-->

Pengertian dan Definisi Logika Menurut Aristoteles dan Para Ahli Ilmuwan Lainnya

Bagaimana pandangan Aristoteles mengenai ilmu Logika?

Apa itu Logika? Para filsuf sejak Aristoteles, dan bahkan sebelum itu, hampir seluruhnya mengakui bahwa logika dan matematika merupakan disiplin yang bertalian erat, Hingga pertengahan abad Ke-19, kebanyakan filsuf akan mengatakan pertalian tersebut terbatas pada aritmetika pada khususnya, yang di dalamnya fungsi-fungsi seperti penambahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian mempunyai analogi yang jelas dengan operator-operator logika seperti “dan”, “tidak”, dan sebagainya. 

Pengertian dan Definisi Logika Menurut Aristoteles dan Para Ahli Ilmuwan Lainnya
Pengertian dan Definisi Logika Menurut Aristoteles dan Para Ahli Ilmuwan Lainnya

Namun kemudian seorang cendekiawan yang bernama George Boole (1815-1864) menulis buku yang mempertahankan sesuatu yang ia sebut “Aljabar Logika”. Ia memperagakan bahwa hubungan aljabarik pun bertalian erat dengan hubungan logis dalam banyak hal.

Apa yang dimaksud dengan logika, dalam pandangan sehari-hari logika adalah istilah yang menunjukan, bhwa sesuatu itu harus matang dipikirkan. Lain halnya dengan Aristoteles, pengertian atau definisi Logika menurut Aristoteles adalah ilmu untuk membuat penyimpulan yang tepat.


Pengertian Logika Menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles logika adalah batu fondasi yang penting bagi semua jenis pengetahuan. Buah pikirnya yang brilian terkumpul dalam kompilasi yang diberi nama to organon . Organon yang berarti alat, instrumen atau metode untuk memperoleh pengetahuan ilmiah. Namun demikian Aristoteles lebih menekankan soal silogisme.

Kompilasi Organon berisi enam buah buku yaitu buku pertama membicarakan Categoriae (Tentang Kategori/konsep), buku dua membicara De Intepretatione (Tentang Proposisi), buku tiga membahas Analytica Priora (Tentang Silogisme), buku empat membahas tentang Analytica Posteriora (Tentang Pembuktian), buku kelima membahas tentang Topica (Tentang Seni Berdebat) dan buku keenam membahas tentang De Sophisticis Elenchis (Tentang Sesat Pikir).

Pengertian Logika Menurut Aristoteles
Definisi Logika Aristoteles

Pasca Aristoteles ada sebuah kesadaran bahwa logika bukan ilmu yang mandul. Logika terus berkembang seiring kebutuhan manusia. 

Dengan demikian logika tidak berhenti sampai dengan logika tradisionil yang digagas dan dikembangkan oleh Aristoteles semata. Ia berkembang seiring dengan gagasan-gagasan yang dikerjakan oleh Leibniz . 

Pemikiran Leibniz berawal dari tradisi Filsafat Stoa yang kemudian memunculkan genre baru yang kemudian lebih dikenal sebagai cikal bakal lahirnya logika modern. Untuk yang terakhir ini lazim disebut dengan logika simbolik. 

Terdapat pula istilah „logistik‟. Istilah terakhir ini sering pula disebut logika matematik atau logika simbolik. Logika ini lebih formal sifatnya daripada logika Aristoteles. Perbedaannya dengan logika klasik pada proses membuat konklusinya yang didasarkan atas premis yang terbatas dan tertentu. Premisnya itupun sendiri sudah melepaskan diri dari kenyataan. 

Model logika seperti ini kadang tidak secara sepintas tidak dipahami, atau hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja. Implementasi logika model ini terdapat pada bahasa sandi atau bahasa pemograman komputer.

Tetang status dan kedudukan disiplin logika, diakui masih terjadi polemik sampai saat ini. Sebagian pemikir menempatkan logika sebagai sub dari epistemologi. 

Namun sebagian pemikir lain menempatkan logika sebagai cabang filsafat yang otonom. Berkembang pula pemikiran tentang logika dikalangan filsuf-filsuf muslim dalam kerangka pengembangan filsafat Islam.

Salah satu contoh adalah pandangan logika yang dikembangkan oleh Suhrawardi. Ia dikenal sebagai penggagas filsafat illuminasinya. 

Baca juga: Pengertian Logika, Fungsi, Manfaat dan Contoh

Ia berpendapat bahwa logika sebagai bagian dari keseluruhan ilmu pengetahuan. Logika merupakan alat yang hendak digunakan dalam berpikir, namun tidak merupakan bagian dari ilmu secara mutlak. 

Yang harus dicatat dari pikiran Suhrawardi bahwa ia beranggapan logika tidak merupakan bagian dari filsafat karena tidak mengurusi hal-hal yang berada di luar pikiran. Hal demikian beralasan karena materi logika terkait dengan entitas yang sifatnya non riil.

Pemikiran menarik lainnya tentang logika disampaikan oleh filsuf spektakuler dijamannya, yakni Hegel.

Ia mendefinisikan logika sebagai Ilmu tentang ide dari struktur logis. Untuk memahami latar belakang batasan tersebut kita harus kembali kepada pikiran sentral dari Hegel yakni ide, alam, dan roh. Bagi Hegel „sejarah‟ sesungguhnya „perkembangan roh dalam waktu‟. 

Hal ini dibedakan dari „alam‟ yang merupakan perkembangan ide dalam ruang. Tesis awal bermula dari „ide‟ yang menurut Hegel akan senantiasa berdinamika/ berkembang dalam dirinya. Pada sisi lain terdapat antitesis berupa ide yang berada di luar dirinya yakni ruang/ alam. 

Seperti halnya ide, alam pun terus menerus berkembang. Pada diri manusia pun terdapat perkembangan kesadaran diri yang terus menerus pula yang dikenal dengan „roh‟. Terdapat pula antitesis dari ide dan alam pada tataran kesadaran yakni „sejarah‟. 

Yang harus dipahami pula, pemahaman Hegel terkait „waktu‟. Ia memahami waktu tidak sebagai fisik yang berjalan bersama ruang. Waktu olehnya dipahami sebagai „kesadaran‟. Roh menyusun kesadaran berupa fase sejarah karena perkembangan yang bersifat dialektis. 

Oleh karena itu alur pikir Hegel dipolakan oleh Hartman berikut: ilmu tentang Ide dan struktur logis menjadi domein logika. Ilmu tentang Alam dari ruang menjadi domein geometri. Ilmu tentang Roh dari Waktu menjadi domein sejarah.


Pengertian Logika Menurut Para Ahli

Secara sederhana logika, dapat dikatakan sebagai sebuah pertimbangan akal atau pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatkan dalam bahasa. logika adalah; ilmu dalam lingkungan filsafat yang membahas prinsip-prinsip dan hukum-hukum penalatran dengan tepat, ada juga yang menandaskan bahwa logika adalah ilmu pengetahuan (scinece) tetapi sekaligus juga merupakan kecakapan atau keterampilan (art) untuk berpikir lurus tepat dan teratur. 

Pengertian Logika Menurut Para Ahli
Pengertian Logika Menurut Para Ahli

Akhirnya, pengertian logika adalah teknik atau metode untuk meneliti ketepatan berpikir. Berpikir berarti mengamati dengan sadar, maka setiap pengamatan dengan sadar selalu akan bergerak kepada arah penilaian, dan berpikir berakhir pada sebuah keputusan. Konsep berpikir dalam logika biasanya dirumuskan sebagai berikut: Jika A=B, dan B=C, maka A=C; hal ini memperlihatkan adanya suatu proses berpikir, yakni meliputi pengamatan; pengolahan dan terakhir pemutusan. Yang kesemuanya disebut dengan pemikiran.

Yang dimaksud dengan pemikiran di sini ialah: Mencari suatu sesuatu yang belum diketahui berdasarkan sesuatu yang telah diketahui. sesuatu yang telah diketahui merupakan bahan pemikiran yang disebut dengan data (fakta), yaitu gejala atau peristiwa yang ditangkap oleh indera, sedangkan sesuatu yang belum diketahui akan menjadi hasil sebuah pemikiran, dan dinamakan dengan konklusi (konsekuensi), yaitu pengetahuan baru yang dituju dalam proses berpikir. Maka dengan demikian, isi pemikiran adalah data dan konklusi. Data dalam hal ini berjumlah lebih dari satu, sementara konklusi berjumlah satu. Jadi keseluruhannya terdiri dari tiga bagian

Proses berpikir tersebut diatas, merupakan bahasan dari logika. Jadi yang dimaksud dengan logika di sini merupakan studi yang perahatian utamanya adalah mengarahkan pemikiran untuk menyusun kriteria bagaimana mengevaluasi suatu argumen yang benar. 

Karena itu, logika mempelajari metode-metode dan prinsip-prinsip yang dipergunakan untuk membedakan penalaran yang lurus dan tidak lurus.

Yang menjadi tujuan dari mengetahui logika adalah agar mengarahkan pemikiran secara tepat. Jadi, logika berhubungana dengan kegitan berpikir, namun bukan hanya sekedar berpikir sesuai dengan kodrat manusianya, melainkan berpikir dengan hukum-hukum penalaran

Encyclopedia Britannica mengatakan bahwa logika adalah:

Logika adalah studi sistematik tentang sruktur proposisi dan syarat-syarat umum mengenai penalaran yang sahih dengan menggnkan metode yang mengesampingkan isi atau bahan psoposisi dan hanya membhas bentuk logisnya saja. perbedaan antara bentuk dan bahan ini diadakan apabila kita membedakan ketepatan logik (Logical Soundness) atau Kesahihan (validity) sebuah penalaran dengan kebenaran premis-premisnya, yang menjadi pangkal tolkanya.

Definisi logika yang diuraiakan oleh Encyclopedia Britannica, hanya membahas bentuk penalaran dan oleh karenanya logika yang dimaksudkan adalah logika formal, untuk membedakannya dengan logika materil, yakni logika yang membahas penalaran dari segi isis atau bahannya, dalam konsesus sekarang, yang disebut logika itu adalah logika formal. Kemudian logika dapat dikatakan sebagai metode atau teknik untuk meneliti ketepatan penalaran.

Logika menurut William S. Sahakian mengatakan bahwa logika adalah pengkajian untuk berpikir secara sahih, hakikat dari pengertian ini adalah untuk menegaskan bahwa logika harus dipahami lewat sebuah penalaran, karena sebuah penlaran akan dikatakan logis jika menggunkan konsep berpikir dalam logika. maka dengan demikian, dalam memahami logika terlebih dahulu harus dipahami apa itu penalaran.

Dari dua pengertian logika di atas, dapat disimpulkan bahwa logika merupakan sebuah ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk berpikir lurus, dikatan demikian, karena sesungguhnya logika berhubungan dengan kegiatan pikir, namun kegitan pikir yang dimaksudkan adalah bukan berpikir yang asal-asalan, tetapi berpikir menurut hukum-hukum logika. 

Baca juga: Pengertian Apropriasi Menuru Para Ahli

Misalnya, untuk mengatakan kata cinta kepada seorang gadis, tidak usah untuk menggunakan konsep-konsep logika, tapi cukup dikatakan saja, kenapa? karena logika tidak akan bisa menjawab apa yang akan dikatakan oleh gadis tersebut. 

Jadi jelas, di sini yang menjadi tgas pekerjaan logika adalah menentukan peraturan berpikir yang benar, sehingga dapat saya katakan bahwa logika adalah cara dan seni berpikir yang mengikuti konsep-konsep metode ilmiah.

Selain sebagai cara dan konsep berpikir, logika dapat dikatakan sebagai upaya untuk mencegah kesesatan dalam berpikir (fallacy). 

Immanuel Kant, mengatakan bahwa logika adalah the science of the laws of understanding. artinya logika menurut Imanuel Kant adalah, logika dapat dibagi menjadi dua bagian, pertama logika umum (universal), dan kedua logika khusus (particular), yakni hukum cara berpikir yang benar terhadap suatu kelompok objek-objek khusus (the laws of correct thinking upon a particular class of objects).

Tag: Apa pengertian logika menurut aristoteles adalah, definisi logika menurut para ahli ilmuwan adalah... fungsi dan manfaat ilmu logika bagi kehidupan manusia, logika apa itu, kenapa mempelajari logika penting bagi mahasiswa, pengertian logika menurut kbbi, Pengertian dan Definisi Logika Menurut Aristoteles, pengertian logika aristoteles

Itulah sedikit pembahasan definisi atau pengertian Logika Menurut Aristoteles dan para ahli. Sangat cocok dijadikan bahan rujukan untuk skripsi, tesis dan disertasi. Baca juga:Sejarah Logika, Awal Mula Perkembangan Ilmu Logika


0 Response to "Pengertian dan Definisi Logika Menurut Aristoteles dan Para Ahli Ilmuwan Lainnya"

Posting Komentar