Selasa, 28 Maret 2017

5 Teori Film Justice League yang Muncul Setelah Trailer Pertamanya

SinduLin.web.id – Setelah sebelumnya saya mencoba membedah trailer film Justice League, kali ini saya akan membahas hal-hal penting dalam trailer tersebut yang bisa jadi kalian lewatkan atau tidak kalian sadari. Ya, trailer pertama ini mungkin hanya fokus menampilkan aksi kelima anggota awal Justice League. Namun di beberapa adegan ternyata ada petunjuk yang menurut saya cukup penting dan berkaitan dengan plot filmnya.
the flash memasuki speedforce
The Flash di Speedforce
Dalam artikel ini, saya akan mencoba menguraikan beberapa petunjuk tersebut. Namun, perlu digaris bawahi bahwa artikel ini hanya sekadar teori dan spekulasi, karena bisa jadi di filmnya nanti akan sama sekali berbeda.

Tidak perlu basa-basi lagi, berikut merupakan 5 teori film Justice League yang terlihat dari trailer pertamanya. Silahkan disimak!


Steppenwolf Menginvasi Atlantis

Di trailer pertama film Justice League, kita melihat Mera, sang Ratu Atlantis yang diperankan oleh Amber Heard sedang bersama dua pengawal dari Atlantis (?). Pertamakali melihat trailernya, saya tidak menyadari (mungkin karena auto-fokus sama Amber Heard lol) bahwa adegan ini bisa jadi mengungkapkan hal penting terkait alur film Justice League.

Apa itu? Sebelum lanjut pembahasan, kita nonton gif-nya dulu biar lebih mantap. :v


Nah, lupakan Mera dan lihat sebelah kirinya. Terlihat sebuah kotak di sana. Bicara soal kotak di film Justice League, jelas yang saya maksud adalah Mother Box.

mera

Benarkah itu Mother Box? Saya mengasumsikan seperti itu.

Kenapa Mother Box bisa ada di Atlantis? Jadi (menurut sinopsis) tujuan Steppenwolf datang ke Bumi adalah untuk mengambil kembali ketiga Mother Box yang ribuan tahun lalu tertinggal pasca Apokolips menyerang Bumi. Ketiga Mother Box tersebut disimpan oleh 3 unsur berbeda, yaitu Amazon, Atlantis dan manusia.

Menariknya, menurut kabar masing-masing Mother Box memiliki ciri tersendiri sesuai dengan budaya masing-masing unsur. Sehingga, penonton akan langsung tahu darimana Mother Box itu berasal ketika melihatnya. Apakah dari Amazon, Atlantis atau manusia.

Lalu, bagaimana saya tahu kalau Steppenwolf akan lebih dulu menginvasi Atlantis? Bisa kalian lihat melalui gambar di bawah ini.

Teori Film Justice League

Terlihat di gambar atas, Aquaman sedang menghindari sebuah kapak dalam pertempuran. Menariknya, kapak adalah senjata yang sering digunakan oleh Steppenwolf, jadi sepertinya aman untuk kita asumsikan bahwa saat itu Atlantis tengah diserang oleh Steppenwolf dan pasukannya.

Kapan kejadian tersebut? Melihat Aquaman yang belum memakai armor, saya cukup yakin jika itu terjadi di paruh awal film. Di saat Aquaman belum bergabung dengan Justice League.

Nah, sekarang mari menyusun cerita dari beberapa potongan puzzle yang sudah ada.

Note: Sekali lagi ini hanya sekadar TEORI, bisa jadi di filmnya nanti akan sama sekali berbeda.
bocoran justice league
Footage Justice League Comic Con
Pertama, seperti yang kita lihat di footage film Justice League (Comic Con) bahwa Aquaman sepertinya akan menjadi anggota Justice League yang paling sulit direkrut. Terlihat dari reaksinya yang tidak mengenakkan kepada Bruce Wayne. Bisa disimpulkan bahwa (di adegan tersebut) Aquaman menolak ajakan Bruce Wayne untuk bergabung dengan Justice League.

Lalu, apa yang membuat Aquaman berubah pikiran? Jawaban saya, karena Steppenwolf menyerang Atlantis dan berhasil mengambil Mother Box (seperti yang terlihat dari scene Mera dan scene kapak di atas) yang dilindunginya.

Aquaman menemui Ocean Master?
Bisa jadi setelah Mother Box yang dijaga Atlantis diambil Steppenwolf, Aquaman merasa bertanggung jawab dan akhirnya bekerjasama dengan Batman untuk menghentikan salah satu Jendral Darkseid tersebut.


Akan Ada Flashback

Sudah banyak diberitakan bahwa di film Justice League akan terdapat flashback ber-setting ribuan tahun lalu yang menceritakan serangan Apokolips ke Bumi. Peyerangan yang kemudian digagalkan oleh kerjasama antara manusia, Amazon dan Atlantis. Flashback ini juga akan menjelaskan alasan Steppenwolf datang ke Bumi, yaitu untuk mengambil 3 Mother Box yang tertinggal pasca konflik tersebut.
bocoran justice league
Amazons vs Apokolips
Dalam sekelebat scene di trailer pertama Justice League, kita melihat para penduduk Amazon tengah bertempur dengan pasukan Parademos. Menurut saya, adegan tersebut termasuk bagian dari flashback tersebut, dan bisa jadi Darkseid akan muncul pertamakali di sini, sebelum menjadi musuh Justice League di film kedua.

Walau ada kemungkinan lain bahwa adegan itu adalah saat pasukan Parademons menyerang Themyscira untuk mengambil salah satu Mother Box yang disimpan oleh Amazon.


Lois Melihat Superman?

Hal ini sebenarnya sudah pernah saya tulis di review trailer film Justice League, tapi akan saya tulis ulang di sini.

Seperti yang kita tahu, bahwa Superman (Henry Cavill) sudah dipastikan hadir di film Justice League. Namun banyak yang mempertanyakan kenapa Superman tidak ada di trailer. Menurut saya, kasus ini sama seperti adegan kapak yang sudah saya jelaskan di atas, yang secara tidak langsung mengindikasikan bahwa Steppenwolf sebenarnya hadir di trailer, hanya tidak terlihat dari sudut pandang penonton.

Bukan hanya Steppenwolf, ada indikasi lain bahwa Superman sebenarnya hadir di trailer Justice League pertama. Hal itu jika kita melihat dari sudut pandang Lois Lane.

lois

Dalam adegan di atas, terlihat Lois Lane menengok ke kanan atas dengan rambutnya yang sedikit tertiup oleh angin. Jelas ada sesuatu di sana, sesuatu yang posisinya lebih tinggi dari Lois sehingga ia harus menengok ke atas (dan sesuatu yang bisa membuat rambut Lois sedikit tertiup angin).

Siapa?

Superman, sang manusia baja bisa jadi berada di sana.

Mengenai teori bagaimana Superman bangkit dari kematiannya, akan saya bahas di lain kesempatan karena sepertinya bakal panjang.


Ada Bat-Family di DCEU?

Teori Film Justice League

Dalam trailer pertama ini, kita juga melihat penampilan meyakinkan J.K. Simmons sebagai Komisaris Gordon yang tengah berbicara dengan Batman. Di percakapan singkat tersebut, Jim Gordon mengatakan sesuatu yang sangat menarik dan menurut saya penting. Gordon mengatakan bahwa bagus untuk melihat Batman ‘kembali bekerjasama dengan orang-orang lainnya’.

Ya, hal itu mengonfirmasi bahwa sebelum Justice League, Batman pernah memiliki tim lain. Siapa? Pertanyaan ini memiliki beberapa jawaban, namun saya cukup yakin bahwa yang dimaksud Komisaris Gordon adalah Bat-Family. Mari kita ulas lebih dalam.

Seperti yang kita tahu dari film Batman v Superman dan film Suicide Squad, bahwa ada satu Robin yang dibunuh oleh Joker dengan bantuan Harley Quenn. Robin tersebut kemungkinan besar adalah Jason Todd, yang di komik juga dibunuh oleh Joker dengan sangat kejam (Baca: 5 pembunuhan tersadis di komik DC).

Dugaan kalau Robin yang dibunuh adalah Jason Todd semakin kuat karena Dick Grayson (Robin pertama) akan mempunyai filmnya sendiri di DCEU, sebagai Nightwing. Artinya, sampai saat ini Dick Grayson masih hidup dan dia bukan Robin yang dibunuh oleh Joker.

Dari perkataan Komisaris Gordon, secara tidak langsung juga mengonfirmasi bahwa Bat-Family sudah bubar karena suatu peristiwa yang membuat Batman enggan bekerjasama dengan orang lain (yang akhirnya Batman mau bekerjasama dengan orang lain lagi –Justice League- dan Jim Gordon mengatakan bahwa dia senang melihat Bruce kembali beraksi dalam tim). Peristiwa tersebut, bisa ditebak adalah kematian Robin (Jason Todd?) yang juga membuat Batman di BvS tidak segan lagi membunuh penjahat-penjahat yang dia hadapi (sebelumnya Batman tidak pernah membunuh).

Setidaknya, sekarang sudah ada dua anggota Bat-Family yaitu Robin dan Nightwing. Apakah ini bukti bahwa orang-orang seperti Batgirl dan Catwoman juga ada di Gotham City? Saya pikir begitu, dan akan menarik melihat bagaimana DCEU memunculkan mereka di film-film berikutnya.


Transformasi Cyborg

kekuatan cyborg

Salah satu karakter yang paling menonjol di trailer ini adalah Aquaman (Sepertinya, interaksi antara Batman dan Aquaman akan mirip dengan cara Bruce dan Hal Jordan berinteraksi dalam buku-buku komik).

Adegan yang paling menonjol tentu saja ketika Aquaman berdiri di atas Bat-mobile kemudian melompat untuk menghadapi Parademons. Tepuk tangan untuk Zack Snyder yang sudah membuat adegan epik ini.

Nah, sekarang coba kalian perhatikan gambar berikut ini.


Siapa itu? Dugaan saya itu adalah Cyborg. Sepertinya Cyborg akan beberapakali bertransformasi di film Justice League.


Ya, salah satu kekuatan Cyborg adalah mampu merubah bentuk sebagian atau seluruh tubuhnya. Tubuh Cyborg bisa bertransformasi menjadi bentuk apa saja, bahkan bentuk yang kompleks seperti tank sekalipun.


Baca juga:


Itulah beberapa petunjuk yang saya temukan di trailer pertama film Justice League. Selain beberapa poin tersebut, sebenarnya masih ada beberapa lainnya yang juga menarik untuk dibahas. Misalnya adegan The Flash yang beberapakali memasuki speedforce, kendaraan baru Batman (Nighcrawler) yang sudah saya bahas di post sebelumnya dan masih banyak lagi.

Yang pasti, meski trailer-nya terlihat cukup menjanjikan, saya ingatkan untuk tidak terlalu berekspetasi tinggi karena kita belum tahu akan seperti apa kualitas story filmnya nanti.

Setidaknya, ada beberapa agenda yang cukup padat untuk film ini. Pertama, perekrutan anggota Justice League. Kedua, flashback masa lalu dan kedatangan Steppenwolf. Ketiga, cerita bangkitnya Superman dan mungkin beberapa plot lainnya untuk keperluan Justice League Part 2. Mampukah Zack Snyder meracik beberapa plot tersebut dengan baik dalam satu film? Kita lihat saja di bulan November nanti.

Apakah ada yang mau menambahkan atau menyanggah? Silahkan bisa menuliskannya di kolom komentar.

Next > Membedah Trailer Justice League

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner