-->

7 Anime Bertema Game Tradisional yang Mirip Hikaru no Go

Inilah daftar anime game tradisional terbaik sepanjang masa!



SinduLin.web.id - Hikaru no Go adalah salah satu anime populer yang diadaptasi dari manga terbitan Shonen Jump. Manga karya Yumi Hotta (cerita) dan Takeshi Obata (gambar) itu mengangkat tentang permainan papan GO yang dibumbui dengan unsur supernatural misteri.

Hikaru no Go sendiri diadaptasi menjadi anime pada tahun 2001 lalu, dan sampai saat ini merupakan salah satu anime tentang game tradisional terbaik yang pernah ada.

Hikaru no Go mengisahkan tentang Shindou Hikaru, bocah berusia 12 tahun yang dirasuki oleh roh Fujiwara no Sai, dan terus dihantui olehnya setelah itu.

Sai dulunya pernah menjadi pemain Go yang hebat, yang bunuh diri dan terus bertahan di dunia sebagai roh karena ingin bermain Go sekali lagi. Akhirnya Sai dan Hikaru bekerjasama untuk menjadi pemain Go professional di Jepang.

Nah, jika kamu menyukai anime bertema game tradisional, simak deh 8 judul anime yang mirip seperti Hikaru no Go di bawah ini!

Baca juga: 




Rekomendasi Anime Mirip Hikaru no Go


#1 - Saki



Jumlah Episode: 25
Musim Rilis: Spring 2009
Tanggal Tayang: 6 April 2009 hingga 28 September 2009
Studio yang Memproduksi: Gonzo, Picture Magic
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Game, School, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 7.54

Rekomendasi anime mirip Hikaru no Go yang pertama adalah Saki. Anime bergenre game, school dan slice of life ini mengangkat tentang permainan tradisional mahjong.


Ceritanya berfokus pada Saki Miyanaga adalah mahasiswa sekolah tinggi yang tidak suka mahjong.

Sejak ia masih kecil, ia akan kehilangan uang Tahun Baru-nya selama dia bermain mahjong dengan keluarga. Jika dia menang, orang tuanya akan marah, dan jika ia kalah, dia akan kehilangan uang.

Akibatnya, Saki belajar bermain agar skor nya selalu tetap ± 0: tidak cukup baik untuk menang, tapi tidak cukup buruk untuk kalah.

Ketika dia bertemu dengan anggota klub mahjong, dia diseret ke klub mahjong sekolahnya oleh seorang teman lama.

Bagaimana seorang gadis yang membenci mahjong, namun telah mahir dalam permainan karena dia dibesarkan dalam keluarga yang senang mahjong, bagaimana ia bertahan hidup di lingkungan seperti ini?

Baik anime Saki maupun Hikaru no Go sama-sama berkutat di kehidupan anak sekolahan yang mau tidak mau terlibat dalam permainan papan tradisional. Hikaru dengan permainan Go, sedangkan Saki dengan permainan mahjong.

Selain tema ceritanya yang mirip, anime Saki juga merupakan salah satu rekomendasi anime yang memiliki cerita bagus dan seru ditonton.


#2 - Houkago Saikoro Club 



Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Fall 2019
Tanggal Tayang: 3 Oktober 2019 hingga 19 Desember 2019
Studio yang Memproduksi: LIDENFILMS
Durasi per Episode: 23 Menit
Genre: Comedy, Game, School, Shounen
Skor di MyAnimeList: 6.75

Sinopsis:

Houkago Saikoro Club adalah anime game tradisional dari Lidenfilms yang bercerita tentang Miki Takekasa, gadis yang selalu sendirian.

Gadis malang itu tidak benar-benar bergaul dengan teman-teman sekelasnya dan selalu tertutup. Ini adalah kehidupannya sehari-hari. Lalu suatu hari, dia bertemu teman sekelasnya yang tidak disengaja, Aya Takaya, perwakilan kelas, Midori Oono, dan murid pindahan Jerman, Emilia.

Meskipun permainan papan, MIki menjalin ikatan persahabatan yang mendalam dan mulai bergerak maju sedikit. Kehidupan sehari-harinya yang ia anggap remeh, kini akan berubah menjadi sesuatu yang istimewa.


#3 - Chihayafuru



Jumlah Episode: 25
Musim Rilis: Fall 2011
Tanggal Tayang: 5 Oktober 2011 hingga 28 Maret 2012
Studio yang Memproduksi: Madhouse
Durasi per Episode: 22 Menit
Genre: Drama, Game, Josei, School, Slice of Life, Sports
Skor di MyAnimeList: 8.27

Rekomendasi anime game terbaik yang mirip Hikaru no Go selanjutnya adalah Chihayafuru. Anime ini bercerita tentang Chihaya Ayase, seorang anak SD yang tomboy dan mempunyai kebiasaan buruk selalu mengatakan apa yang pertama kali terlintas dalam otaknya.

Mimpinya adalah untuk melihat kakaknya yang seorang model untuk menjadi nomor satu di Jepang, atau mungkin dunia. Akan tetapi, pertemuannya dengan seorang anak bernama Arata mengubah hidup Chihaya.

Arata menjelaskan bahwa mimpi haruslah berkaitan dengan dirinya sendiri. Mimpi melihat kakaknya menjadi model terbaik di Jepang bukanlah sebuah mimpi.

Baca juga: 10 Anime tentang Raja Iblis yang Paling Populer

Dari Arata, Chihaya pun menemukan keasyikan bermain Karuta, dimana Arata sendiri adalah yang paling ahli dalam memainkan permainan tersebut.

Waktu pun berlalu, Kini Chihaya sudah berkembang menjadi seorang gadis belia yang cantik. Meski demikian, minatnya pada Karuta tidak berubah. Dan dari sinilah cerita Chihayafuru menjadi semakin menarik, bagaimana perjuangan Chihaya dkk mendirikan klub Karuta dan untuk menjadi yang terbaik di Jepang, atau mungkin dunia.

Chihayafuru tidak diragukan lagi adalah salah satu anime genre game terbaik. Anime ini sangat populer dan mendapat banyak ulasan positif dari pecinta anime. Chihayafuru juga sudah diadaptasi menjadi film live-action. Jika kamu mencari anime terbaik yang mirip Hikaru no Go, maka Chihayafuru jelas merupakan salah satunya.


#4 - Ryuuou no Oshigoto!



Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Winter 2018
Tanggal Tayang: 8 Januari 2018 hingga 26 Maret 2018
Studio yang Memproduksi: Project No.9
Durasi per Episode: 23 Menit
Genre: Comedy, Game, Slice of Life

Rekomendasi anime mirip Hikaru no Go berikutnya adalah Ryuuou no Oshigoto!. Anime bertema game tradisional terbaik ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Kuzuryuu Yaichi yang merupakan pemain shogi terkuat dalam sejarah.

Dia menyandang gelar “Ryuuou” (Raja Naga). Suatu hari, murid SD yang sangat menyukai shogi, Hinatsuru Ai muncul dan mengatakan bahwa Kuzuryuu pernah berjanji padanya untuk menjadi masternya. Begitulah awal mula kisah hubungan master dan murid yang unik ini dimulai.

Shogi adalah salah satu permainan tradisional dari Jepang yang mirip dengan catur. Jika kamu ingin mempelajari cara bermain shogi yang benar, maka anime Ryuuou no Oshigoto! Bisa menjadi tontonan tepat untukmu.


#5 - Nakanohito Genome [Jikkyouchuu]



Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Summer 2019
Tanggal Tayang: 7 Juli 2019 hingga 22 September 2019
Studio yang Memproduksi: Silver Link.
Durasi per Episode: 23 Menit
Genre: Comedy, Drama, Game
Skor di MyAnimeList: 7.00

Anime terbaik tentang game tradisional yang mirip Hikaru no Go berikutnya adalah Nakanohito Genome [Jikkyouchuu]. Anime ini mengisahkan Iride Akatsuki telah membuka kunci konten tersembunyi di game yang dia mainkan, ‘Nakanohito Genome,’ dan ternyata konten ini adalah game kehidupan nyata!

Dia segera bangun untuk menemukan bahwa dia telah diculik dan dibawa ke tempat yang aneh, bersama dengan sejumlah rekan tim lainnya.

Masing-masing dari mereka berspesialisasi dalam jenis permainan tertentu, seperti game kultivasi, game pertempuran, game puzzle, dll. ‘Guru’ berkepala lama mengumpulkan mereka setelah level 1 dibersihkan untuk menjelaskan bagaimana permainan akan dilanjutkan. Akankah kelompok gamer ini berhasil, dan kembali ke kehidupan nyata mereka?

Nakanohito Genome adalah anime bertema game yang menarik, karena selain menyajikan banyak game tradisional, juga dilengkapi dengan bumbu fantasi dan bahkan isekai. Pastikan kamu menontonnya!


#6 - Shion no Ou 



Jumlah Episode: 22
Musim Rilis: Fall 2007
Tanggal Tayang: 14 Oktober 2007 hingga 23 Maret 2008
Studio yang Memproduksi: Studio Deen
Durasi per Episode: 23 Menit
Genre: Drama, Game, Mystery, Thriller
Skor di MyAnimeList: 7.61

Satu lagi anime keren yang mengangkat permainan shogi, yaitu Shion no Ou. Anime mirip Hikaru no Go ini menceritakan tentang Yasuoka Shion, seorang pemain Shougi berusia 13 tahun yang punya masa lalu kelam.

Orang tua Shion dibunuh secara brutal di depannya ketika dia berusia 5 tahun. Pembunuh itu duduk bersamanya dan menantangnya bermain Shougi, setelah memberi tahu dia bahwa jika dia ingin tetap hidup dia harus lupa bagaimana berbicara, dan melupakan apa yang terjadi malam itu. Sekarang Shion telah memasuki ranah pro Kishi perempuan, bisu tapi kuat.

Baca juga: Rekomendasi Anime Bertema Vampire

Ketika permainannya semakin menarik perhatian, begitu juga pertanyaan tentang masa lalunya dan pembunuhan brutal yang disaksikannya. Ingatan Shion perlahan kembali, dan misteri kehidupannya sedikit demi sedikit mulai terungkap.

Shion no Ou memiliki cerita yang seru dan dapat menambah pengetahuanmu tentang permainan shogi jepang. Selain itu, anime ini juga memiliki unsur thriller misteri yang cukup banyak sehingga membuatnya semakin menarik untuk ditonton. Rekomendasi anime game mirip Hikaru no Go berikutnya adalah..


#7 - 3-gatsu no Lion



Jumlah Episode: 22
Musim Rilis: Fall 2016
Tanggal Tayang: 8 Oktober 2016 hingga 18 Maret 2017
Studio yang Memproduksi: Shaft
Durasi per Episode: 25 Menit
Genre: Drama, Game, Seinen, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 8.43

Satu lagi anime bertema game tradisional yang menarik ditonton, yaitu 3-gatsu no Lion. Anime drama seinen ini mengisahkan tentang Kiriyama Rei yang sejak kecil telah kehilangan keluarganya karena suatu kejadian. Apa yang menimpa keluarganya itu telah meninggalkan luka yang dalam pada hatinya.

Meskipun begitu, Rei yang telah berumur 17 tahun kini hanya ingin fokus menjadi pemain shogi profesional. Suatu hari, Rei yang hidup sendirian di kota Tokyo bertemu dengan 3 perempuan bersaudara; Akari, Hinata dan Momo. Sejak itu kehidupan Rei perlahan mulai berubah.

3-gatsu no Lion adalah salah satu anime genre game terbaik. Anime game terbaik dari studio shaft ini bahkan berhasil mendapat rating skot tinggi di situs MyAnimeList, yaitu sebesar 8.43.


Demikian beberapa rekomendasi anime game tradisional terbaik sepanjang masa. Dari sekian banyak anime mirip Hikaru no Go di atas, mana aja nih yang sudah kamu tonton?

Next > Rekomendasi Anime Mirip Code Geass

1 Response to "7 Anime Bertema Game Tradisional yang Mirip Hikaru no Go"

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus