-->

7 Film Jepang yang Sukses Memenangkan Piala Oscar (Academy Awards)

Ternyata banyak film jepang yang berhasil memenangkan piala Oscar di ajang Academy Awards. Apa saja filmnya? Yuk kita simak dibawah ini!

Selowae.Net - Penghargaan film tahunan Academy Awards, juga dikenal sebagai Oscar, adalah salah satu acara yang paling banyak ditonton di seluruh dunia. Academy Awards terutama berfokus pada film-film Amerika sejak Academy Awards pertama diadakan pada tahun 1929.

anime spirited away

Berbagai film yang dibuat di berbagai negara telah diangkat dalam Academy Awards baru-baru ini. Film-film Jepang telah lama diajukan dan dinominasikan untuk Oscar sebelumnya, dan beberapa karya terkenal dari sutradara hebat telah memenangkan penghargaan tersebut. Jepang juga dikenal memimpin dunia dalam bidang film animasi yang disebut Anime.

Bagi yang tertarik dengan film Jepang dan sejarahnya, berikut adalah daftar 7 film Jepang terbaik yang pernah memenangkan Academy Awards. Jajaran ini mencakup pemenang hadiah terbaru dan mahakarya klasik.

Baca juga: Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2015


7 Film Jepang Terbaik yang Memenangkan Oscar

#01 - Drive My Car (Best International Feature Film)

Sutradara: Ryusuke Hamaguchi

Pada Academy Awards ke-94 pada tahun 2022, Drive My Car (ドライブ・マイ・カー) berhasil meraih Film Fitur Internasional Terbaik (Best International Feature Film). Selain itu, film tersebut juga dinominasikan untuk Skenario Adaptasi Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Film Terbaik. Drive My Car menjadi film Jepang pertama dalam 13 tahun yang memenangkan piala Oscar. 

Film Drive My Car didasarkan pada cerita pendek berjudul sama yang ditulis oleh Haruki Murakami dengan didasarkan cerita lainnya "Scheherazade" dan "Kino". 

Sebelum Oscar 2022, film tersebut juga telah memenangkan tiga penghargaan di Festival Film Cannes ke-74 dan Film Berbahasa Asing Terbaik di Golden Globe Awards ke-79. 

Film Drive My Car sendiri bercerita tentang aktor terkenal Yusuke Kafuku, yang kehilangan bayi dan istrinya, dan sopir barunya Misaki Watari.


#02 - Departures (Best International Feature Film)

Sutradara: Yojiro Takita

Tidak kalah keren dari Drive My Car, ada juga film Departures yang berhasil meraih piala Oscar dalam katerogi yang sama, yaitu Best International Feature Film. 

Departures (おくりびと) adalah salah satu film Jepang yang terkenal secara global yang menerima Film Fitur Internasional Terbaik (sebelumnya juga dikenal sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik) di Academy Awards ke-81 pada tahun 2009. 

Film Jepang ini terinspirasi oleh Coffinman: The Journal of a Buddha Mortician (納棺夫日記), ditulis oleh seorang penulis Jepang Shinmon Aoki pada tahun 1993. 

Departures memperkenalkan seorang Nokanshi, yang mempersiapkan pemakaman tradisional Jepang mempertahankan tubuh sampai upacara kremasi. Film Jepang terbaik ini rilis pada tahun 2008.


#03 - La Maison En Petits Cubes (Best Animated Short Film)

Sutradara: Kunio Kato

Film jepang terbaik sepanjang masa berikutnya adalah La Maison En Petits Cubes. La Maison En Petits Cubes (つみきのいえ) adalah sebuah film pendek orisinal yang disutradarai oleh Kunio Kato pada tahun 2008, meraih Film Pendek Animasi Terbaik di Academy Awards ke-81 serta penghargaan lainnya di Festival Film Animasi Internasional Annecy ke-32 dan Hiroshima ke-12 Festival Animasi Internasional. 

Baca juga: Rekomendasi Anime Action Terbaik

Film ini dikenal sebagai film Jepang pertama yang berhasil memenangkan Academy Award untuk Film Pendek Animasi Terbaik. 

Cerita filmn berdurasi 12 menit yang hening ini diproduksi oleh studio animasi Jepang Oh! Production. La Maison En Petits Cubes mewakili kehidupan mengikuti seorang lelaki tua yang hidup dalam kesepian di rumah yang hampir dibanjiri oleh naiknya permukaan laut.


#04 - Spirited Away (Best Animated Feature)

Sutradara: Hayao Miyazaki

Ada banyak film animasi berkualitas yang pernah dibuat di Jepang, dan reputasinya telah ditingkatkan secara substansial oleh Studio Ghibli yang terkenal di dunia untuk waktu yang lama.

Hayao Miyazaki, pemimpin studio terbaik, menyelesaikan mahakaryanya Spirited Away (千と千尋の神隠し) pada tahun 2001. 

Film anime bergenre drama fantasi ini meraih Academy Award untuk Fitur Animasi Terbaik di Academy Awards ke-75 sementara dianugerahi puluhan penghargaan domestik. dan hadiah internasional. 

Spirited Away berfokus pada seorang gadis 10 tahun bernama Chihiro. Cerita dimulai ketika dia mengembara ke situs yang ditinggalkan bersama orang tuanya, yang membuatnya bertahan hidup sendirian di dunia yang aneh. Dia menjadi tangguh secara mental melalui pekerjaan berat di pemandian, didukung oleh rekan-rekan yang unik. 

Jika kamu pencinta anime, maka film animasi Jepang terbaik satu ini wajib kamu tonton.


#05 - Samurai I: Musashi Miyamoto (Best International Feature Film)

Sutradara: Hiroshi Inagaki

Samurai I: Musashi Miyamoto (宮本武蔵) , sebuah film sejarah Jepang yang tayang perdana pada tahun 1954, dianugerahi Film Berbahasa Asing Terbaik, sekarang dikenal sebagai Film Fitur Internasional Terbaik, di Academy Awards ke-28. 

Baca juga: Rekomendasi Anime yang Mirip Spy x Family

Film Jepang ini diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Eiji Yoshikawa antara tahun 1935 dan 1939, yang diikuti oleh sekuel berjudul Samurai II: Duel di Kuil Ichijoji (1955) dan Samurai III: Duel di Pulau Ganryu (1956). 

Ini menceritakan kisah awal pendekar pedang Jepang paling terkenal Musashi Miyamoto, yang bergabung dalam Pertempuran Sekigahara pada tahun 1600.


#06 - Gate of Hell (Best International Feature Film)


Sutradara: Teinosuke Kinugasa

Sebagai film Jepang pertama yang menggunakan Eastmancolor, Gate of Hell (地獄門) dibuat oleh Daiei Film, yang merupakan studio film besar Jepang pada tahun 1953. 

Gate of Hell memenangkan Film Berbahasa Asing Terbaik dan Desain Kostum Terbaik di Academy Awards ke-27. 

Berdasarkan drama yang ditulis oleh Kan Kikuchi, film sejarah ini disutradarai oleh Teinosuke Kinugasa. Ditetapkan di sekitar pemberontakan Heiji pada tahun 1160, Gerbang Neraka mengikuti seorang samurai bernama Endo Morito, yang jatuh cinta dengan seorang wanita istana Kesa.


#07 - Rashomon (Best International Feature Film)


Sutradara: Akira Kurosawa

Satu lagi film terbaik Jepang yang berhasil memenangkan Academy Awards, yaitu Rashomon. 

Akira Kurosawa, yang merupakan salah satu sutradara Jepang paling terkenal di seluruh dunia sepanjang masa, membuat banyak film luar biasa dari tahun 1940-an hingga 1990-an. 

Karya awalnya yang sukses berjudul Rashomon (羅生門) terkenal sebagai film Jepang yang memenangkan Oscar untuk pertama kalinya dalam sejarah Jepang, dianugerahi Penghargaan Kehormatan, yang dikenal sebagai Film Fitur Internasional Terbaik, di Academy Awards ke-24. 

Baca juga: Film Terbaik Hayao Miyazaki

Film lawas Jepang ini didasarkan pada cerita pendek berjudul In a Grove yang ditulis oleh Ryunosuke Akutagawa pada tahun 1922 dan judulnya dinamai berdasarkan cerita pendeknya yang berbeda, Rashomon. Plot terdiri dari kesaksian beberapa orang dari insiden pembunuhan yang sama.


Nah, itu dia 7 judul film jepang yang berhasil memenangkan piala Oscar di ajang Academy Awards. Dari ketujuh film terbaik jepang di atas, mana aja nih yang sudah kamu tonton? Baca juga: 20 Anime Isekai Terbaik


0 Response to " 7 Film Jepang yang Sukses Memenangkan Piala Oscar (Academy Awards)"

Posting Komentar