-->

Asal-Usul dan Kekuatan Captain Marvel (Carol Danvers) dari Marvel Comics

Selowae.NetSiapa itu Captain Marvel? Captain Marvel adalah karakter dalam buku komik Marvel yang muncul pertama kali dalam komik Marvel Super-Heroes #13 tahun 1968.

Identitas aslinya adalah Carol Danvers, seorang mantan pilot yang kemudian menjadi superhero wanita terkuat di jagat Marvel Comics. Tahun 2019 mendatang, Marvel Studios akan mengangkat karakter ini ke layar lebar dengan Brie Larson sebagai pemeran Carol Danvers alias Captain Marvel.

Nah, sembari menunggu filmnya rilis, yuk kita ketahui terlebih dahulu cerita asal-usul dan kekuatan Captain Marvel versi komik di bawah ini!


Sejarah Asal-Usul Captain Marvel (Carol Danvers)


Asal-Usul Captain Marvel (Carol Danvers)
Siapa sebenarnya Captain Marvel?


Carol Danvers adalah putri dari Joe Danvers, Sr. dan Marie Danvers. Carol memiliki dua saudara laki-laki bernama Stevie dan Joe, Jr.

Sejak kecil, Carol Danvers memiliki cita-cita menjadi seorang astronot dan bepergian ke planet yang jauh; ketika remaja ia bahkan pergi ke Cape Canaveral untuk melihat peluncuran roket di sana. Namun, impiannya ini tidak mendapat restu ayahnya karena menurutnya seorang wanita tidak cocok untuk profesi tersebut.

Beranjak dewasa, Carol secara diam-diam bergabung dengan satuan Angkatan Udara untuk menjadi pilot dan mendapatkan gelar sarjana. Kematian saudara laki-lakinya Steve dalam aksi militer akhirnya membawa Carol kembali ke keluarganya, tetapi dia masih tidak pernah merasa diterima oleh ayahnya.

Suatu hari, saat Carol Danvers menerbangkan jet eksperimental melalui jalur udara Arab, tiba-tiba saja ia tertembak jatuh dan ditangkap oleh seorang pria bernama Ghazi Rashid, yang kemudian menyiksanya selama beberapa hari.

Dia berhasil melarikan diri meskipun kakinya patah dan mengalami cedera serius. Setelah sampai di sebuah markas milik CIA di daerah tersebut, dia memberikan informasi kunci kepada komunitas intelijen.

Kolonel Michael Rossi kemudian merekrutnya untuk bergabung dengan tim intelijen Angkatan Udara dan mereka bekerja sama untuk menangkap Rashid. Keduanya menjadi dekat dan memulai hubungan romantis.

Beberapa tahun setelahnya, Carol menyelesaikan banyak misi yang berbeda dan bekerja dengan tokoh-tokoh lain seperti Kolonel Nick Fury, Logan (nantinya menjadi Wolverine) dan Benjamin Grimm (nantinya menjadi Thing). Dia juga pernah berkonfrontasi Victor Creed (nantinya menjadi Sabretooth), dan Natalia Shostakova (nantinya menjadi Black Widow).


Bergabung dengan NASA

Carol Danvers mengundurkan diri dari Angkatan Udara setelah ia mendapat tawaran dari NASA utuk menjadi kapten keamanan termuda dalam sejarah NASA. Di sini, Carol mulai terlibat dengan berbagai persoalan galaksi, termasuk terlibat dengan para alien Kree Empire. Dia bertemu dan akhirnya berteman dengan prajurit Kree bernama Mar-Vell. 

Asal-Usul dan Kekuatan Captain Marvel (Carol Danvers) dari Marvel Comics
Asal-Usul Captain Marvel dan kekuatannya


Beberapa bulan berikutnya, Carol diculik oleh intelijen robot alien Cyberex dan kemudian dirawat di rumah sakit.  Ali-Rogg kemudian menculiknya ketika dia masih gegar dan akhirnya bertarung melawan Mar-Vell. Selama pertempuran ini, Carol terkena radiasi ledakan dari suatu alar Kree bernama Psyche-Magnitron yang rusak, perangkat kuat ini dapat mengubah imajinasi menjadi kenyataan.

Struktur genetik Carol Danvers diubah secara efektif, membuatnya menjadi seorang manusia super setengah-Kree. Namun, awalnya Carol tidak menyadari perubahan ini selama berbulan-bulan.

Karirnya yang sukses di NASA mendadak jatuh karena kejadian tersebut. Karena Carol tidak mampu mengendalikan kekuatannya, ia dipindahkan ke salah satu fasilitas NASA di dekat Chicago. Bahkan kemudian ia dijadikan penjaga keamanan biasa. Carol kemudian memilih untuk mengundurkan diri dari NASA.


Menjadi Ms. Marvel Sebelum Captain Marvel

Sebelum memakai identitas Captain Marvel, Carol Danvers dikenal sebagai superhero bernama Ms. Marvel. Setelah sebelumnya sempat menjadi editor untuk Woman Magazine milik Daily Bugle, Carol kemudian memulai aksi superheronya dan bertemu dengan Spider-Man, Iron Man dan superhero Marvel lainnya. Ia juga bergabung dengan kelompok Avengers selama Scarlet Witch cuti dari tim.

siapa captain marvel, fakta captain marvel
Cerita asal-usul dan kekuatan Captain Marvel


Ms Marvel dengan cepat membuktikan dirinya sebagai anggota yang berharga. Dalam perkembangan ceritanya, Carol kemudian mengubah namanya menjadi Captain Marvel, dan identitas Ms Marvel kemudian dipakai oleh Kamala Khan.

Kekuatan Captain Marvel 

daftar kekuatan captain marvel adalah
Apa saja kekuatan Captain Marvel?


Kekuatan Superhuman: Captain Marvel adalah manusia super yang kuat, meskipun tingkat kekuatan spesifiknya tidak diketahui secara pasti.

Namun, karena Carol mampu menyerap dan memanipulasi berbagai jenis energi, ia dapat menggunakan energi yang diarahkan ini untuk meningkatkan kekuatan fisiknya ke tingkat yang lebih tinggi.

Superhuman Stamina: Carol mampu menyalurkan energi yang ia serap untuk meningkatkan staminanya ke tingkat yang lebih tinggi.

Daya Tahan Super: Jaringan tubuhnya jauh lebih keras dan lebih tahan terhadap cedera fisik dibandingkan dengan manusia biasa. Dia mampu menahan peluru kaliber tinggi, paparan suhu dan tekanan ekstrem, dan ledakan energi kuat tanpa mengalami cedera.

Sambil menyalurkan energi yang diserapnya, ketahanan tubuhnya diperluas ke tingkat yang lebih besar.

Superhuman Agility: Sebagai Binary, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh Captain MArvel ditingkatkan ke level yang secara signifikan melampaui batas alami tubuh manusia.

Superhuman Reflexes: Sebagai Binary, kemampuan reflek Carol meningkat dengan sangat hebat.

Terbang: Carol mampu mendorong dirinya sendiri melalui udara dan hampa ruang pada kecepatan yang luar biasa. Meskipun kecepatan puncaknya tidak diketahui, dia terbang dengan

Baca juga: Top 16 Macam Captain Marvel dari Komik DC dan Marvel


kecepatan tiga kali kecepatan suara selama beberapa jam, dan kemungkinan masih bisa lebih cepat.

Penerbangan Luar Angkasa: Sebagai Binary, Carol mampu bertahan di ruang hampa udara untuk waktu yang tidak terbatas. Setelah kehilangan kekuatan Binary pertamanya, Carol terbukti tidak mampu mencapai orbit atau bertahan hidup tanpa bantuan di luar angkasa.

Flash Precognition / Cosmic Awareness / Hyper-Cosmic Awareness: Bagian dari kekuatan aslinya sebagai Ms. Marvel, Carol secara tidak sadar mampu mengantisipasi pergerakan lawannya, meskipun kekuatan ini tidak dapat diandalkan dan diaktifkan secara acak.

Contaminant Immunity: Carol memiliki fisiologi Kree manusia / alien yang menyatu. Hal ini memberinya tingkat kekebalan terhadap berbagai jenis racun dan penyakit

Manipulasi Energi: Captain Marvel dapat mengontrol, menyerap, dan memanipulasi berbagai jenis energi.

Penyerapan Energi: Tubuhnya mampu menyerap berbagai jenis energi untuk meningkatkan kekuatan fisiknya sendiri dalam waktu tertentu.



Photonic Blast

Faktor Penyembuhan Regeneratif: Energi yang diserap meningkatkan potensi metabolismenya, memungkinkan Captain Marvel untuk beregenerasi dengan cepat ketika terluka.

Kontrol Molecular Minor: Dia dapat menggunakan energi yang diserap untuk mengubah pakaian biasa menjadi kostum dan sebaliknya.

Binary: Dalam mode Binary, seluruh kekuatan Captain Marvel akan meningkat dengan pesat, sampai beberapa kali lipat.


Kemampuan Captain Marvel

Spy: Carol adalah mata-mata yang berpengalaman, dia pernah bekerja dalam berbagai operasi penyamaran untuk Intelijen Angkatan Udara.

Multilingual: Carol fasih dalam berbahasa Inggris, Rusia, dan bahasa Bumi lain yang tidak diketahui. Ia juga menguasai bahasa Kree dan bahasa Shi'ar.

Pilot: Carol adalah pilot berbakat, telah memiliki banyak pengalaman sebagai pilot pesawat USAF. Dia juga sering terlihat mengemudikan pesawat luar angkasa.

Master Combatant: Carol ahli dalam berbagai jenis pertempuran, baik pertempuran tangan kosong maupun dengan senjata

Jurnalis: Carol adalah seorang jurnalis berbakat yang mahir sebagai penulis dan editor majalah lepas.


Baca juga: 10 Film Korea Sedih Ini Sukses Bikin Nangis Penontonnya


Beberapa Fakta tentang Captain Marvel


Fakta Captain Marvel
Fakta Captain Marvel

 "Captain Marvel" adalah karakter pahlawan super fiksi yang muncul dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Captain Marvel:


1. Banyak Karakter yang Menjadi Captain Marvel:

Terdapat beberapa karakter yang mengenakan nama Captain Marvel dalam sejarah komik Marvel. Salah satunya adalah Carol Danvers, yang awalnya dikenal sebagai Ms. Marvel sebelum mengambil gelar Captain Marvel. Sebelumnya, nama Captain Marvel juga dikenakan oleh Mar-Vell, seorang alien Kree, dan beberapa karakter lainnya.


2. Carol Danvers sebagai Captain Marvel:

Carol Danvers menjadi Captain Marvel pada tahun 2012 dalam seri komik bertajuk "Captain Marvel" karya penulis Kelly Sue DeConnick dan seniman Dexter Soy. Sejak saat itu, Carol Danvers telah menjadi salah satu karakter pahlawan super paling ikonik di Marvel Universe.


3. Karakter Penuh Warna:

Captain Marvel dikenal dengan kostumnya yang penuh warna, terutama dominan warna merah, biru, dan emas. Desain kostumnya yang mencolok mencerminkan semangat pahlawan super yang kuat dan penuh keberanian.


4. Kekuatan Super:

Sebagai Captain Marvel, Carol Danvers memiliki sejumlah kekuatan super, termasuk kekuatan fisik yang luar biasa, kemampuan terbang, daya tahan yang tinggi, dan kemampuan menghasilkan sinar energi dari tangannya. Kekuatan ini berasal dari fusi DNA-nya dengan DNA alien Kree.


5. Pengaruh Militer:

Sebelum menjadi Captain Marvel, Carol Danvers memiliki latar belakang militer. Dia adalah seorang pilot Angkatan Udara Amerika Serikat, dan keberaniannya sebagai seorang prajurit memainkan peran penting dalam karakternya.


6. Keterlibatan dalam Avengers:

Captain Marvel telah menjadi anggota Avengers, salah satu tim pahlawan super terkuat di Marvel Universe. Keberadaannya memberikan kontribusi besar dalam menghadapi ancaman-ancaman besar yang mengancam keamanan dunia.


7. Adaptasi Film:

Karakter Captain Marvel diadaptasi ke dalam film layar lebar yang dirilis pada tahun 2019, yang dibintangi oleh aktris Brie Larson sebagai Carol Danvers. Film ini menjadi salah satu instalasi kunci dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) dan mendapat sambutan positif.


8. Symbol dan Identitas Ikonik:

Lambang bintang bersiluet di dada seragam Captain Marvel menjadi salah satu identitas ikonik karakter ini. Lambang ini mencerminkan semangat pahlawan luar biasa yang berusaha melindungi keadilan dan kebebasan.


9. Penciptaan oleh Roy Thomas dan Gene Colan:

Captain Marvel pertama kali muncul dalam "Marvel Super-Heroes" #12 pada Desember 1967. Karakter ini diciptakan oleh penulis Roy Thomas dan seniman Gene Colan.


10. Pertumbuhan Popularitas:

 Captain Marvel telah mengalami peningkatan popularitas yang signifikan, terutama setelah penerbitan seri komik modern yang menampilkan Carol Danvers sebagai tokoh utama. Keberaniannya, kekuatannya, dan dedikasinya terhadap keadilan telah membuatnya menjadi simbol kekuatan wanita dalam dunia pahlawan super.

Dengan sejumlah karakter dan versi yang berbeda, Captain Marvel terus berkembang sebagai salah satu tokoh pahlawan super paling menarik dalam Marvel Universe.

Tag: siapa Captain Marvel adalah superhero wanita terkuat Marvel Comics. Apa perbedaan dengan Shazam, fakta kekuatan power, Sejarah asal-usul Captain Marvel dalam komik adalah, kekuatan dan kemampuan Carol Danvers.



Demikian pengenalan singkat mengenai asal-usul dan kekuatan Captain Marvel (Carol Danvers) dari Marvel Comics. Klik Next untuk melihat macam-macam Captain Marvel dalam komik. Jangan lupa juga membaca 20 Anime Bertema Vampire Wajib Nonton.


0 Response to "Asal-Usul dan Kekuatan Captain Marvel (Carol Danvers) dari Marvel Comics"

Posting Komentar