tidak berhasil, kita akan belajar dari kesalahan tersebut dan mencoba berbicara dengan cara lain pada lain kesempatan. Dalam proses itu. kita jadi belajar cara berbicara dengan orang tua kita supaya maksud kita tercapai. Kita juga belajar bercakap-cakap dengan orang lain dengan cara yang sama.

Hal serupa juga berlaku untuk public speaking. Semakin sering kita mencobanya, semakin ahli kita melakukannya. Dalam banyak hal public speaking memiliki persamaan dengan percakapan biasa (Lucas, 2007: 7-8). Beberapa persamaan itu adalah:

1. Penyampaian pesan PS maupun percakapan sama-sama disusun mengikuti logika, sistematis, dan tahap demi tahap agar pesan dapat dimengerti. Misalnya saat Ibu menjelaskan cara membuat masakan pada temannya, Ibu akan memulai dengan merinci bahan-bahan yang dibutuhkan, lalu cara menyiapkan bahan tersebut, cara memasaknya, bahkan cara menyajikannya. 

Saat seorang koki menjelaskan bagaimana membuat masakan di televisi, ia juga memulai dengan merinci bahan yang dibutuhkan sampai cara menyajikan masakan tersebut. Koki tersebut melakukan PS dengan cara yang sama dengan cara ibu menyusun pesan agar dapat diikuti oleh penontonnya.

2. Menyesuaikan isi dan cara penyampaian dengan rekan bicara atau publik kita. Cara seorang dokter menjelaskan penyakit pada pasiennya tentu berbeda dengan saat ia menjelaskan hal yang sama pada rekannya sesama dokter. Begitu juga saat kita melakukan PS, kita akan memakai cara yang berbeda saat berbicara dit depan remaja SMP dan saat di depan para guru SD.

Tag: apa yang membedakan public speaking dan public relation, perbedaan public speaking dan public speaker jelaskan persamaan dan perbedaan public speaking dengan percakapan

3. Pesan disampaikan dengan tujuan mendapat dampak positif dan maksimal. Misalnya saat kita menceritakan lelucon pada teman, kita akan menyesuaikan intonasi, ekspresi, susunan kata, supaya lelucon itu dipahami dan membuat teman kita tertawa. 

Saat kita melakukan PS, kita juga ingin agar publik memberikan tanggapan positif dengan menyetujui apa yang kita sampaikan atau bahkan melakukan apa yang kita sarankan. 4. Dalam percakapan ataupun dalam PS, pembicara harus dapat menyesuaikan apa yang disampaikan sesuai reaksi dari lawan bicaranya atau publik. Pembicara harus dapat mendengarkan masukan yang diberikan, dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Peka terhadap tata bahasa, ucapan, ekspresi wajah, dan reaksi fisik lawan bicara ataupun publik menyebabkan komunikasi menjadi efektif.

Baca juga: Kosmologi dan Nalar Berpikir dalam Berbudaya

Biasanya kita melakukan keempat hal di atas dalam percakapan sehari- hari tanpa berpikir lagi, melakukan dengan terampil dan mengalir begitu saja. Kita sudah terbiasa melakukannya sejak awal kita belajar berbicara. 

Terampil dalam menyampaikan pesan melalui percakapan sehari-hari memang tidak menjamin bahwa orang tersebut dapat melakukan penyampaian pesan sama baiknya kepada publik, tetap modal untuk melakukan PS telah ada. Yang perlu dilakukan adalah belajar mengasah modal tersebut hingga kita dapat terampil berkomunikasi dalam percakapan dan PS. Dengan demikian, kita akan mampu berkomunikasi efektif dalam rapat, diskusi di ruang kerja atau ruang kelas, presentasi bisnis, atau bahkan wawancara dengan jurnalis.


C. PERBEDAAN PUBLIC SPEAKING DAN PERCAKAPAN

Walau memiliki beberapa kemiripan, public speaking tidak sama dengan percakapan sehari-hari. Bayangkan bila kita menceritakan suatu pengalaman kepada seorang teman. Lalu bayangkan bila kita menceritakan pengalaman yang sama kepada sekelompok orang, sekitar 5 sampai 7 orang. Sekarang bayangkan bila kita bercerita tentang pengalaman tersebut di hadapan lebih banyak orang. mulai dari 30 hingga 100 orang. Apakah cara kita berbicara akan berbeda? Apakah reaksi kita akan berbeda?

Terdapat tiga perbedaan utama antara public speaking dengan percakapan biasa (Lucas, 2007: 9).

Ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut. 1. Pesan yang disampaikan melalui public speaking lebih terstruktur. Waktu yang tersedia untuk PS biasanya terbatas dan pembicara tidak bisa diinterupsi bila ada hal yang disampaikan yang tidak dipahami oleh publik. 

Karena itu, pembicara perlu mempersiapkan segala sesuatunya agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh publik sesuai tujuan pembicara. Pembicara juga perlu mengantisipasi pertanyaan yang mungkin muncul dari publik serta cara menjawabnya. Itu sebabnya PS memerlukan lebih banyak perencanaan dan persiapan yang lebih rinci dibanding percakapan biasa.

2. Public speaking menggunakan tata bahasa yang lebih formal dibandingkan percakapan. Slang, bahasa gaul, jargon tidak biasa, atau tata bahasa yang buruk tidak mendapat tempat dalam PS. Setiap kalimat perlu diucapkan dengan benar, tidak menyinggung publik yang hadir, dan dapat dipahami oleh publik yang hadir. 

Apalagi, pesan yang disampaikan dalam PS tidak bisa diralat dengan begitu saja hingga kita perlu berhati-hati dalam menyampaikan pesan. Kita harus membuat publik merasa dihargai. Cara bicara dan tata bahasa pembicara mencerminkan profesionalisme dan kredibilitas pembicara.

3. Public speaking memerlukan metode penyampaian yang berbeda dari percakapan. Pada waktu kita bercakap-cakap kita dapat berbicara dengan cepat. Kita juga dapat menggunakan tanya-jawab secara langsung. seperti "betulkan?" atau "kamu tahu tidak?", dan mengharapkan jawaban pada saat itu juga. 

Bahasa tubuh kita juga santai. Dalam public speaking kita perlu menyesuaikan volume dan intonasi suara agar dapat didengar jelas oleh seluruh publik. Kita harus menggunakan postur tubuh dan bahasa tubuh yang sopan serta menghindari kebiasaan buruk yang tidak enak dilihat oleh publik seperti menggaruk-garuk wajah atau mengetuk- ketukan jari ke meja.

Karena perbedaan-perbedaan di atas, kita perlu belajar cara PS dan terus berlatih untuk dapat menjadi pembicara PS yang efektif. Keterampilan PS adalah keterampilan yang dapat dikembangkan dengan belajar dan berlatih.

Tag:Apa perbedaan publik speaking dengan percakapan? Apa yang menjadi persamaan antara public speaking dengan percakapan? Apa perbedaan public speaking dan public speaker? Jelaskan apa yang dimaksud dengan public speaking?

Demikian pembahasan materi tentang Perbedaan dan Persamaan Public Speaking dan Percakapan.  Baca juga: Materi BMP Public Speaking SKOM4312 Edisi 2 – Modul 1 Bagian 1

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!