Kamis, 12 Oktober 2017

12 Film Keluarga Terbaik untuk Ditonton Bersama Anak, dari Zathura sampai Home Alone

Simak rekomendasi film keluarga terbaik sepanjang masa yang cocok untuk ditonton bersama anak-anak!


SinduLin.web.id – Untuk mengisi waktu liburan keluarga, tidak harus dengan mendatangi tempat-tempat wisata tertentu. Bisa juga berdiam di dalam rumah dan berkumpul bersama keluarga untuk menyaksikan film-film seru.

Selain dapat mempererat hubungan kekeluargaan, menonton film bersama juga dapat menjadi sarana edukasi yang sekaligus menginspirasi anak-anak kita.

Jika kamu sedang mencari rekomendasi film terbaik yang cocok ditonton bersama keluarga, maka 12 film dalam daftar ini adalah pilihan terbaiknya!


Rekomendasi Film Keluarga Terbaik yang Wajib Ditonton


Zathura: A Space Adventure


rekomendasi film keluarga terbaik sepanjang masa

Zathura: A Space Adventure adalah film science-fiction yang bercerita tentang petualangan ruang angkasa. Film yang rilis tanggal 11 November 2005 ini diangkat dari buku berjudul sama karya Chris Van Allsburg, sang penulis Jumanji.

Kisah dalam film Zathura sendiri berfokus pada Walter (Josh Hutcherson) dan Danny (Jonah Bobo), dua bersaudara yang tidak pernah bisa akrab satu sama lain. Ada juga kakak perempuan mereka yang bernama Lisa (Kristen Stewart).

Suatu hari, kedua bersaudara tersebut menemukan sebuah board game misterius bertuliskan Zathura. Merasa penasaran, keduanya pun langsung memainkan board game tersebut. Tanpa disangka-sangka, board game Zathura membawa mereka ke sebuah perjalanan luar angkasa yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Satu-satunya cara untuk mengembalikan semua seperti sedia kala adalah mengakhiri permainan dan mencapai ruang terakhir Zathura.


rekomendasi film keluarga terbaik sepanjang masa

Charlie and the Chocolate Factory


Charlie and the Chocolate Factory merupakan lanjutan dari film tahun 1971 yang berjudul Willly Wonka and the Chocolate Factory. Film yang tayang pertamakali tahun 2005 ini disutradarai oleh Tim Burton dan dibintangi oleh Johnny Depp, Freddie Highmore, David Kelly, Helena Bonham Carter, Noah Taylor dan Missi Pyle.

Film keluarga satu ini mengisahkan tentang Willy Wonka (Johnny Depp), pemilik pabrik cokelat terbesar di dunia yang baru saja membuka kembali pabriknya setelah 15 tahun ditutup dari dunia luar.

Ia membuat pengumuman kepada dunia luar bahwa 5 orang anak yang berhasil menemukan Tiket Emas di produk cokelat Wonka akan mendapatkan kesempatan untuk berkeliling mengunjungi pabrik tersebut.

Salah satu dari lima anak yang beruntung mendapatkan Tiket Emas Wonka adalah Charlie. Bersama dengan anak-anak pemenang lainya dan pendamping mereka, Charlie dibawa berkeliling pabrik Wonka dan melihat berbagai keajaiban di dalamnya.

Film keluarga terbaik satu ini bukan Cuma seru dan penuh imajinasi, namun di akhir film ada juga amanat tentang pentingnya sebuah keluarga yang pastinya cocok ditonton bersama anak Anda.


The Jungle Book


The Jungle Book merupakan film fantasy yang diangkat dari buku berjudul sama karya Rudyard Kipling. Film yang disutradarai oleh Jon Favreau ini mengisahkan tentang Mowgli (Neel Sethi), seorang anak laki-laki yang dibesarkan oleh sekawanan serigala.

Mowgli diajari cara hidup seorang serigala dan dilarang menggunakan trik (jalan pintas) yang merupakan cara yang dilakukan manusia.

Kehidupan damai di hutan tiba-tiba menjadi gaduh setelah seekor harimau benggala bernama Shere Khan (Idris Elba) datang dan berpendapat bahwa keberadaan Mowgli sangat berbahaya bagi penduduk hutan. Shere Khan pun mengancam akan memangsa Mowgli sebelum dirinya menjadi berbahaya seperti manusia kebanyakan.

Mau tidak mau, Mowgli pun harus meninggalkan keluarga serigalanya untuk menyelamatkan diri dari Shere Khan. Petualangan Mowgli yang ingin kembali ke desa manusia pun dimulai.

Adapun film The Jungle Book dibintangi oleh Neel Sethi sebagai Mowgli dan diisi suara oleh Bill Murray, Ben Kingsley, Idris Elba, Lupita Nyong'o, Scarlett Johansson, Christopher Walken dan Giancarlo Esposito.

Baca juga: 15 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa


film keluarga terbaru 2017

We Bought a Zoo


Rekomendasi film keluarga terbaik berikutnya adalah We Bought a Zoo yang rilis tahun 2011. Film drama komedi keluarga ini diangkat berdasarkan sebuah memoar berjudul sama karya Benjamin Mee.

We Bought a Zoo mengisahkan tentang sebuah keluarga yang membeli kebun binatang kumuh yang sudah tidak beroperasi lagi. Keluarga tersebut berkeinginan untuk memperbaiki seluruh kebun binatang agar bisa dibuka kembali kepada publik.

Film yang diproduksi oleh 20th Century Fox ini dibintangi oleh Matt Damon, Scarlett Johansson, Maggie Elizabeth Jones, Thomas Haden Church dan Elle Fanning. Hanya dengan budget $ 50 juta, We Bought a Zoo berhasil memperoleh pendapatan sebesar $ 120,1 juta.


Sky High


Suka film keluarga bertema superhero? Maka film Sky High sangat cocok untuk dipilih menjadi tontonan keluarga. Film yang diproduksi Disney Pictures pada tahun 2005 ini mengisahkan tentang keluarga pahlawan yang paling disegani, yaitu Keluarga Stronghold.

Dalam keluarga ini, terdapat pasangan superhero terkuat di dunia, yaitu The Commander yang super kuat dan Jetstream yang bisa terbang. Anak mereka, Will Stronghold juga diharapkan akan menjadi superhero hebat seperti kedua orang tuanya.

Sayangnya, ternyata Will Stronghold tidak mempunyai kekuatan apapun saat ritual Power Placements, sehingga dia hanya dimasukkan kedalam kelas sidekick dan bukan kelas superhero. Konflik mulai terjadi ketika The Commander mengetahui bahwa selama ini Will berbohong akan kekuatannya.

Film Sky High sendiri disutradarai oleh Mike Mitchell dan dibintangi oleh Michael Angarano sebagai Will Stronghold, Kurt Russell sebagai The Commander, Kelly Preston sebagai Josie/Jetstream dan Danielle Panabaker sebagai Layla.

Baca juga: 10 Laptop Gaming Harga 5 Jutaan Terbaik


rekomendasi film untuk anak-anak paling seru

E.T. the Extra-Terrestrial


E.T. the Extra-Terrestrial adalah film karya Steven Spielberg yang rilis tahun 1982. Meski termasuk film jadul, namun E.T. the Extra-Terrestrial tetap pantas masuk daftar film keluarga terbaik karena ceritanya yang seru dan anti-mainstream.

Salah satu film terbaik Steven Spielberg ini dibintangi oleh Henry Thomas, Dee Wallace-Stone, Robert MacNaughton dan Drew Barrymore yang pada saat itu baru berumur 7 tahun.


Monster Trucks


Ini dia film keluarga terbaru tahun 2017 yang menyajikan kisah persahabatan dan petualangan seru. Film yang disutradarai oleh Chris Wedge ini sangat fun dan menjadi tontonan menyegarkan di tengah bombardir film-film masa kini.

Monster Trucks sendiri mengisahkan tentang Tripp Coley, siswa SMA yang hidup di kota kecil yang dikuasai perusahaan pengeboran minyak dan gas bernama Terravex Oil Company. Suatu hari, terjadi kecelakaan di tempat pengeboran minyak tersebut dan membuat tiga makhluk aneh keluar dari habitatnya.

Makhluk atau Monster aneh ini langsung ditangkap oleh Terravex dan diamankan di laboratorium untuk diteliti. Sayangnya, dari tiga monster yang keluar, ada satu monster yang berhasil melarikan diri. Tidak ingin kelalaian aktivitas pengeboran minyaknya ketahuan pemerintah, Terravex Oil Company pun diam-diam mencari sang monster yang kini tengah berkeliaran.

Tanpa disangka-sangka, sang Monster ternyata bersembunyi di tempat pembuangan mobil di mana Tripp bekerja. Mengetahui bahwa monster itu sedang diburu, Tripp dan Meredith pun berusaha membebaskan para Monster dari laboratorium dan mengembalikan mereka ke habitat aslinya.

Mengangkat tema persahabatan manusia dan monster asing, memang bukan ide baru namun selalu menarik untuk disaksikan bersama anak-anak.

Baca juga: 10 Film Terbaik Sepanjang Masa Versi IMDb


Film Keluarga Terbaik untuk Ditonton Bersama Anak, dari Zathura sampai Home Alone

The BFG


Rekomendasi film keluarga terbaik selanjutnya adalah The BFG. Jika Monster Truck mengisahkan persahabatan manusia dengan monster, maka The BFG mengisahkan persahabatan manusia dengan raksasa.

Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini mengisahkan tentang Sophie, anak perempuan yang bertemu dengan raksasa yang dipanggilnya sebagai BFG (Big Friendly Giant). Setelah melihat sosok BFG, Sophie lalu dibawa ke kediaman para raksasa yang sangat jauh dari jangkauan manusia.

Awalnya Sophie merasa ketakutan, namun kemudian ia menyadari bahwa BFG adalah raksasa baik hati yang selalu ditindas oleh raksasa lainnya karena tidak mau memakan manusia.

Sophie pun berusaha membantu BFG dengan cara menyusun rencana untuk mengusir raksasa jahat dari negeri tempat tinggal BFG.

Meski The BFG tidak terlalu bersinar di Hollywood, namun cerita filmnya yang sangat cocok ditonton oleh anak-anak cukup memberi alasan kenapa film produksi Disney ini sangat wajib ditonton bersama keluarga.


Hugo


Hugo adalah film petualangan 3D yang diangkat dari novel berjudul ‘The Invention of Hugo Cabret’ karya Brian Selznick. Film yang diproduksi tahun 2011 ini berhasil mendapatkan 11 nominasi di Academy Awards tahun 2012 dan memenangkan 5 penghargaan di antaranya Best Sound Mixing, Best Sound Editing, Best Art Direction, Best Visual Effects dan Best Cinematography.

Salah satu film keluarga terbaik ini benar-benar penuh imajinasi dan fantasy, yang pastinya sangat seru dan dapat menarik minat anak-anak untuk menontonnya. Dibintangi oleh Asa Butterfield sebagai Hugo Cabret, Ben Kingsley sebagai Georges Méliès dan Chloë Grace Moretz sebagai Isabelle, film Hugo wajib untuk ditonton bersama keluarga.

Baca juga: 12 Film Natal Terbaik, dari Home Alone sampai The Polar Express


film keluarga terbaik terbaru 2017

Jumanji


Ide yang diangkat dalam film Jumanji kurang lebih sama dengan film Zathura: A Space Adventure. Film bergenre thriller-fantasy ini juga bercerita mengenai sebuah permainan ajaib yang bisa menjadi nyata. Jika di Zathura konsepnya petualangan luar angkasa, maka dalam Jumanji ini permainan ajaibnya bisa mendatangkan binatang-binatang  buas yang menyerang penduduk kota. Satu-satunya cara mengembalikan semuanya seperti sediakala adalah dengan menyelesaikan permainan dan mencapai titik Jumanji.

Film yang rilis tahun 1995 ini dibintangi oleh para bintang ternama Hollywood, mulai dari Robin Williams, Kirsten Dunst, Bradley Pierce, dan Bonnie Hunt. Di akhir tahun 2017, kita juga akan melihat versi terbaru dari Jumanji yang akan dibintangi oleh Dwayne ‘The Rock’ Johnson.


Pete’s Dragon


Satu lagi film keluarga terbaik dari Disney, yaitu Pete’s Dragon (2016). Film ini diadaptasi dari cerita pendek karya S.S Field yang mengisahkan petualangan dan persahabatan seorang anak rimba dengan seekor naga. Film yang ditujukan untuk semua usia ini disutradarai oleh David Lowery yang juga menulis naskahnya bersama Toby Halbrooks.

Kisah dalam film Pete’s Dragon berfokus pada Pete (Oakes Fegley), bocah berumur 10 tahun yang sejak kecil hidup di hutan dan tidak pernah berinteraksi dengan manusia. Pete memiliki teman seekor naga hijau bernama Elliot yang selalu melindunginya ketika dalam bahaya.

Suatu hari, Pete ditemukan oleh penjaga hutan bernama Grace yang langsung membawanya untuk dirawat. Mulai dari sinilah konflik bermunculan, petualangan Pete di kota memang menyenangkan namun itu membuat banyak orang jahat mengetahui keberadaan Elliot dan berniat memburunya.

Film Pete’s Dragon ini sangat kami rekomendasikan untuk ditonton bersama keluarga. Selain seru dan menghibur, film produksi Disney Pictures ini juga penuh aksi dan mudah dipahami oleh anak-anak.


Home Alone




Ini dia film keluarga terbaik yang selalu ditayangkan di stasiun tv lokal setiap kali liburan panjang. Film bergenre family comedy ini mengisahkan tentang Kevin McCallister, seorang anak yang tertinggal di rumahnya saat orang tua dan saudaranya pergi berlibur.

Sialnya, di saat bersamaan rumah Kevin malah didatangi oleh para perampok jahat. Bermodal keusilan dan kecerdikannya, Kevin pun mengerjai kedua perampok yang mencoba masuk kedalam rumahnya tersebut.

Film Home Alone sendiri sudah memiliki 2 sekuel, yaitu Home Alone 2: Lost in New York (1992) dan Home Alone 3 (1997).

Demikian rekomendasi film keluarga terbaik yang cocok ditonton bersama anak-anak. Klik Next untuk membaca rekomendasi film animasi terbaik tahun 2017.


Next  >12 Film Animasi Terbaik 2017

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner