Sabtu, 06 Januari 2018

Daftar Film Terbaik Christopher Nolan Berdasarkan Rotten Tomatoes


Simak daftar film terbaik karya sutradara Christopher Nolan melalui artikel berikut ini!


SinduLin.web.id – Christopher Nolan tidak diragukan lagi adalah salah satu sutradara film terbaik di dunia saat ini. Sutradara jenius yang lahir di London pada 30 Juli 1970 ini memulai karirnya dengan menyutradarai film Following pada tahun 1998. Film yang hanya menghabiskan budget $6.000 tersebut berhasil menarik perhatian pada San Francisco Film Festival dan membuatnya dipercaya untuk menyutradarai film Memento dari Newmarket Films. Tidak tanggung-tanggung, film ini mendapat sambutan hangat dan dinominasikan pada Golden Globe maupun Academy Award (Oscar) untuk 'best screenplay'.

Karir Nolan semakin menanjak dan semua film garapannya bisa dibilang tidak ada yang mengecewakan. Mulai dari film action-thriller seperti Inception, film action-superhero seperti The Dark Knight sampai film perang seperti Dunkrik berhasil digarap dengan baik oleh sutradara satu ini.

Jika kamu juga menggemari film karya sutradara Christopher Nolan, berikut kami sajikan daftar 10 film terbaik karya Christopher Nolan berdasarkan rating dari Rotten Tomatoes!


Top 10 Film Terbaik Christopher Nolan


#10 – Interstellar (2014)


Daftar Film Terbaik Christopher Nolan

Rating Rotten Tomatoes: 71%

Interstellar akan membawa kita ke masa depan yang tak terlalu jauh saat bumi telah menjelma sebagai sebuah planet yang memberi ketidaknyamanan pada penghuninya dalam bentuk badai debu berkepanjangan maupun krisis pangan.

Manusia pun mau tak mau menjalani profesi sebagai petani sebagai upaya menyuplai kebutuhan hidup yang kian mengetat. Profesi lain tak terlampau dibutuhkan sehingga menyulitkan Cooper (Matthew McConaughey), mantan calon pilot NASA, yang pada dasarnya hanya menaruh sedikit minat pada berladang.

Akan tetapi, bagaimanapun inilah yang dijalaninya mengingat Cooper kudu menghidupi keluarganya yang terdiri dari dua anaknya, Tom (diperankan Timothee Chalamet) dan Murph (diperankan Mackenzie Foy), serta mertua (diperankan John Lithgow).

Kesabaran Cooper menaruh pengharapan terhadap terwujudnya mimpi lantas terjawab saat sebuah keganjilan menyeretnya untuk terlibat dalam misi Lazarus yang dikreasi NASA. Ditemani oleh Amelia (diperankan Anne Hathaway), Romilly (diperankan David Gyasi), dan Doyle (diperankan Wes Bentley), Cooper pun mengangkasa untuk mencari tempat tinggal baru bagi umat manusia dan meninggalkan keluarganya di bumi dalam ketidakpastian. Salah satu film terbaik Christopher Nolan ini jangan sampai kamu lewatkan.


Daftar Film Terbaik Christopher Nolan terbaru

#9 – The Prestige (2006)


Rating Rotten Tomatoes: 75%

The Prestige adalah film Christopher Nolan yang mengisahkan tentang dunia sulap yang diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Cristopher Priest. Berfokus pada Alfred Borden (diperankan Christian Bale) dan Robert Angier (diperankan Hugh Jackman) adalah 2 orang pesulap yang juga bekerja membantu pertunjukkan pesulap bernama Milton.

Dalam pertunjukkannya, Milton memakai mereka berdua untuk berpura-pura menjadi sukarelawan. Selain mereka, istri Angier juga ada di pertunjukkan tersebut sebagai wanita yang dikurung didalam tangki air.

Pertunjukkan mereka selalu sukses dan mengundang decak kagum penonton. Sampai di suatu hari terjadilah kecelakaan di atraksi tersebut dikarenakan adanya kesalahan teknis dari Borden. Kecelakaan itu merenggut nyawa istri Angier. Mulai saat itu Angier menyimpan dendam pada Borden.

Borden sendiri mengaku dia tidak sengaja melakukan kesalahan. Hal itu berujung pada rusaknya pertemanan mereka. Mereka berubah menjadi musuh yang selalu berusaha saling mengacaukan pertunjukkan sulapnya satu sama lain. Salah satu film terbaik Christopher Nolan ini jangan sampai kamu lewatkan.


Baca juga: 10 Film Terbaik Scarlett Johansson



#8 – Following (1998)


Rating Rotten Tomatoes: 79%

Daftar film Christopher Nolan berikutnya adalah Following, film yang menjadi debut dari sutradara Chrsitopher Nolan. Film dengan budget hanya sekitar $6,000 ini mengisahkan tentang Bill, seorang pria yang berambisi menjadi penulis. Tapi dikarenakan dia buntu dalam ide, Bill mencoba mencari inspirasi dengan cara berjalan-jalan di kota lalu memilih orang secara acak untuk kemudian dia ikuti kemana orang tersebut pergi dan apa yang mereka lakukan.

Sampai suatu saat Bill mengikuti seorang pria yang membawa sebuah tas hitam. Ternyata pria itu sadar bahwa Bill mengikutinya. Pria itu bernama Cobb dan merupakan seorang pencuri. Setelah itu Cobb justru mengajak Bill menjalankan aksi membobol rumah orang.

Hal yang awalnya terasa aneh dia lakukan tetapi lama kelamaan Bill justru menikmati aksi yang mereka lakukan tersebut tanpa tahu bahwa aksinya tersebut akan menggiringnya kedalam sebuah aksi kejahatan yang akan membahayakan dirinya sendiri.

Following memang tidak sebagus Memento, namun film ini termasuk salah satu film terbaik Christopher Nolan. Di mana dirinya bisa membuktikan bahwa dengan minimnya budget dan tanpa adanya bintang top Nolan tetap mampu membuat film yang sangat bagus.


#7 – Batman Begins (2005)


Rating Rotten Tomatoes: 84%

Batman Begins memakai semua plot dasar dari cerita Batman, namun Nolan tidak mentah-mentah menerjemahkan cerita yang telah dikenal umum tersebut ke layar lebar. Dengan menambah kedalaman cerita dan karakter-karakter yang kuat, maka ia mengekplorasi Batman dengan plot yang lebih membumi dan realistis, sehingga Batman Begins hadir berbeda dengan penggambaran superhero lainnya.

Batman Begins hadir sebagai film yang berjalan di trek yang semestinya. Beginilah film Batman seharusnya. Penekanan pada cerita daripada aksi ternyata tidak mengecewakan dan membuktikan bahwa cerita dan karakter yang kuat itu lebih penting bagi sebuah film, dari pada hanya mengejar sensasi belaka. Film Batman karya sutradara Christopher Nolan menjadi awal dai trilogy yang nantinya akan menjadi legenda di dunia film genre superhero.



daftar film christopher nolan terbaru terbaik

#6 – Inception (2010)


Rating Rotten Tomatoes: 86%

Daftar film terbaik Christopher Nolan berikutnya adalah Inception. Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio ini berkisah tentang Don Cobb, seorang pencuri yang sangat handal yang melakukan kejahatannya melalui alam bawah sadar. Don yang kabur dari Amerika karena menjadi buronan, diberikan sebuah kesempatan terakhir untuk mengembalikan semua kehidupannya seperti sedia kala.

Namun alih-alih untuk mencuri pemikiran dari dalam pikiran sasarannya, misi ini adalah untuk menanamkan pemikiran ke dalam alam bawah sadar sasarannya yang disebut inception (insepsi), yang pada akhirnya menjadi sebuah pekerjaan terberat dan paling berbahaya yang pernah dihadapi Cobb dan rekan-rekannya.

Inception tidak diragukan lagi merupakan salah satu film Christopher Nolan terbaik, bahkan menurut kami seharusnya film ini pantas masuk 3 besar dalam daftar ini.


#5 – The Dark Knight Rises (2012)


Rating Rotten Tomatoes: 87%

Dengan absennya si manusia kelelawar, para pelaku tindak kriminal melihat ini sebagai sebuah kesempatan emas untuk menguasai Gotham City. Bane (diperankan Tom Hardy), yang bentuk topengnya membuat dia terlihat bagaikan Hannibal Lecter versi kekar, menjaring pasukan untuk memporak-porandakan Gotham.

Hanya dengan sedikit sentuhan saja, Bane sanggup menyingkirkan semua aparat keamanan, menghancurkan pasar saham dan sebuah lapangan futbol. Keadaan menjadi kian memanas saat Bane membocorkan rahasia seputar Dent yang selama ini ditutup rapat oleh Gordon. Masyarakat merasa ditipu. Revolusi kaum anarki pun dimulai. Gotham lumpuh. Di saat seperti inilah, Batman dibutuhkan.

The Dark Knight Rises adalah sebuah hidangan penutup yang manis dan memuaskan dari Christopher Nolan. Memang tidak semenggelegar dan segegap gempita seperti The Dark Knight (2008), namun tetap saja ini adalah sebuah film yang tidak seharusnya dilewatkan begitu saja. Terutama bagi fans Batman, salah satu film terbaik Christopher Nolan ini wajib untuk ditonton.


#4 – Dunkrik (2017)


Rating Rotten Tomatoes: 92%

Ini dia film terbaru Christopher Nolan yang sempat menarik perhatian pada tahun 2017, yaitu Dunkrik. Nolan menjumput topik perihal Evakuasi Dunkirk yang berlangsung sedari 26 Mei hingga 4 Juni 1940.

Sebuah bahan obrolan yang terhitung menarik lantaran pahlawan dalam peristiwa ini bukanlah para prajurit yang diterjunkan ke medan peperangan melainkan rakyat sipil yang memenuhi panggilan mendadak dari pemerintah Britania Raya untuk membantu keberlangsungan proses evakuasi sebanyak 400 ribu tentara sekutu yang posisinya terdesak oleh pergerakan pasukan Adolf Hitler dari pesisir pantai di Dunkirk, Prancis.

Dalam menuturkan kembali peristiwa ini, Nolan mengaplikasikan metode penceritaan non-linear yang digemarinya dengan harapan dapat tersaji lebih menarik. Untuk itu, tuturan Dunkirk dipecah ke dalam tiga narasi yang masing-masing memiliki rentang waktu penceritaan berbeda satu sama lain sebelum akhirnya saling beririsan dalam klimaks.


Top 10 Film Christopher Nolan Berdasarkan Rotten Tomatoes

#3 – Insomnia (2002)


Rating Rotten Tomatoes: 92%

Daftar film terbaik Christopher Nolan berikutnya ditempati oleh film Insomnia. Di sebuah kota kecil bernama Nightmute di Alaska terjadi sebuah kasus pembunuhan. Korbannya adalah wanita 17 tahun bernama Kay Connell (diperankan Crystal Lowe).

Untuk menyelidiki kasus tersebut, didatangkan 2 polisi Los Angeles, Will Dormer (diperankan Al Pacino) dan Hap Eckhart (diperankan Martin Donovan). Di sana mereka berdua mendapat bantuan dari polisi lokal dan salah satunya adalah seorang rookie yang terampil bernama Ellie (diperankan Hillary Swank).

Penyelidikan mereka mencapai titik terang saat mereka berhasil mengepung sang pelaku dan terlibat baku tembak yang terjadi dibawah kabut tebal. Karena kabut yang membatasi pandangan, Dormer secara tidak sengaja menembak Hap sang partner yang mengakibatkan dia tewas. Walaupun itu sebuah kecelakaan, Dormer ternyata tidak mengaku dan membuat kesaksian palsu bahwa yang menembak Hap adalah si pembunuh yang sedang mereka kejar.

Sialnya, saat itu sang pembunuh yang dikejar justru melihat Dormer menembak partnernya. Dia pun mulai mengancam Dormer dan berkata kalau dia tidak akan melaporkan Dormer asalakan Dormer mau membantunya lolos dari penyelidikan polisi.  Bagaimana keputusan yang diambil Dormer? Apa dia akan tetep taat hukum dengan menjebloskan Frinch ke penjara?


Baca juga:



#2 – Memento (2000)


Rating Rotten Tomatoes: 92%

Daftar film Christopher Nolan yang menempati posisi kedua berdasarkan Rotten Tomatoes adalah Memento. Salah satu film terbaik dari sutradara Christopher Nolan ini mengisahkan tentang Leonard Shelby (diperankan Guy Pearce) yang mengalami kerusakan kemampuan mengingat akibat cedera yang dialaminya.

Memori otaknya tidak mampu lagi digunakan untuk mengingat, sehingga ia terpaksa merangkai kejadian-kejadian yang pernah ia alami dengan menggunakan kamera polaroid, tato di tubuhnya dan catatan kecil yang selalu ia tuliskan tentang segala hal yang ingin ia ingat. Hal terakhir yang diingatnya adalah saat ia memergoki seseorang pria misterius memperkosa dan membunuh istrinya, sebelum pria lain membenturkan kepalanya ke cermin.

Berbekal foto, tato dan catatan kecilnya, Lenny mencoba merangkai puzzle dari fakta yang tidak mampu ia ingat untuk menemukan pria misterius yang ia duga menewaskan istrinya.

Film Memento tidak diragukan lagi merupakan salah satu karya terbaik Christopher Nolan yang akan sangat rugi jika kamu lewatkan begitu saja.


#1 – The Dark Knight (2008)


Rating Rotten Tomatoes: 94%

Daftar puncak film terbaik Christopher Nolan berdasarkan Rotten Tomatoes ditempati oleh The Dark Knight yang mendapat skor 94%. Film ini masih bercerita tentang konglomerat, Bruce Wayne (Batman), yang berniat menjadikan Gotham City menjadi kota yang lebih baik dan jauh dari para kriminal.

Kota Gotham diganggu oleh Joker yang misterius. Perampokan bank, pembunuhan beberapa gangster, bahkan peledakan gedung, merupakan ulah Joker yang berusaha menciptakan kekacauan di Gotham City. Joker juga berhasil menculik Rachel Dawes, yang merupakan teman masa kecil Bruce, dan juga menculik Harvey Dent, yang merupakan District Attorney (Jaksa Penuntut) di Gotham City. Penculikan ini bertujuan membuat mental Batman menjadi labil.

Dibantu oleh pembantu setianya, Alfred Pennyworth dan teknisi jenius di perusahaannya, Lucius Fox, Batman berusaha menghentikan ulah jahat Joker.


Demikian daftar film terbaik Christopher Nolan yang sangat kami rekomendasikan untuk kamu tonton. Dari sekian banyak film karya sutradara Christopher Nolan di atas, manakah yang menjadi favoritmu?

Next > Film Terbaik Quentin Tarantino


Loading...

Related Posts

0 komentar: