-->

8 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Menurut Rangking DIKTI


Inilah 8 universitas terbaik di Jawa Tengah pada tahun 2017 menurut rangking Dikti!




WisataKuy.com – Tidak perlu keluar Jawa Tengah untuk mencari tempat kuliah bagus,murah dan berkualitas. Karena Jateng sendiri memiliki banyak universitas terbaik yang menjadi favorit para mahasiswa baru. Mulai dari Universitas di Solo Jawa Tengah seperti UNS dan UMS, lalu di kota Semarang ada UNDIP dan UNNES, sampai di kota Purwokerto yaitu kampus UNSOED.



Tercatat, saat ini ada puluhan dan bahkan ratusan universitas negeri dan swasta yang tersebar di seluruh daerah Jateng. Anda bisa memilihnya sesuka hati tergantung minat, jurusan dan tentunya biaya kuliah.



Bagi anda yang masih bingung memilih kampus untuk dimasuki, kami memberikan referensi 8 universitas terbik di Provinsi Jateng yang berhasil masuk 100 besar perguruan tinggi terbaik nasional versi DIKTI. Apa saja kira-kira? Yuk langsung cek saja daftar lengkapnya di sini:






Universitas Terbaik di Jawa Tengah Tahun 2017 Versi DIKTI





#1 - Universitas Sebelas Maret (UNS)





daftar universitas terbaik di jateng



Rangking Indonesia: 9

Rangking Jateng: 1



Alamat: Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126



Universitas Sebelas Maret atau yang bisa juga disebut UNS merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di kota Solo, Jawa Tengah. Universitas yang terletak di sisi timur kota Solo ini memiliki kampus dengan suasana kondusif, teduh, rimbun pepohonan, asri, dan nyaman untuk mendukung kesuksesan pembelajaran para mahasiswanya.



Dengan kondisi itu, tak sedikit pihak yang lantas mengenal UNS sebagai green campus, dan bahkan UNS telah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI sebagai Perintis Kampus Berwawasan Lingkungan.



Salah satu PTN atau Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia ini juga selalu menjadi kampus favorit yang diminati mahasiswa baru setiap tahunnya. Pada tahun 2017, UNS berhasil menduduki peringkat pertama universitas terbaik di Jawa Tengah, sedangkan di rangking nasional, UNS menduduki peringkat ke 9.






#2 - Universitas Diponegoro (UNDIP)





Universitas Terbaik di Jawa Tengah Menurut Rangking DIKTI



Rangking Indonesia: 10

Rangking Jateng: 2



Alamat: Jl.Prof.H.Soedarto, S.H.Tembalang, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275



Salah satu perguruan tinggi terbaik di kota Semarang ini merupakan sebuah universitas terbesar di Jawa Tengah yang terletak di Kota Semarang.  Bukan hanya di Semarang, Universitas Diponegoro yang didirikan pada tahun 1957, juga merupakan salah satu universitas terpopuler di Indonesia dan menjadi kampus favorit bagi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk menimba ilmu.



Universitas Diponegoro sendiri memiliki 11 fakultas dan terdiri dari berbagai program studi mulai dari Diploma (D3), Sarjana (S1)/setara, Magister (S2), Doktor (S3), program profesi, serta progam spesialis. Sebut saja seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas  Ilmu Budaya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Fakultas Peternakan-Pertanian.



PTN yang berlokasi di Tembalang ini pada tahun 2017 berhasil menduduki peringkat 2 universitas terbaik di Jateng, sedangkan untuk tingkat nasional UNDIP berhasil menempati rangking 10.






#3 – Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)





daftar universitas terbaik di jawa tengah indonesia



Rangking Indonesia: 16

Rangking Jateng: 3



Alamat: Jl. HR Boenyamin 708, Grendeng, Purwokerto Utara, Grendeng, Purwokerto Utara, Grendeng, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53122



Universitas Jenderal Soedirman atau akrab disapa dengan UNSOED, adalah satu dari 92 perguruan tinggi negeri di bawah administrasi  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.



Kampus yang terletak di Purwokerto, ibukota Kabupaten Banyumas ini,  memiliki sejumlah lokasi kampus, yakni Kampus Grendeng (Rektorat, Kantor Pusat Administrasi, Fak. Hukum, Fak. Ekonomi, dan Fak. ISIP, Perpustakaan Pusat, LP3M, Auditorium, Masjid Kampus, Pusat Kesehatan Mahasiswa, UPT Percetakan, Gedung Pertemuan Soemardjito), Kampus Karangwangkal Sayap Timur (Fak. Pertanian, Fak. Biologi, Fak. Peternakan, Jurusan MIPA FST, Jurusan Ilmu Budaya FISIP, Lab. Riset Terpadu dan Experimental Farm), Kampus Karangwangkal Sayap Barat (Jurusan Teknologi Pertanian Fak. Pertanian, Jurusan Kedokteran Gigi/Farmasi/Keperawatan/Kesehatan Masyarakat/Ilmu Gizi FKIK, Jurusan Perikanan & Kelautan FST, Program Pascasarjana, Pusat Kegiatan Mahasiswa, LPPM, GOR Soesilo Soedarman, Asrama dan Rusun Mahasiswa dan RS Gigi dan Mulut Pendidikan), Kampus Margono (Jurusan Kedokteran FKIK), Kampus Kalibakal (Lab Kedokteran Gigi FKIK) dan Kampus Blater (Jurusan Teknik FST)



UNSOED pada tahun 2017 berhasil menjadi perguruan tinggi negeri terbaik peringkat tiga di Jawa Tengah, sedangkan untuk rangking nasional UNSOED menempati peringkat ke-16.






#4 – Universitas Negeri Semarang (UNNES)





universita negeri di semarang dan jurusannya



Rangking Indonesia: 22

Rangking Jateng: 4



Alamat: Jalan Sekaran, Sekaran, Gunung Pati, Sekaran, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229



Selain UNDIP, ada juga kampus UNNES atau Universitas Negeri Semarang yang menjadi favorit para mahasiswa baru untuk berkuliah. Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Gunung Pati Semarang ini adalah universitas berwawasan konservasi. Adapun visi UNNES adalah menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.



Tahun ini, Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil menjadi universitas terbaik di Jawa Tengah rangking keempat. Sedangkan rangking Nasionalnya adalah 22.






#5 - Universitas Katolik Soegijapranata





universitas swasta terbaik di jawa tengah



Rangking Indonesia: 39

Rangking Jateng: 5



Alamat: Jl. Pawiyatan Luhur IV No.1, Bendan Dhuwur, Tinjomoyo, Banyumanik, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235



Universitas Katolik Soegijapranata adalah sebuah perguruan tinggi Katolik terkemuka di Indonesia yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas Katolik Soegijapranata sendiri berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang (Archdiocese of Semarang).



Universitas katolik terbaik di kota Semarang ini juga merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang memiliki motto: "Talenta Pro Patria et Humanitate" (talenta terbaik dipersembahkan demi bangsa-negara serta kemanusiaan). Adapun universitas ini memiliki jaringan kerjasama yang luas baik di dalam maupun di luar negeri.



Universitas Katholik Soegijapranata menawarkan beberapa fakultas yang menarik, seperti Fakultas Arsitektur & Desain, Fakultas Hukum & Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa & Seni, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Komputer.



Kampus yang berlokasi di Banyumanik Semarang ini berhasil menempati peringkat ke-5 universitas terbaik di Jateng dan peringkat ke-39 universitas terbaik tingkat Nasional.






#6 – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)





Universitas Terbaik di Jawa Tengah Menurut Rangking DIKTI



Rangking Indonesia: 41

Rangking Jateng: 6



Alamat: Jalan A. Yani, Pabelan, Kartasura, Pabelan, Kartasura, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57162



Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah persyarikatan Muhammadiyah yang didirikan pada 24 Oktober 1981 sebagai perubahan bentuk dari IKIP Muhammadiyah Surakarta.






Baca juga: 12 Universitas Terbaik di Yogyakarta






Pada tahun 1979, Drs. H. Mohamad Djazman, Rektor IKIP Muhammadiyah Surakarta saat itu memprakarsai berdirinya Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan menggabungkan IKIP Muhammadiyah Surakarta dan IAIM Surakarta. Sehingga dua tahun setelahnya, 1981, IKIP Muhammadiyah Surakarta berganti nama menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta.



Saat ini UMS telah memiliki 12 Fakultas, dan 54 program studi yang terdiri dari jenjang S1, S2 hingga S3. Salah satu perguruan tinggi negeri terfavorit di kota Solo ini berhasil menempati peringkat ke-41 universitas di Indonesia dan peringkat ke-6 universitas di Jateng pada tahun 2017.






#7 - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)





daftar universitas di jawa tengah



Rangking Indonesia: 64

Rangking Jateng: 7



Alamat: Jalan Diponegoro No.52-60, Salatiga, Sidorejo, Salatiga, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711



Universitas Kristen Satya Wacana dapat mewujudkan citra dirinya seperti sekarang ini setelah melalui tahap-tahap perkembangan kelembagaan yang dalam garis besarnya adalah sebagai berikut: diujung tahun 1954 Ds Basoeki Probowinoto dan Ds Tan Ik Hay dan beberapa orang sebagai pendidik Kristen menggagas berdirinya suatu Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen. Pada tanggal 3 Februari 1956 dengan Akta Notaris Tan A Sioe No. 21 di Semarang Dibentuk Yayasan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia (YPTPGKI) dengan ketua S.M.A. Pasariboe, yang kemudian mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia yang diresmikan pada tanggal 30 November 1956 di Hotel Kalitaman Salatiga dengan O.Nothohamidjojo sebagai Dekan pertama.



Sesuai dengan kebijakan pemerintah pada masa itu, maka pada tanggal 17 Juli 1959 diputuskan oleh Dewan Pengurus Yayasan Perguruan untuk mengubah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia (PTPG-KI) menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen Indonesia (FKIP-KI).



Mengingat bahwa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) seharusnya merupakan bagian dari sebuah Universitas, maka Dewan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia memutuskan untuk menyelenggarakan sebuah Universitas Kristen yang pendiriannya diumumkan secara resmi pada tanggal 5 Desember 1959 Universitas ini kemudian bernama Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).



Dalam tahun 1964 Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan berubah menjadi institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). Berdasarkan SK Mendikbud No 082/0/1977 tanggal 29 Maret 1977 IKIP menjadi FKIP kembali dan diintegrasikan kembali ke dalam Universitas Kristen Satya Wacana.



Selain meraih rangking 7 universitas terbaik di kota Semarang, salah satu kampus terbaik di Salatiga ini juga berhasil meraih peringkat ke-64 universitas di Indonesia yang paling bagus.






8 - Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)





perguruan tinggi terbaik di jawa tengah jateng



Rangking Indonesia: 83

Rangking Jateng: 8



Alamat: Terboyo Wetan, Genuk, Terboyo Kulon, Genuk, Semarang, Jawa Tengah



Satu lagi universitas terbaik di Jawa Tengah yang berhasil masuk daftar 100 besar, yaitu UNISSULA atau Universitas Islam Sunan Agung.



Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) merupkan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah.  Seiring perjalanan waktu ternyata tidak hanya universitas negeri yang menjadi pilihan utama karena beberapa universitas swasta juga menjadi destinasi pendidikan yang sangat menarik bagi para calon mahasiswa.



UNISSULA sendiri merupakan universitas terkemuka di Indonesia dan telah meneguhkan diri sebagai World Class Islamic University. UNISSULA secara konsisten mengembangkan empat strategi pendidikan yang menjadi ciri khas dan keunggulan tersendiri di antara ribuan universitas di Indonesia.



Dengan moto besarnya “ Bismillah Membangun Generasi khaira Ummah” merupakan PTS yang mampu memadukan antara kebutuhan dunia dan kebutuhan akhirat secara bersama-sama. Nilai-nilai keislaman inilah yang menjadi ruhnya universitas.UNISSULA memiliki 35 program studi jenjang Diploma (DIII), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).



Universitas terbaik di Semarang ini memiliki 12 fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Agama Islam, Fakultas Bahasa, Fakultas Ilmu Komunikasi; Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Teknik.





Demikian daftar rangking universitas terbaik di Jawa Tengah yang berhasil masuk 100 besar universitas terbaik di Indonesia. Bagaimana? Adakah dari kedelapan universitas di atas yang menjadi impian anda untuk tempat berkuliah? Atau anda malah sudah menjadi mahasiswa di kampus tersebut?




Next > Top 10 Universitas di Kota Semarang, Jateng



1 Response to "8 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Menurut Rangking DIKTI"