-->

Membangun Keberlanjutan Bersama BRI: BRI sebagai Pionir Perbankan Berkelanjutan di Indonesia


Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menjadi pelopor dalam mengadopsi prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) di wilayah Indonesia. Sebagai lembaga keuangan yang berkomitmen pada keberlanjutan, BRI telah menetapkan standar tinggi dalam melibatkan diri dalam inisiatif-inisiatif yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menjadi tonggak utama dalam mewujudkan praktik keberlanjutan di sektor perbankan Indonesia. Dengan komitmennya terhadap Environmental, Social, and Governance (ESG), BRI berhasil meraih tiga penghargaan prestisius dalam ajang Bank Indonesia (BI) Award 2023, yang dihelat di Jakarta pada 29 November lalu.

Penghargaan yang diraih BRI meliputi kategori Bank Pendukung Pembiayaan Inklusif Terbaik, Bank Pendukung Keuangan Hijau Terbaik, dan Bank Konvensional Pendukung Pengendalian Moneter Valas Terbaik. Prestasi ini menjadi bukti nyata bahwa upaya BRI dalam menerapkan prinsip ESG secara komprehensif memberikan dampak positif, tidak hanya dalam aspek lingkungan, tetapi juga dalam pemberdayaan masyarakat dan manajemen keuangan yang bertanggung jawab.

Pencapaian ini tidak hanya mendapatkan pengakuan dari lembaga keuangan, tetapi juga disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, yang memberikan apresiasi dan mendorong seluruh sektor perbankan untuk terus memacu penyerapan kredit, khususnya bagi UMKM. Hal ini sejalan dengan visi BRI untuk tidak hanya menjadi bank yang sukses finansial, tetapi juga mitra strategis dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.


Langkah Nyata Bank BRI Sebagai ESG Initiative di Indonesia

Bank Rakyat Indonesia (BRI), salah satu bank terkemuka di Indonesia, telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG).
Bank Rakyat Indonesia (BRI), salah satu bank terkemuka di Indonesia, telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG). 

Salah satu langkah nyata yang diambil oleh BRI adalah melalui program green financing. Dengan mengalokasikan sumber daya finansialnya untuk proyek-proyek yang ramah lingkungan, BRI membuktikan bahwa dunia perbankan dapat menjadi kekuatan positif dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dukungan keuangan ini mencakup proyek-proyek energi terbarukan, efisiensi energi, dan inisiatif lain yang secara langsung berkontribusi pada perlindungan lingkungan.

Selain itu, BRI aktif terlibat dalam pemberdayaan masyarakat. Melalui berbagai program sosial dan ekonomi, bank ini berusaha meningkatkan taraf hidup masyarakat di berbagai lapisan, terutama yang berada di wilayah yang kurang berkembang. Pendekatan ini mencakup pemberian kredit mikro untuk usaha kecil, pelatihan keterampilan, dan dukungan terhadap sektor-sektor ekonomi lokal. Dengan demikian, BRI bukan hanya menjadi entitas finansial, tetapi juga agen perubahan sosial yang memberdayakan masyarakatnya.

Program "BRI Menanam" menjadi contoh nyata bagaimana bank ini memanfaatkan kekuatan ekonomi untuk menciptakan dampak positif pada lingkungan. Melalui inisiatif ini, BRI tidak hanya berfokus pada profitabilitas, tetapi juga pada pelestarian alam dan keberlanjutan ekosistem. Penanaman pohon, rehabilitasi hutan, dan upaya pelestarian lingkungan menjadi bagian integral dari visi BRI untuk membangun ekonomi yang ramah lingkungan.

Keberhasilan BRI sebagai pionir ESG di Indonesia bukan hanya menciptakan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat, tetapi juga memberikan contoh positif bagi lembaga keuangan lainnya. Bank ini membuktikan bahwa keberlanjutan dapat menjadi strategi bisnis yang cerdas, dengan memberikan return on investment yang berkelanjutan dan berdampak jangka panjang.

Penerbitan Obligasi Hijau BRI Tahun 2022 dan 2023
Penerbitan Obligasi Hijau BRI Tahun 2022 dan 2023 

Dalam menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim dan ketidaksetaraan sosial, peran BRI sebagai agen perubahan dalam sektor keuangan menjadi semakin penting. Dengan terus mengembangkan inisiatif ESG-nya, BRI bukan hanya menjadi bank yang sukses secara finansial, tetapi juga mitra strategis dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Langkah nyta lainnya juga tercermin dalam penciptaan Task Force on Climate-Related Financial Disclosures (TCFD) oleh BRI, menjadikannya sebagai bank pertama yang mengambil langkah konkret dalam menghadapi perubahan iklim. Keberlanjutan lingkungan telah menjadi pusat perhatian, dan BRI memperlihatkan keseriusannya dalam menghadapi tantangan global ini melalui inisiatif seperti TCFD.

Namun, komitmen ESG BRI tidak hanya terbatas pada aspek lingkungan. Program inklusi keuangan yang tinggi, terutama terkait dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), menjadi bukti konkret lainnya. BRI memahami bahwa inklusi keuangan bukan hanya tentang memberikan akses ke layanan keuangan, tetapi juga tentang memberdayakan masyarakat ekonomi bawah.

Pemberdayaan masyarakat tidak hanya berhenti pada ranah finansial. Program pemberdayaan yang dijalankan oleh BRI mencakup pelatihan keterampilan, bimbingan teknis, dan dukungan keuangan untuk membantu UMKM tumbuh dan berkembang. Dengan memberikan akses ke sumber daya ini, BRI merangsang pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal dan nasional, menciptakan dampak positif yang dapat dirasakan oleh banyak orang.

Tingginya persepsi positif pelaku pasar terhadap saham BBRI di bursa saham menjadi indikator nyata bahwa investor mengakui dan mendukung langkah-langkah positif yang diambil oleh BRI dalam implementasi ESG. Penguatan harga saham BBRI sebesar 56% dalam lima tahun terakhir dan pertumbuhan sebesar 13% sejak awal 2023 adalah cerminan kepercayaan pasar terhadap komitmen dan kinerja BRI dalam hal keberlanjutan.

Prestasi yang diraih BRI juga tercermin dalam berbagai penghargaan yang diterimanya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Penghargaan-penghargaan tersebut mencakup kategori-kategori bergengsi seperti "The Best Issuer for Sustainable Finance" dan "Best Sustainability Linked Loan" dalam ajang The Asset Triple A Country Awards 2022 For Sustainable Finance. BRI juga menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang meraih penghargaan Sustainable Finance Awards 2023 dari Global Finance.

Penerapan ESG Diakui Dunia, BRI Raih 2 Penghargaan Internasional The Asset Triple A
Penerapan ESG Diakui Dunia, BRI Raih 2 Penghargaan Internasional The Asset Triple A

Langkah-langkah nyata BRI sebagai ESG Initiative di Indonesia bukan hanya sekadar strategi bisnis, melainkan representasi dari tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan. BRI tidak hanya menjadi pelopor di level nasional, tetapi juga memberikan inspirasi bagi institusi keuangan lainnya untuk mengadopsi prinsip ESG dalam operasional mereka. Inilah momentum di mana keberlanjutan bukan hanya menjadi kata kunci, tetapi juga suatu realitas yang dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua pihak.


BRI Menanam: Inisiatif ESG BRI dalam Dimensi Lingkungan

BRI Menanam merupakan salah satu inisiatif ESG (Environmental, Social, and Governance) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menitikberatkan pada dimensi lingkungan. Melalui program ini, BRI berharap dapat memberikan kontribusi dalam pelestaria;n lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, yang merupakan aspek sosial dari komitmennya terhadap keberlanjutan.

BRI Menanam adalah upaya berkelanjutan BRI dalam merealisasikan prinsip ESG dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia di tahun 2030.
BRI Menanam adalah upaya berkelanjutan BRI dalam merealisasikan prinsip ESG dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia di tahun 2030.

BRI Menanam bertujuan untuk mendorong keterlibatan masyarakat bersama BRI dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Inisiatif ini tidak hanya melibatkan BRI sebagai lembaga keuangan, tetapi juga menciptakan ikatan yang erat antara bank, karyawan BRI, dan masyarakat sebagai suatu kesatuan yang berkontribusi dalam upaya keberlanjutan.

Salah satu fokus utama dari BRI Menanam adalah peningkatan keterlibatan karyawan BRI, khususnya para petugas kredit, dalam upaya pelestarian lingkungan. Dengan melibatkan karyawan dalam kegiatan penanaman pohon dan kegiatan lingkungan lainnya, BRI tidak hanya menciptakan kesadaran internal terhadap isu-isu lingkungan, tetapi juga memotivasi karyawan untuk menjadi agen perubahan di komunitas tempat mereka berada.

Lebih jauh lagi, BRI Menanam berupaya untuk mendorong pelanggan BRI untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan. Melalui kampanye penyadaran dan pendidikan, BRI ingin mengajak pelanggan untuk berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan planet ini. Dengan melibatkan pelanggan, BRI bukan hanya menjadi penyedia layanan keuangan, tetapi juga mitra dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat.

Dengan demikian, BRI Menanam bukan hanya sekadar program penanaman pohon, tetapi juga merupakan upaya serius BRI untuk membangun ekosistem yang berkelanjutan. Melalui inisiatif ini, BRI tidak hanya berkomitmen pada keberlanjutan lingkungan, tetapi juga berusaha membentuk masyarakat yang lebih tanggap terhadap isu-isu sosial dan ekonomi. BRI Menanam menjadi cermin dari peran aktif BRI dalam merangkul keberlanjutan sebagai pondasi utama untuk pertumbuhan yang berkelanjutan di Indonesia.


Bank Rakyat Indonesia (BRI): Meninggalkan Jejak Positif dalam Era Keberlanjutan


Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menjelma menjadi pionir dan panutan dalam penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di sektor keuangan Indonesia. Keberlanjutan yang menjadi landasan utama dalam strategi bisnis BRI memberikan dampak positif yang tak terbantahkan, terutama dalam pertumbuhan kinerja keuangan dan reputasi perusahaan.

Konsistensi BRI dalam meningkatkan implementasi ESG telah menciptakan prestasi luar biasa, terutama dalam pertumbuhan kinerja keuangan. Laba bersih konsolidasi BRI tumbuh sebesar Rp 44,21 triliun pada kuartal III-2023, mencapai pertumbuhan 12,47% dari tahun sebelumnya. Bahkan, BRI mencatatkan laba sebesar Rp 39 triliun hanya untuk bank, yang tumbuh sebesar 4,89% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Prestasi ini menjadi hasil nyata dari komitmen BRI dalam menerapkan ESG sebagai bagian integral dari strategi perusahaan. Langkah-langkah ini bukan hanya membuahkan laba yang mengesankan, tetapi juga memberikan manfaat bagi seluruh ekosistem ekonomi dan sosial.

Dalam lima tahun terakhir, harga saham BRI (BBRI) mengalami penguatan luar biasa, mencapai 56%. Bahkan, hingga tahun 2023, saham BBRI tercatat menguat hampir 13% ke level Rp 5.500 per saham. Kenaikan ini bukan sekadar hasil dari keberlanjutan perusahaan, tetapi juga mencerminkan persepsi positif pelaku pasar terhadap BRI yang konsisten dalam menerapkan prinsip ESG.

Pentingnya penerapan ESG di sektor keuangan semakin terlihat dengan dominasinya investor generasi muda, Gen Y dan Gen Z. Mereka memiliki preferensi kuat terhadap perusahaan yang menjalankan prinsip ESG dengan baik, dan BRI menjadi salah satu pilihan utama mereka.

BRI juga menjadi pelopor dalam mengeluarkan Task Force on Climate-Related Financial Disclosures (TCFD), menunjukkan komitmen serius terhadap isu lingkungan. Division Head ESG PT Bank Rakyat Indonesia, Yosephine Ajeng Sekar Putih, menekankan bahwa implementasi ESG bukan hanya sebagai kewajiban sosial tetapi juga sebagai bagian tak terpisahkan dari corporate strategy.

Penghargaan bergengsi seperti "The Best Issuer for Sustainable Finance" dan "Best Sustainability Linked Loan" dalam ajang The Asset Triple A Country Awards 2022 For Sustainable Finance, serta Leadership AAA di ESG Transparency and Disclosure Awards 2023, memberikan pengakuan dunia terhadap upaya BRI dalam menerapkan bisnis berkelanjutan berbasis ESG.

Dalam konteks ini, optimisme terhadap kinerja BRI masa depan terus meningkat. Analis Mandiri Sekuritas optimis dengan pertumbuhan kredit yang terus menguat, yang diharapkan akan menopang pertumbuhan laba bersih. Dukungan dari Tim Mandiri Sekuritas untuk mempertahankan rekomendasi beli saham BBRI dengan target harga Rp 6.700 semakin menegaskan keyakinan pada potensi pertumbuhan BRI yang berkelanjutan.

Keberhasilan BRI tidak hanya tercermin dalam kinerja keuangan yang mengesankan tetapi juga dalam penghargaan yang diterima baik di tingkat nasional maupun internasional. Ini membuktikan bahwa ESG bukan hanya sebuah inisiatif, tetapi sebuah komitmen yang diterjemahkan dalam tindakan nyata yang memberikan dampak positif, bukan hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi masyarakat dan lingkungan.

Prestasi yang diraih oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam ajang Bank Indonesia (BI) Award 2023 adalah sebuah tonggak penting yang menegaskan peran penting BRI dalam memimpin dalam bidang Environmental, Social, and Governance (ESG) di Indonesia. Dalam era yang semakin menyuarakan keberlanjutan, BRI telah menunjukkan bahwa keberlanjutan tidak hanya menjadi tanggung jawab, tetapi juga peluang bagi lembaga keuangan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan.

Penghargaan sebagai Bank Pendukung Pembiayaan Inklusif Terbaik menjadi cermin dari peran BRI dalam mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). BRI menjadi Pahlawan UMKM di Indonesia melalui penyaluran kredit yang masif, BRI tidak hanya mencapai target inklusi keuangan di Indonesia, tetapi juga memberdayakan sektor ekonomi yang sangat vital. Inisiatif ini sejalan dengan panggilan Presiden Joko Widodo untuk terus memacu penyerapan kredit, khususnya bagi UMKM, yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

Penghargaan sebagai Bank Pendukung Keuangan Hijau Terbaik menegaskan bahwa BRI tidak hanya melihat keberlanjutan sebagai kewajiban sosial, tetapi juga sebagai peluang bisnis. Dengan menjadi pemimpin pasar Sustainable Finance di Indonesia, BRI tidak hanya berkontribusi pada pelestarian lingkungan, tetapi juga menciptakan model bisnis yang berkelanjutan secara ekonomi. Pertumbuhan kredit berkelanjutan yang signifikan hingga akhir Kuartal III 2023 menunjukkan bahwa pendekatan ini bukan hanya retorika, tetapi suatu kenyataan yang dapat diukur dan berkelanjutan.

BRI juga mendapatkan pengakuan sebagai Bank Konvensional Pendukung Pengendalian Moneter Valas Terbaik, menegaskan bahwa lembaga ini tidak hanya berfokus pada keberlanjutan dalam aspek lingkungan dan sosial, tetapi juga memiliki tata kelola perusahaan yang baik. Ini mencerminkan komitmen BRI terhadap prinsip-prinsip tata kelola yang kuat dan transparan.

Penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi BRI tetapi juga menyiratkan sebuah pesan positif bagi seluruh sektor perbankan dan bisnis di Indonesia. 

BRI telah membuktikan bahwa keberlanjutan bukanlah hambatan, melainkan sebuah peluang untuk memimpin perubahan yang positif. Dengan memanfaatkan kekuatan keuangan untuk memberdayakan masyarakat, mendukung ekonomi berkelanjutan, dan melestarikan lingkungan, BRI telah menetapkan standar baru dalam kontribusi sektor keuangan terhadap pembangunan berkelanjutan di Tanah Air. Melalui contoh ini, BRI mengajak seluruh dunia usaha untuk mengadopsi praktik bisnis yang mendukung perubahan positif dan berkelanjutan di era yang semakin menuntut tanggung jawab sosial dan lingkungan.


Penutup

Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menetapkan standar tinggi dalam mewujudkan visi keberlanjutan di Indonesia. Dalam mengadopsi prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), BRI tidak hanya menjadi bank yang sukses finansial tetapi juga mitra strategis dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dari penghargaan yang diraih dalam BI Award 2023, BRI Menanam, hingga penerbitan Obligasi Hijau, setiap langkah nyata yang diambil BRI menciptakan makna mendalam bagi Indonesia.

Penghargaan atas peran BRI sebagai Bank Pendukung Pembiayaan Inklusif Terbaik, Bank Pendukung Keuangan Hijau Terbaik, dan Bank Konvensional Pendukung Pengendalian Moneter Valas Terbaik adalah bukti bahwa keberlanjutan bukan hanya menjadi kewajiban sosial bagi BRI tetapi juga fondasi utama dalam mengelola keuangan dan memberdayakan masyarakat. Penghargaan ini menciptakan dampak positif yang dapat dirasakan secara luas, memastikan bahwa inklusi keuangan dan pelestarian lingkungan bukanlah sekadar tujuan, melainkan bagian integral dari strategi BRI.

BRI Menanam adalah tonggak sejarah dalam dimensi lingkungan. Inisiatif ini bukan hanya tentang penanaman pohon, melainkan tentang mengajak seluruh masyarakat, karyawan, dan pelanggan BRI untuk bersatu demi menjaga keberlanjutan planet ini. Melalui BRI Menanam, BRI bukan hanya menjadi lembaga keuangan tetapi juga agen perubahan sosial dan lingkungan. Dengan menggalang keterlibatan semua pihak, BRI Menanam menciptakan ikatan yang erat antara keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Penerbitan Obligasi Hijau oleh BRI adalah bukti bahwa keberlanjutan dapat menjadi sumber pembiayaan yang kuat. BRI tidak hanya berfokus pada profitabilitas tetapi juga pada penciptaan model bisnis berkelanjutan. Dengan menggabungkan kekuatan finansial dengan keberlanjutan, BRI membuktikan bahwa perubahan menuju masa depan yang lebih baik dapat dicapai melalui langkah-langkah nyata dan terukur.

Seiring dengan penghargaan yang diraih dan kesuksesan finansial yang diperoleh, BRI telah meninggalkan jejak positif dalam era keberlanjutan. BRI bukan hanya bank yang mengutamakan laba tetapi juga mitra terpercaya dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Dengan memberdayakan UMKM, digitalisasi BRI, melestarikan lingkungan, dan mengambil langkah-langkah nyata untuk menciptakan perubahan positif, BRI telah menetapkan landasan yang kokoh untuk masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi bangsa Indonesia.

Selamat ulang tahun yang ke 128 BRI. BRI untuk Indonesia.


0 Response to "Membangun Keberlanjutan Bersama BRI: BRI sebagai Pionir Perbankan Berkelanjutan di Indonesia"

Posting Komentar