-->

Asal-Usul dan Kekuatan Zoom (Hunter Zolomon), Reverse Flash Generasi Ketiga dari DC

Siapa sebenarnya Zoom, musuh The Flash dalam DC Comics?

Jika Jay Garrick punya The Rival dan Barry Allen punya Professor Zoom, maka Wally West memiliki Zoom (Hunter Zolomon) sebagai kebalikan atau Reverse-Flashnya. 

Awalnya, Hunter Zolomon adalah orang yang baik, dan bahkan ia merupakan anggota kepolisian di Keystone City. Sayangnya, suatu hari kakinya lumpuh akibat serangan Gorilla Grodd. Kehilangan kedua kakinya membuat Hunter merasa masa depannya telah hancur, hingga ia sadar bahwa Wally West (The Flash saat itu) bisa mengubah semuanya.

Asal-Usul dan Kekuatan Zoom (Hunter Zolomon) dari DC Comics

Ia pun meminta tolong pada Wally West untuk kembali ke masa lalu dan mencegah kelumpuhan pada kakinya. Namun Wally menolaknya karena hal itu akan merusak tatanan waktu dan berbahaya untuk masa depan.

Mendengar penolakan Wally West, tidak membuat Hunter Zolomon kehilangan niatnya. Ia tetap nekat ingin kembali ke masa lalu menggunakan Cosmic Treadmill yang disimpan di Flash Museum.

Ketika ingin menggunakan Cosmic Treadmill, alat tersebut malah meledak dan menghanguskan sebagian besar Flash Museum. Beberapa hari kemudian, Hunter terbangun di rumah sakit dan mendapati sekelilingnya bergerak sangat lambat.

Menggunakan kemampuannya, Hunter Zolomon menjelma menjadi Reverse-Flash yang baru. Siap memberikan mimpi buruk dalam kehidupan Wally West.

Berikut pembahasan lebih lengkap mengenai Asal-Usul dan kekuatan Zoom, Reverse Flash Generasi Ketiga.


Asa-Usul Zoom (Hunter Zolomon) DC

Hunter Zolomon memiliki hubungan yang bermasalah dengan orang tuanya, karena mereka jarang berbicara satu sama lain. Suatu hari ketika Hunter Zolomon akan berangkat kuliah, dia kaget melihat polisi telah mengepung rumahnya. Ayahnya ternyata adalah seorang pembunuh berantai, dan ketika ibunya memberi tahu polisi, ayah Hunter telah membunuhnya. Setelah menolak menyerah, ayahnya dibunuh oleh polisi.

Sejak saat itu Hunter menjadi terobsesi untuk memahami pikiran kriminal, dia mempelajari psikologi dan kriminologi di perguruan tinggi. Hunter kemudian bergabung dengan FBI bersama pacarnya ( Ashley ), yang kemudian dinikahinya. 

Satu kasus mengakibatkan ayah Ashley terbunuh, karena Hunter Zolomon percaya penjahat yang mereka kejar tidak akan menggunakan senjata. Keyakinan Hunter menjadi kenyataan lama setelah penjahat itu dijebak oleh Eobard Thawne, Reverse Flash. 

Ashley meninggalkannya tak lama kemudian, dan FBI menghentikan pekerjaannya. Hunter Zolomon juga menderita lutut yang rusak akibat kasus tersebut, dan membutuhkan tongkat untuk berjalan.


Transformasi Menjadi Zoom

Hunter terluka parah dalam serangan oleh Gorilla Grodd di Iron Heights . Cedera itu membuat Hunter lumpuh dari pinggang ke bawah. Dia meminta Wally West untuk menggunakan Cosmic Treadmill penjelajah waktu di Flash Museum untuk mencegah hal ini terjadi. 

Siapa sebenarnya Zoom, musuh The Flash dalam DC Comics?

Namun Wally West menolak, mengatakan bahwa dia tidak bisa mengambil risiko merusak timeline. Zolomon kemudian masuk ke museum dan mencoba menggunakan treadmill sendiri. Ledakan yang dihasilkan menghancurkan museum dan menggeser koneksi Hunter ke waktu. 

Dia sekarang dapat mengubah kerangka waktu pribadinya, memberikan efek kecepatan super. Ide itu membuatnya mampu memperlambat waktu di sekitarnya. Nanti dia akan mendapatkan kekuatan itu secara penuh.

Zolomon memutuskan bahwa Wally West atau The Flash menolak membantu karena, tidak seperti The Flash (Barry Allen) sebelumnya , West tidak pernah mengalami tragedi pribadi. 

Hunter Zolomon memutuskan bahwa jika dia menjadi Zoom baru dan membunuh istri West ( Linda Park ), ini akan membantu The Flash menjadi pahlawan yang lebih baik. 

The Flash berhasil mengalahkan Zoom, mencegah kematian Linda, namun serangannya menyebabkan keguguran anak kembar mereka. Sejak saat itu, permusuhan antara Zoomdan The Flash terus berlanjut.


Kekuatan Zoom (Hunter Zolomon)

Kekuatan Zoom (Hunter Zolomon)

  • Chronokinesis: 

Hunter Zolomon memiliki kemampuan untuk mengubah waktu relatif terhadap dirinya sendiri, berlawanan dengan memanfaatkan Speed Force seperti yang dilakukan kebanyakan speedster DC Universe. 

Dia tampaknya dapat menggunakan kemampuan ini untuk bergerak dengan "kecepatan" bahkan menyaingi Wally West, dan biasanya, "lebih cepat" daripada kecepatan yang bahkan bisa dikerahkan Wally dalam banyak kasus. 

Baca juga: Fakta tentang Lobo, Antihero Gila dari DC Comics

Zoom memiliki kekuatan untuk mengontrol linimasa pribadinya, dia mempercepat linimasanya sendiri untuk berjalan lebih cepat dan memperlambat linimasanya sendiri untuk bergerak lebih lambat. Sifat temporal dari kecepatannya memungkinkannya untuk menghindari masalah yang biasa dihadapi oleh speedster tipe Flash lainnya (gesekan, melihat dan mendengar pada kecepatan mendekati cahaya, dll.), yang penggunaan Speed Force  secara otomatis dan tidak sadar mengatasi masalah tersebut. Saat dia bergerak dengan kecepatan normal, dan bagian dunia lainnya "lambat", rintangan itu tidak memengaruhinya.

  • Refleks Manusia Super : Karena persepsi waktu yang lambat, Zoom mampu dengan mudah bereaksi terhadap bahaya dan peristiwa. Dia dapat dengan mudah memblokir beberapa pukulan yang dilemparkan oleh Flash dengan kecepatan super.

  • Daya Tahan Manusia Super : Dia mampu menahan pukulan dari speedster yang bergerak dengan kecepatan luar biasa, dan tidak mengalami cedera serius.

  • Kekuatan Manusia Super : Manipulasi waktu Zoom memungkinkannya menghasilkan kekuatan  manusia super yang sangat besar. Dia dikatakan memukul lebih keras dari Superman.

  • Berpikir Cepat : Saat memanipulasi bidang waktu pribadinya, memungkinkannya untuk berpikir jauh lebih cepat daripada orang normal.

  • Indera Super: Saat memanipulasi bidang waktu pribadinya, indera Zoom sangat meningkat. Saat pertama kali menemukan kekuatannya, Zoom dapat mendengar dengungan lalat dari aula.

  • Proyeksi Energi : Zoom mampu memproyeksikan petir yang dia hasilkan sebagai efek samping dari manipulasi waktunya.

  • Gelombang Kejut : Zoom juga memiliki kemampuan untuk menciptakan dentuman sonik dan gelombang kejut yang sangat kuat hanya dengan menjentikkan jarinya, kemampuan yang dia gunakan untuk membunuh bayi Linda yang belum lahir.

  • Power Distribution : Zoom telah mendemonstrasikan kemampuan untuk memberikan suatu bentuk "kecepatan super" kepada makhluk lain dengan memberi mereka kemampuan untuk mengontrol waktu relatif mereka, melalui Zoom sendiri. Dia mampu memberikan kekuatan ini kepada Inertia

Itulah pembahasan singkat mengenai siapa sebenarnya Zoom dalam komik DC.Dalam versi live action, Zoom tampil lebih mengintimidasi dengan kostum warna hitam. 

0 Response to "Asal-Usul dan Kekuatan Zoom (Hunter Zolomon), Reverse Flash Generasi Ketiga dari DC"

Posting Komentar