-->

12 Anime yang Mirip Attack on Titan (Shingeki no Kyojin), Wajib Ditonton!

Apa saja rekomendasi anime keren yang mirip dengan Shingeki no Kyojin?


Attack on Titan adalah salah satu judul anime paling populer saat ini. Anime yang mengisahkan tentang perjuangan para manusia melawan titan ini pertama kali rilis pada tahun 2013 dan langsung berhasil membuat hype para penggemar dengan plotnya yang bagus, aksi yang mendebarkan, dan gaya seninya yang indah. 

Alasan mengapa anime Attack on Titan menjadi sangat terkenal bukan hanya karena elemen action dan horor-nya yang hebat, (ayolah, tidak ada yang bahkan bisa membantah bahwa Titans terlihat sangat menakutkan) tetapi juga karena banyaknya momen menyentuh hati di mana para karakter penting bisa tewas kapan saja.


Tentang Anime Attack on Titan (Shingeki no Kyojin)


Dalam  Attack on Titan,  lebih dari seabad yang lalu umat manusia dimangsa oleh para Titan.  Populasi manusia yang tersisa berhasil bertahan dengan membangun tembok besar untuk melindungi kota mereka dari invasi Titan, tetapi tiba-tiba, setelah seratus tahun 'damai', Titan Colosal muncul menghancurkan tembok luar dan melepaskan teror. 


Eren Yeager, Mikasa Ackerman, dan Armin yang telah hidup damai di balik tembok sekarang harus menghadapi para Titan, bertahan hidup dan mencoba menyelamatkan umat manusia.

Nah, jika kamu penggemar anime Shingeki no Kyojin dan ingin mencari anime lain yang ceritanya mirip dan tidak kalah bagus, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menonton beberapa anime yang mirip Attack on Titan di bawah ini!


Rekomendasi Anime Mirip Attack on Titan


#1 - Kabaneri of the Iron Fortress 




Musim: Spring 2016
Total: 12 Episode

Kabaneri of the Iron Fortress benar-benar anime yang memiliki konsep sangat mirip dengan Shingeki no Kyojin. Singkirkan Titans dan ganti dengan zombie dan jadilah anime satu ini. 

Cerita dalam anime Kabaneri of the Iron Fortress terjadi selama revolusi industri di mana umat manusia terancam oleh monster undead. Di mana orang-orang yang digigitnya menjadi salah satu monster yang bernama Kabane.

Orang-orang mengasingkan diri di dalam benteng besar yang hanya bisa diakses dengan kereta uap. 

Ikoma telah menciptakan senjata yang menurutnya akan dengan mudah membunuh monster-monster tersebut dan tidak sabar untuk mencobanya. 

Sedikit yang dia tahu bahwa kesempatannya akan datang lebih cepat dari yang dia harapkan.

Benteng bertembok yang dibuat untuk mencegah manusia yang menjadi monster, dan satu orang yang memiliki tujuan untuk mengalahkan monster dengan lebih efektif. 

Juga, kedua protagonis kehilangan orang yang paling berharga karena monster itu. 

Apakah saya harus mengatakan lebih banyak? Mereka bahkan memiliki sutradara yang sama,  Tetsuro Araki, dan dibuat oleh studio yang sama, Wit Studio. Jika kamu mencari rekomendasi anime yang mirip Attack on Titan, maka Kabaneri of the Iron Fortress adalah pilihan terbaik untuk ditonton!


#2 - Black Bullet



Musim: Spring 2014
Total: 13 Episode

Anime mirip Shingeki no Kyojin berikutnya adalah Black Bullet. Konsep dari kedua anime ini sangat mirip karena mereka menceritakan kisah perang antara manusia dan spesies lain yang hampir tidak mereka ketahui. Dengan kata lain, umat manusia lagi-lagi di ambang kepunahan. 

Pada tahun 2021, umat manusia telah dikalahkan oleh Gastrea, virus yang memaksa mereka untuk hidup di dalam tembok yang terbuat dari Baranium, logam yang mampu menaklukkan Gastrea. 

Anak-anak yang terlahir terinfeksi virus memiliki kemampuan manusia super tetapi mereka hanya bisa dari genre perempuan. 


Saat Sekuritas Sipil membentuk pasangan pertempuran khusus (Inisiator: anak-anak terkutuk, Promotor: yang memimpin pasangan) untuk melawan monster ini, Rentaro Satomi, siswa sekolah menengah dan anggota Keamanan Sipil, dan Enju Aihara menerima misi rahasia untuk mencegah kehancuran Tokyo.

Protagonis dalam Attack on Titan dan Black Bullet ini sangat mirip karena sama-sama part-monster yang membuat masyarakat tidak mempercayai mereka dan bahkan keduanya disuarakan oleh pengisi suara yang sama. 

Keduanya berlatar kata-kata pasca-apokaliptik yang memiliki perasaan kelam bagi mereka, ada beberapa elemen politik dalam alur cerita bersama dengan banyak kekerasan grafis.


#3 - Tokyo Ghoul



Musim: Fall 2014
Jumlah: 37 Episode

Tokyo Ghoul memiliki tema yang mirip tetapi secara umum cukup berbeda. Di Tokyo modern, masyarakat pergi karena takut pada Ghoul, makhluk yang terlihat seperti manusia tetapi memakan dagingnya. 

Kaneki Ken, seorang pemuda, menemukan dirinya berubah menjadi setengah manusia, setengah hantu setelah pertemuan kekerasan dengan seorang gadis yang dia sukai. 

Terjebak di antara kata manusia dan hantu, dia mencoba bertahan dari konflik kekerasan yang terjadi di sekitarnya dan belajar untuk mengendalikan kekuatan barunya. 

Manusia dianggap makanan, karakter utama sama-sama diserang monster dan kehidupan mereka berubah drastis karenanya, karakter utama wanita memiliki kepribadian yang mirip, ada banyak darah dan aksi yang baik dan yang paling penting dari semuanya: sebagai the plot berkembang di kedua seri itu kita melihat bahwa manusia tidak lagi melawan monster tetapi melawan masyarakat itu sendiri.
 

#4 - Claymore



Musim: Spring 2007
Total: 26 Episode

Kegelisahan, kesedihan, rasa sakit, dan keputusasaan. Baik anime Attack on Titan maupun Claymore menunjukkan perasaan yang sama dan menampilkan kenyataan brutal bahwa dunia tempat mereka tinggal memiliki monster yang mengancam keberadaan mereka, ditambah fakta bahwa sebagian dari mereka seperti monster itu. 

Di dunia di mana monster ganas ada dan dapat mengambil bentuk dan ingatan mereka, mereka berbaur dengan masyarakat untuk memberi makan manusia. 

Satu-satunya cara untuk menemukan dan membunuh makhluk ini adalah Claymores, wanita yang setengah iblis, setengah manusia, dan ditakdirkan sepenuhnya untuk menjadi iblis yang mereka buru. 

Clare, yang merupakan salah satu Claymores, menyelamatkan Raki, setelah keluarganya terbunuh dan memutuskan untuk bepergian bersamanya. 

Saat dia membersihkan kota demi kota dari monster-monster ini, dia semakin dekat dalam menemukan makhluk yang dia cari balas dendam sejak dia memilih untuk menjadi seorang Claymore.

Mungkin perbedaan utama dari Claymore dengan AoT adalah bahwa sebagian besar berjuang untuk diri mereka sendiri dan bahwa mereka lambat-lahan menerima perjuangan untuk orang lain. Attack on Titan adalah tentang tim dan tidak tahu siapa musuh sebenarnya.


#5 - Seraph of the End: Vampire Reign



Musim: Semi 2015
Total: 12 Episode

Rekomendasi anime berikutnya yang wajib ditonton jika kamu menyukai Attack on Titan adalah Seraph of the End: Vampire Reign.

Seraph of the End: Vampire Reign merupakan kisah lain tentang kelangsungan hidup umat manusia. 

Sama seperti Attack on Titan, Seraph of the End: Vampire Reign nuga memiliki karakter pria remaja berdarah panas yang hanya ingin membasmi semua monster (Titans atau Vampir) dari muka bumi dan pada dasarnya memiliki cerita yang sama dengan musuh yang berbeda.

Dalam anime Seraph of the End: Vampire Reign, epidemi membunuh semua orang dewasa di Bumi dan vampir mencoba memperbudak sisa populasi yang masih hidup. 


Yuichiro dan teman-temannya diperlakukan seperti ternak dan merencanakan pelarian pemberontak dari tuan vampir mereka. 

Saat dia menanggung pemberontakan, dia bergabung dengan militer dan bersumpah untuk memusnahkan semua vampir untuk membalas dendam atas keluarganya yang dibantai.

Gaya animasinya sangat mirip karena kedua anime tersebut diproduksi oleh Wit Studio dan suasananya sama-sama gelap dan serius. Mereka bahkan memiliki komposer soundtrack yang sama, Hiroyuki Sawano.


#6 - Fullmetal Alchemist: Brotherhood



Musim: Spring 2009
Total: 64 Episode

Salah satu anime terbaik di dunia saat ini, Fullmetal Alchemist Brotherhood juga merupakan anime mirip Attack on Titan loh.

Tragedi, penderitaan, plot luar biasa, dan karakter yang menarik. Itulah kesamaan Fullmetal Alchemist dengan Attack on Titan. 

Di dunia di mana alkimia ada, ia didasarkan pada hukum pertukaran yang setara; kamu tidak dapat menghasilkan sesuatu dari ketiadaan. Dengan demikian, alkimia terikat oleh satu tabu - transmutasi manusia. 

Edward dan Alphonse Elric, melanggar tabu ini ketika mereka mencoba untuk menghidupkan kembali ibu mereka yang sudah meninggal, dan akibatnya, Al kehilangan seluruh tubuhnya dan Ed kehilangan kakinya. 

Untuk menghidupkan kembali jiwa Al, Ed mengorbankan salah satu lengannya dan membubuhkan jiwa Al pada baju zirah. Saat mereka tumbuh dewasa, Ed mendaftar ke State Alchemist, di mana ia dikenal sebagai Fullmetal Alchemist dan bertarung bersama saudaranya dalam upaya untuk menemukan cara untuk mengembalikan tubuh mereka kembali ke keadaan semula.

Saya percaya bahwa hilangnya ibu tokoh memainkan peran penting dalam membentuk karakteristik protagonis dan meskipun kedua seri dianggap shounen mereka memiliki dialog yang mendalam dan filosofis tentang mentalitas manusia. 


#7 - Knights of Sidonia



Musim: Semi 2014
Jumlah: 12 Episode

Memang tidak sepopuler anime-anime di atas, tapi Knights of Sidonia tidak diragukan lagi merupakan salah satu anime yang memiliki cerita mirip dengan Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin.

Manusia yang hidup terpencil, takut akan monster kuat yang telah mereka hindari selama bertahun-tahun dan yang tiba-tiba dipaksa kembali untuk melawan mereka. 

Ras alien bernama Gauna telah menghancurkan Bumi dan meninggalkan umat manusia yang berjuang untuk bertahan hidup di atas pesawat luar angkasa Sidonia. 

Tidak ada pertemuan dengan Gauna selama bertahun-tahun tetapi tiba-tiba mereka muncul kembali. Nagate Tanikaze, yang dibesarkan di tingkat yang lebih rendah di Sidonia terpaksa muncul ke permukaan di mana dia harus direkrut oleh militer untuk melawan alien

Kedua seri anime ini agak distopik dan memiliki banyak darah dan kekerasan. Selain itu, ada rasa persekongkolan yang tampaknya memiliki keterkaitan dengan asal usul dan perilaku musuh manusia.


#8 - Aldnoah.Zero



Musim: Summer 2014
Total: 24 Episode
 
Rekomendasi anime mirip Shingeki no Kyojin (Attack on Titan) selanjutnya adalah Aldnoah Zero. Jika kamu mengganti Titans dengan mecha – maka kamu akan mendapatkan anime Aldnoah.Zero. 

Pada tahun 1972, misi Apollo 17 menemukan gerbang hiper ke Mars di permukaan bulan. Tiba-tiba perang pecah antara Bumi dan Mars, dan tentara Mars mulai turun dari langit, menunggangi robot raksasa yang bermaksud memusnahkan umat manusia.

Sekali lagi, umat manusia berada di ambang kehancuran dari kekuatan luar dan meskipun Aldnoah.Zero dimulai sedikit lebih lambat, di kedua seri kecepatan cerita mulai masuk dengan cukup tiba-tiba dan kamu tidak bisa menahan diri untuk terhuyung-huyung. di dalamnya. 

Ada juga banyak adegan perkelahian dengan aksi intens, banyak kematian, dan plot twist yang cukup banyak. Kedua soundtrack anime tersebut dibuat oleh Hiroyuki Sawano dan kamu benar-benar dapat mengetahuinya karena musik latar benar-benar membuatmu 'merinding'.


#9 - God Eater



Musim: Summer 2015
Jumlah: 13 Episode

Latar distopia dalam anime God Eater sangat mirip dengan Attack on Titan, di mana orang-orang direkrut menjadi militer dan dilatih untuk membela kemanusiaan. 

Mengambil setting pada tahun 2050, bentuk kehidupan tak dikenal yang disebut 'Sel Oracle' mulai menghabiskan semua kehidupan di Bumi. 

Karena mereka kebal terhadap senjata konvensional apa pun, negara-negara runtuh satu per satu dan umat manusia hampir punah. 


Kekuatan elit yang menggunakan 'God Arcs', senjata hidup yang menggabungkan sel Oracle, diorganisir untuk melawannya dan mengembalikan harapan umat manusia.

Pemeran utama pria yang sembrono dan impulsif dengan dorongan yang sama untuk membunuh dan manusia bertahan di dalam tembok. 

Anime God Eater memiliki teknologi yang lebih modern dan kedua anime difokuskan pada tentara, regu khusus, dan militer.


#10 - Neon Genesis Evangelion



Musim: 1995 – 1996
Jumlah: 26 Episodes

Satu lagi anime terbaik yang mirip Attack on Titan untuk kamu tonton, yaitu Neon Genesis Evangelion. Memang anime lawas tapi bagus. 

Serial yang telah dikaitkan dengan Attack on Titan sejak pertama kali keluar. Di suatu tempat di masa depan, sebuah peristiwa yang dikenal sebagai Dampak Kedua telah menghancurkan Tokyo, di mana sekarang kota baru telah bangkit, Tokyo III, dan makhluk misterius bernama Malaikat telah menguasai kota tersebut. 

Satu-satunya cara bagi umat manusia untuk bertahan adalah dengan Evangelions, mesin yang dikemudikan oleh sekelompok remaja: Rei, Shinji, dan Asuka. Saat mereka membawa nasib umat manusia di pundak mereka, rahasia kuno di bawah gambaran besar mulai muncul. 

Kedua anime menunjukkan bahwa harapan umat manusia ada di tangan seorang bocah lelaki yang dapat mengendalikan kekuatan yang setara dengan salah satu monster dan yang dipicu oleh situasi emosional.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi anime mirip Attack on Titan yang paling bagus dan wajib ditonton. Apakah kamu memiliki daftar rekomendasi lainnya? Langsung saja ditambahkan di kolom komentar di bawah ini ya!


0 Response to "12 Anime yang Mirip Attack on Titan (Shingeki no Kyojin), Wajib Ditonton!"

Posting Komentar