-->

25 Anime Romance School Terbaik Dalam 10 Tahun Terakhir (2011-2021)

Kamu penggemar anime jepang dan sedang mencari rekomendasi anime terbaik yang bergenre romantis komedi di sekolah? Kalau iya, kamu berada di tempat yang tepat. Karena pada postingan kali ini kami telah menyusun daftar rekomendasi anime romance school comedy terbaik sepanjang masa untuk kamu tonton.

Anime apa saja yang akan masuk daftar? Yuk langsung saja kita simak selengkapnya di bawah ini. Cekidot!


Rekomendasi Anime Romance School Terbaik Untuk Kamu Tonton


#25- Bokutachi wa Benkyou ga Dekinai (2019)

Skor: 7.39

Total Episode: 13

Studio: Silver, Arvo Animation

Genre: Comedy, Harem, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Bokutachi wa Benkyou ga Dekinai adalah manga romance school comedy terbaru yang sangat seru dan menarik untuk ditonton. 

Anime ini bercerita tentang Nariyuki Yuiga, ia merupakan salah satu siswa pintar yang ada di sekolahnya walaupun dirinya berasal dari keluarga yang miskin.

Saat ini, tujuan Nariyuki yaitu mendapatkan beasiswa VIP disekolahnya agar mendapat biaya kuliah gratis dari sekolah. 

Ada satu persyaratan yang diberikan oleh kepala sekolah untuk Nariyuki, yaitu membantu kedua siswa jenius Fumino Furuhashi & Rizu Ogata.

Rizu Ogata dikenal sebagai Komputer Super Thumbelina karena kejeniusannya dalam matematika & fisika. Fumino Furuhashi dikenal sebagai putri tidur sastra karena kejeniusannya dalam sastra modern & sastra klasik. 

Namun, berbanding terbalik dengan kehebatan mereka dalam bidangnya masing-masing, karena beberapa alasan, Rizu malah ingin masuk universitas sastra & Fumino ingin masuk ke universitas fisika. Dan pastinya, mereka sama-sama bodoh dalam pelajaran tersebut.

Bagaimanakah cerita selanjutnya? apa rencana Nariyuki agar dapat membuat mereka berdua lolos di universitas yang mereka inginkan?


#24 - Masamune-kun no Revenge (2017)

Skor: 7.33

Total Episode: 12

Studio: Silver Link.

Genre: Comedy, Harem, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Masamune-kun no Revenge adalah anime comedy harem school dan romance yang bercerita tentang seorang remaja bernama Makabe Masamune, ia adalah pemuda ikemen yang memiliki wajah ganteng, berotot, atletis, dan disukai banyak gadis-gadis lain. 

Berbeda dengan dirinya yang dulu, sebenarnya Masamune saat masih kecil memiliki tubuh yang gendut dan karena itulah ia sering dibully oleh teman-temannya, terutama oleh gadis cantik bernama Aki Adagaki.

Dan akhirnya ia memutuskan untuk merubah hidupnya dan membalaskan dendamnya kepada Adagaki, rutin berolahraga hingga menjalani Diet, semuanya ia lakukan hingga dirinya menjadi sosok seperti sekarang.

Akhirnya waktu yang ia lama ditunggu pun tiba, saat dirinya bertemu dengan Adagaki Aki di SMA barunya, bagaimanakah kelanjutannya? apa yang akan Masamune lakukan untuk melancarkan serangan balasan? Kamu dapat menemukan jawabannya dalam salah satu anime school terbaik ini.


#23 - Kishuku Gakkou no Juliet (2018)

Skor: 7.63

Total Episode: 12

Studio: LIDENFILMS

Genre: Action, Comedy, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Kishuku Gakkou no Juliet juga termasuk anime romance comedy terbaik yang wajib ditonton. Berlatar di sebuah sekolah bernama Akademi Dahlia. Disana berisi dua murid dari 2 negara yang berlawanan, oleh sebab itu muncul 2 fraksi diantara para siswa.

Kubu pertama yaitu Black Doggy House yang dipimpin oleh Romio Inuzuka. Kubu kedua yaitu White Cats House yang dipimpin oleh Juliet Persia.

Walaupun begitu ada sebuah rahasia yang hanya diketahui Oleh Inuzuka dan Persia, mereka berdua ternyata saling mencintai, namun faktor tempat tinggal mereka dan perbedaan keyakinan membuat mereka menyimpan perasaan dengan cara sembunyi-sembunyi agar tak diketahui oleh orang lain.

Bagaimanakah kelanjutan kisah cinta mereka? akankah cinta mereka kandas atau berjalan dengan baik?


#22 - Kanojo Okarishimasu (2020)

Skor: 7.62

Total Episode: 12

Studio: TMS Entertainment

Genre: Comedy, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Nah, ini dia anime romance terbaru 2020 yang cukup menyita perhatian para wibu, karena memiliki karakter-karakter cantik dan waifu-able di dalamnya.

Cerita anime Kanojo Okarishimasu berpusat pada Kazuya Kinoshita, seorang mahasiswa yang baru saja mengalami depresi karena diputuskan oleh pacarnya. 

Baca juga: Rekomendasi Anime Romance Terbaik Tahun 2020

Dalam kegalauan dan kesedihan, Kazuya melihat sebuah aplikasi penyewaan pacar yang dapat digunakan oleh siapapun, mungkin saja pacar-pacar di sana dapat mengisi kehampaannya sementara.

Dari aplikasi inilah kemudian Kazuya bertemu dengan gadis sempurna bernama Chizuru yang ia sewa sebagai pacar. Namun, kondisi kemudian berubah menjadi semakin rumit ketika mereka mengunjungi nenek Kazuya.


#21 - Oresuki (2019)

Skor: 7.62

Total Episode: 12

Studio: Barnum Studio, Connect

Genre: Comedy, Romance, School

Review singkat:

Rekomendasi Anime romance school terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Oresuki. Anime ini bercerita tentang seorang remaja SMA bernama Amatsuyu Kisaragi atau yang sering disapa Jorro. 

Ia memiliki 2 teman siswi yang dekat dengannya. Yakni Aoi Hinata yang merupakan teman masa kecil Jorro & Sakura Akino ketua OSIS di sekolahnya.

Suatu hari Aoi dan Sakura mengajak Jorro untuk kencan satu hari penuh. Di akhir kencan mereka ingin berbicara serius dengan Jorro. 

Di dalam hati, Jorro berharap sesuatu seperti pengakuan cinta terhadap dirinya, namun ternyata mereka malah meminta bantuan Jorro untuk mendekatkan mereka kepada sahabatnya Ooga Taiyou atau yang biasa dipanggil Sun-chan.

Kehidupan romansa yang Jorro impikan ternyata tak seperti realita yang ada, teman gadisnya tersebut ternyata memiliki perasaan terhadap sahabatnya. Namun, saat sedang beristirahat di perpustakaan. 

Sumireko, seorang gadis berkacamata & berambut kepang dengan sifat misterius yang aneh tertarik kepada Jorro. Dan dia benar-benar menyukai Jorro apa adanya.


#20 - Orange (2015)

Skor: 7.65

Total Episode: 13

Studio: Telecom Animation Film

Genre: Drama, Romance, School, Sci-Fi, Shoujo

Review singkat:

Orange adalah anime drama romance yang berkisah tentang Naho Takamiya, siswi kelas 2 SMA berusia 16 tahun, suatu hari ia menemukan sebuah surat yang dikirim oleh dirinya sendiri 10 tahun yang akan datang. 

Naho menyebutkan bahwa dia memiliki penyesalan di masa lalu agar Naho yang muda dapat memperbaiki kesalahan tersebut dan tidak mengulanginya. 

Awalnya Naho tak mempercayai surat-surat itu, namun ia kini mempercayainya setelah semua yang dituliskan dalam surat itu benar-benar menjadi kenyataan.

Naho di masa depan sangat menyesal dan ingin Naho di masa SMA memilih pilihan yang tepat agar tak mengulang kesalahan yang telah ia perbuat, terutama kepada murid baru yang bernama Kakeru Naruse, karena di masa depan Kakeru sudah meninggal dan tak bersama mereka lagi.

Dengan surat ini, Naho berharap ia memilih setiap keputusan yang tepat serta dapat melindungi teman-temannya yang lain. Tapi, akankah masa depan dapat berubah?


#19 - Gotoubun no Hanayome (2018)

Skor: 7.67

Total Episode: 12

Studio: Tezuka Productions

Genre: Comedy, Harem, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Gotoubun no Hanayome adalah anime romance terbaik yang mengisahkan seputar Fuutarou Uesugi, siswa cerdas namun memiliki hidup yang sulit. 

Fuutarou selalu menyendiri dan fokus terhadap belajar, tidak memiliki ibu serta teman, keluarganya dililit banyak hutang, bahkan ia dan adiknya seringkali merasa kelaparan.

Oleh karena itu, kesempatan yang muncul di depannya tak akan ia lepaskan. Ia dimintai oleh seseorang untuk menjadi guru les dengan bayaran yang tinggi. Dan ternyata murid yang harus Fuutarou ajari satu sekolah dengan dirinya.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dengan Cerita Mirip Violet Evergarden

Dan terlebih lagi, ia harus mengajar untuk kakak beradik kembar 5 yang memiliki sifat berbeda-beda, mereka tidak suka belajar dan memiliki nilai yang sangat rendah serta berkesempatan besar untuk tidak naik kelas.

Sebagian dari mereka ada yang menolak untuk diajari bahkan mengusir Fuutarou. Hal tersebut membuat pekerjaan paruh waktunya menjadi rumit & sulit. 

Namun Fuutarou tak pantang menyerah, ia bersikeras untuk menjadi pengajar mereka karena dirinya sangat membutuhkan bayaran tersebut.

Apa yang harus dia lakukan agar kelima gadis cantik tersebut dapat lulus? rencana apakah yang akan dilakukan oleh Fuutarou? Gotoubun no Hanayome merupakan salah satu anime romance yang berhasil menyulut waifu war di antara para fans. Kalau kamu tim mana nih?


#20 - Saekano (2014)

Skor: 7.67

Total Episode: 12

Studio: A-1 Pictures

Genre: Comedy, , Harem, Romance, School

Review singkat:

Saekano – Bercerita tentang seorang otaku bernama Tomoya Aki, sebagai otaku ia bahkan rela bekerja paruh waktu untuk membiayai hidupnya untuk membeli pernak-pernik seperti anime, galge, game dan lain sebagainya.

Suatu hari ia bertemu dengan seorang gadis cantik saat di sebuah bukit bersamaan dengan jatuhnya bunga sakura yang sangat indah disekitar saat, ia benar-benar terpesona karena kejadian tersebut, dan ternyata gadis itu merupakan teman sekelasnya, yaitu Megumi.

Peristiwa tersebut benar-benar terinspirasi dan memberikannya ide untuk membuat sebuah Galge Game dan Visual Novel. Namun ia sadar kalau dirinya sendiri tak akan bisa membuat impiannya tercapai.

Oleh karena itu ia pun membuat sebuah tim dan mengajak teman-teman lamanya untuk bergabung dengannya membuat sebuah game, ia mengajak teman masa kecilnya Sawamura Spencer Eriri yang sekarang telah menjadi ilustrator manga terkenal.

Ia juga mengajak kakak kelasnya, Kasumigaoka Utaha yang sekarang sudah menjadi penulis serial novel yang sudah terkenal. Dan terakhir ia menjadikan Megumi sebagai modelnya.

Dari sinilah cerita anime Saekano dimulai, akankah mereka dapat membuat game seperti impian mereka…?


#17 - Tonari no Kaibutsu-kun (2012)

Skor: 7.71

Total Episode: 13

Studio: Brain's Base

Genre: Comedy, Romance, School, Shoujo, Slice of Life

Review singkat:

Tonari no Kaibutsu-kun bercerita tentang seorang siswi bernama Mizutani Shizuku, ia memiliki sifat yang sangat cuek terhadap hal-hal yang menurutnya tidak penting baginya, ia hanya fokus terhadap nilai dan prestasinya disekolah, hal tersebut yang membuat ia tak memiliki teman dan sulit bergaul.

Namun pandangan hidup Shizuku perlahan berubah disaat suatu hari ia bertemu dengan Yoshida Haru. Haru memiliki sifat yang berkebalikan dengan Shizuku. 

Haru merupakan laki-laki yang ceria, suka bermain-main,  nakal dan bebas, bahkan saat hari pertama masuk sekolah, ia langsung bertengkar dengan seniornya.

Namun yang membuat mereka sama ialah karena mereka berdua sama-sama tak memiliki teman dan dijauhi orang lain karena sifat dari mereka masing=masing.

Hubungan mereka terbentuk pertama kali saat Shizuku mengunjungi Haru untuk mengantarkan catatan kerumahnya. 

Namun saat itu juga Shizuku melihat sisi lain dari Haru yang sangat berbeda dari yang selama ini ia dengar, dan dari sinilah pertemanan mereka dimulai.

Saat ini hubungan mereka perlahan semakin dekat, namun mereka berdua kebingungan dengan ikatan tersebut karena belum pernah memiliki pengalaman teman sebelumnya.

Bagi kamu yang mencari anime romance yang lucu dan menggemaskan, sekaligus dapat membuat penontonnya baper, maka Tonari no Kaibutsu-kun adalah salah satu pilihan terbaik untuk ditonton.


#16 - Nisekoi (2014)

Skor: 7.83

Total Episode: 20

Studio: Shaft

Genre: Comedy, Harem, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Nisekoi adalah salah satu anime romance comedy terbaik di dunia yang bercerita tentang seorang siswa bernama Raku Ichijo, ia merupakan anak dari ketua mafia yakuza. 

Suatu hari ia dipaksa untuk bertunangan dengan seorang gadis bernama Kirisaki Chitoge yang juga merupakan anak dari seorang mafia besar demi mencegah terjadinya perang antara kedua belah pihak.

Tentu saja Raku tak menyetujui pertunangan tersebut, ditambah lagi ia kini sedang jatuh cinta dengan seseorang yaitu Kosaki Onodera yang merupakan teman sekelasnya sendiri.

Ternyata, si Chitoge juga tak menyetujui pertunangan tersebut, sama halnya seperti Raku.

Hidup mereka tak berjalan lancar dan selalu saja bertengkar konyol setiap harinya. Nisekoi menjadi salah satu anime romance paling baper yang bisa membuat setiap orang menyukainya. Pastikan kamu menonton anime romantis satu ini ya!


#15 - Bokura wa Minna Kawaisou (2014)

Skor: 7.85

Total Episode: 12

Studio: Brain's Base

Genre: Comedy, Romance, School, Slice of Life

Sinopsis:

Bokura wa Minna Kawaisou  adalah anime romance dan slice of life yang seru dan keren, anime romance yang mendapat rating tinggi ini bercerita tentang seorang siswa bernama Usa Kazunari yang baru kini telah pindah ke sebuah kost baru agar dapat hidup mandiri dan terbebas dari keluarganya. Ia pindah ke sebuah kost bernama Kawaisou.

Tak seindah yang ia bayangkan, ternyata di Kawaisou banyak orang-orang aneh yang tinggal disana, ia berpikiran untuk pindah ke tempat lain, namun ia berubah pikiran saat mengetahui Kawai Ritsu, kakak kelas yang ia kagumi dengan sifat tenang dan penyendiri.

Kini ia memutuskan untuk tetap tinggal dikawaisou, namun apa yang akan teradi selanjutnya? apakah kehidupannya akan tetap berjalan dengan normal? atau ia ingin mengenal lebih dekat dengan Ritsu?


#14 - Ao Haru Ride (2014)

Skor: 7.86

Total Episode: 12

Studio: Production I.G

Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Shoujo, Slice of Life

Review singkat:

Jika kamu mencari rekomendasi anime romance sedih yang bisa bikin nangis, salah satu anime terbaik untuk kamu tonton adalah Ao Haru Ride.

Mengisahkan tentang gadis cantik bernama Yoshioka Futaba Saat SMP jatuh cinta dengan seorang siswa bernama Tanaka Kou. Tapi karena kesalahpahaman, hubungan antara mereka sebagai teman berakhir ketika Kou pindah sekolah saat musim panas. 

Kini Futaba yang telah menjadi siswi SMA kembali dipertemukan lagi dengan Kou, tapi dia temui kali ini bernama Mabuchi Kou.

Awal ceritanya bermula dari pertemuan antara Yoshioka Futaba, dengan cinta pertamanya saat kelas 1 SMP, Tanaka Kou atau yang sekarang berganti nama menjadi Mabuchi Kou, setelah 3 tahun mereka tak bertemu. Tak disangka, pertemuan ini menjadi sebuah kejutan bagi keduanya.

Sebelum mereka berpisah, mereka berdua pernah berjanji untuk bertemu di festival musim panas, namun Kou tidak memenuhi janjinya.

Di mata Yoshioka, Kou yang ia temui sekarang sangatlah berbeda dengan Kou yang ia kenal 3 tahun yang lalu. Kou yang sekarang berubah menjadi laki-laki dengan sosok yang dingin, menyebalkan, tak seperti Kou yang dulu, Kou yang hangat dan baik hati.

Yoshioka sendiri juga berubah cukup drastis, dari cewek yang feminim menjadi tomboy dengan tujuan mendapat teman, alasaanya adalah karena ia banyak dijauhi teman yang iri dengannya sewaktu smp. Dan di sekolah baru inilah cerita mereka dimulai.


#13 - Chuunibyou demo Koi ga Shitai (2014)

Skor: 7.93

Total Episode: 12

Studio: Kyoto Animation

Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life

Review singkat:

Mencari anime genre romance school yang ringan dan penuh komedi lucu? Kamu bisa nonton Chuunibyou demo Koi ga Shitai dari Kyoto Animation ini loh.

Berkisah tentang Togashi Yuuta, seorang remaja yang mengidap penyakit Chuunibyou, Sindrom Chuunibyou bukanlah penyakit yang dapat dilihat secara medis haha… melainkan Kelainan yang sering terjadi pada kaum anak-anak bahkan sampai dewasa yang membuat mereka berfikir kalau mereka memiliki suatu kekuatan yang spesial layaknya di anime.

Yuuta dulu seing menyebut dirinya sendiri sebagai “Dark Flame Master” yang memiliki kekuatan Supranatural didalam dirinya

Namun, sekarang Yuuta sudah beranjak dewasa dan telah memasuki SMA barunya, ia sengaja memilih SMA yang jauh dan tidak diketahui oleh teman SMPnya karena malu dulu pernah mengidap sindrom Chuunibyou. Ia ingin sekali melupakan kejadian lalu dan ingin memulai hidup yang baru sebagai siswa normal.

Namun sayang sekali, ditempat tinggalnya yang baru kini ia bertemu lagi dengan seorang gadis chuunibyou bernama Takanashi Rikka, Rikka bersekolah ditempat yang sama dengannya, bahkan ternyata mereka bertetangga. Terlepas dari chuunibyou bukanlah hal yang mudah lagi sekarang.


#12 - Karakai Jouzu no Takagi-san (2018)

Skor: 7.92

Total Episode: 12

Studio: Shin-Ei Animation

Genre: Comedy, Romance, School, Shounen, Slice of Life

Review singkat:

Salah satu anime comedy terbaik dalam daftar ini, yang pasti juga memiliki kandungan romance kental. Berkisah mengenai Nishikata yang sering dijahili oleh teman sebangkunya, yaitu Takagi. 

Karena Nishikata memiliki prinsip tidak mau terlihat malu ketika digoda, dia berusaha untuk mempertahankan harga dirinya agar tidak hancur berantakan dan bersumpah untuk menjahili Takagi.

Baca juga: 20 Rekomendasi Anime Harem Ecchi Terbaik

Seribu satu cara yang dilakukan Nishikata untuk menjahili Takagi. Tetapi semua itu tidak berhasil, malahan apapun cara yang dilakukannya, pasti yang akan menjadi korban yaitu Nishikata (senjata makan tuan).

Makin sering Nishikata membuat perangkap kepada Takagi, pasti akan dikembalikan lagi. Sehingga suatu saat, Nishikata berjanji lagi. “Jika aku terperangkap satu kali, aku akan push-up 10x”

Meskipun dia sudah berjanji begitu, dia takkan pernah menang. Lama kelamaan, Nishikata menyadari bahwa selama ini dia selalu dekat dengan Takagi. Kisah mereka berdua begitu lucu dan menarik untuk diikuti loh.


#11 - Kokoro Connect (2012)

Skor: 7.97

Total Episode: 13

Studio: Silver Link.

Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life, Supernatural

Review singkat:

Jika kamu menyukai anime romance school dengan bumbu supranatural yang kental, maka kamu wajib menonton Kokoro Connect.

Berawal dari terbentuknya sebuah klub yang bernama “Bunka Kenkyuu bu” yang baru dibuat oleh kelima siswa. Tiga gadis yaitu Himeko Inaba, Nagase Iori, Kiriyama Yui dan 2 laki-laki Yaegashi Taichi, Aoki Yoshifumi.

Berbagai kejadian aneh bahkan mistis terjadi dalam klub ini. Yang pastinya penuh misteri dan menyenangkan diikuti.


#10 - Ore Monogatari (2015)

Skor: 8.08

Total Episode: 24

Studio: Madhouse

Genre: Comedy, Romance, Shoujo

Review singkat:

Ore Monogatari adalah salah satu anime romance terbaik sepanjang masa, dengan ceritanya yang menggemaskan dan mengingatkan akan indahnya masa remaja.

Bercerita tentang seorang siswa bernama Gouda Takeo, memiliki postur tubuh yang besar, berotot, dan tinggi merupakan ciri khasnya, ia juga merupakan siswa yang baik hati dan sopan santun, selalu membantu orang yang membutuhkan pertolongannya.

Suatu hari, Takeo bertemu dengan Yamato Rinko, gadis cantik dan imut yang mencintai dia apa adanya. Kehidupan cinta kedua remaja ini benar-benar menggemaskan dan bucin maksimal.


#9 - Gekkan Shoujo Nozaki-kun (2014)

Skor: 8.16

Total Episode: 12

Studio: Doga Kobo

Genre: Comedy, Romance, School

Review singkat:

Gekkan Shoujo Nozaki-kun tidak diragukan lagi merupakan salah satu anime romance comedy terbaik yang bisa bikin baper sekaligus ngakak.

Awal cerita Sakura Chiyo sangat menyukai teman sekelasnya sendiri yakni Nozaki Umetarou, dan suatu hari Akhirnya Sakura mengungkapkan perasaannya kepada Nozaki, namun karena terjadi kesalahpahaman ia justru hanya mendapat tanda tangan Nozaki.

Namun Sakura tetap menjelaskannya dan berusaha lebih untuk mengungkapkan perasaannya, tapi malah justru tambah parah, Nozaki akhirnya mengajak Sakura untuk pergi ke apartemennya, tapi bukan untuk hal-hal aneh, melainkan ia menyuruh Sakura untuk membantunya mengerjakan sebuah Manga.


#8 - ReLIFE (2016)

Skor: 8.19

Total Episode: 13

Studio: TMS Entertainment

Genre: Romance, School, Slice of Life

Review singkat:

Rekomendasi anime romance school terbaik selanjutnya adalah ReLIfe. Anime ini bercerita tentang seorang pria yang bernama Arata Kaizaki, ia berumur 27 tahun dan sekarang masih berstatus sebagai pengangguran karena belum berhasil dalam wawancara kerjanya.

Hal tersebut dikarenakan ia yang kemarin terlalu cepat keluar dari pekerjaannya, hal itu membuat ia dianggap sebagai karyawan yang tidak terlalu baik oleh perusahaan lain, menurutnya pekerjaan yang ia lakukan kemarin tidak terlalu cocok dengan dirinya.

Saat dijalan ia bertemu dengan seseorang yang menawarinya sebuah pil yang mengaku berasal dari ReLife Research Institute. ReLife Research Institute adalah sebuah agen yang sedang melakukan suatu terobosan guna mengurangi jumlah pengangguran di jepang.

Arata ditawari pekerjaan menjadi subjek percobaan selama satu tahun dan diberikan pil oleh Yoake Ryou (Agen ReLIFE),  Yoake memberinya pil dan tak berfikir panjang Arata pun menerimanya, keesokan harinya hal aneh terjadi kepada Arata.

Tubuh dan wajah Arata berubah kembali seperti saat ia berumur 17 tahun, ternyata pil tersebut merupakan pil yang dapat mengembalikkan kemudaan seseorang, dengan hal itu arata ditugaskan untuk kembali bersekolah di salah satu SMA dan mengulangi kehidupannya menjadi siswa sebagai bahan percobaan program tersebut.

Bagaimana kehidupan Arata seorang pengangguran yang akan ditempatkan kembali menjadi seorang siswa dan berteman dengan orang-orang yang lebih muda darinya? Jawabannya dapat kamu temukan dalam salah satu anime school terbaik sepanjang masa ini.


#7 - Sakurasou no Pet na Kanojo (2013)

Skor: 8.35

Total Episode: 24

Studio: J.C.Staff

Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life

Review singkat: 

Sakurasou no Pet na Kanojo adalah anime comedy school terbaik yang bercerita tentang seorang siswa bernama Kanda Sorata, ia kini harus dipindahkan ke asrama barunya “Sakurasou” karena Sorata bersikeras memungut dan memelihara kucing yang ia temukan karena tak tega membiarkan kucing-kucing tersebut terlantar.

Sakurasou sendiri berbeda dengan asrama lainnya, orang-orang disana bisa dibilang agak sinting dan juga jenius. Banyak orang-orang yang tidak mau tinggal disana bahkan Sorata sendiri berniat untuk segera pindah darisana apabila ada orang yang ingin mengurus kucing-kucing terlantar yang ia pelihara.

Namun keinginannya tersebut tampaknya tak bisa membuatnya keluar dari Sakurasou karena suatu hari ia ditugaskan oleh Chihiro-sensei untuk merawat keponakannya, Shiina Mashiro.

Setelah selang beberapa hari Sorata menyadari bahwa Shiina merupakan gadis yang lugu bahkan tak bisa mengurus kehidupannya sendiri, alhasil ia kini yang harus bertanggung jawab dalam mengurusi Shiina.

Dari sinilah kehidupan baru Sorata yang penuh dengan sesak dan masalah yang tiada henti dimulai…


#6- Tsuki ga Kirei (2017)

Skor: 8.33

Studio: feel.

Genre: Romance, School

Review singkat:

Kelas 3 yang kini menjadi tahun ajaran baru dan menjadi tahun ajaran terakhir bagi mereka. Mizuno Akane dan Izumi Kotarou akhirnya ditempatkan pada satu kelas yang sama. 

Disinilah gerbang yang membuat mereka berinteraksi satu sama lain. Sedikit demi sedikit mereka merasakan ada yang mengganjal didalam hati mereka, tak seperti saat mereka berinteraksi dengan teman-temannya yang lain.

Baca juga: Review Anime Classroom of the Elite (2017)

Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk berteman, perlahan mereka berdua semakin dekat, terutama saat festival olahraga sekolah, mereka berbagi id LINE masing-masing.

Walaupun terlihat canggung namun saat chatting melalui LINE mereka sering berbagi saran dan berbagai hal lainnya.

Hubungan mereka juga semakin dekat, namun pastinya beberapa masalah membuat rumit kisah kehidupan mereka, bagaimanakah kisah selanjutnya?


#5 - Oregairu (2013)

Skor: 8.41

Total Episode: 13

Studio: Brain's Base

Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life

Review singkat:

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. (Oregairu) adalah anime romance terbaik yang bercerita tentang seorang siswa bernama Hikigaya Hachiman (Hikki) yang memiliki sifat anti-sosial, pesimis, dan memiliki pandangan yang unik & berbeda tentang kehidupan serta menganggap sebuah pertemanan hanyalah hal yang sia-sia. Karena itulah ia lebih memilih menghabiskan waktunya sendirian.

Suatu hari, ia mendapat hukuman dari gurunya dan akhirnya gurunya memaksa Hikki untuk bergabung ke sebuah klub “Relawan” yang bertujuan untuk membantu para murid untuk menyelesaikan masalah.

Klub tersebut hanya beranggotakan 1 orang, yaitu Yukinoshita Yukino (Yukinon). Di ruang klub tersebutlah pertemuan mereka antara Hikki dan Yukinon dimulai. Berbeda dengan Hikki, Yukinon memiliki sifat yang berkebalikan namun persamaannya, mereka sama-sama tidak memiliki teman.

Tak lupa salah satu anggota baru mereka yaitu Yuigahama Yui yang memiliki sifat ceria bergabung dengan mereka. Disinilah cerita masa-masa sekolah mereka yang unik dan menarikpun dimulai.


#4 - Kaguya-sama wa Kokurasetai (2019)

Skor: 8.49

Total Episode: 12

Studio: A-1 Pictures

Genre: Comedy, Psychological, Romance, School, Seinen

Sinopsis:

Rekomendasi anime romance comedy terbaik dengan rating tertinggi berikutnya adalah Kaguya-sama wa Kokurasetai.

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen Menceritakan tentang 2 orang yang saling mencintai antara Kaguya Shinomiya dengan Miyuki Shirogane. Namun bagi mereka berdua, Pernyataan cinta adalah perang!

Mereka berdua adalah orang jenius yang menjadi anggota OSIS di sekolah elit dengan reputasi tinggi yaitu Akademi Shuchiin. Miyuki yang menjabat sebagai ketua OSIS & Kaguya sebagai wakilnya. Bagi murid lain, mereka berdua adalah pasangan yang benar-benar serasi.

Mereka telah lama bersama dan memiliki perasaan satu sama lain. Namun, karena gengsi yang tinggi, tak ada satupun dari mereka yang mengungkapkan cintanya. 

Menurut mereka, jika menyatakan perasaan duluan adalah tanda kelemahan dan kekalahan. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk membuat lawannya menyatakan perasaan cintanya. Mereka berdua akan melakukan apapun untuk mendapat pengakuan.

Dimulailah keseharian mereka dalam perang cinta menggunakan akal, teori, perhitungan, hingga pikiran mereka.


#3 - Horimiya (2020)

Skor: 8.52

Total Episode: 12

Studio: CloverWorks

Genre: Comedy, Romance, School, Shounen, Slice of Life

Review singkat:

Peringkat tiga dalam daftar anime romance school terbaik ditempati oleh Horimiya. Anime terbaik genre romance comedy school ini  mengisahkan dua karakter utama bernama Hori Kyoko dan Miyamura Izumi. 

Hori digambarkan sebagai seorang siswa yang berpenampilan menarik ketika di sekolah. Namun, sesampainya di rumah, ia terlihat seperti seorang ibu rumah tangga mengingat Hori mengerjakan pekerjaan rumah dan menjaga adik laki-lakinya, Souta. 

Karena pekerjaanya, Hori tidak bisa menikmati kehidupan layaknya gadis-gadis pada umumnya.

Suatu hari, Hori yang tengah berada di rumah dikejutkan dengan keadaan Souta. Ketika itu, Sout di antar pulang oleh laki-laki bertato dan bertindik. 

Siapa sangka, orang yang mengantarkan adiknya tersebut adalah Miyamura Izumi, laki-laki cupu serta pendiam di kelasnya. Setelah mengetahui rahasia masing-masing, keduanya mulai memendam rasa cinta.


#2 - Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai (2019)

Skor: 8.67

Total Episode: 13

Studio: CloverWorks

Genre: Comedy, Romance, School

Review singkat:

“Sindrom Pubertas” merupakan sebuah sindrom aneh yang hanya dimiliki oleh orang-orang disaat masa puber.

Sakuta Azusagawa, suatu hari ia bertemu dengan gadis bernama Mai Sakurajima yang merupakan kakak kelasnya sekaligus seorang aktris yang saat ini sedang hiatus.

Mai merupakan salah satu gadis yang memiliki Sindrom Pubertas tersebut, dia nampak seperti gadis bertelinga kelinci. Namun keanehan yang dimiliki Mai hanya bisa dilihat oleh Sakuta. Karena itulah Sakuta dan Mai akhirnya bekerja sama untuk mencari tahu lebih dalam tentang “Sindrom Pubertas”.

Selain itu, dalam perjalanannya memecahkan sindrom tersebut, perlahan Sakuta juga bertemu dengan gadis-gadis yang memiliki Sindrom yang sama seperti Mai. Bagaimanakah kisah selanjutnya?


#1 - Shigatsu wa Kimi no Uso (2014)

Skor: 8.89

Total Episode: 22

Studio: A-1 Pictures

Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen

Review singkat:

Dan, peringkat pertama dalam rekomendasi anime romance school terbaik jatuh kepada Shigatsu wa Kimi no Uso. Anime ini pantas mendapat peringkat pertama karena ceritanya yang bagus, visual yang memukau dan alunan musik di sepanjang seri yang fantastis. 

Mengisahkan tentang Arima Kousei, sejak kecil merupakan seorang pianis yang handal dan sangat berbakat bahkan selalu memenangkan kejuaran yang diikutinya, entah berapa banyak kompetisi yang ia menangkan, permainan pianonya sering disebut dengan “Human Metronome” karena tak mengenal lelah dan selalu berada dalam melody.

Semua itu tak lain adalah berkat sosok ibunya sekaligus guru pianonya yang mengajarkan Kousei dengan keras bermain piano, namun semua kehidupan Kousei kini berubah karena sang ibu yang meninggal dunia.

Sejak kematian ibunya Mental Kousei hancur bahkan membuatnya tak dapat mendengar lagi suara piano walaupun pendengarannya baik-baik saja, ia pun kini tak pernah lagi menyentuh piano.

Dua tahun telah terlewati, suatu hari ia diajak oleh sahabat masa kecilnya, Tsubaki untuk menamani Ryouta bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Miyazono Kaori tepatnya di bulan April.

Pertemuannya dengan Kaori, gadis yang bermain biola dengan gayanya sendiri yang bebas membuat Kousei kini perlahan berubah dan membuat hidupnya berwarna. Kousei sedikit demi sedikit mulai memiliki tujuan baru.

Jika kamu mencari rekomendasi anime sad romance terbaik yang bisa bikin nangis, maka Shigatsu wa Kimi no Uso adalah salah satu pilihan terbaik.


Demikian rekomendasi anime romance school terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton. Dari sekian banyak judul anime keren di atas, mana nih yang menjadi favoritmu?

Next > 25 Anime School Terbaik

Related Posts