-->

Mengenal The Punisher (Frank Castle), Sang Vigilante dari Marvel Comics

Siapa itu The Punisher? Simak Asal-Usul dan Kekuatan The Punisher disini!

Nama julukan Frank Castle adalah The Punisher ketika dia melakukan tindakan vigilante. Frank Castle, seorang mantan anggota pasukan khusus angkatan darat, memulai perang solonya terhadap tindak kejahatan terorganisir setelah mendapati keluarganya dibunuh secara brutal oleh para mafia.


Awal Kemunculan

Siapa itu The Punisher? Simak Asal-Usul dan Kekuatan The Punisher disini!

Dalam komik Amazing Spider-Man #129 tahun 1974, Frank Castle muncul untuk pertama kalinya sebagai seorang detektif yang disewa oleh Jackal untuk membunuh Spider-Man atas tuduhan membunuh Norman Osborn. Perbedaan prinsip antara Punisher dan Jackal menjadi lebih jelas. Punisher akhirnya menyadari bahwa selama dia mempermainkan Jackal, dia telah ditipu hingga mengira Spider-Man adalah seorang pembunuh berdarah dingin yang pantas dihancurkan.

Sejak saat itu, pembaca secara bertahap belajar tentang asal-usul punisher dan fakta bahwa dia bukanlah seorang penjahat. Dia memutuskan untuk membantu Spider-Man setelah keadaan menjadi lebih buruk dan seorang pembunuh bayaran lain disewa untuk membunuh sang manusia laba-laba.

Karakter The Punisher diciptakan oleh Gerry Conway, seniman John Romita Sr., Ross Andru, dan Stan Lee. Stan Lee adalah orang yang mengusulkan nama "The Punisher". Pada awalnya, Conway berencana menjadikan Punisher sebagai seorang penjahat atau villain, tetapi seiring perkembangan cerita, dia akhirnya menjadi sosok anti-hero. Conway menyatakan bahwa karakter Mack Bolan, algojo Don Pendleton, adalah inspirasi dari karakter Punisher yang dia buat.


Asal-Usul The Punisher dalam Komik Marvel


Frank Castle, seorang prajurit angkatan darat yang berdedikasi dan menonjol dalam berbagai hal, tidak hanya seorang prajurit yang sangat dihormati selama perang Vietnam, tetapi juga seorang suami dan ayah yang sangat menyayangi keluarganya. 

Setelah mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan di tahun-tahun akhir perang, dia memutuskan untuk menjadi instruktur pasukan khusus di New York, tempat tinggal istrinya Marie dan kedua anaknya, Lisa dan Francis.

Asal-Usul The Punisher dalam Komik Marvel

Peristiwa yang terjadi pada suatu hari mengubah seluruh tujuan hidup Frank Castle. Setelah pindah ke New York, dia dan keluarganya tidak sengaja menjadi saksi pembunuhan oleh kelompok mafia saat mereka piknik di Central Park. Kelompok mafia ini tidak tinggal diam, menembak Frank, istrinya, dan kedua anaknya tepat di depan matanya.

Baca juga: 7 Fakta The Punisher, Anti-Hero Brutal dari Marvel Comics


Frank Castle bersumpah untuk mencari keadilan dengan caranya sendiri karena dia tidak bisa meneruskan hidup biasanya lagi, terutama setelah dia dikecewakan oleh sistem peradilan yang dia anggap tidak efisien dan korup. Ia hilang begitu saja saat dia diberi gelar kehormatan "Presidential Medal of Freedom". 

Setelah beberapa waktu, Frank kembali muncul sebagai "The Punisher", mengenakan baju kevlar dengan gambar tengkorak dan berbagai jenis senjata api.  Ia muncul lagi untuk menuntut keadilan atas kematian keluarganya. Dia juga akan mendedikasikan sisa hidupnya untuk memerangi semua kejahatan.


Kekuatan The Punisher

Kekuatan The Punisher

Punisher pasti memiliki banyak kemampuan dan keterampilan yang dapat membantu aktifitas vigilante-nya karena dia adalah mantan tentara dengan banyak pengalaman dan pelatihan militer. Ini adalah daftar kemampuan:

Ahli bela diri dengan tangan kosong atau senjata—Castle adalah ahli bela diri dengan tangan kosong atau senjata yang sangat berpengalaman dan sangat kuat secara fisik.

Ahli taktik dan strategi: Setiap misi yang ia lakukan selalu dipersiapkan dengan cermat dan teliti sehingga mempertimbangkan semua faktor, bahkan yang paling kecil.

Mampu beradaptasi dengan berbagai situasi—Frank Castle, yang dikenal sebagai The Punisher, memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai situasi dan pandai memanfaatkan situasi untuk kepentingannya sendiri.

Reaksi yang luar biasa—Punisher memiliki refleks yang luar biasa. Dia dikenal pernah menembak Spider-Man (yang sulit karena Spider-Man memiliki Sense of Spider), menghindari lemparan perisai Captain America, menembak Daredevil dengan obat bius, dan membidik Speedster.

Mahir menggunakan berbagai jenis senjata —Ia mahir menggunakan semua jenis senjata yang pernah digunakan orang, dan dia diketahui dapat mengoperasikan senjata canggih dari S.H.I.E.L.D. dan organisasi teknologi lainnya. Selain itu, Punisher memiliki kemampuan untuk menggunakan senjata khusus yang dibuat oleh para superhero dan villain. Dia pernah menggunakan Goblin Glider dan cambuk listrik Whiplash.

Seorang penembak jitu —Ia memiliki kemampuan untuk menembak sasaran dengan tepat saat kedua matanya terbuka dan mampu mengenai sasaran yang bergerak, seperti sasaran dalam kendaraan dan villain yang bergerak dengan kecepatan tinggi.

Hacker-Punisher adalah seorang programmer dan hacker mahir yang dapat membuat program yang sulit ditembus bahkan oleh pemerintah AS dan Microchip. Selain itu, ia juga seorang hacker yang hebat, telah berhasil meretas file kepolisian yang digunakan untuk kegiatan vigilante-nya.

Seorang pilot pesawat yang hebat—Punish diketahui memiliki kemampuan untuk menerbangkan berbagai jenis pesawat, baik komersil maupun militer, berkat latihan penerbangan yang ia terima selama menjadi anggota militer.

Ahli pengintaian dan bertahan hidup—Ia mahir mengawasi dan bertahan dalam lingkungan yang sulit.

Mampu memoifikasi senjata dan ahli peledak—Punisher sering terlihat mengubah senjatanya sendiri dan sangat mahir meledakkan.

Senjata The Punisher


Apakah Punisher anti hero? Siapa musuh The Punisher?

Punisher diketahui menggunakan berbagai macam peralatan dan senjata yang dia peroleh dari berbagai sumber selama berperan sebagai pembasmi kejahatan. Berikut ini adalah beberapa senjata dan perangkat yang pernah ia gunakan:

Punisher biasanya menggunakan senjata api, peledak, dan pisau biasa sebagai senjata vigilante.

Pada awal karir vigilante Punisher, Punisher sempat bekerja sama dengan David Lieberman, yang dikenal sebagai Microchip; dia menyediakan senjata kepada Punisher sebagai suplier. Microchip diketahui dapat menyediakan mobil, pesawat, dan bahkan kapal selam.

Senjata khusus milik Superhero dan Villain: Punisher dapat beradaptasi dengan berbagai jenis senjata, dan ia bahkan tidak sungkan memanfaatkan senjata yang dimiliki Superhero dan Villain.

Selain mendapatkan senjata siap pakai dari berbagai sumber, Punisher diketahui memiliki kemampuan untuk memodifikasi senjata yang ia peroleh agar sesuai dengan keinginannya dalam situasi tertentu.



Itulah penjelasan singkat mengenai asal-usul dan kekuatan The Puniser dari Marvel Comics. 

0 Response to "Mengenal The Punisher (Frank Castle), Sang Vigilante dari Marvel Comics"

Posting Komentar