Rabu, 25 Maret 2020

9 Fakta Menarik My Neighbor Totoro yang Mungkin Belum Kamu Tahu


Inilah sederetan fakta film My Neighbor Totoro dari Studio Ghibli

SinduLin - My Neighbor Totoro adalah salah satu film terbaik Studio Ghibli yang menarik bagi anak-anak dan orang dewasa.

Film produksi Studio Ghibli, yang ditulis dan disutradarai oleh animator legendaris Hayao Miyazaki, memulai debutnya di Jepang pada tahun 1988 dengan judul Tonari no Totoro sebelum ditayangkan ke AS.

Jika kamu menyukai film animasi ini, yuk ketahui juga fakta-fakta di balik My Neighbor Totoro berikut ini!

Jangan lupa juga membaca Top 6 anime mirip Gotoubun no Hanayome.


Fakta Film My Neighbor Totoro


Fakta 1. Sempat Diragukan Kesuksesannya


Fakta My Neighbor Totoro, film animasi Studio Ghibli
Fakta My Neighbor Totoro, film animasi Studio Ghibli

Hayao Miyazaki telah disebut "Walt Disney of Japan" karena karya-karyanya yang mengesankan, yang meliputi Kiki Delivery Servie (1989), Princess Mononoke (1997), dan pemenang Best Animation di Academy Awards, Spirited Away (2001).

Namun, Miyazaki masih membuat nama untuk dirinya sendiri di awal 80-an, dan konsep awalnya untuk film My Neighbor Totoro ditolak oleh Tokuma Shoten Publishing Co.

Miyazaki dan produser Toshio Suzuki mencoba lagi pada tahun 1987, tetapi pemodal dan eksekutif distribusi "tidak berpikir raksasa berbulu itu bisa lepas landas, secara harfiah atau kiasan," tulis Maureen Furniss dalam Animation: Art and Industry. "Distributor tidak percaya ada audiensi yang banyak untuk cerita tentang dua gadis kecil dan monster di Jepang modern."


Latar belakang — pedesaan Jepang pada 1950-an — juga bermasalah. Film fitur Miyazaki sebelumnya dibuat di tempat fiksi atau tidak dikenal, dan My Neighbor Totoro adalah yang pertama kali terjadi di Jepang.

"Saat itu, sebuah cerita tanpa pahlawan atau seorang gadis dengan kekuatan super, dan pemandangan Jepang yang biasa sebagai latar belakang, tidak dianggap cukup menghibur," kata Miyazaki dalam sebuah wawancara yang ditampilkan dalam Blu-ray edisi ulang tahun ke-30.

“Hiburan pada waktu itu adalah tentang senjata, aksi, dan kecepatan. Saya ingin film saya menjadi damai, tenang, dan polos. Saya ingin menciptakan dunia semacam itu. Juga, saya ingin membuktikan bahwa film seperti ini bisa sukses. "


Fakta 2. Tidak Begitu Sukses di Box Office


Untuk memenangkan hati para pemodal, Suzuki menyarankan agar film My Neighbor Totoro ditampilkan bersama film Studio Ghibli lainnya — Grave of the Fireflies — sebagai fitur ganda.

Film terakhir didukung oleh penerbit Shinchosha, yang pada saat itu lebih mapan daripada Tokuma Shoten, penerbit yang mendanai My Neighbor Totoro.


Gagasan ini akhirnya disetujui, dan kedua film tersebut ditayangkan perdana pada tahun 1988. My Neighbor Totoro tidak menjadi sukses komersial sampai akhirnya sampai ke televisi Jepang.

"Dari semua film yang dibuat oleh Ghibli, Totoro memiliki box office pembuka terburuk," kata Suzuki dalam DVD ulang tahun. “Setahun kemudian, itu ditayangkan di TV. Saat ditayangkan di NTV, peringkatnya keluar dari grafik. ”


Fakta 3. Totoro Adalah Permainan Kata Jepang Untuk Troll


Fakta film My Neighbor Totoro
Fakta film My Neighbor Totoro

Kata untuk troll diucapkan tororu dalam bahasa Jepang, yang terdengar mirip dengan apa yang Mei sebut sebagai makhluk hutan berbulu yang ia temui.

Ketika Mei memberi tahu adiknya apa yang dilihatnya, Satsuki bertanya apakah dia berbicara tentang troll di salah satu buku mereka, dan Mei mengangguk.

Ini tidak masuk akal dalam bahasa Inggris (karena troll dan Totoro terdengar berbeda), tetapi mulai menyatu ketika kredit penutupan film diputar. Ibu mereka terlihat membaca dongeng Three Billy Goats Gruff, yang, jika Anda ingat, berisi karakter troll.

Karena alasan ini, buku itu diyakini sebagai buku yang dirujuk Mei. Namun, seperti yang ditulis Miyazaki dalam The Art of My Neighbor Totoro, “[Totoro] adalah nama yang protagonis kita, Mei yang berusia empat tahun, memberikan makhluk ini. Tidak ada yang tahu apa nama asli mereka. "


Fakta 4. Setting Film Mengambil di Tempat Asal Hayao Miyazaki


Film ini berjarak sekitar satu jam berkendara dari Tokyo di Sayama Hills, Tokorozawa, tempat Miyazaki memiliki rumah. Miyazaki sering berjalan-jalan di sekitar kota dan menikmati pemandangan yang subur, yang menginspirasi banyak latar belakang film.

"Jika saya tidak tinggal di Tokorozawa, Totoro tidak akan pernah dilahirkan," Suzuki mengutip Miyazaki mengatakan, menurut Comicbook.com.

Daerah itu sekarang dijuluki "Hutan Totoro," dan penggemar dapat mengunjungi patung Totoro di dalam Rumah Kurosuke, yang terlihat mirip dengan yang ditampilkan dalam film.


Fakta 5. Beberapa Adegan Hampir Dipotong di Versi AS


fakta Fakta film My Neighbor Totoro
Fakta My Neighbor Totoro, film terbaik Studio Ghibli

Dalam satu adegan di film itu, Mei, Satsuki, dan ayah mereka terlihat mandi bersama dalam bak bulat besar.

Perusahaan-perusahaan A.S. ingin menghapus adegan ini — dan yang lain memperlihatkan gadis-gadis itu memakai tikar tatami — karena mereka merasa "tidak mungkin dipahami oleh audiens Amerika," menurut Furniss. Namun, Studio Ghibli bersikeras menjaga film seperti apa adanya, tanpa suntingan.


Fakta 6. Beberapa Adegan Mirip Alice in Wonderland


Pemirsa telah melihat beberapa kesamaan luar biasa antara My Neighbor Totoro dan novel fantastis Lewis Carroll 1865 (yang kemudian dianimasikan oleh Disney pada tahun 1951).

Adegan Mei berjalan setelah Totoro putih kecil dan akhirnya jatuh ke lubang di dalam pohon kapur barus mengingatkan pada pengejaran terkenal dan citra lubang kelinci di Alice in Wonderland.

Beberapa juga menggambar perbandingan antara senyum Catbus dan Cheshire Cat, tetapi Miyazaki membantah memodelkannya setelah karakter Carroll.

"Saya suka Cheshire Cat, tetapi tidak ada pengaruh darinya," kata Miyazaki dalam DVD ulang tahun.

“Ketika aku harus datang dengan semacam bus monster, aku memikirkan tentang kucing yang berubah bentuk dari cerita rakyat Jepang, jadi aku hanya membuat kucing yang berubah bentuk menjadi bus. Dan itu tadi. ”


Fakta 7. Teori Penggemar My Neighbor Totoro


Fakta film My Neighbor Totoro
Fakta film My Neighbor Totoro

Menurut variasi yang berbeda dari teori penggemar yang sama, Mei sebenarnya mati dalam film dan Totoro adalah Dewa Kematian.

Pendukung teori ini menunjuk pada "petunjuk" yang berbeda, seperti fakta bahwa sandal ditemukan di kolam (menunjukkan bahwa Mei tenggelam) dan tidak adanya bayangan dalam adegan menjelang akhir film ketika kedua saudara perempuan terlihat bersama.

Yang lain mengatakan film ini didasarkan pada The Sayama Incident, sebuah legenda urban yang melibatkan kematian dua saudara perempuan dari Sayama Hills. Namun, Studio Ghibli merilis pernyataan untuk mengistirahatkan teori-teori ini.

“Semuanya, jangan khawatir,” kata Studio Ghibli. "Sama sekali tidak ada kebenaran [pada teori] bahwa Totoro adalah Dewa Kematian atau Mei mati di My Neighbor Totoro."

Penjelasan sebenarnya tentang kurangnya bayangan lebih biasa: Para animator tidak menganggap bayangan yang diperlukan untuk adegan tersebut, menurut studio.


Fakta 8. Filosofi Shinto Menurut Film


Alusi halus untuk Shinto, sebuah kepercayaan animisme kuno di mana alam dipuja dalam segala bentuknya, ditaburkan di sepanjang film. Menurut filosofi ini, semuanya memiliki semangat.

Dalam satu adegan, ayah Mei dan Satsuki memberi tahu mereka bahwa pohon dan manusia dulu berteman lama.


Dia mengatakan kepada gadis-gadis untuk memberi pohon besar di halaman belakang mereka "salam yang baik," kemudian membungkuk untuk itu dan berterima kasih karena telah melindungi Mei.

Tentu saja, yang paling sentral dari cerita ini adalah Totoro sendiri, yang dapat diartikan sebagai semangat hutan.


Fakta 9. Totoro Menjadi Cameo Dalam Toy Story 3


9 Fakta Menarik My Neighbor Totoro yang Mungkin Belum Kamu Tahu
9 Fakta Menarik My Neighbor Totoro yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Pengaruh film My Neighbor Totoro sangat luas — sedemikian rupa sehingga karakter tituler telah muncul dalam serial TV dan film di luar Studio Ghibli.

Dia bekerja di episode South Park, The Powerpuff Girls, dan Bob's Burgers (well, semacam). Mungkin yang paling terkenal, dia adalah salah satu mainan di Toy Story 3.

Meskipun sepertinya kita tidak akan pernah mendapatkan sekuel My Neighbor Totoro, setidaknya kita dapat menikmati ekstensi lucu dari alam semesta Ghibli ini.


Demikian fakta-fakta menarik film My Neighbor Totoro yang mungkin baru kamu ketahui. Jika kamu mengetahui fakta menarik lainnya, langsung saja ditambahkan di kolom komentar!


Loading...

Related Posts

0 komentar: