Jumat, 17 Januari 2020

Review Film Titus: Mystery Of The Enygma (2020), Film Animasi Indonesia Terbaru


Baca Review Film animasi Titus: Mystery Of The Enygma (2020)
Baca Review Film animasi Titus: Mystery Of The Enygma (2020)

Hari ini kami akan me-review sebuah film Indonesia terbaru yang pastinya keren dan layak ditonton, yaitu film Titus: Mystery Of The Enygma (2020). Seperti apa kira-kira kualitas filmnya? Simak deh selengkapnya dalam pembahasan di bawah ini!


Review Film Titus: Mystery Of The Enygma (2020)


CERITA

Sebagai film animasi Indonesia, mungkin tema detektif dan misteri adalah tema yang sangat jarang. Dibuka dengan voice over pembuka memperkenalkan Steamburg yang cukup menyindir isu Indonesia yang dikuasai oleh satu orang yang egois, pengenalan Titus sebagai detektif begitu cepat dan terlalu terburu-buru pada intinya.


Review Film Titus: Mystery Of The Enygma (2020)
Ulasan kelebihan dan kekurangan film animasi terbaru Indonesia

Efeknya akan menghadirkan karakter lainnya begitu cepat dan subplot yang tiba-tiba ada dan tak jelas asal usul dan penyelesaiannya.

Sebagai film misteri, pembawaannya begitu tak bertenaga dan membawa film ini terlalu kebingungan dalam mengembangkan ceritanya. Apalagi, naskah bahasa Inggris yang dialihbahasakan ke bahasa Indonesia begitu kaku dan terlalu baku bagi anak-anak. Naskahnya terlalu lemah juga dalam menghadirkan misteri yang apik.

Begitu menghibur bagi anak-anak, namun yang mendampinginya mungkin merasa bosan dan terlalu repetitif. Apalagi, di babak ketiga, film ini semakin kebingungan dalam menyelesaikan ceritanya harus bagaimana, namun konklusinya begitu melegakan dan menghibur penonton.


KARAKTER DAN PERFORMA

Empat sentral karakter film ini mungkin menarik untuk diikuti oleh penonton anak-anak. Penampilan mereka begitu unik dan jenaka, mengocok perut dan lebih mengajak anak-anak untuk bertualang dalam cerita misteri yang sebenarnya terlalu lemas ini.

Untuk suara karakternya, mungkin cukup mengganggu dalam beberapa adegan. Arbani Yasiz yang terlalu terpaku dengan naskahnya, sehingga suaranya terlalu datar dan lemah. Ranty Maria dan Sarah Ayu yang begitu menikmati karakter Fyra dan Phillips, namun karena naskahnya juga, karakternya dikembangkan begitu repetitif dan membosankan.

Baca juga: 12 Film Animasi Indonesia Terbaik


Lukman Sardi dan Robby Purba yang bisa menghidupkan karakter Bobit dan Bulpan menambahkan ceritanya menjadi lebih seru lagi. Walau naskahnya yang sekali lagi terbilang "hmm", suara mereka masih cocok dalam menyuarakan seorang pesulap dan penjahat negara.

Pemeran pendukung lainnya, seperti anak buah Bulpan dan banyak teman Titus begitu membantu ceritanya menjadi lebih dinamis lagi.


TEKNIS PENDUKUNG

Animasi dalam film Titus : Mystery Of The Enygma memang begitu apik, walaupun setelah mengetahui film ini berbahasa Inggris yang dialihbahasakan menjadi Indonesia, kita pun mempertanyakan animasi milik negara mana ini.

Review Film Titus: Mystery Of The Enygma (2020), Film Animasi Indonesia Terbaru
Ulasan review Titus: Mystery Of The Enygma (2020)

Ada yang bilang bahwa film ini dikerjakan oleh tim India, lalu sebenarnya dimana peran Indonesia? Atau mungkin dalam tata suaranya atau bagaimana? Mungkin, kita bisa kesampingkan dahulu masalah ini.

Animasinya mungkin cukup rapi, meskipun agak berantakan dalam beberapa adegan. Tata suaranya begitu menyesuaikan dengan suasana yang ada dalam tiap adegan. Namun, sayangnya kekurangan terbesarnya ada dalam sinematografi dan cara mengambil angle tiap adegan. Terlalu dekat dan kadang sangatlah mengganggu, tidak enak dipandang.

Transisi tiap adegan pun kadang telat dan membuat film ini tersendat-sendaft. Penyajiannya begitu berkelas untuk dibilang sebuah film animasi, meskipun bukan untuk dibandingkan dengan sekelas Disney, Fox, atau Laika yang mendunia.


Nah itu dia sedikit Review Film Titus: Mystery Of The Enygma (2020), film animasi Indonesia terbaru yang patut kita dukung dengan cara menontonnya di bioskop. Kamu sudah nonton  Film Titus Mystery Of The Enygma (2020)? Bagikan review dan rating kamu di komen bawah yaa!


Loading...

Related Posts

0 komentar: