-->

Fakta dan Penjelasan Chronobowl di Film The Flash, Mesin Waktu Para Speedster DC

Film The Flash, yang disutradarai Andy Muschietti dan dibintangi Ezra Miller, saat ini diputar di bioskop di seluruh dunia. Yang telah menonton filmnya pasti tahu bahwa The Flash telah membawa elemen baru ke DC Universe yang disebut Chronobowl. 

Elemen ini sangat penting bagi The Flash dan telah terlihat beberapa kali di promosi filmnya, menampilkan Barry Allen, yang berperan sebagai Flash, di dalam kubah energi transparan. Pada artikel kali ini, kita akan melihat apa sebenarnya Chronobowl dan bagaimana cara kerjanya di film The Flash.


Apa itu Chronobowl di Film The Flash?

Apa itu Chronobowl di Film The Flash?

Chronobowl pada dasarnya merupakan lokasi imajiner di film The Flash yang sebelumnya tidak pernah terlihat di film DC sebelumnya. Karena itu, tempat ini hanya dapat diakses jika seorang DC speedster berhasil melampaui ruang dan waktu, yang baru Flash lakukan di film terbarunya. 

Semuanya bermula ketika Flash ingin mengubah nasib buruknya dengan mencegah ibunya Nora Allen meninggal agar ayahnya Henry Allen tidak dituduh sebagai pembunuh. Dengan kata lain, Flash harus melakukan tindakan ekstrim yang sebenarnya sudah dilarang oleh Batman untuk membuat keluarganya utuh kembali.
Seperti di ending Zack Snyder's Justice League (2021), Flash akan tiba di Chronobowl saat dia berlari sekuat tenaga dengan mengakses Speed Force sampai akhirnya melampaui ruang dan waktu. Bentuknya serupa dengan sebuah stadion dengan Flash di tengah. 

Ini adalah lokasi imajiner di mana Flash dapat memajukan dan memundurkan peristiwa yang terjadi di semestanya. Selain itu, setelah keluar dari kubah energi transparan yang menyelubunginya, Flash memiliki kemampuan untuk pergi ke mana pun di timeline-nya, yang dapat digambarkan sebagai "spageti" linier di multiverse DC.


Mesin Waktu Speedforce

Fakta dan Penjelasan Chronobowl di Film The Flash, Mesin Waktu Para Speedster DC

Secara umum, Chronobowl berfungsi sebagai mesin waktu dari dunia DC Universe yang hanya dapat digunakan dengan kekuatan Speed Force. Terlepas dari kenyataan bahwa hal-hal yang tidak masuk akal ini tidak pernah terjadi di dunia nyata, tujuan utama dari Chronobowl sendiri adalah untuk memberi penonton The Flash pandangan tentang perjalanan waktu, yang, tanpa elemen tersebut, mungkin membuat mereka bingung. 

Selain itu, penggambaran dan cara Chronobowl digunakan dalam filmnya membuat perjalanan waktu lebih mudah dipahami, bahkan untuk penonton yang lebih muda.

Walaupun sederhana, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa ketika Flash keluar dari Chronobowl, dia dapat mengubah timeline semestanya. 

Jika, misalnya, dia melakukan kontak di timeline yang dikunjunginya, seperti menempatkan tomat kalengan di belanjaan ibunya, Chronobowl berubah menjadi persimpangan baru yang menciptakan awalan dan akhiran timeline baru. 

Sehubungan dengan analogi spageti sebelumnya, persimpangan inilah yang menghasilkan sehelai spageti linier tambahan yang dapat terus bertumpuk menjadi semangkuk spageti alias multiverse.

Meskipun praktis, dalam kenyataannya, jika pengguna Chronobowl melakukan kesalahan, semua semesta di multiverse DC dapat saling bertabrakan karena kekacauan yang luar biasa. 

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa Chronobowl di film The Flash adalah komponen atau alat yang kompleks dan sederhana pada saat yang sama, sehingga jika seorang speedster DC menggunakannya secara sembarangan, akan ada banyak konsekuensi. 

Di akhir film, Flash pada akhirnya menyadari hal ini, meskipun dia masih mencoba mengembalikan semuanya seperti sebelumnya.



Chronobowl dalam Versi Komik

Chronobowl dalam Versi Komik

Seperti yang kita ketahui, The Flash adalah film live action yang mengambil inspirasi dari peristiwa Flashpoint yang ditulis oleh DC Comics. Apakah Chronobowl ada di komiknya sekarang? Itu pasti tidak, karena fitur ini baru digunakan di filmnya. Walaupun begitu, Cosmic Treadmill, elemen komedi, cukup mirip dengan Chronobowl. 

Cosmic Treadmill, pertama kali disebutkan di komik The Flash #125 (1961) oleh John Broome dan Carmine Infantino, dibuat oleh Barry Allen, yang dikenal sebagai Flash, agar dia dapat melakukan perjalanan waktu dengan kecepatan supernya.

Chronobowl dan Cosmic Treadmill keduanya digunakan sebagai alat untuk melampaui ruang dan waktu, tetapi Chronobowl adalah tempat imajiner yang hanya dapat dilihat dan dirasakan oleh speedster DC, dan ini membuatnya lebih unik di film The Flash. Dalam waktu dekat, Chronobowl mungkin juga diperkenalkan di DC Comics sebagai "mesin waktu" yang lebih baik, bahkan mungkin dalam reboot jagat DC Universe.


Sampai di sini pembahasan tentang Chronobowl di film The Flash. Untuk saat ini, DC Studios belum memberikan informasi tentang speedster di reboot DC Universe yang akan dimulai tahun depan. Namun, dengan multiverse DC yang diungkapkan oleh film The Flash, akan sangat menarik untuk melihat bagaimana Chronobowl berfungsi di film DC Universe yang akan datang.

0 Response to "Fakta dan Penjelasan Chronobowl di Film The Flash, Mesin Waktu Para Speedster DC"

Posting Komentar