-->

Mengapa ilmu perilaku diperlukan dalam pelaksanaan fungsi aktuasi?

Apa itu Fungsi Aktuasi dalam Manajemen?

Fungsi aktuasi merupakan usaha untuk menciptakan iklim kerja sama di antara staf pelaksana program sehingga tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien. Fungsi aktuasi tidak terlepas dari fungsi manajemn lainnya. 

Aktuasi merupakan salah satu fungsi manajemen yang ditujukan untuk mewujudkan hasil nyata dari pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan dan pengorganisasian. Dalam lingkup kegiatan manajemen aktuasi berperan sebagai “penggerak” dari usaha-usaha yang ditujukan untuk mencapai tujuan bersama.

Apa itu Fungsi Aktuasi dalam Manajemen?
Apa itu Fungsi Aktuasi dalam Manajemen?

Ada bermacam-macam tantangan yang dihadapi manajer dalam melaksanakan tugas aktuasi ini. Karena aktuasi sebagai suatu proses yang dimulai dari dalam diri sendiri, menuntut manajer untuk dapat bekerja sama dengan para anggota lainnya serta memiliki tekad untuk maju. 

Di samping itu juga, untuk dapat memahami para anggotanya, seorang manajer atau pemimpin harus menguasai dasar-dasar ilmu perilaku. Tetapi, dengan dikuasainya ilmu perilaku saja tidak berarti bahwa seorang manajer atau pemimpin telah dapat dengan mudah menjalankan fungsi aktuasi. 

Kegagalan seorang manajer mengaktuasikan para anggotanya disebabkan tidak mampunya manajer tersebut memotivasi para anggotanya tersebut. Dengan dikuasainya dasar-dasar ilmu perilaku, seorang manajer dapat mengetahui motivasi apa yang harus dilakukannya, sehingga akhirnya akan memudahkan bagi manajer untuk memotivasi anggotanya. 

Salah satu cara yang dipakai untuk dapat memotivasi anggotanya adalah dengan memperhatikan jenjang kebutuhan para anggotanya. 

Motivasi ini adalah penting, karena dengan adanya motivasi berarti seseorang didorong untuk menentukan tindakannya agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Atau dengan kata lain, jika seorang manajer atau pemimpin dapat mengaktuasikan para anggotanya dengan baik, maka akan tumbuhlah motivasi para anggota untuk bergerak ke arah pencapaian tujuan organisasi.


Mengapa ilmu perilaku diperlukan dalam pelaksanaan fungsi aktuasi?

Tanpa adanya aktuasi ini, hasil nyata dari fungsi-fungsi manajemen lainnya seperti perencanaan ataupun pengorganisasian tidaklah dapat diwujudkan. Fungsi aktuasi ini merupakan gerak pelaksanaan dari kegiatan-kegiatan yang berupa fungsi perencanaan dan fungsi pengorganisasian. 

Fungsi aktuasi ini adalah fungsi yang harus dijalankan oleh setiap manajer dalam hubungan dengan pegawai atau pekerja di bawahnya. Sebagai suatu proses, aktuasi dimulai dari diri sendiri. 

Dalam diri seorang manajer selayaknya tertanam tekad untuk mencapai kemajuan dan kemampuan untuk bekerja sama secara harmonis dengan orang-orang lain. Tanpa adanya tekad dan kemampuan ini sulitlah diharapkan terjadinya aktuasi terhadap orang-orang lain.

Mengapa ilmu perilaku diperlukan dalam pelaksanaan fungsi aktuasi?
Mengapa ilmu perilaku diperlukan dalam pelaksanaan fungsi aktuasi?

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah objektivitas. Untuk terlaksanya fungsi aktuasi yang baik manajer dituntut untuk bersikap objektif . Manajer selayaknya mengevaluasi tindakan, kegiatan, ataupun reaksi anggota perusahaannya berdasarkan hasil-hasil pengamatan

Pendekatan perilaku adalah pendekatan yang menekankan pada pemahaman perilaku orang-oramg didalam sebuah organisasi sehingga seorang manajer harus mempelajari secara mendalam tindakan orang yang berada dalam sebuah organisasi tersebut. Tindakan ini disebut dengan perilaku organisasi yaitu suatu kajian ilmiah yang mengkaji tindakan orang-orang yang terlibat dalam organisasi tersebut . 

Pendekatan perilaku merupakan pendekatan yang percaya bahwa jika manajer berfokus pada karyawan bukan pada produksi mekanistik, maka pekerjaan menjadi lebih puas dan dengan demikian, lebih produktif. 

Baca juga: Spektrum Apropriasi dalam Seni Rupa

Mereka mendukung gagasan manajer harus paternalistik dan memelihara dalam rangka membangun kelompok kerja yang produktif dan kuat. Studi ini merupakan sebuah bidang telaah akademik khusus yang mempelajari organisasi, dengan memanfaatkan metode-metode dari berbagai ilmu. Antara lain yaitu ekonomi, sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan psikologi. 

Gerakan ilmu perilaku menekankan perlunya untuk studi ilmiah dari elemen manusia organisasi.Model ini menekankan perlunya karyawan untuk tumbuh dan berkembang mempertahankan harga diri dan tetap produktif. Prespektif manajemen perilaku (behavioral management perspective)menekankan pada pentingnya manajemen memerhatikan perilaku dan kebiasaan individu manusia yang terdapat dalam sebuah organisasi dan pentingnya pula manajemen melakukan perubahan perilaku dan kebiasaan manusia yang ada dalam organisasi agar organisasi dapat berjalan dengan baik.

Tag: Mengapa ilmu perilaku diperlukan dalam pelaksanaan fungsi aktuasi? Materi dan jawaban uas manajemen asas-asas manajemen tugas 2 UT, apa itu fungsi aktuasi dalam manajemen adalah...

Demikian jawaban untuk pertanyaan Mengapa ilmu perilaku diperlukan dalam pelaksanaan fungsi aktuasi? Semoga bermanfaat.... Baca juga: Apa itu Pendelegasian Wewenang?


0 Response to "Mengapa ilmu perilaku diperlukan dalam pelaksanaan fungsi aktuasi?"

Posting Komentar