Minggu, 09 April 2017

Parah! Sederetan Sinetron Indonesia Ini Ternyata Menjiplak Film dan Drama Korea

SinduLin.web.id – Film dan drama korea memang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Dengan jalinan cerita yang menarik, menyentuh dan tidak mudah ditebak tentu membuat drama korea mampu menarik perhatian dari berbagai kalangan, terutama para anak muda.
drama korea yang dijiplak sinetron indonesia
Salah satu adegan drama korea My Love From the Star

Setiap ada sesuatu yang sukses, selalu ada saja pihak yang tidak bertanggung jawab yang dengan berani menjiplaknya. Mirisnya, hal tersebut  banyak terjadi dan dilakukan oleh para pelaku sinetron di Indonesia.

Penasaran ingin mengetahui sinetron apa saja yang ternyata menjiplak film dan drama korea? Berikut di antaranya!


Daftar Sinetron Indonesia yang Menjiplak Film dan Drama Korea

#1 - My Love From the Star dan Kau yang Berasal dari Bintang

drama korea terbaik

My Love From the Star merupakan drama korea yang dibintangi oleh Jun Ji Hyun dan Kim Soo Hyun. Drama Korea ini menceritakan tentang aktris angkuh yang akhirnya jatuh cinta kepada alien tampan. Meski ceritanya fiktif, namun drama korea ini mampu menarik perhatian banyak orang dan termasuk salah satu drama korea tersukses sepanjang masa.

Melihat kesuksesan drama korea tersebut, salah satu produsen sinetron Indonesia langsung membuat jiplakannya melalui sinetron yang berjudul ‘Kau yang Berasal dari Bintang’. Sinetron yang dibintangi Nikita Willy dan Morgan Oey ini sempat menimbulkan kontroversi luar biasa di awal penayangan. Dari pihak produksi mengatakan bahwa mereka sudah mendapatkan izin untuk me-remake dari drama aslinya, namun hal tersebut disangkal oleh pihak Korea yang kemudian membuat sinetron tersebut sempat berhenti tayang.

Akhirnya, Kau yang Berasal dari Bintang kembali ditayangkan dengan mengubah jalan cerita yang meski bertahan ratusan episode namun dinilai gagal secara kualitas.


#2 - Endless Love dan Demi Cinta

sinetron indonesia plagiat

Endless Love (Autumn in My Heart), satu lagi drama korea yang dijiplak habis-habisan oleh sinetron Indonesia berjudul 'Demi Cinta'. Alur cerita episode-episode awal sinetron Demi Cinta memang sangat mirip (bahkan sama) dengan drama korea Endless Love, dimulai dengan dua bayi yang tertukar di rumah sakit sampai konflik cinta ketika mereka dewasa.

Sinetron yang dibintangi Leony Vitria dan Rionaldo Stockhorst ini sempat mendapat banyak cacian dari para fans drama korea sekitar tahun 2005-2006. Tidak sedikit yang membandingkan kualitas akting pemerannya dengan sosok Song Hye Gyo, Song Seung Heon dan Won Bin yang dianggap jauh lebih sempurna.


#3 - Brilliant Legacy dan Kejora dan Bintang

drama korea terbaru

Drama korea yang dibintangi Han Hyo Joo, Lee Seung Gi, Bae Soo Bin dan Moon Chae Won juga turut menjadi korban penjiplakan sinetron Indonesia. Dijiplak dengan alur cerita yang ‘sama persis’ melalui sinetron 'Kejora dan Bintang' yang dibintangi Alyssa Soebandono dan Baim Wong.

Brilliant Legacy dan Kejora dan Bintang memiliki alur cerita yang sama, dari adegan awal di bandara yang sama-sama tertukar koper higga susunan keluarga yang juga dibuat sama persis. Hal yang membedakan adalah jumlah episode-nya, di mana Kejora dan Bintang memiliki episode 10x lebih banyak dibanding Brilliant Legacy.


#4 - 1 Litre of Tears dan Buku Harian Nayla

drama jepang sedih

Buku Harian Nayla bukan hanya terkenal karena ceritanya yang menguras air mata, namun juga terkenal karena sinetron ini yang awalnya menyatukan Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie menjadi pasangan suami istri di dunia nyata.

Namun, ternyata sinetron Buku Harian Nayla juga hasil menjiplak dari salah satu drama Jepang berjudul 1 Litre of Tears. Dilihat dari alur cerita sangat mirip, yaitu menceritakan perjuangan remaja berumur 16 tahun yang menderita penyakit kelumpuhan syaraf.


#5 - My Sassy Girl dan Cinta Remaja

film korea tersedih

Drama korea selanjutnya yang menjadi korban plagiat adalah My Sassy Girl yang dijiplak oleh sinetron berjudul 'Cinta Remaja'. Sinetron yang diperankan oleh Egi John (sebagai Marcel) dan Laudya Cintya Bella (sebagai Kezia) ini memiliki kisah yang sangat mirip, dari mereka yang awalnya membenci tapi justru dinikahkan karena suatu kesalah pahaman.


#6 - Princess Hours dan Benci Bilang Cinta

film korea lucu

Princess Hours, salah satu drama korea yang populer ini mengisahkan cinta Pangeran Lee Shin (Joo Ji Hoon) dengan Shin Chae Kyung (Yoon Eun Hye) yang awalnya dijodohkan lalu akhirnya berubah menjadi cinta sejati.

Kisah yang populer dan disukai oleh banyak kalangan tersebut dengan beraninya dijiplak oleh MD Entertainment dalam sinetron berjudul Benci Bilang Cinta. Dibintangi Baim Wong dan Marshanda, sinetron tersebut tentu tidak luput dari cacian para penggemar drama korea di Indonesia.

Artikel terkait:


Itulah beberapa sinetron Indonesia yang ternyata menjiplak film dan drama korea. Selain beberapa judul di atas, masih ada puluhan sinetron lagi yang menjiplak drama korea. Miris memang, seolah para sineas di Indonesia tidak takut dengan pelanggaran hak cipta.

Bukan hanya korea, ada juga beberapa sinetron Indonesia yang menjiplak film atau drama dari Jepang dan Barat. Misalnya, Meteor Garden yang dijiplak oleh sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta, Hana Kimi yang dijiplak sinetron Cinderella Boy, Twillight yang dijiplak oleh sinetron Ganteng-Ganteng Serigala dan banyak lagi lainnya.

So, bagaimana pendapatmu tentang fenomena yang memprihatinkan ini?


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner