Senin, 10 September 2018

Daftar Robin Sang Sidekick Batman, dari Dick Grayson sampai Damian Wayne


Yuk simak generasi Robin dari DC Comics!


Daftar Robin Sang Sidekick Batman, dari Dick Grayson sampai Damian Wayne
Daftar Robin DC Comics

SinduLin.web.id – Sebagaimana superhero lainnya, Batman juga memiliki seorang sidekick untuk membantunya dalam menumpas kejahatan. Sidekick Batman disebut Robin, seorang anak muda yang dipilih Batman karena memiliki potensi dan bisa meneruskan aksinya kelak ketika dirinya pensiun.

Ada banyak Robin dalam sejarah komik DC. Jika kamu ingin mengetahuinya, simak daftar macam-macam jenis Robin dalam komik DC berikut ini!


Daftar Macam-macam Robin (DC Comics)


Dick Grayson


Daftar Macam-macam Robin (DC Comics)
Dick Grayson, Robin generasi pertama

Richard "Dick" Grayson adalah orang pertama yang menyandang nama Robin. Dick adalah anak dari pasangan akrobat sirkus John dan Mary Grayson. Seperti hal nya Bruce Wayne, kedua orang tua Dick tewas di tangan seorang kriminal.

Tinggal di sebuah panti asuhan pasca kematian orang tua nya, Bruce Wayne mengadopsi Dick sebagai anak angkat. Karena jarang mendapat perhatian dari ayah angkatnya, Dick akhirnya memutuskan untuk menjauhkan diri.

Suatu malam, Dick Grayson bertemu Batman yang sedang menginvestigasi pembunuhan John dan Mary Grayson, disaat bersamaan Dick hampir dibunuh oleh salah satu anak buah mafia yang menjadi pelaku pembunuhan tersebut, beruntung Dick diselamatkan oleh Batman.

Luka parah, Dick dibawa oleh Batman ke Batcave untuk mendapatkan pengobatan. Shock mengetahui bahwa sebenarnya ayah angkatnya adalah the Dark Knight, Dick memutuskan untuk mengikuti jejak Bruce Wayne dalam menegakan keadilan karena dendam atas kematian orangtuanya.

Saat ini Dick telah menanggalkan nama Robin dan menjadi superhero sendiri di kota yang berbeda dengan nama Nightwing.



Jason Todd


Jason Todd, Robin favorit Joker

Jason Todd adalah Robin generasi kedua setelah Dick Grayson. Ia merupakan Robin favorit Joker, Jason Todd adalah anak berandal dan pencuri kecil.

Pertama kali bertemu Batman karena ia tertangkap basah sedang mencoba mencuri ban Batmobile. Tidak banyak orang yang bisa melakukan hal serupa, Batman melihat potensi dan semangat yang dimiliki Jason kemudian mengangkatnya sebagai Robin kedua.

Berbeda dengan Dick, Jason adalah Robin yang kasar, keras kepala dan sering bertindak seenaknya.

Suatu hari ia terperangkap dalam skema jahat Joker dan akhirnya mati terbunuh dengan sadis oleh Joker.

Jason kemudian dibangkitkan dari kematian oleh Lazarus Pit (kolam keabadian) milik Ra's Al Ghul. Ketika bangkit Jason menggambil nama Red Hood dan menjadi vigilante kejam yang membunuh beberapa penjahat serta ia ingin membalaskan dendam kepada Joker.




Tim Drake


macam-macam robin adalah dc comics
Tim Drake, Robin ketiga atau disebut juga Red Robin

Timothy "Tim" Drake adalah Robin generasi ketiga yang kepintarannya hampir menyamai Bruce Wayne. Tim awalnya menyelidiki kasus kematian kedua orang tua Dick Grayson karena ia merupakan penggemar dari Flying Grayson (keluarga Dick).

Mengetahui bahwa Dick Grayson telah menjadi anak angkat dari Bruce Wayne, ia secara "kasar" menyimpulkan bahwa mereka adalah Batman dan Robin (Dan itu benar).

Mengikuti setiap berita dan cerita kedua pahlawannya, Tim tau bahwa pada saat Dick Grayson telah meninggalkan Bruce untuk menjadi Nightwing, dan Batman baru saja kehilangan Jason Todd, ia mencoba meyakinkan Dick bahwa Batman membutuhkan Robin yang baru.

Secara mantap ia pun memberanikan diri untuk maju sebagai Robin baru bagi Batman. Tim jauh berbeda dengan Jason, dia lebih tenang dan berpikir secara jernih.

Di antara generasi Robin yang ada, dia lah Robin paling jenius. Saat ini dia memiliki indentitas baru sebagai Red Robin dan dia adalah pemimpin dari Teen Titans bersama Superboy, Wonder Girl, Kid Flash, dan lain-lain.


Stephanie Brown


robin perempuan pertama
Stephanie Brown, Robin perempuan pertama

Stephanie Brown adalah anak dari salah satu penjahat Gotham City bernama Cluemaster. Setelah ia mengetahui bahwa ayahnya ternyata selama ini adalah seorang penjahat/kriminal, ia menggunakan kostum dan menjadi karakter bernama Spoiler untuk membocorkan seluruh rencana jahat ayahnya kepada Batman agar ayahnya bisa ditangkap.

Ia pernah dekat dengan Tim Drake yang saat itu masih menjadi Robin, mereka berdua mulai menjalin hubungan asmara. Saat ayah Tim Drake mengetahui bahwa selama ini ia adalah Robin, Tim langsung mengundurkan diri sebagai Robin dan hidup secara normal.

Ketika bertemu Stephanie di sekolah, Tim ternyata sedang bersama perempuan lain, Stephanie marah, cemburu, galau, dan sedih.

Stephanie mencoba move on dengan menuangkan amarahnya untuk menggantikan posisi Tim sebagai sidekick Batman dan Stephanie menjadi Robin the Girl Wonder.


Damian Wayne


Damian Wayne, Robin sekaligus keturunan Batman
Damian Wayne, Robin sekaligus keturunan Batman

Terlahir dengan nama asli Ibn al Xu'ffasch, Damian Wayne adalah anak biologis dari Batman dan Talia Al Ghul.

Tumbuh besar dalam organisasi pembunuh ‘League of Assassins’ dan mendapat pelatihan langsung dari pemimpin League of Assasins yang sekaligus adalah kakeknya yaitu Ra's Al Ghul dan juga ibunya Talia Al Ghul, Damian tumbuh sebagai seorang anak dengan kemampuan bertarung jauh diatas rata-rata.

Dilatih untuk membunuh, mengintai, dan menghabisi lawan nya, dia adalah salah satu orang paling berbahaya di dunia walaupun usianya masih belasan tahun.

Pertama kali bertemu Bruce Wayne atas suruhan ibunya untuk memata-matai nya, Damian akhirnya menunjukan dirinya kepada ayah kandungnya yang ia belum pernah bertemu.

Ambisius, keras, kasar, dan sangat percaya diri, Damian langsung menantang Tim Drake untuk sebuah duel. Damian ingin sekali menggantikan posisinya sebagai Robin agar dapat memerangi kejahatan bersama ayahnya secara langsung.

Damian mungkin Robin yang paling muda dan paling nakal, tapi Damian Wayne adalah Robin yang paling brutal yang sama ditakutinya sebagaimana ayahnya. dia bahkan pernah menyatakan dirinya sebagai Robin terhebat dari para generasi sebelumnya


Demikian berbagai macam Robin dari generasi ke generasi dalam komik DC. Dari daftar Robin di atas, mana nih yang menurutmu paling keren?


Loading...

Related Posts